Cara Mengobati Panu yang Sudah Menyebar Tanpa Obat


Cara Mengobati Panu Yang Sudah Menyebar - Panu adalah sejenis penyakit kulit yang banyak dialami oleh orang yang tinggal pada suhu yang beriklim tropis seperti negara kita Indonesia ini. Panu dapat dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita, dengan ciri-ciri munculnya bercak putih, coklat pada tubuh dan ada yang perih atau gatal. Meskipun penyakit panu ini tidak berbahaya akan tetapi orang yang terkena penyakit ini identik dengan orang yang malas membersihkan tubuhnya. Akibatnya ada rasa kurang percaya diri ketika mengalami panu, apalagi jika di area yang terlihat oleh orang banyak seperti leher, tangan, atau bahkan wajah.

Lantas apa yang sebenernya menjadi penyebab munculnya panu pada tubuh? Apakah hanya karena jarang mandi dapat menimbulkan panu? Tapi pada sebagian kasus ada juga orang yang rajin mandi namun terkena penyakit panu juga. Lalu apa dong penyebabnya? Sebelum kita membahas mengenai cara mengobati panu yang sudah menyebar pada tubuh, lebih baik kita bahas dulu penyebab panu, supaya anda dapat menghindari penyebab panu tersebut.

Penyebab Panu


Berikut adalah beberapa penyebab umum penyakit panu pada tubuh. Jika anda sering melakukan hal yang akan saya sampaikan dibawah ini, maka berhentilah agar panu tidak menyerang tubuh anda.

1. Keringat


Faktor pertama penyebab jamur adalah keringat. Jika anda sudah berkeringat dan tidak membersihkan keringat tersebut, besar kemungkinan keringat akan menimbulkan jamur dan jamur inilah yang menjadi penyebab timbulnya jamur pada tubuh. Akan tetapi ketika anda habis berolahraga dan masih berkeringat jangan langsung mandi berikan dulu jeda untuk menormalkan suhu tubuh.

Baca juga: Cara Mengecilkan Paha dan Betis Paling Ampuh

2. Terpapar Sinar Matahari


Terlalu sering terkena sinar matahari juga dapat menimbulkan jamur penyebab panu. Karena ketika anda terkena panasnya matahari terlalu lama akan menimbulkan keringat sehingga membuat tubuh anda lembab. Hal ini dapat menjadi pertumbuhab jamur yang mengakibatkan panu.

3. Penularan Dari Orang Lain


Panu memang merupakan penyakit menular jadi jika anda sering bertukar pakaian atau handuk dengan orang mempunyai penyakit panu, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut karena anda beresiko terkena penularan jamur yang mengakibatkan panu. Penyakit panu biasanya sering tidak disadari apalagi jika pada bagian punggung tak terlihat oleh kita. Maka dari itu menjaga kebersihan sangat penting.

4. Sistem Kekebalan Tubuh Lemah


Sistem kekebalan tubuh yang lemah juga menjadi faktor penyebab munculnya panu pada kulit. Jika daya tahan tubuh lemah maka jamur akan sangat mudah sekali berkembang dan menimbulkan panu.


5. Faktor Lainnya


Selain beberapa faktor penyebab munculnya panu diatas ada beberapa hal lain yang menyebabkan terjadinya panu seperti kulit yang berminyak, udara yang lembab, obat-obatan steroid dan juga karena faktor genetik atau keturunan.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab panu yang umum terjadi. Sekarang kita langsung saja membahas cara mengobati panu yang sudah menyeluruh secara alami dan efektif.

Cara Mengobati Panu yang Sudah Menyebar


Selanjutnya adalah dengancara.com akan memberikan beberapa tips obat panu alami yang tidak mempunyai efek samping tentunya. Berikut adalah tipsnya:


1. Obat Panu Alami Bawang Putih


Bawang putih memang sudah dipercaya sejak dahulu sebagai obat panu paling ampuh yang alami. Anti bakteri yang terkandung pada bawamg putih akan dengan cepat membasmi jamur pada kulit dan meredakan rasa gatal. Bagi anda yang ingin mencobanya ikuti langkah berikut.

Cara menghilangkan panu dengan bawang putih


  • Pertama sipakan beberapa butir bawang putih.
  • Kemudian kupas kulitnya lalu haluskan dengan blender atau bisa juga ditumbuk.
  • Setelah itu oleskan pada kulit yang terkena panu dan diamkan selama 20 - 30 menit agar meresap.
  • Kemudian bilas hingga bersih.
  • Lakukan cara ini dengan rutin agar hasilnya cepat terlihat.

Selain cara tersebut anda juga bisa memotong bawang putih menjadi 2 bagian kemudian gosokan pada area kulit yang terdapat panu. Memang cara ini sedikit perih namun tidak lama akan hilang, karena itu adalah efek dari infeksi jamur.

2. Lidah Buaya


Tanaman lidah buaya tidak hanya dapat digunakan sebagai Cara Menebalkan Rambut Secara Alami. Namun manfaat lain dari lidah buaya adalah dapat membasmi jamur penyebab panu. Karena lidah buaya mempunyai kandungan zat anti bakteri serta anti jamur. Maka dengan lidah buaya jamur yang bersarang pasa tubuh anda bisa menghilang secara perlahan. Tidak hanya panu dipunggung akan tetapi lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah.

Cara mengobati panu dengan lidah buaya


  • Pertama siapkan lidah buaya secukupnya.
  • Kemudian potong dan ambil gel nya saja.
  • Lalu oleskan gel lidah buaya secara merata pada area yang dihinggapi panu.
  • Setelah itu biarkan hingga mengering.
  • Lalu bersihkan dengan air.
  • Lakukan cara ini 2 sampai 3 kali sehari agar hasilnya maksimal.

3. Lengkuas


Cara mengobati panu yang sudah menyebar berikutnya adalah memanfaat lengkuas. Sejak zaman dahulu lengkuas sudah dipercaya mampu menjadi obat panu alami yang efektif. Senyawa yang dikandung oleh lengkuas antara lain kuersetin, amilum dan juga flavonoid yang berfungsi membasmi jamur penyebab panu. Cara penggunaannya seperti berikut.

Cara mengobati panu dengan lengkuas


  • Pertama siapkan lengkuas secukupnya.
  • Lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah itu haluskan lengkuas bisa diparut.
  • Kemudian peras lengkuas yang sudah dihaluskan tadi.
  • Lalu air perasan tersebut dioleskan pada bagian kulit yang terkena panu.
  • Lakukan secara rutin sampai panu benar-benar hilang.

Atau anda juga bisa langsung menggosokan lengkuas yang sudah dipotong pada tubuh yang terkena panu dengan ditaburi sedikit garam pada belahan lengkuas tersebut. Gosokan hingga terasa perih dan sampai kulit agak memerah. Lakukan secara rutin 3 kali sehari agar prosesnya lebih cepat.

4. Belimbing Wuluh


Khasiat dari belimbing wuluh ini dapat berguna untuk merontokan panu yang menempel pada kulit anda dan membasmi jamur. Mungkin pohon belimbing wuluh ini sudah agak sulit ditemukan di kawasan perkotaan namun tidak terlalu sulit jika anda ingin mencarinya dan yang menjualnya di pasar pun ada. Jika anda tertarik menggunakannya ikuti langkah berikut.

Cara mengobati panu dengan belimbing wuluh


  • Pertama siapkan belimbing wuluh yang sudah bersih dan juga air kapur sirih.
  • Lalu potong belimbing wuluh menjadi beberapa bagian.
  • Setelah itu rebus potongan tersebut dengan air kapur sirih.
  • Lalu setelah tercampur secara merata oleskan air rebusan tersebut pada area kulit yang terinfeksi panu.
  • Lakukan secara rutin agar panu pada kulit anda cepat hilang.

5. Belerang


Tidak mungkin rasanya jika belerang tidak dimasukan kedalam daftar cara mengobati panu secara alami. Karena belerang ini juga sudah dipercaya oleh nenek moyang kita sebagai obat panu alami. Belerang atau sulfur sudah sering digunakan sebagai produk kesehatan kulit seperti sabun atau kosmetik yang juga menggunakan sulfur sebagai bahan dasarnya. Bagi anda yang ingin menggunakan belerang sebagai obat panu paling ampuh berikut caranya.

Cara mengobati panu dengan belerang


  • Pertama anda memerulkan bahan campuran selain belerang yaitu, minyak kelapa dan air perasan jeruk nipis.
  • Setelah bahan sudah tersedia, tumbuk belerang hingga halus.
  • Kemudian campurkan dengan bahan tadi yaitu air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa secukupnya saja.
  • Lalu aduk hingga merata seluruhnya.
  • Setelah itu oleskan campuran tadi pada area kulit yang terkena panu.
  • Lakukan pengobatan ini secara rutin agar hasil yang anda dapatkan maksimal.

Itulah beberapa tips cara mengobati panu yang sudah menyebar pada tubuh. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan sebaiknya jika sudah melakukan cara diatas dan panu sudah menghilang dari tubuh anda maka jagalah kebersihan anda agar panu tidak hinggap kembali pada kulit anda.

Nantikan tips artikel kesehatan dan kecantikan selanjutnya dan bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat bagi orang yang belum mengetahui cara menghilangkan panu secara alami. Semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments