Cara Memakai Henna Lengkap & Cara Membuatnya


Cara memakai henna di kulit tangan, kaki, atau kuku cukup mudah akan tetapi bagi pemula mungkin masih bingung untuk melakukannya. Setelah pada beberapa waktu lalu dengancara.com sudah membahas mengenai Cara Menghilangkan Henna Dengan Cepat. Dan kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara memasang atau memakai henna pada tangan sendiri di rumah.

Pada umumnya henna digunakan untuk acara-acara pernikahan untuk mempercantikan penampilan mempelai wanita serta pada acara penting lainnya. Namun sebelum kita membahas mengenai cara menggunakan dan memakai khiasan kulit ini, kita ketahui asal usul dan sejarah henna itu sendiri.

Sejarah Henna



Banyak yang berpendapat bahwa henna pertama kali ditemukan di Afrika, ada juga yang mengatakan di India serta negara Arab juga dikatakan adalah penemu henna pertama yang dalam bahasa latinnya adalah Lawsonia inermis dan dalam bahasa arab disebut Hinna atau mehndi. Namun terlepas dari perdebatan itu semua henna merupakan hal yang sangat penting pada era sekarang ini sebagai penghias pengantin wanita dalam acara pernikahan atau acara penting lainnya. Henna atau hinna artinya yaitu merupakan pasta yang berbahan dasar dedaunan serta ranting yang dapat mewarnai kulit dan kuku dengan berbagai macam warna. Bisa dibilang henna ini adalah tatto alami namun akan hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu atau lebih.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Paling Ampuh

Tanaman henna pada umumnya dapat tumbuh pada iklim tropis atau cuaca panas seperti Arab, Afrika, Iran, India, Pakisatan, Mesir, Maroko, ataupun Palestina yang merupakan negara bersuhu cukup panas dan dapat tumbuh hingga 6 kaki. Henna pada beberapa negara contohnya India, selain untuk membuat pengantin wanita terlihat lebih cantik dalam acara pernikahan, namun juga diyakini dapat menangkal gangguan jahat dan membawa keberuntungan pada yang memakainya.

Di Indonesia sendiri henna bahkan sudah menjadi tradisi saat pernikahan. karena henna selalu digunakan pada acara-acara penting tersebut, walaupun tidak semua warga Indonesia memakainya pada acara pernikah, akan tetapi sebagian besar masih memakai henna untuk pernikahan. Selain untuk acara pernikahan, Henna juga tak jarang digunakan oleh ibu yang hendak melahrikan, karena di yakini membawa keberuntungan.

Itu adalah sejarah singkat tentang asal mula dan juga tradisi pemakaian henna di berbagai negara di Dunia. Setelah kita mengetahui sejarahnya, maka sekarang langsung kita ke topik tentang cara memakai henna pada kulit dan kuku.

Cara Membuat Henna


Berikut ini dengancara.com berikan informasi secara step by step mengenai cara menggunakan henna atau memakai henna pada kulit dan juga cara membuatnya sendiri di rumah.

Persiapkan Henna


Pertama-tama untuk memakai henna pada kulit dengan benar adalah siapkan dahulu henna yang akan digunakan, anda bisa membelinya secara langsung atau membuatnya sendiri di rumah. Jika anda ingin membuat henna sendiri, berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Henna Sendiri


  • Siapkan daun innai atau mehndi yang sudah kering, jika anda membeli yang fresh, maka jemur dahulu sampai kering.
  • Setelah itu pisahkan daun dengan rantingnya atau batangnya, karena yang digunakan untuk membuat henna hanya cukup dengan daunnya saja.
  • Langkah berikutnya adalah haluskan daun yang sudah terpisah dari batang dan ratingnya, bisa anda blender atau mixer untuk menghaluskannya.


Itu adalah cara yang paling simple membuat henna menggunakan daun innai. Dengan cara tersebut maka anda sudah membuat henna sendiri untuk kuku.

Cara Membuat Henna Dari Bubuk yang Sudah Jadi



Namun apabila anda tidak ingin repot membuat henna dengan daun dan harus menumbuknya, maka bisa membeli henna bubuk yang sudah jadi, berikut caranya.

Pertama yang harus dipersiapkan adalah bubuk henna, banyak yang jual dipasaran anda tinggal membelinya. Namun pastikan bubuk henna masih fresh atau segar, usahakan teksturnya lembut seperti bedak dan aromanya jika masih fresh akan seperti bayam.

Selain bubuk henna, siapkan juga jeruk nipis, essential oil dan peralatan yang akan digunakan, seperti wadah mangkuk, sendok.

Setelah itu semua terkumpul, barulah mulai untuk membuat henna. Untuk lebih jelasnya baca disini.

Cara Memakai Henna di Kulit



  1. Pertama setelah henna siap maka ikuti langkah berikut ini untuk memasang henna pada kulit. Sebelumnya pasta henna sudah masuk kedalam kerucut atau cone ya.
  2. Cuci terlebih dahulu tangan yang hendak digambar dengan henna, jika berminyak gunakan sabun agar lebih kering dan tak terlalu berminyak.
  3. Pegang kerucut yang berisi henna tersebut menggunakan tangan kanan, kemudian tangan kiri usahakan posisinya horizontal, agar lebih mudah.
  4. Lalu tekan kerucut secara perlahan dan gambar atau ukir henna di tangan sesuai Pola atau design yang di inginkan.
  5. Setelah selesai melukis tangan dengan henna maka diamkan beberapa saat agar mengering. Jika ingin henna lebih tahan lama pad kulit maka bisa disemprotkan dengan gel semprot, atau juga perasan air jeruk nipis dan gula pasir yang sudah diaduk rata, kemudian dimasukan pada botol semprotan. Hati-hati dalam penyemprotan, jangan sampai merusak henna.
  6. Setelah itu tunggu kembali hingga mengering atau gunakan hair dryer agar proses pengeringan lebih cepat. Kemudian jika sudah mengering semprotkan lagi gel pada tangan, tunggu hingga kering. Lalu bungkus tangan dengan kain kasa, agar terlindung dan setelah dibungkus maka diamkan selama kurang lebih 12 jam atau semalaman jika anda membuat henna pada malam hari.
  7. Lalu setelah 12 jam buka kain kasa yang menutupi henna tadi, kemudian oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun pada permukaan henna, dan hilangkan atau lepaskan henna yang berlebih pada tangan dengan sabun dan air bersih, lalu keringkan dengan lembut agar tidak pudar.
  8. Dan jika anda ingin henna lebih kuat menempel pada kulit, tambahkan sedikit minyak agar henna lebih tahan lama pada kulit.

Baca juga: 10 Manfaat Sawi Putih untuk Kecantikan & Kesehataan

Itu adalah meruapakan step by step dari cara membuat dan memakai henna pada kulit. Tidak terlalu sulit bukan melakukannya bukan? Kita hanya perlu teliti untuk melukis henna pada tangan, namun juga harus hati-hati.

Sebagai peringatan dan juga tambahan, ini adalah beberapa catatan saat hendak melukis tangan dengan henna.


  • Saat memakai henna lindungi pakaian anda karena akan menodai tangan dan pakaian. Gunakan sarung tangan untuk memulainya.
  • Serbuk henna tidak dianjurkan digunakan pada kulit bayi, karena dapat mengakibatkan pecahnya sel darah merah.
  • Ingat henna bukan untuk dikonsumsi, jika sampai tertelan maka segera hubungi dokter.
  • Sebelum melukis tangan dengan henna alangkah baiknya tes dulu pada sebagian kecil kulit anda untuk mengetahui reaksinya, karena dalam beberapa kasus, henna dapat menyebabkan peradangan dan juga luka pada kulit.
  • Henna tidak boleh dicampur dengan minyak moster.


Itulah artikel tentang Cara Menghilangkan Henna & Cara Membuatnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi anda yang sedang memiliki acar penting seperti pernikahan dan akan melukis kulit tangan dan kaki dengan henna.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika memang bermanfaat. Nantikan juga artikel kesehatan dan kecantikan bermanfaat lainnya. Semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Disqus Comments