Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Paling Ampuh

Cara menghilangkan bau mulut banyak Sekali dicari oleh orang yang sedang mengalami masalah pada aroma mulut yang kurang sedap, baik itu dengan cara alami atau medis. Mempunyai mulut yang bau tentu saja akan membuat kita tidak percaya diri saat sedang berbicara bersama teman, sahabat atau dengan pacar, ditambah lagi orang-orang disekitar kita akan merasa ilfeel dan juga akan menjauhi kita karena aroma mulut kita yang tidak sedap.

Bau mulut atau dalam bahasa medis disebut dengan Halitosis adalah permasalahan yang terjadi pada aroma mulut karena bakteri. Meskipun bukan suatu masalah yang berbahaya, akan tetapi aroma nafas yang kurang sedap bisa membuat kita dijauhi oleh para teman dan bahkan lebih gilanya lagi kita di bully karena mulut yang bau. Anda pasti tidak ingin merasakah hal seperti itu kan? Oleh sebab itu dengancara.com akan membahas mengenai cara menghilangkan bau mulut secara alami dan efektif. Namun sebelum kita membahasnya, kita harus kenali dulu apa penyebab bau mulut yang paling umum terjadi.

Penyebab Bau Mulut



Berikut ini adalah beberapa penyebab  bau mulut yang harus and ketahui:

1. Anda Perokok


Hal yang menyebabkan nafas dan mulut anda menjadi tak sedap salah satunya diakibatkan oleh rokok yang sering anda hisap. Sudah diketahui bahwa rokok memiliki senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kandungan nikotin dan tar pada rokok dapat menyebabkan bau mulut, selain itu juga sering menghisap rokok akan menimbulkan plak atau karang gigi dan juga peradangan pada gusi serta penyakit berbahaya lainnya seperti serangan jantung, impotensi, radang tenggorokan.

Baca juga:

2. Mulut Kering


Mulut kering juga merupakan penyebab kenapa mulut anda mengeluarkan bau yang tidak sedap. Penyebab mulut kering juga bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya produksi air liur, kurang mengkonsumsi air putih yang mengakibatkan dehidrasi, kurangnya asupan nutrisi serta dalam keadaam gugup atau grogi secara terus menerus.

Masalah lainnya yang menyebabkan mulut kering adalah karena hidung tersumbat sehingga anda lebih sering beranafas melalui mulut dan mengakibatkan mulut menjadi kering. Selain itu juga mulut yang kering dapat menimbulkan kerusakan gigi, infeksi pada gusi, sulut menelan. Jadi cukupi lah asupan nutris dan perbanyak minum air putih agar mulut tidak kering yang membuat nafas menjadi bau.

3. Efek Obat-obatan


Obat yang anda konsumsi bisa jadi dapat membuat produksi air lur menjadi berkurang sehingga menimbulkan bau mulut yang tak sedap. Obat-obatan seperti obat diuretik, antihistamin, atau antidepresan dapat membuat mulut kering. Maka konsultasikan pada dokter tentang masalah ini.

4. Makanan & Minuman Panas


Sering mengkonsusmi makanan atau minum saat masih panas juga bisa membuat mulut mengeluarkan aroma tidak sedap. Hal tersebut dapat membuat kerusakan pada gigi karena suhu makanan yang terlalu tinggi akan menghancurkan lapisan email gigi, dampaknya adalah gigi berlubang, mudah terinfeksi bakteri, serta gigi menjadi sensitif.

Selain menyebabkan bau mulut dan kerusakan gigi, mengkonsumsi makanan atau minuman saat masih panas dapat merusak lidah. Jika anda sering melalukan hal ini maka lambat laun akan membuat lidah menjadi pecah-pecah dan melepuh. Dan apibla lidah melepuh maka bisa memungkinkan lidah mati rasa permanen.

5. Tidak Menjaga Kesehatan Mulut


Selain beberapa penyebab diatas, kurangnya merawat kesehatan mulut juga dapat memicu munculnya bau tak sedap pada mulut. Dengan jarang atau tidak pernah membersihkan mulut maka bakteri akibat sisa makanan akan menjadikan mulut sebagai tempat tinggal mereka dan berkembang biak disana sehingga lama-lama memunculkan plak gigi. Jadi mulai sekarang rajinlah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut anda agar tidak membuat orang kabur karena bau mulut anda.


6. Alkoh*l


Jika anda orang yang gemar mengkonsumsi alkoh*l  maka itu juga merupakan penyebab bau mulut. Bau yang kurang sedap alkoh*l dapat menempel pada mulut sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap.

7. Berpuasa


Bagi anda yang sedang berpuasa maka tak heran jika memiliki nafas yang kurang sedap. Karena ketika berpuasa tubuh kita tidak mendapat asupan apapun dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga bibir kering dan mulut pun mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun jangan pernah takut untuk berpuasa hanya karena mulut akan mengeluarkan bau, orang-orang akan memaklumi jika aroma nafas anda kurang sedap dikarenakan anda sedang berpuasa.

8. Penyebab Lainnya


Selain 6 fakor penyebab bau mulut diatas ada beberapa hal juga yang menyebabkan aroma tak sedap keluar dari mulut seperti penyakit atau kelainan, makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang dan yang lainnya, gigi berlubang, sariawan, dll.

Itu adalah faktor-faktor yang mengakibatkan mulut mengeluarkan bau tak sedap, lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut tersebut? Tenang, disini dengancara.com akan memberikan beberapa tips mengatasi bau mulut yang bisa langsung anda praktekan.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami



Setelah mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan aroma nafas tak sedap, sekarang mari kita simak cara alami untuk menghilangka bau mulut yang efektif dan ampuh. Berikut ulasannya:

1. Buah Apel


Apel sudah dikenal sebagai buah yang mampu membersihkan mulut, maka tak heran jika banyak orang yang mengkonsumsi buah apel setelah makan, karena sebagai pencuci mulu yang baik dan alami. Dari penelitian menunjukan bahwa tekstur buah apel membersihkan sisa makanan yang bahkan tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Selain itu buah apel juga dapat melawan bakteri pada mulut, sehingga bakteri akan sulit berkembang pada mulut. Untuk membersihkan mulut dengan apel berikut caranya:

Cara menghilangkan bau mulut dengan apel


  • Pertama siapkan apel yang sudah dicuci bersih, namun kulitnya jangan dikupas.
  • Lalu kunyah apel secara perlahan, agar seratnya mampu membersihkan sisa makanan disela gigi.
  • Akan lebih baik jika mengkonsumsi 1 buah apel setiap harinya.

2. Kayu Manis


Kayu manis tidak hanya digunakan sebagai pengharum aroma pada masakan. Ternyata zat yang terkandung pada kayu manis mampu mengatasi bau mulut. Senyawa yang dikandung oleh kayu manis adalah Cinnamic Aldehyde yang dapat meyegarkan nafas dan membasmi bakteri pada mulut.

Cara mengatasi bau mulut dengan kayu manis


Ada 2 cara yang bisa anda gunakan:

Cara 1:

  • Siapkan beberapa batang kayu manis.
  • Lalu rebus kayu manis tersebut dengan 2-3 gelas air bersih.
  • Setelah itu tunggu hingga mendidih, dan gunakan airnya untuk berkumur.

Cara 2:

  • Siapkan bubuk kayu manis sebanyak  1 sdm dan juga 1-2 gelas air panas.
  • Kemudian masukan bubuk kayu manis tersebut pada air panas yang sudah disediakan. Aduk hingga merata.
  • Setelah itu saring dan tunggu sampai air larutan tersebut hangat.
  • Setelah hangat gunakan untuk berkumur setelah menggosok gigi
  • Lakukan cara ini secara rutin paling tidak minimal 1 kali sehari, sampai bau mulut hilang.


3. Cengkeh


Rempah-rempah yang memiliki ukuran kecil ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Kandungan minyak astiri pada cengkeh berfungsi sebagai antibakteri sehingga mampu mengatasi bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Cengkeh juga akan memberikan kesegaran pada nafas, untuk caranya anda bisa langsung mengunyah beberapa butir cengkeh selama beberapa menit hingga halus dan bau mulut hilang. Namun jika anda tidak suka atau tidak terbiasa dengan cara ini, maka ikuti langkah dibawah

Cara menghilangkan bau nafas dengan cengkeh


  • Pertama siapkan cengkeh secukupnya, akan lebih baik jika sudah dihaluskan menjadi serbuk.
  • Kemudian rebus dengan 1-2 gelas air bersih.
  • Tunggu hingga mendidih, lalu saring air tersebut.
  • Setelah hangat gunakanlah air rebusan cengkeh untuk berkumur atau bisa juga di minum secara rutin setiap hari samapi bau mulut hilang.


4. Baking Soda


Selain biasa digunakan untuk pembuatan kue, manfaat lain dari baking soda yaitu dapat mengatasi bau mulut. Hal ini karena alkali pada baking soda akan membuat pH dalam mulut menjadi netral. Sudah diketahui bahwa bakteri tidak akan mampu untuk hidup didalam pH yang netral. Untuk menggunakannya seperti berikut:

Cara menghilangkan bau mulut dengan baking soda


  • Pertama siapkan 1 sdm baking soda atau secukupnya.
  • Kemudian campurkan atau larutkan dalam segelas air hangat.
  • Setelah itu gunakan larutan baking soda tersebut untuk berkumur sebanyak 1 kali dama sehari.
  • Atau anda juga bisa mencampurkan baking soda dengan pasta gigi yang digunakan untuk menggosok gigi.


5. Lemon


Lemon yang rasanya sangat segar ini tidak hanya digunakan untuk kecantikan kulit, namun juga dapat bermanfaat sebagai penghilang bau mulut secara alami. Asam yang dihasilkan oleh lemon ini akan membuat bakteri tidak akan bisa berkembang, sehingga akan membuat bakteri pada mulut hilang. Namun selain dapat mengatasi bau mulut, lemon ini juga sangat ampuh untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan mulut kering. Bagi anda yang ingin mencoba, berikut caranya:

Penghilang bau mulut dengan lemon


  • Pertama yang harus disiapkan adalah 1 buah lemon.
  • Kemudian potong menjadi 2 bagian, lalu peras lemon tersebut.
  • Setelah itu campurkan air perasan lemon dengan air hangat sampai gelasnya penuh.
  • Jika ingin lebih maksimal bisa membasmi bakteri maka campurkan dengan garam secukupnya.
  • Lakukan cara ini secara rutin 3 kali dalam 1 minggu.


6. Teh Hijau


Selain bisa digunakan sebagai Obat Penenang Alami, teh hijau juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk menghilangkan bau pada mulut. Dari banyak penelitian membuktikan bahwa dengan rutin mengkonsumsi teh hijau mempunyai lebih sedikit bakteri di dalam mulutnya jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

Dengan mengkonsumsi teh hijau maka bau mulut akan hilang dalam waktu beberapa minggu. Nah jika anda tertarik dengan cara ini berikut hal yang harus dilakukan.

Cara menghilangkan bau mulut dengan teh hijau


  • Pertama siapkan teh hijau, bisa berupa daunnya atau yang sudah diolah dan dimasukan pada kantung.
  • Lalu seduh dengan air panas, tunggu hingga hangat kemudian konsumsi secara rutin.
  • Sebelum mengkonsumsinya anda bisa berkumur dahulu dengan teh hijau tersebut.


7. Menghilangkan Bau Mulut Dengan Jahe


Selain mampu Mengobati Batuk Berdahak dan menghangatkan tubuh, jahe juga mempunyai kandungan antibakteri yang ampuh untuk membasmi bakteri pada mulut dan menjadikan mulut lebih wangi. Berikut adalah cara penggunaannya.

Cara mengharumkan mulut dengan jahe


  • Pertama siapkan jahe secukupnya.
  • Kemudian parut jahe tersebut, lalu peras airnya.
  • Kemudian campurkan air jahe tersebut pada segelas air hangat.
  • Setelah itu gunakan untuk berkumur setiap hari.

Cara lainnya:

  • Atau anda bisa juga langsung merebus jahe yang sudah dibersihkan dengan air bersih hingga mendidih, lalu minum air rebusan jahe tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari.


Nah itu adalah 7 cara menghilangkan bau mulut yang direkomendasikan oleh dengancara.com, akan tetapi jika bau mulut sudah hilang, harus diperhatikan juga tentang bagaimana mencegah bau mulut itu muncul kembali. Sebagai tambahan kami akan memberikan juga tips mencegah bau mulut. Berikut ulasannya.

Cara Mencegah Bau Mulut



1. Sikat Gigi Dengan Rutin


Dengan menyikat gigi secara rutin dan teratur maka akan meminimalisir terjadinya bau mulut. Meskipun ada banyak penyebab lain yang bisa mengakibatkan mulut mengeluarkan bau tak sedap. Namun dengan menyikat gigi secara rutin merupakan salah satu cara yang bisa anda tempuh untuk menjaga kebersihan mulut agar terhindar dari bakteri.

2. Hindari Merokok & Alkoh*l


Berhenti dari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkoh*l adalah salah satu pencegahan agar bau mulut tak lagi menyerang anda. Selain dapat menyebabkan bau mulut, merokok dan mengkonsumsi alkoh*ol juga dapat membuat gigi menjadi kuning serta menimbulkan plak gigi. Jadi usahakan untuk berhenti merokok karena banyak penyakit berbahaya lainnya juga mengintai anda.

3. Perbanyak Minum Air Putih


Air putih mempunyai peran sangat penting bagi tubuh kita. Dengan rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, maka akan membuat kelembaban bibir terjaga dan terhindar dari mulut kering yang merupakan penyebab aroma tak sedap yang keluar dari mulut. Minimal konsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari.

4. Kunyah Permen Karet


Permen karet juga dapat mencegah bau pada mulut dan akan membuat nafas lebih harum. Akan tetapi pastikan mengunyah permen karet tanpa kandungan gula. Dengan mengunyah permen karet dapat membuat mulut menjadi tidak kering dan produksi air liur menjadi normal, yang dimana kurangnya produksi air liur akan membuat mulut kering dan terjadilah aroma kurang sedap pada mulut.

5. Menggosok Lidah


Yang menjadi sarang bakteri pada mulut bukan hanya terletak pada gigi atau gusi. Lidah juga bisa menjadi sarang bakteri jika jarang dibersihkan. Bakteri biasanya bersarang pada lapisan lidah, sambil anda menggosok gigi maka gosok juga lidah, dalam sikat gigi biasanya ada bagian yang di khususkan untuk menggosok lidah.

6. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut


Agar terhindar dari bau mulut maka sebaiknya hindari makanan-makanan  yang mengundang bau mulut seperti bawang, kol, dan makanan lain yang mengandung protein terlampau tinggi. Ganti dengan makanan yang lebih baik seperti apel, wortel, stroberi dan yang lainnya. Namun jika memang anda gemar makanan yang mengundang bau mulut tersebut, maka untuk lebih membatasi makanan penyebab bau mulut tersebut.

7. Berkumur


Mungkin dengan hanya menggosok gigi saja tidak cukup untuk membasmi semua bakteri pada mulut. Oleh karena itu selain menggosok gigi anda juga harus rajin berkumur apalagi sehabis makan. Selain menyegarkan mulut, berkumur juga mampu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel.

Itu adalah Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Paling Ampuh. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, jaga selalu kesehatan mulut agar anda lebih percaya diri berbicara dengan orang lain dan orang lain pun merasa nyaman berbicara dengan anda.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang yang membutuhkan informasi ini, agar lebih bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya yang juga bermanfaat. Semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments