Cara Mengobati Bintitan Paling Ekektif Terbukti Ampuh

Cara Mengobati Bintitan - Sejak dahulu telah muncul mitos bahwa mata bintitan disebabkan karena sering mengintip seseorang akan tetapi bintitan ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang bernama staphylococcus aureus yang menyerang bagian kelenjar mata hingga mengakibatkan peradangan dan timbulnya benjolan kecil di kelopak mata.

Cara Mengobati Bintitan
Cara Mengobati Bintitan


Penyakit bintitan ini memang bukan penyakit yang bisa mengancam nyawa akan tetapi akibat timbulnya bintitan di mata anda akan membuat aktivitas terganggu karena adanya rasa nyeri dan juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Jenis Mata Bintitan


Penyakit bintitan ini tidak serta merta sama semuanya setidaknya ada 2 Jenis mata bintitan. Berikut jenisnya:

1. Jenis bintitan Hordeolum Interna


Jenis mata bintitan ini menyerang pada bagian kelenjar meibom dan bergerak pada selaput kelopak bagian dalam.

2. Jenis bintitan Hordeolum Eksterna


Jenis ini menyerang kelenjar zeis dan juga moll dimana benjola bergerak pada selaput kelopak mata bagian luar.
Lalu apa sih yang menyebabkan mata terserang penyakit bintitan? nah sebelum kita membahas cara mengobati bintitan secara alami, kita pahami dulu penyebab bintitan itu seperti apa agar kita bisa menghindarinya.

Penyebab Mata Bintitan


Faktor yang sering terjadi adalah biasanya karena seringnya menggosok mata terlalu kencang, kotoran dan debu yang menempel pada mata dan faktor lainnya disekitar mata.
Tapi penyebab mata bintitan bukan hanya karena adanya bakteri akan tetapi bisa juga karena sumbatan pada kelenjar kelopak mata yang bukan karena infeksi bakteri. Akibatnya sumbatan tersebut mengakibatkan menumpuknya isi kelenjar dan terjadi reaksi inflamasi pada kelopak mata sehingga menimbulkan benjolan pada area mata.
Sekarang mari kita ketahui tanda dan juga gejala mata bintitan itu seperti apa.

Gejala Mata Bintitan


Tanda atau gejala yang paling umum adalah munculnya benjolan pada kelopak mata baik bagian atas ataupun bagian bawah kemudian mata akan terasa kering dan seperti berpasir lalu disertai juga warna merah dengan bintik kuning atau putih pada bagian tengah. Benjolan ini biasanya menimbulkan rasa nyeri dan jika tidak segera ditangani benjolan ini bisa membesar dan mengeluarkan nanah, sehingga membuat penglihatan mata menjadi tidak baik dan buram.
Setelah mengetahui mengenai jenis, penyebab, gejala mata bintitan sekarang mari saatnya kita membahas tentang bagaimana cara mengobati mata bintitan.


Cara Mengobati Bintitan


obat bintitan di apotik


1. Obati Bintitan Dengan Bawang Putih


Cara mengatasi bintitan secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan khasiat dari bawang putih. Anti bakteri yang dimiliki oleh bawang putih diyakini mampu mengusir bakter penyebab mata bintitan. Cara penggunaannya seperti berikut.

Cara Mengobati Bintitan Dengan Bawang Putih

  • pertama bersihkan mata anda dengan air hangat.
  • Siapkan 1 siung bawang putih atau secukupnya.
  • Tumbuk bawang putih hingga halus atau bisa juga menggunakan blender.
  • Setelah itu oleskan bawang putih pada area kelopak mata anda yang terdapat bintitan.


2. Obati Bintitan Dengan Air Hangat


Cara berikutnya anda bisa gunakan air hangat untuk menyembuhkan penyakit bintitan anda. Air hangat dapat mengempeskan mata yang bengkak akibat bintitan serta mampu mengurangi rasa gatal. Cara penggunaannya sangat mudah seperti berikut.

Cara Mengobati Bintitan Dengan Air Hangat

  • Pertama siapkan kain lembut dan bersih. Bisa juga menggunakan handuk.
  • Lalu gunakan air hangat untuk merendam kain atau handuk tersebut.
  • Setelah itu bersihkan area sekitar mata anda dan kompres menggunakan handuk tadi. Kompres selama kurang lebih 10 menit
  • Rutinlah melakukan cara ini agar mata bintitan anda cepat sembuh.

Selain dapat mengobati bintitan air hangat juga mampu Menghilangkan Henna di Tangan Dengan Cepat

3. Obati Dengan Daun Sirih


cara mengobati bintitan dalam sehari


Daun sirih sejak dahulu sudah dipercaya dapat mengobati mata yang bintitan . Banyak sekali manfaat daun sirih ini salah satunya adalah membunuh bakteri dan juga beberapa penyakit mata serta Mampu Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami. Untuk cara penggunaannya seperti berikut.

Cara Mengobati Bintitan Dengan Daun Sirih

  • Siapkan beberapa lembar daun sirih..
  • Kemudian rebus daun sirih dengan 2 gelas air bersih.
  • Lalu saring air rebusan air tersebut.
  • Setelah itu Air rebusan tadi dapat digunakan untuk membersihkan area mata yang bintitan.
  • Selain itu juga dapat diteteskan pada mata, namun rasanya perih.

Mengobati Bintitan Dengan Cara Lainnya


1. Gunakan Salep Untuk Bintitan


Gunakan salep anti biotik untuk dijadikan sebagai obat mata bintitan. Hal ini dilakukan agar infeksi bakteri tidak melebar luas ke bagian lain. Caranya yaitu bersihkan dulu mata anda dengan menggunakan air hangat, kemudian oleskan salep obat bintitan tersebuat pada mata anda.

Banyak sekali salep untuk mata yang bisa anda gunakan salah satunya adalah Ciprofloxacin, atau Amoxicillin. Sebelum membeli salep periksa dahulu tanggal kadaluarsanya.

2. Obat Tetes Mata Untuk Bintitan


salep obat mata bintitan


Cara lainnya adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Anda bisa beli obat bintitan di apotik terdekat namun cara ini sudah bukan merupakan cara alami lagi ya dan saya tidak menganjurkan ini jika anda memang ingin mengobati bintitan secara alami. Tapi jika anda ingin mencoba itu tergantung anda. 

Tapi ingat jangan berlebihan menggunakan obat tetes mata ya gunakan 2 sampai 3 kali saja. Karena penggunaan yang berlbihan akan berakibat semakin buruk.

3. Jangan Menekan Mata Bintitan


Biasanya tangan memang sangat gatal sekali untuk menekan atau memencet mata bintitan tapi sebisa mungkin jangan pernah memencet atau menekan mata bintitan apalagi jika tangan anda kotor. Karena kebiasaan itu akan membuat keadaan mata semakin buruk. Jadi biarkan saja jangan pernah untuk menekan atau memencetnya agar proses penyembuhan lebih cepat.


Mungkin cukup sekian artikel tentang Cara Mengobati Bintitan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi anda yang sedang mengalami penyakit bintitan ini. Silakan share atau bagikan artikel agar orang lain dapat terbantu juga.

Sampai jumpa pada artikel tentang kesehatan dan kecantikan berikutnya. Tetap semangat dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments