Skip to main content

follow us


Manfaat Buah Ciplukan - Apa itu buah ciplukan? Ciplukan atau dalam bahasa sundanya adalah cecendet, merupakan tanaman yang berawarna hijau yang renyah dan berair kemudian akan berubah warna menjadi kuning keorenan pada saat akan matang. Buah ciplukan ini mempunyai kulit berwarna hijau menggelembung dibagian luarnya, yang bisa menandakan warna buah pada bagian dalamnya. Buah ciplukan sendiri sering diabaikan oleh orang-orang, karena mungkin dinilai biasa saja karena memang pada umumnya buah ini tumbuh pada semak-semak.

Akan tetapi pada akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang mencari keberadaan buah ciplukan ini. Kenapa? Karena terdapat cukup banyak manfaat pada buah ciplukan bagi kesehatan tubuh kita dan bisa menjadi obat herbal alami. Setelah pada pembahasan sebelumnya dengancara.com mengulas tentang 40 Manfaat Daun Binahong yang luar biasa bagi kesehatan. Maka sekarang saatnya kita membahas mengenai manfaat buah ciplukan yang sering diabaikan ini. Namun sebelum itu kita harus ketahui dulu apa saja kandungan buah ciplukan.

Kandungan Buah Ciplukan


Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat pada tanaman ciplukan.


  • Mengandung Alkaloid pada akarnya.
  • Asam malat
  • Asam sitrun
  • Asam palmitat
  • Asam stearat
  • Saponin
  • Glikosida Flavonoid
  • Fisalin
  • Protein
  • Withangulatin A
  • Antioksidan
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E


Dan masih banyak lagi senyawa lainnya terkandung pada tanaman ciplukan ini. Setelah mengetahui kandungan apa saja yang ada pada tanaman ciplukan, maka saatnya kita membahas apa saja khasiat dan manfaat yang dihasilkan buah ciplukan untuk tubuh kita.


Manfaat Buah Ciplukan


Berikut adalah 26 manfaat buah atau tanaman ciplukan bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mengatasi Epilipsi


Manfaat buah ciplukan yang nomor 1 adalah mampu mengatasi dan mengobati epilipsi. Epilipsi merupakan penyakit hilang kesadaran disertai dengan kejang-kejang dan juga mengeluarkan buih dimulut nya. Jika anda mengalami penyakit ini maka solusi alami nya bisa menggunakan buah ciplukan ini. Yaitu dengan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Baca juga: Cara Menghilangkan Henna Dengan Mudah

2. Mengatasi Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diatas dengan buah ciplukan juga. Penyakit ini cukup banyak diderita oleh orang-orang maka salah satu cara mengobatinya adalah dengan mengkonsumsi buah ciplukan. Bila perlu tanam buah ini dihalaman rumah anda.

3. Mengobati Penyakit Paru-paru


Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit paru-paru. Anda bisa mengatasi penyakit ini dengan mengkonsumi ciplukan sebagai obat herbal yang alami.

4. Mencegah Penyakit Diabetes


Untuk mencegah diabetes tidak hanya bisa memanfaatkan buahnya saja akan tetapi daunnya serta batangnya pun mempunyai kandungan senyawa yang baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Sehingga meminimalkan resiko anda terkena penyakit diabetes.

5. Mencegah Risiko Terkena Kanker


Kanker merupakan penyakit berbahaya yang dapat merenggut nyawa manusia, sehingga sebisa mungkin penyakit ini harus dihindari sejak dini. Kandungan antioksidan pada buah ciplukan mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker yang membuat tubuh lebih kuat terhadap serangan penyakit.

6. Mengobati Bisul


Khasiat daun ciplukan lainnya yaitu mampu digunakan sebagai Cara Menghilangkan Bisul Secara Alami. Bisul merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan menyerang kulit atau lebih tepatnya lubang tumbuhnya rambut. Karena itu bisul tidak pernah terjadi pada area tubuh yang tidak memiliki rambut atau bulu seperti lidah, bibir atau kuku. Selain itu mungkin jika terkena bisul akan membuat kepercayaan diri menurun dan dihinggapi rasa malu.

Solusi alami yang bisa anda tempuh adalah dengan menghlasukan buah ciplukan dan tempelkan pada area bisul. Jika dilakukan secara rutin makan akan membuat bisul menjadi hilang.

7. Mengobati Radang Tenggorokan


Penyakit lain yang dapat diatasi oleh buah cipluka yaitu radang tenggorokan. Karena kandungan karoted ada pada daun ciplukan berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada tenggorokan. Saat ini sudah beredar kapsu atau obat-obat yang berbahan dasar buah ciplukan untuk mengatasi radang tenggorokan.

8. Menyehatkan Mulut


Kandungan vitamin yang ada pada daun ciplukan memiliki manfaat untuk me style="text-align: center;"njaga kesehatan mulut serta betrkandungan senyawa lainnya yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi, sehingga dapat mengobati dan mencegah masalah peradangan.

9. Mengobati Batuk


Ketika sedang mengalami batuk pasti dapat menganggu rutinitas sehari-hari serta menganggu kenyamanan orang-orang yang berada disekitar anda. Maka oleh sebab itu untuk meredakan batuk konsumsi buah ciplukan atau dengan cara merebus beberapa butir buah ciplukan dengan air bersih, kemudian minum air rebusan tersebut.

10. Mengobati Sakit Persendian


Manfaat lain dari tanaman ciplukan adalah dapat meredakan atau mengobati nyeri persendian. Akan tetapi yang digunakan adalah daun ciplukan, jadi caranya adalah dengan menghaluskan beberapa helai daun ciplukan, lalu campurkan dengan kapur sirih sedikit saja, kemudian tempelkan pada area persendian yang sakit, diamkan sampai kering lalu bilas hingga bersih.

Selain beberapa khasiat buah ciplukan diatas, masih ada lagi manfaat dari tanaman ciplukan lainnya.

Manfaat Buah Ciplukan Lainnya


11. Menjaga kesehatan jantung
12. Menambah stamina dan energi
13. Melancarkan buang air kecil
14. Mengobati penyakit flu
15. Mempercepat proses penyembuhan luka
16. Mengobati penyakit gondongan
17. Mengobati rematik
18. Penambah darah
19. Mencegah penuaan dini
20. Mengobati penyakit asma
21. Menurunkan demam
22. Meningkatkan kecerdasan otak
23. Menyadarkan orang pingsan
24. Mengobati stroke
25. Penawar racun
26. Menghilangkan kuning pada bayi baru lahir

Bagaimana? Banyak juga ternyata kegunaan tanaman ciplukan bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman yang dahulu sering diabaikan oleh orang-orang, sekarang kini banyak yang mencarinya.

Itulah 26 Manfaat Buah Ciplukan yang sangat luar biasa, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua mengenai buah ciplukan yang mungkin jarang diketahui. Silakan bagikan artikel ini jika bermanfaat, sampai jumpa pada artikel tentang kesehatan selanjutnya. Semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar