Skip to main content

follow us


Efek Samping Rokok Elektrik - Pada jaman yang modern ini rokok sudah mulai berevolusi. Dan sekarang sedang marak sekali orang yang memakai rokok elektrik baik kaum pria maupun wanita karena dipercaya lebih aman dari pada rokok tembakau biasa. Apakah benar seperti itu?  Tapi tunggu dulu ternyata efek samping rokok elektrik ini juga dapat membahayakan lho. Selain harganya yang lebih mahal, rokok elektrik pada beberapa kasus juga bisa meledak dan mematikan.

Dari penelitian yang dilakulan di jepang, ternyata rokok elektrik sangat berbahaya karena mengandung formalin dalam cairan yang menghasilkan uap tersebut. Selain itu rokok elektrik mengandung zat asetaldehida yang lebih berbahaya jika dibandingkan dengan rokok tembakau dan ada kandungan zat kimia yang dapat merusak paru-paru. Tapi dalam hal ini bukan berarti rokok biasa tidak berbahaya karena keduanya sama-sama berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Kali ini dengancara.com akan membahas mengenai efek samping rokok elektrik yang berbahaya bagi kesehatan. Ada baiknya anda hindari merokok baik tembakau ataupun elektrik karena keduanya memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan. Mulailah hidup sehat dari sekarang, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Lihatlah orang yang anda sayangi, didalam hati mereka pasti menginginkan anda untuk berhenti merokok.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki

Efek Samping Rokok Elektrik


Jika anda beranggapan bahwa rokok elektrik lebih aman dari pasa rokok tembakau maka silakan baca artikel ini hingga akhir untuk membuka mata dan pikiran anda bahwa rokok elektrik juga menyimpan cukup banya efek samping bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa efek samping rokok elektrik yang berbahaya bagi kesehatan.


1. Menyebabkan Kerusakan Otak


Efek samping rokok elektrik yang pertama yaitu dapat merusak otak. Didalan rokok elektrik mengandungan senyawa dan zat yang berbahaya melebihi bahaya dari rokok tembakau. Apalagi jika digunakan dengan jangka waktu yang panjang, dapat merusak jaringan otak. Nah baru satu efek samping rokok elektrik yang kita bahas saja sudah sangat menyeramkan ya guys. Lanjut ke nomor 2.

2. Merusak Paru-paru Secara Permanen


Kandungan nikotin yang berbahaya pada rokok elektrik dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan organ lainnya didalam jaringan tubuh. bahkan jika anda menghisap rokok elektrik secara berlebihan pada setiap harinya, maka akan beresiko merusak paru-paru lebih cepat jika dibandingkan dengan rokok biasa atau tembakau.

3. Menyebabkan Stroke


Efek samping rokok elektrik dapat menyebabkan stroke. Penyakit stroke adalah penyakit yang paling banyak merenggut nyawa manusia saat ini di Indonesia. Tercatat sebanyak 12 oranh menderita stroke dari 1000 orang, dan jumlah warga Indonesia saat ini adalah ratusan juta jiwa. Maka dari itu stroke adalah penyakit pembunuh yang nomor 1 di Indonesia. Dan penyebab paling umum dari penyakit stroke ini adalah merokok. Cairan nikotin dan asap rokok elektrik dapat menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

Baca juga: Rahasia Cara Menghilangkan Perut Buncit Dalam 1 Minggu

4. Sesak Nafas Akut


Asap yang dihasilkan rokok elektrik jauh lebih banyak dan lebih tebal dibanding rokok tembakau biasa. Selain itu rokok elektrik atau vape mempunyai zat dietilen gliko yang merupakan zat anti beku yang membuat nikotin tetap cair dan tidak membeku, zat tersebut dapat mengakibatkan gangguan pernafasan yang akut,  sehingga akan menimbulkan sesak nafas serta zat tersebut juga sangat berbahaya bagi organ tubuh lainnya.

5. Penyakit Asma


Terlalu sering menghisap rokok elektrik setiap hari juga dapat menimbulkan resiko penyakit asma. Cairan liquid yang digunakan untuk menghasilkan asap tersebut memilki banyak kandungan zat kimia yang dapat merusak organ tebuh terutama saluran pernafasan dan paru-paru. Untuk mengurangi resiko penyakit asma maka sebaiknya mulai berhenti merokok.

6. Resiko Penyakit Jantung


Penyebab yang paling umum bagi penderita penyakit jantung juga disebabkan oleh rokok. Zat-zat kimia yang dihasilkan rokok elektrik tidak hanya masuk kedalam parau-paru saja namun akan masuk juga kedalam jantung sehingga sangat beresiko terkena penyakit jantung. Jantung merupakan organ yang paling penting bagi tubuh manusia,  sebab jika jantung sudah berhenti berdetak maka itu tandanya kehidupan anda didunia sudah habis, maka sayangilah jantung anda dan mulai berhenti merokok sekarang juga.

7. Sakit Kepala/Pusing


Efek samping rokok elektrik yang selanjutnya adalah dapat mengakibatkan sakit kepala atau pusing hingga mual dan muntah. Sudah jelas pada poin nomor 1 bahwa zat kimia dari rokok elektrik ini juga akan masuk pada jaringan otak hingga menyebabkan kerusakan otak dan sakit kepala. Karena masuknya asap rokok elektrik atau vape kedalam darah akan mengikat oksigen.

8. Pemicu Kanker


Bahaya rokok elektrik lainnya tidak berbeda jauh dengan rokok tembakau yaitu dapat menyebabkan kanker. Dikarenakan rokok elektrik vapor di dalamnya mengandung zat atau cairan pelarut gliserin, propelin glikol. Beberapa zat tersebut akan melalu proses pemanasan pada rokok elektrik yang akan menghasilkan senyawa nitrosamine, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

9. Rokok Elektrik Bisa Meledak


Sudah jelas dari namanya saja rokok elektrik yang pasti mengandung aliran listrik di dalamnya. Ada beberapa kasus rokok elektrik meledak hingga membuat pemakai rokok elektrik terluka parah pada area wajah terutama bagian bibir. Belum jelas apa yang menyebabkan rokok elektrik tersebut meledal saat dihisap. Namun sepertinya ada kaitannya dengan konsleting listrik. Walaupun memiliki arus listrik yang kecil namun tetap saja kita harus waspada.

10. Kadar Nikotin Tak Menentu


Belum ada rilisan resmi dari rokok elektrik seberapa banyak kandungan nikotin di dalamnya. Sehingga bahaya rokok elektrik ini lebih serius karena tidak adanya data seberapa banyak kandungan nikotin pada rokok elektrik. Sehingga bukan tidak mungkin jika ada penjual liquid yang membuatnya sendiri serta dirinya pun tidak mengetahui kadar nikotinnya seberapa banyak dan membahayakan atau tidak.

11. Menganggu Gerak Oksigen


Efek samping rokok elektrik selanjutnya adalah dapat menganggu atau menghambat gerak oksigen pada tubuh. Kandungan lain yang ada pada rokok elektrik adalah karbon monoksida. Kandungan tersebut akan menyebabkan peredaran oksigen menjadi terhambat dan terganggu untuk di alirkan pada seluruh bagian tubuh melalui pembuluh darah.

12. Menyebabkan Polusi Udara


Efek samping rokok elektrik yang satu ini tentu tidak bisa dikesampingkan, karena jika polusi udara sudah terkontaminasi dengan asap rokok maka dampaknya adalah kepada orang lain yang tidak merokok dan membahayakan orang disekitar karena akan menjadi perokok pasif, bahkan perokok pasif lebih bahaya karena menghirup asap rokok langsung melalui hidung.

Demikianlah artikel tentang kesehatan 12 Efek Samping Rokok Elektrik yang Berbahaya. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silakan bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui bahaya rokok elekterik atau vape ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar