Rahasia Cara Merapikan Gigi Tonggos Tanpa Behel

Cara Merapikan Gigi Tonggos - Gigi tonggos atau dalam istilah kedokteran disebut dengan maloklusi. Yaitu kelainan pada gigi dimana gigi atas yang terlalu maju sehingga terlihat lebih menonjol atau tonggos. Sebetulnya gigi atas memang lebih maju dari pada gigi bagian bawah, akan tetapi pada kasus gigi tonggos ini melebihi gigi pada umumnya.

Bagi sebagian orang biasanya tidak percaya diri berbicara didepan umum jika memiliki gigi yang tonggos dan menanggu penampilan selain itu juga gigi tonggos yang terlalu maju dapat mengganggu kesehatan. Seperti sakit kepala serta gangguan pernafasan. Namun bagi yang tidak berpengaruh pada kesehatan tidak perlu dilakukan penanganan, memundurkan gigi tonggos hanya keinginan agar lebih percaya diri saja.

Faktor penyebab gigi tonggos ini biasanya karena faktor genetik atau keturunan, bisa juga karena kebiasaan sejak kecil yang sering menghisap jari atau menggunakan dot. Memang cara paling umum orang merapikan gigi adalah dengan menggunakan behel. Tapi ada juga cara lain untuk memundurkan gigi atas.

Disini saya akan berbagi sedikit tips untuk anda yang ingib mencoba merapikan gigi yang tidak beraturan, namun saya tidak menjamin keberhasilan cara ini. Karena untuk lebih detail anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli gigi. Saya hanya ingib berbagi saja karena ada juga yang pernah mencoba cara berikut dan berhasil ada juga yang tidak.

Cara Merapikan Gigi Dengan Mudah


Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar gigi anda tidak terlalu terlihat tonggos atau maju.

1. Menggunakan Sendok Kayu


Cara yang pertama adalah dengan menggunakan sendok kayu. Belum banyak orang mengetahui bahwa sendok kayu juga bisa memundurkan gigi tonggos. Mungkin bagi sebagian orang cara ini agak sedikit ekstrim. Caranya yaitu dengan merebus sendok kayu dengan air mendidih atau juga bisa berbarengan direbus saat memasak nasi.

Kemudian setelah direbus angkat sendok kayu tersebut lalu dorong gigi yang tidak rata dengan sendok kayu. Mendorongnya bisa pada bagian luar atau bagian dalam, tergantung masalah pada gigi anda.

Ketika mendorong gigi dengan sendok kayu, tahan kurang lebih 1 sampai 2 menit. Panas yang dihasilkan sendok kayu dapat melunakan bagian gigi sehingga gigi yang tidak beraturan bisa didorong dan dirapikan.  Lakukan cara ini beberapa kali agar maksimal.

2. Menggunakan Jari Tangan


Fungsi utamanya sama dengan sendok kayu tadi yaitu mendorong bagian gigi yang tidak rata hanya saja cara ini menggunakan jari tangan. Sebelum melakukan cara ini cuci bersih dulu tangan anda.

Dengan menggunakan tangan anda bisa menjangkau bagian gigi yang tidak terjangkau oleh sendok kayu. Caranya adalah pilih jari yang dianggap nyaman untuk mendorong gigi, kemudian saat mendorong gigi tahan beberapa menit. Lakukan cara ini 2 kali sehari agar hasil yang didapat lebih maksimal.

3. Dengan Menggunakan Lidah


Anda bisa memanfaatkan lidah untuk merapikan gigi. Karena lidah bisa berfungsi sebagai pengganti tekanan yang dihasilkan oleh behel. Anda pasti berifik bahwa merapikan gigi dengan lidah akan memakan waktu yang sangat lama dan saya katakan memang benar begitu.

Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang super cepat dengan cara ini karena memang membutuhkan jangka waktu yang panjang dan harus rutin melakukannya. Apalagi jika gigi yang ingin dirapikan banyak tentu akan sangat lama sekali. Tapi tidak ada yang tidak mungkin didunia ini, jika anda niat sungguh-sungguh saya doakan anda berhasil.

Caranya cukup dengan mendorong gigi yang ingin dirapikan menggunakan lidah, anda bisa melakukannya disela sela aktifitas atau saat sedang santai. Cara ini memang memakan waktu akak tetapi tidak ada efek samping dan resiko buruk menggunakan cara ini. Intinya anda harus rajin melakukannya.

4. Dengan Buah-Buahan


Buah adalah makanan yang sehat untuk tubuh kita dan dibutuhkan untuk menstabilkan metabolisme tubuh agar lancar. Selain itu bisa digunakan sebagai tips kecantikan buah-buahan juga bisa bermanfaat untuk merapikan gigi. Buah yang mempunyai tekstur padat bisa digunakan untuk mendorong bagian gigi yang tidak beraturan. Seperti buah pear, jambu biji, apel, melon, buah tersebut bisa anda gunakan untuk merapikan gigi.


Caranya cuci bersih buah yang akan digunakan lalu tempelkan pada bagian gigi yang tidak rata. Diamkan beberapa menit lalu makan. Lakukan cara tersebut ketika anda hendak memakan buah.

Cara ini hanya efektif untuk area gigi yang mudah dijangkau saja, seperti untuk merapikan gigi depan, atas atau bawah. Untuk bagian dalam mungkin tidak efektif karena ukuran buah tidak memungkinkan untuk ditempelkan pada bagian dalam. Selain dapat membantu merapikan gigi, buah-buahan juga bisa digunakan sebagai Cara Menghilangkan Bau Mulut.

Baca juga:


5. Retainer


Cara Merapikan gigi depan yang besar tanpa behel juga bisa dengan metode retainer. Manfaat dari retainer adalah menahan bagian gigi agar tidak memperparah kondisi gigi. Retainer sendiri memeiliki beberapa jenis yang berbeda-beda seperti fixed retainer, hawiey retainer, serta clear retainer.

6. Invisalign


Invisalign juga dapat bermanfaat untuk merapikan gigi tonggis tanpa behel. Bentuk dari invisalign ini transparan dan tidak terlalu mencolok. Memang proses ini lebih lama dari pada menggunakan jenis behel untuk gigi tonggos. Barangkali anda minat untuk mencobanya.

Hindari Kondisi Ini 


Bagi anda yang memiliki gigi tonggos dan ingin memperbaikinya lebih baik hindari beberapa kegiatan ini agar tidak semakin memperparah kondisi gigi anda.

1. Jangan Tidur Telungkup


Apakah anda tahu bahwa tidur telungkup ini lama kelamaan akan mempengaruhi kondisi bentuk gigi. Tidur dengan posisi telungkup ini membuat bagian samping pipi dan gigi menekan bantal sehingga akibatnya jika terus menrus akan menyebabkan gigi terdorong kearah luar. Hal ini lebih rentan terjadi pada bayi karena bayi masih dalam proses pembentukan gigi.
Hal sepele seperti ini memang kadang diabaikan yang sebenarnya juga jika dilakukan dalam waktu yang sangat lama akan menyebabkan gigi anda semakin maju. Jadi mulailah kurangi kebiasan yang dapat memperburuk kondisi gigi anda.

2. Hindari Menghisap Makanan Bertongkat


Hal yang perlu dihindari agar tidak memperburuk kondisi gigi tonggos adalah menghindari menghisap jempol atau menghisap permen bertongkat. Karena hal tersebut dapat membuat gigi menjadi maju dan juga tidak rata. Ini juga rentan terjadi pada anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan dan pembentukan gigi.

3. Hindari Memangku Wajah 


Hal ini dilakukan sebagai pencegahan agar dalam jangka waktu tertentu tidak menimbulkan gigi yang tidak rata. HIndari memangku wajah, apalagi dalam waktu yang lama karena rentang mengubah kondisi kerapihan gigi. Beritahu hal ini kepada anak anda. Singkirkan lah hal yang sering dianggap sepele namun dapat mempengaruhi struktur gigi.

Itulah beberapa cara merapikan gigi tonggos yang dapat anda lakukan. walaupun membutuhkan waktu yang lama dibanding dengan menggunakan behel akan tetapi jika anda rutin melakukannya bukan tidak mungkin bahwa gigi anda bisa menjadi rapi.

Nantikan tips artikel kesehatan dan kecantikan lainnya yang juga bermanfaat. Silakan bagikan artikel ini pada teman atau saudara anda jika artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Disqus Comments