10 Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami & Efektif



Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami - penyakit mata merah atau dalam bahasa medisnya disebut konjungtivitis yaitu merupakan penyakit yang diakibatkan oleh alergi atau infeksi oleh bakteri di area mata, sehingga menimbulkan gejala mata merah, mata perih berair dan lainnya. Mata sangat penting bagi kita karena merupakan indra penglihatan yang harus selalu dijaga agar tetap sehat hingga tua nanti. Penyebab mata merah juga bisa karena menggunakan soft lens yang mengakibatkan alergi atau iritasi.

Penyakit mata merah bisa menimbulkan penyakit ringan yang penanganannya tidak terlalu sulit hingga yang sangat parah menyerang kornea mata. Dari beberapa penyebab mata merah, yang paling umum terjadi karena biasanya karena alergi. Kali ini dengancara.com akan membahas mengenai cara menyembuhkan mata merah secara alami tanpa obat yang bisa menjadi solusi bagi mata merah anda.

Penyakit Mata Merah


Meskipun penyakit ini sangat umum dialami terutama di Indonesia, namum mata merah ini tidak bisa diabaikan begitu saja, karena penyakit mata ini dapat menular pada orang lain. Jika mata merah anda diakibatkan oleh iritasi atau alergi mungkin tidak terlalu sulit menyembuhkannya, beberda jika mata merah yang diakibatkan oleh virus herpes dan infeksi akut pada kornea mata, itu memerlukan penanganan yang lebih serius.

Cara Menyembuhkan Mata Merah


Jika penyakit mata merah anda tergolong hanya karena iritasi atau alergi dan tidak perlu penanganan yang terlalu serius maka cara mengatasinya cukup mudah dengan cara alami, namun jika penyakit mata anda sudah sangat akut dan menyerang kornea mata, maka sebaiknya periksakan pada ahlinya. Berikut adalah beberapa cara alami mengobati mata merah tanpa obat:

1. Lidah Buaya


Obat sakit mata merah alami yang pertama adalah dengan menggunakan gel dari lidah buaya. Dengan bantuan lidah buaya maka akan membantu dan mengurangi infeksi pada mata. Cara penggunaannya pun cukup mudah seperti berikut ini.

Cara mengobati mata merah dengan lidah buaya

  • Pertama siapkan lidah buaya yang masih fresh.
  • Kemudian potong dan ambil gelnya saja.
  • Setelah itu oleskan gel lidah buaya pada area kelopak mata dengan kain lembut atau tisu.


Selain mampu menjadi obat alami sakit mata, lidah juga dapat digunakan sebagai Cara Menghilangkan Bisul Secara Alami.

2. Kunyit


Kunyit sudah dikenal dengan manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan. Selain bisa digunakan sebagai Obat Biduran Alami, kunyit juga bermanfaat untuk mengobati mata merah secara alami. Kunyit memiliki kandungan antiviral yang dapat mengobati dan mencegah infeksi pada mata. Cara penggunaannya seperti berikut.

Obat sakit mata merah alami dengan kunyit

  • Pertama siapkan beberap ruas kunyit yang sudah dicuci bersih.
  • Lalu potong menjadi beberapa bagian.
  • Setelan itu rendam kunyit pada air matang selama kurang lebih 10 menit.
  • Selanjutnya adalah gunakan air rendaman tersebut sebagi obat tetes mata alami.

3. Mentimun


Mentium juga bisa anda gunakan sebagai alternatif lain yang alami untuk mengobati mata merah. Tidak hanya mata merah yang dapat diobati oleh mentium, tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami. Untuk mengatasi mata merah dengan mentimun berikut caranya.

Obat sakit mata merah alami dengan mentimun

  • Pertama siapkan mentium yang suda bersih.
  • Kemudian potong mentium tipis-tipis.
  • Setelah itu tempelkan mentimun pada mata.
  • Tunggu hingga beberapa saat agar meresap dengan sempurna.

Rasa dingin yang dihasilkan oleh mentimun dapat membuat otot mata lebih rileks. Kemudian kandungan mentimun juga mampu mengatasi iritasi sehingga membuat mata merah anda semakin cepat sembuh.

4. Teh Hijau


Teh hijau banyak dikonsumsi karena rasanya yang enak dan baik untuk kesehatan. Ternyata memiliki manfaat untuk menyembuhkan mata merah karena dapat meringankan infeksi dan juga peradangan. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu celupkan kantong teh hijau pada air panas, lalu tunggu sampai dingin, kemudian tempelkan atau letakan kantong teh tersebut pada area mata, diamkan beberapa menit agar nutrisi pada teh hijau meresap dengan baik. Setelah itu bilas dengan air hangat.

5. Lemon atau Jeruk Nipis


Salah satu cara menyembuhkan mata merah berikutnya yaitu lemon atau jeruk nipis. Dengan kandungan antibakteri serta antiseptik didalamnya akan membuat mata merah reda secara perlahan. Cara penggunnaanya seperti berikut ini.

Cara mengobati mata merah dengan lemon

  • Pertama siapka lemon atau jeruk nipis secukupnya.
  • Kemudian peras air lemon atau jeruk nipis tersebut
  • Lalu campurkan dengan air sedikit saja.
  • Setelah itu oleskan pada area sekitar mata dengan kain lembut.
  • Perlu diingat, jangan mengoleskan lemon langsung pada bagian mata, cukup di sekitarnya saja.

6. Madu


Khasiat madu tidak diragukan lagi untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit mata merah. Madu memiliki kandungan antibakteri yang dapat meredakan mata merah. Caranya yaitu dengan mencampurkan madu dengan susu murni hangat, kemudian oleskan secara merata pada area mata, untuk hasil maksimal lakulan sebanyak 3 kali sehari.

7.  Daun sirih


Pengobatan alami untuk mata merah yang bisa anda lakukan berikutnya yaitu memanfaatkan khasiat dari daun sirih. Kandungan senyawa minyak astiri dan beberapa senywa lain yang tekandung pada daun sirih dapat meredakan mata merah serta iritasi secara alami. Cara penggunannya seperti berikut:

Cara menyembuhkan mata merah dengan daun sirih

  • Pertama siapkan segenggam daun sirih atau secukupnya.
  • Kemudian rebus daun sirih tersebut dengan air bersih.
  • Setelah mendidih kemudian tunggu hingga dingin
  • Lalu air rebusan daun sirih tersebut gunakan untuk membersihkan mata.

8. Kentang


Kentang tidak hanya enak untuk dikonsumsi sebagai makanan saja, akan tetapi manfaatnya untuk mengobati mata merah juga patut dicoba. Karena senyawa dalam kentang tersebut dapat mengurangi rasa gatal serta infeksi. Selain itu dengan sifat dinginnya kentang dapat membuat oto-otot mata menjadi rileks. Caranya penggunaannya sama seperti mentimun yaitu diiris tipis tipis lalu tempelkan pada mata.

9. Air Hangat


Air hangat juga dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal akibat infeksi serta membersihkan kotoran pada kelopak mata sehingga tidak membuat penyebaran bakteri meluas dan menjadi parah. Yang digunakan air hangat ya bukan air panas, karena jika air panas malah dapat memperburuk kondisi mata. Cara penggunaannya sangat mudah, anda hanya perlu membersihkan mata dengan air hangat atau mengompresnya dengan kain, yang kemudian diletakan pada area mata.

10. Bawang Putih


Ketika mendengar kata bawang pasti yang ada dipikiran anda adalah rasa pedih, ya mungkin menggunakan cara ini agak sedikit pedih dimata, namun lama kelamaan rasa pedih itu akan menghilang dan mata anda kembali seperti sedia kala. Karena bawang putih mengandung anti inflamasi dan minyak astiri sehingga cukup efek untuk mengobati mata merah. Bagaimana cara menggunakannya?  Ikuti langkah berikut ini.

Cara menghilangkan mata merah dengan bawang putih

  • Pertama siapkan satu siung bawang putih atau secukupnya.
  • Kemudian potong bawang putih menjadi dua bagian.
  • Lalu oleskan pada kelopak mata.
  • Sebaiknya lakukan cara ini saat hendak tidur, agar rasa pedih dari bawang putih tidak terlalu terasa.


Itulah 10 Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama anda yang sedang mengalami penyakit ini. Jika mata merah sudah sangat parah disarankan untuk pergi ke dokter agar lebih jelas obatnya dan penanganannya. Namun jika masih ringan bisa mencoba cara-cara diatas sebagai obat sakit mata merah alami.

Jangan lupa bagikan artikel ini supaya lebih bermanfaat lagi, dan nantikan tips artikel tentang kesehatan lainnya. Semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Disqus Comments