Skip to main content

follow us


Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi - Dahak sebenarnya adalah proses mekanisme tubuh untuk mengeluarkan kotoran. Namun banyak juga para ibu yang khawatir dengan dahak yang tidak kunjung hilang pada buah hatinya. Jika dahak kental dan susah untuk keluar memang cukup menganggu pernafasan bayi dan batuk tidak kunjung pergi serta dapat mengalami suara yang tak biasa saat bernafas atau yang dikenal dengan suara kodok.

Disini saya akan memberikan tips cara menghilangkan dahak pada bayi yang aman dan efektif. Karena Saluran pernafasan bayi masih terlalu kecil sehingga bayi tidak bisa mengeluarkan dahaknya sendiri atau bahkan tidak menyadari bahwa ada dahak yang susah keluar pada tenggorokannya, karena bayi hanya bisa menangis untuk memberitahu bahwa dia sedang mengalami masalah.

Anda bisa saja memberikan obat menghilangkan dahak akan tetapi untuk bayi dibawah 4 tahun tidak dianjurkan karena obat peghilang dahak sulit diberikan kepada bayi dan dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik pada bayi anda. Saya akan memberikan cara lain untuk mengeluarkan dahak pada bayi yang lebih aman tentunya.

Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi


Berikut adalah beberapa cara mengelurakan dahak pada anak atau bayi:

1. Mandikan Bayi Dengan Air Hangat


Cara menghilangkan dahak pada bayi yang pertama adalah dengan mandi air hangat. Anda bisa memandikan anak anda dengan air hangat agar melancarkan peredaran darah sikecil. Tapi jangan terlalu panas agar setelah mandi badan bayi tidak kedinginan.

Baca juga:  Rahasia Cara Merapikan Gigi Tonggos Tanpa Behel

2. Mengoleskan Balsem Bayi Atau Minyak


Setelah memandikan bayi dengan air hangat kemudian oleskan minyak kayu putih atau sejenisnya pada leher, punggung, dan juga dada kemudian pijat secara lembut agar bayi menjadi tenang dan rileks. Rasa hangat dan aroma pada minyak telon akan membantu melancarkan dahak bayi serta mengencerkan dahak sehingga mudah keluar.

3. Berjemur di Pagi Hari


Salah satu cara menghilangkan dahak pada bayi yang aman dan efektif adalah dengan berjemur pada pagi hari. Udara dan suhu di pagi hari sangat baik untuk kesehatan bayi namun jangan berjemur pada suhu yang sudah mulai panas. Berjemurlah sekitar pukul 06.30 sampai 07.00 karena pada waktu tersebut adalah waktu istimewa untuk bayu berjemur. Jangan terlalu lama menjemur bayi cukup 10 sampai 15 menit saja dan usahakan agar bayi tidak menatap langsung sinar matahari.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Amandel Paling Ampuh Tanpa Operasi

4. Atur Posisi Bayi




Cara berikutnya untuk menghilangkan dahak pada bayi adalah dengan mengatur posisi bayi agar posisi kepala sebaiknya lebih tinggi dari badan. Dengan begini ada kemungkinan untuk dahak mengalir kebawah dan tidak menggumpal pada tenggorokan karena dahak yang menggumpal dalam waktu lama akan mengental sehingga susah untuk dikeluarkan.

5. Menjaga Kualitas Udara Dirumah



Cara selanjutnya adalah agar menjaga kualitas udara dirumah. Anda bisa menggunakan humidifier pada ruangan bayi sehingga menjadikan udara menjadi lembab dan saluran pernafasan terasa lancar. Jika anda tidak memiliki humidifier dirumah,  anda bisa membuatnya sendiri seperti cara berikut ini.

Simpan ember atau baskom yang berisikan air hangat didalam kamar mandi, bisa juga ditambahkan beberapa tetes minyak kayi putih, lalu tutup kamar mandi dan tunggu hingga uap dari air keluar dan membuat kamar mandi penuh uap. Setelah itu bawa bayi anda kedalam kamar mandi dan diam disana selama 10 menit sampai 15 menit agar bayi bisa menghirup uap yang dihasilkan oleh air hangat tersebut. Tapi berhati hati lah dan jaga bayi anda agar tidak memasukan tangan atau anggota badannya kedalam ember yang berisi air.

Cara mengeluarkan dahak pada anak lainnya


1. Menepuk Punggung & Dada Bayi


Cara lainnya untuk menghilangkan dahak atau mengeluarkan dahak adalah dengan cara menepuk punggung atau dada bayi. Caranya cukup mudah tapi anda harus berhati hati melakukannya.

  • Pertama buat posisi bayi menjadi tengkurap. 
  • Kemudian tepuk punggung kanan dan kiri bayi secara pelan-pelan. 
  • Setelah itu miringkan posisi anak ke kiri atau kanan. 
  • Lalu tepuk tepuk dada bagian samping (sebelah ketiak) dengan pelan. 

Cara tersebut dapat membuat dahak keluar melalui mulut atau bisa juga masuk kedalam saluran pencernaan dan terbuang bersama kotoran anak.

Catatan Penting: Pastikan melakukan cara ini sebelum bayi anda meminum ASI atau susu lainnya dan belum makan apapun karena dapat memuntahkan susu atau makanan bersamaan dengan dahak.

2. Daun Sirih Hangat


Untuk cara menghilangkan dahak pada bayi yang terakhir dapat menggunakan daun sirih. Fungsi dari daun sirih yaitu dapat mengencerkan dahak lalu akan terbuang melalui kotoran. Cara membuatnya adalah seperti berikut.

  • Pertama siapkan beberapa helai daun sirih. 
  • Kemudian panaskan setelah itu biarkan hingga hangat. 
  • Setelah hangat tempelkan daun sirih pada punggung dan juga dada anak anda. 
  • Bisa juga ditambah dengan minyak telon.

Itulah beberapa tips tentang cara menghilangkan dahak pada bayi dengn aman dan efektif  semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi para ibu muda yang buah hatinya sedang mengalami dahak yang tak kunjung hilang. Saya doakan semoga semuanya berjalan lancar.


Silakan share artikel ini kepada teman atau saudara anda yang anaknya mengalami hal seperti ini. Ok sampai jumpa pada tips artikel tentang kesehatan dan kecantikan bermanfaat lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar