14 Obat Biduran Alami Terbaik Paling Ampuh


Obat Biduran Alami - Biduran atau dalam bahasa sunda yang lebih dikenal dengan nama kaligata merupakan penyakit yang menyerang kulit. Penyebab paling umum biduran biasanya karena alergi sehingga menimbulkan bilur putih serta kemerahan yang diiringi dengan rasa gatal pada kulit. Biduran memiliki 2 jenis yaitu Urtikaria akut dan urtikaria kronis. Urtikria akut merupakan biduran dalam jangka pendek dan urtikaria kronis adalah biduran dengan jangka waktu yang cukup lama.

Setelah pada artikel kemaren kita membahas Manfaat Biji Mahoni Bagi Kesehatan. Sekarang dengancara.com akan membahas mengenai obat biduran alami yang ampuh, namun sebelum kita membahas mengenai obat biduran alami, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja yang dapat mengakibatkan biduran atau kaligata ini.

Penyebab Biduran


Biduran atau kaligata dapat diakibatkan oleh beberapa sebab, berikut adalah beberapa faktor penyebab biduran atau kaligata:


  • Alergi makanan - alergi adalah penyenab biduran yang paling umum, biasanya makanan seperti telur, ikan laut, keju, kerang dan kacang. 
  • Alergi bulu & debu - penyebab biduran atau kaligata juga dapat terjadi karena alergi pada debu dan bulu ,misalnya bulu kucing, bulu anjing dll. 
  • Pengawet makanan - bahan pengawet pada makanan juga salah satu faktor terjadinya biduran, seperti pengawet pada daging, atau makanan ringan. 
  • Pengaruh obat-obatan - beberapa jenis obat juga dapat menyebabkan biduran, maka sebaiknya dilakukan tes alergi dahulu sebelum mengkonsumsi obat. 
  • Terpapar sinar matahari - orang yang tidak terbiasa terpapar sinar matahari juga dapat mengalami gejala biduran karena rasa panas yang akan disertai gatal-gatal. 


Selain beberapa penyebab diatas masih ada penyebab lain seperti pewarna makanan, olahraga yang berlebihan, perubahan cuaca, penyakit flu dan beberapa penyakit lain juga dapat menyebab biduran atau kaligata.

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum biduran, sekarang saatnya kita membahas mengenai obat biduran alami paling ampuh dan juga obat biduran di apotik.

Obat Biduran Alami


Berikut adalah cara mengobati biduran dengan cara alami:

1. Air Kelapa Hijau


Obat biduran alami yang pertama adalah dengan air kelapa hijau. Manfaat dari air kepala hijau ini mampu menetralkan racun dalam tubuh, sehingga dapat digunakan sebagai obat kaligata alami yang cukup ampuh. Minumlah air kelapa hijau yang masih segar untuk menghilangkan biduran.

2. Daun Sirih


Daun sirih memang sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi, tak terkecuali dapat mengobati biduran secara alami. Cara penggunannya seperti berikut.

Obat biduran alami dengan daun sirih

  • Pertama siapkan segenggam daun sirih atau secukupnya. 
  • Kemudian rebus dengan air bersih. 
  • Tunggu hingga mendidih. 
  • Setelah mendidih saringlah air rebusan tersebut, kemudian minum selagi hangat. 
  • Manfaat daun sirih ini menyembuhkan biduran dari dalam. 

3. Daun Kelor


Obat biduran alami selanjutnya adalah dengan menggunakan daun kelor. Zat anti histamin yang dikandung oleh daun kelor dikenal sangat ampuh untuk mengatasi peradangan, seperti gatal, bilur, dan juga biduran atau kaligata. Untuk cara pembuatan dan pemakaiannya seperti berikut ini.


Cara mengobati biduran dengan daun kelor

  • Pertama siapkan batang dan daun kelor secukupnya, lalu 1 siung bawang merah serta pulosari. 
  • Kemudian semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air bersih. 
  • Tunggu hingga tersisa kurang lebih 1-2 gelas. 
  • Setelah itu minumlah ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.
  • Rebusan daun kelor akan menyembuhkan biduran dari dalam. 

4. Daun Jombang


Cara alami yang lain bisa menggunakan daun jombang sebagai alternatif selain obat biduran di apotik. Caranya pun cukup mudah seperti berikut ini.

Obat biduran alami dengan daun jombang

  • Pertama siapkan daun jombang sebanyak 30 gram atau secukupnya.
  • Kemudian rebus dengan 2-3 gelas air bersih. 
  • Lalu tunggu hingga tersisa 1 gelas saja. 
  • Setelah itu minumlaj rebusan air tersebut selagi hangat. 
  • Minum secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. 

5. Kunyit


Selain dapat bermanfaat sebagai Cara Ampuh Mengobati Batuk Berdahak, kunyit juga ternyata mampu menjadi obat biduran atau kaligata yang cukup ampuh. Kunyit mengandung anti inflamasi dan histamin yang mampu mengatasi peradangan dan mengobati biduran. Cara penggunaannya seperti berikut ini.

Cara mengobati biduran dengan kunyit

  • Pertama siapkan beberapa ruas kunyit. 
  • Kemudian haluskan kunyit tersebut, bisa dengan menumbuknya. 
  • Setelah ditumbuk, peras kunyit lalu air perasannya dicampur dengan air putih secukupnya. 
  • Setelah itu rebus sampai mendidih. 
  • Minumlah ramuan tersebut setidaknya 2 kali sehari agar biduran cepat hilang. 

6. Air Hangat


Air hangat juga dapat membantu mengurangi peradangan akibat biduran. Caranya sangat mudah yaitu  dengan memasukan air hangat kedalam botol kaca, kemudian tempelkan atau kompreskan pada area kulit yang mengalami biduran. Cara ini dapat meredakan peradangan dan gatal-gatal akibat biduran.

7. Kompres Air Dingin


Setelah tadi mengobati biduran dengan air hangat, kali ini kebalikannya yaitu dengan air dingin. Fungsinya sama dengan air hangat tadi yaitu untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal pada kulit yang terkena biduran. Caranya pun cukup mudah yaitu dengn membasahi waslap dengan air dingin, kemudian kompreskan pada area kulit yang mengalami biduran.

8. Leunca


Anda sudah mengetahui kan apa itu leunca? Itu lho sayuran atau tanaman yang buahnya berbentuk bulat warna hijau kecil-kecil yang kadang juga dijadikan lalapan. Ternyata leunca juga bisa menjadi obat biduran alami yang ampuh. Caranya seperti berikut:

Obat biduran alami dengan leunca

  • Pertama siapkan tanaman leunca yang sudah bersih dari akarnya. 
  • Kemudian tumbuk sampai halus. 
  • Selanjutnya balurkan leunca yang sudah halus tadi pada area kulit yang terkena biduran. 
  • Lakukan secara teratur 2 kali sehari. 

9. Minyak Kayu Putih


Obat biduran selanjutnya adalah minyak kayu putih yang memang sudah sangat umum sekali digunakan sebagai obat gatal ataupun obat masuk angin. Selain khasiatnya tersebut ternyata minyak kayu putih dapat mengobati peradangan akibat biduran. Oleskan minyak kayu putih pada area biduran secara rutin sangat ampuh untuk menghilangkannya.

10. Temulawak & Buah Asem


Salah satu cara lain untuk mengobati biduran adalah dengan campuram dari temulawak dan buah asem. Caranya cukup mudah seperti berikut ini.

Obat biduran alami dengan temulawak

  • Pertama siapkan temulawak dan buah secukupnya, serta gula aren sebagai tambahan. 
  • Kemudian rebus semua baha tersebut dengan 2 hingga 3 gelas air bersih. 
  • Lalu tunggu hingga air tersisa hanya 1 gelas. 
  • Kemudian saring dan minum saat masih hangat. 

Itu adalah obat biduran alami yang bisa anda coba, namun jika anda ingin menggunakan obat biduran di apotik maka simak informasi berikut ini.

Obat Biduran di Apotik

Jika anda mengalami biduran akut maka dapat mengkonsumsi obat biduran di apotik ini, namun jika anda mengalami biduran kronis akan berbeda lagi obatnya. Tapi untuk biduran kronis sepertinya jarang sekali terjadi. Berikut adalah beberapa daftar obat biduran di apotik jika anda ingin membeli dan mencobanya.

11. Antihistamin


Mengobati biduran dengan obat di apotik yang pertama adalah obat antihistamin. Obat gatal ini mampu mengurangi rasa gatal dan menghambat histamin, namun pada wanita hamil harus dikonsultasikan dahulu dengan dokter apakah boleh menggunakan obat ini atau tidak karena demi keamanan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mungkin produk obat anthihistamin yang generasi baru tidak mengakibatkan kantuk, tapi tetap harus diperhatikan dan dikonsultasikan dengan dokter jika memang obat ini tidak menyebabkan kantuk, karena sangat beresiko untuk orang yang bekerja di pabrik untuk mengendalikan mesin-mesin atau juga pengemudi yang harus siap siaga.

12. Krim Menthol


Obat yang satu ini juga bisa menjadi salah satu alternatif lain atau bisa menjadi tambahan obat antihistamin yang berfungsi untuk meredakan rasa gatal akibat biduran atau kaligata. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, jenis produk apa yang cocok untuk anda.

13. Antihistamin H2


Apabila anda membeli obat antihistamin di apotik maka biasanya akan diberikan yang H1 dengan khasiat yang sudah diuraikan diawal. Namun antihistamin H2 juga dapat mengobati biduran kronis yang akan meringankan kemerahan pada kulit. Obat ini biasanya adalah alternatif dari antihistamin H1 atau bisa juga dikombinasikan. Silakan berkonsultasi dengan dokter untuk memakai yang mana. Namun jika anda merasa pusing atau sakit kepala karena obat ini disarankan untuk tidak melakukan pekerjaan yang beresiko seperti mengemudi atau mengendalikan alat-alat.

14. Kortikosteroid


Obat ini juga mampu mengatasi biduran atau kaligata. Namun obat ini tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang, karena dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh. Seperti penyakit tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, penyakit katarak dan yang lainnya. Jadi jika menggunakan obat biduran di apotik harus sesuai dan cocok untuk anda.

Itulah 14 obat biduran alami dan juga obat biduran di apotik. Semoga bermanfaat bagi kita semua terutama anda yang sedang mengalami biduran atau kaligata. Pastika obat yang anda gunakan cocok dan aman untuk kedepannya, bila perlu konsultasikan langsung dengan ahlinya.

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments