13 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen adalah hal yang cukup banyak dicari oleh orang-orang. Masalah wajah tak hanya jerawat, melainkan komedo pun menjadi permasalahan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, terutama bagi wanita. Komedo pada umunya muncul di area wajah seperti hidung, pipi, dan sekitar mata. Namun tak hanya disitu komedo juga dapat muncul pada leher, dada, punggung dan lengan.

Komedo merupakan bintil atau benjolan-benjolan kecil pada area tubuh, terutama wajah. Komedo biasanya berwarna hitam dan ada juga yang putih. Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan komedo secara alami, ada baiknya kita ketahui dulu jenis, ciri-ciri dan penyebab komedo pada wajah. Agar selain mengatasi komedo secara alami, kita juga bisa lebih menghindari penyebab komedo agar tidak muncul kembali serta mengenali berbagai jenis-jenis komedo. Kita bahas mengenai jenis komedo terlebih dahulu.

Jenis-jenis Komedo


Komedo memiliki berbagai macam jenisnya, apa saja itu? Berikut ulasannya:

Komedo Hitam (Blackhead)


Komedo hitam atau yang biasa disebut komedo terbuka pada area hidung dan wajah. Pada umumnya komedo seperti ini menyerang para remaja namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalaminya. Komedo hitam ini terlihat seperti pori-pori yang membesar, karena folikel rambut ditutupi oleh kotoran yang menempel pada kulit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Komedo Putih (Whitehead)


Komedo putih atau whitehead ini sifatnya tertutup dan pada umumnya tumbuh di area pori-pori yang tersumbat, sehingga memunculkan benjolan-benjolan kecil pada kulit wajah. Warnanya adalah putih karena tidak terkena oksigen di udara, sehingga warna tetap alami yaitu putih.

Komedo Raksasa


Jenis yang berikutnya yaitu komedo raksasa, dari namanya saja sudah kita ketahui bahwa komedo seperti adalah sejenis kista yang ukurannya lebih besar dari komedo putih dan hitam, terdapat mempunyai warna hitam di ujung atasnya.

Komedo Solar


Komedo solar pada umumnya sering hinggap di pipi serta dagu. Dan biasanya lebih serinh dialami oleh orang yang usianya sudah lanjut. Hal ini karena sering terkena paparan sinar matahari.

Markokomedo


Markokomedo merupakan jenis komedo yang memiliki warna putih dan diameternya kurang lebih 2 hingga 3 mm.

Mikrokomedo


Mikrokomedo ini bisa dibilang kebalikan dari markokomedo yaitu komedo yang berbentuk kecil yang tidak tampak jelas oleh mata.

Ciri Ciri Komedo


Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dengan komedo dan sudah mengetahui ciri-ciri komedo, namun akan saya jelaskan lagi bagi orang yang belum mengetahuinya.

Komedo secara simplenya adalah munculnya bintik atau benjolan berukiran kecil dan ada yang berwarna putih dan hitam. Jika komedo berwarna hitam akan muncul pada lipasan permukaan kulit dan sudah pasti warnanya hitam.

Sedangkan komedo putih mempunyai benjolan yang lebih terlihat dibanding komedo hitam, warnanya putih yang padat, lalu letaknya dibawah permukaan kulit. Namun biasanya komedo tersebut beda dengan jerawat, karena tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi bisa menimbulkan peradangan juga jika digaruk.

Penyebab Munculnya Komedo


Setelah mengetahui berbagai jenis dan ciri dari komedo, maka sebelum langsung menuju cara menghilangkan komedo secara alami, kita bahas dulu penyebab apa saja yang dapat menimbulkan komedo. Karena percuma juga kita berusaha keras menghilangkannya akan tetapi penyebab munculnya saja tidak dihindari. Berikut adalah beberapa penyebab terbentuknya komedo di hidung dan wajah.

1. Wajah Berminyak


Bagi orang mempunyai wajah berminyak maka akan lebih mudah dihinggapi komedo, karena minyak tersebut akan menyumbat pori-pori sehingga banyak kotoran dan bakteri yang hinggap pada wajah dan hidung. Maka jika sekarang kulit wajah anda berminyak silakan baca artikel Cara Menghilangkan Wajah Berminyak Secara Alami. Selain dapat menimbulkan komedo, minyak berlebih juga dapat menimbulkan jerawat.

2. Salah Pilih Kosmetik


Jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda oleh karena itu cukup penting untuk memilih produk kecantikan yang cocok bagi kulit anda. Jika jenis kulit anda berminyak maka sebaiknya jangan pilih kosmetik yang mengandung minyak karena akan menjadi masalah nantinya. Konsultasikan pada ahilnya jika bingung memilihnya.

3. Jarang Membersihkan Wajah


Faktor penyebab timbulnya komedo juga karena malas untuk membersihkan muka, apalagi jika sehabis bepergian menggunakan motor sehingga membuat banyak sekali kotoran yang menempel pada wajah. Hal ini akan membuat komedo dan jerawat semakin mudah bersarang pada wajah dan hidung. Membersihkan wajah sangat penting namun tetap jangan sampai berlebihan dalam mencuci wajah.

4. Pola Hidup


Pola hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat, seperti halnya merokok, mengkonsumsi alkoh*l, mengkonsumsi makanan yang berlemak, begadang, dan pola hidup tak sehat lainnya. Selain dapat memunculkan komedo dan juga jerawat, pola hidup yang seperti itu akan menimbulkan penyakit lain juga. Jadi perbaiki lah pola hidup anda yang saat ini masih kurang baik, agar usaha anda untuk menghilangkan komedo secara alami dan permanen tidak menjadi sia-sia.

5. Perubahan Hormon


Faktor penyebab munculnya komedo berikutnya adalah karena adanya perubahan hormon yang mengakibatkan produksi minyak menjadi lebih meningkat, hal ini biasanya dialami orang yang menginjak usia remaja dan pada wanita saat sedang menstruasi.

6. Faktor Lainnya


Selain beberapa faktor yang ada diatas, ada juga penyebab lainnya yang dapat menimbulkan komedo pada wajah dan hidung. Seperti karena mengkonsumsi obat-obatan semisal pil kb, steroid, atau lithium.

Itu merupakan jenis, ciri-ciri dan juga penyebab munculnya komedo pada wajah, setelah mengetahuinya maka sekarang saatnya kita masuk pada pembahasan mengenai cara menghilangkan komedo secara alamo dan permanen.

Baca juga: Manfaat Teh Putih Bagi Kesehatan

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami


Bagi kalian yang sedang bermasalah dengan komedo dan ingin menghilangkannya, berikut dengancara.com beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi komedo:

1. Baking Soda


Cara menghilangkan komedo secara alami yang pertama yaitu dengan memanfaatkan baking soda. Khasiat dari baking soda ini akan mengikis sel kulit mati yang menyumbat pori-pori pada wajah yang menjadi penyebab munculnya komedo. Cara penggunaannya seperti berikut ini.

Cara menghilangkan komedo dengan baking soda

  • Pertama siapkan 1 sendok makan baking soda atau secukupnya.
  • Setelah itu campurkan dengan sedikit air hangat dan aduk hingga membentuk seperti pasta.
  • Kemudian oleskan pada area wajah yang berkomedo dengan diiringi pijatan memutar selama 3 menit.
  • Jangan terlalu lama mengaplikasikan baking soda pada wajah karena akan ada efek sampingnya.

2. Lidah Buaya


Cara selanjutnya yaitu dengan lidah buaya, sudah kita ketahui bahwa lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit serta rambut. Salah satunya adalah menghilangkan komedo secara alami. Hal ini karena gel atau daging lidah buaya mempunyai hormon giberelin yang dapat membantu mengatasi peradangan dan melembabkan kulit. Caranya seperti berikut ini.

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya

  • Pertama siapkan 1 batang lidah buaya atau secukupnya saja.
  • Lalu potong dan ambil gel nya saja.
  • Setelah itu bisa langsung oleskan gel lidah buaya pada wajah yang terdapat kemedo.
  • Kemudian tunggu hingga meresap kira-kira 15 menit.
  • Selanjutnya bilas wajah dengan air hingga bersih.

3. Putih Telur


Untuk mengatasi komedo hitam berikutnya yaitu dengan putih telur. Selain baik untuk membentuk dan mempertahankan masa otot, khasiat lain dari putih telur adalah mampu membuat kulit menjadi lebih kencang terutama pada bagian wajah, dan juga mengobati komedo secara alami dan permanen. Cara penggunannya seperti berikut.

Cara mengatasi komedo dengan putih telur

  • Pertama adalah siapkan 1 butir telur.
  • Lalu pecah dan pisahkan kuning dan putihnya.
  • Lalu kocok putih telur hingga mengembang, anda bisa menambahkan jeruk nipis agar bau amisnya tidak terlalu menyengat.
  • Setelah itu baru oleskan putih telur pada area wajah yang terdapat komedo.
  • Diamkan hingga kurang lebih selama 15 menit atau hingga mengering.
  • Lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya bisa maksimal.

4. Teh Hijau


Manfaat teh hijau ini dapat menyerap minyak berlebih pada wajah yang menumpuk di pori-pori sehingga menjadi penyebab munculnya komedo. Selain komedo, jerawat pun bisa diatasi dan dicegah oleh teh hijau. Jika dikomsumsi secara rutin maka akan mencegah dan mengatasi komedo serta jerawat dari dalam, namun untuk perawatan luar berikut caranya.

Cara menghilangkan komedo dengan teh hijau

  • Pertama siapkan beberapa helai daun teh hijau.
  • Kemudian rendam atau rebus dengan air panas secukupnya selama 10 menit.
  • Setelah itu celupkan kapas atau kain halus pada rendaman tersebut.
  • Lalu oleskan pada wajah yang terkena komedo.
  • Diamkan beberapa saat hingga meredap pada wajah.
  • Kemudian bilas dengan air hingga bersih.


Atau dengan cara lainnya, jika anda memiliki bubuk teh hijau bida juga digunakan untuk mengetasi komedo pada hidung.

  • Pertama siapkan 1 sendok bubuk teh hijau.
  • Kemudian campurkan dengan air hangat sedikit saja.
  • Lalu aduk hingga membentuk pasta.
  • Setelah itu baru oleskan pasta tersebut pada wajah yang terdapat komedo dan sambil dipijat dengan arah memutar selama 3 menit.
  • Selanjutnya bilas wajah dengan air hingga bersih.


Atau jika anda ingin menggunakan teh hijau yang sudah dibungkus dengan kantung bisa juga, caranya simple sekali yaitu dengan merendam kantung teh dalam air panas selama 3 menit saja, lalu tiriskan dan gosokan pada wajah kantung teh tersebut.

5. Kayu Manis


Cara menghilangkan komedo di hidung selanjutnya yaitu menggunakan kayu manis yang dicampur dengan madu. Kenapa harus dengan madu? Karena sudah kita ketahui bahwa manfaat madu bagi kecantikan kulit sudah tidak perlu diragukan lagi.

Madu mengandung anti bakteri dan dapat melembabkan kulit wajah, sedangkan kayu manis dapat meregenerasi kulit dan memproduksi kolagen. Cara penggunaannya seperti berikut ini.

Cara menghilangkan komedo dengan kayu manis

  • Pertama siapkan 1 sdm bubuk kayu manis dan 3 sdm madu murni.
  • Kemudian masukan bahan tersebut pada wajah dan aduk hingga merata.
  • Lalu oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata atau yang terdapat komedo saja.
  • Diamkan hingga kurang lebih selama 15 menit.
  • Selanjutnya bilas wajah dengan air hingga bersih.

6. Garam


Cara mengatasi komedo dengan cepat dan ampuh selanjutnya yaitu memanfaatkan khasiat dari garam. Dengan garam maka dapat membantu mengangkat komedo pada wajah, caranya seperti berikut ini.

Cara menghilangkan komedo dengan garam

  • Pertama siapkan 2 sendok garam dapur atau secukupnya.
  • Kemudian haluskan dengan cara di tumbuk.
  • Setelah itu oleskan atau gosokkan pada wajah yang terkena komedo secara perlahan.
  • Saat menggosokan garam pada wajah, jangan kaget bila wajah sedikit memerah, tidak masalah karena akan kembali normal lagi.
  • Selanjutnya bilas wajah hingga bersih.
  • Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini secara rutin.

Untuk cara lainnya anda bisa mencampur garam dengan berbagai macam bahan alami lainnya seperti jeruk nipis, gula pasir, madu, air mawar, dan yogurt agar hasilnya bisa lebih maksimal lagi. Jangan dicampur semua bahannya pilih salah satu saja, misalkan garam dicampur dengan madu, atau garam dicampur dengan air mawar.

Baca juga: 11 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Pipi

7. Cuka Apel


Cara menghilangkan komedo hitam atau putih yang berikutnya bisa juga menggunakan cuka apel. Sifat anti septik yang dimiliki oleh cuka apel dapat membasmi bakteri yang menyebabkan komedo serta mengatasi minyak berlebih pada pori-pori. Untuk cara penggunaannya seperti berikut ini.

Cara mengobati komedo dengan cuka apel

  • Pertama siapkan 1 sdm cuka apel atau secukupnya.
  • Lalu campurkan dengan air bersih 1 gelas.
  • Lalu aduk hingga rata.
  • Kemudian celupkan kapas atau kain halus kedalam larutan cuka apel tersebut.
  • Setelah itu oleskan kapas atau kain lembut tersebut pada area wajah yang terkena komedo.
  • Diamkan beberapa menit, lalu bilas wajah dengan air sampai bersih.

8. Pepaya


Pepaya merupakan buah yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit karena mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Selain itu pepaya juga memiliki kandungan enzim yang dapat mengangkat sel kulit mati dan juga menghilangkan komedo dengan cepat. Caranya seperti berikut ini.

Cara menghilangkan komedo dengan pepaya

  • Pertama siapkan pepaya yang sudah di kupas dan di potong secukupnya.
  • Lalu haluskan daging pepaya tersebut, bisa di blender atau ditumbuk, yang penting halus.
  • Setelah halus dan menyerupai masker, langsung oleskan pada area wajah yang berkomedo.
  • Kemudian diamkan selama 15 menit.
  • Setelah itu bilas wajah sampai bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu.

9. Pasta Gigi


Selain digunakan untuk membersihkan gigi, manfaat lainnya yaitu dapat mengatasi masalah wajah seperti jerawat dan komedo. Mungkin dengan cara ini tidak bisa di katakan 100% alami, namun dengan pasta gigi dapat menghilangkan komedo dengan cepat bahkan hanya 1 hari.

Cara penggunannya sangat mudah sekali yaitu dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya pada area wajah yang terdapat komedo, lalu diamkan hingga 10 menit, selanjutnya tinggal bilas wajah dengan air hingga bersih.

10. Jeruk Nipis


Khasiat jeruk nipis untuk kulit sudah tidak perlu diragukan lagi, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan dasar. Dengan vitamin C nya yang cukup tinggi membuat jeruk nipis ini dapat mengatasi berbagai macam masalah pada wajah, salah satunya adalah menghilangkan komedo secara alami. Untuk anda yang ingin menggunakannya, caranya sangat mudah seperti berikut ini.

Cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis

  • Pertama siapkan 1 buah jeruk nipis.
  • Kemudian potong menjadi 2 bagian.
  • Lalu peras kedua bagian jeruk nipis tersebut.
  • Setelah itu oleskan jeruk nipis pada area wajah terutama hidung dan dagu.
  • Sambil di pijat dengan halus, agar komedo mudah terangkat.
  • Lalu diamkan hingga 20 menit.
  • Setelah itu bilas wajah dengan air bersih.
  • Jika terasa perih saat mengoleskan jeruk nipis, tenang saja berarti jeruk nipis sedang bekerja.

11. Uap Air Panas


Selain dapat Mengatasi Hidung Tersumbat Dalam Hitungan Menit, ternyata uap dari air panas juga mampu mengatasi komedo pada wajah dengan cepat. Uap yang dihasilkan akan membuat komedo yang menyumbat pori-pori akan keluar. Caranya sangat simple sekali seperti berikut ini.

Cara menghilangkan komedo dengan uap

  • Pertama rebus air hingga mendidih.
  • Lalu tuangkan pada wadah, bisa baskom atau ember.
  • Lalu posisikan wajah anda kehadapan wadah yang berisi air tersebut, di iringi juga dengan pijatan wajah, agar komedo mudah terangkat keluar.
  • Lakukan selama 3-5 menit saja.
  • Setelah itu bersihkan wajah dengan handuk.
  • Ingat jangan terlalu lama, karena tidak baik juga untuk kulit.

12. Gula Pasir


Gula tidak hanya digunakan untuk pemanis makanan dan minuman, lebih jauh dari itu ternyata gula mampu mengatasi komedo pada wajah. Hal ini karena gula mengandung antiseptik dapat membersihkan kulit dari bakteri komedo dan dengan kristal-kristalnya dapat mengangkat sel kulit mati. Jika ingin mencobanya silakan ikuti tips berikut ini.

Cara menghilangkan komedo dengan gula

  • Pertama siapkan 1 sdm gula pasir atau secukupnya.
  • Lalu campurkan dengan air sedikit saja, jangan sampai larut kristal pasa gula tersebut.
  • Lalu oleskan atau gosokkan gula secara perlahan pada area wajah, terutama hidung dan dagu selama 3 menit.
  • Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

13. Es Batu


Es batu yang dimaksud disini bukan sembarang es batu. Akan tetapi air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu, kemudian di dinginkan pada kulkas, sehingga membentuk es batu. Rasa dingin yang dihasilkan oleh es batu dapat membantu mengecilkan pori-pori, sehingga dapat membuat minyak berlebih yang mengakibatkan timbulnya komedo terdorong keluar. Cara menerapkannya seperti berikut ini.

Cara menghilangkan komedo dengan es batu

  • Pertama siapkan air perasan jeruk nipis, madu, bisa juga ditambah teh hijau, masing-masing secukupnya saja.
  • Lalu aduk semua bahan tersebut hingga rata dan tambahkan air sedikit saja.
  • Lalu masukan kedalam kulkas hingga menjadi es batu.
  • Sebelum menggunakan es batu ini, cuci terlebih dahulu wajah anda.
  • Setelah itu baru gosokkan dan tekan secara perlahan es batu pada wajah yang terdapat komedo.
  • Kompres wajah hingga es batu tersebut mencair.
  • Dengan melakulan cara ini secara rutin maka akan membuat komedo dan juga jerawat hilang.

Mencegah Timbulnya Komedo


Selain menghilangkannya kita juga tetap harus mencegah agar komedo tidak datang kembali dan bersarang pada wajah. Karena jika kita tidak mencegahnya mungkin saja komedo bisa menempel lagi pada wajah dan membuat kita menjadi sibuk kembali untuk melenyapkannya. Berikut adalah beberapa tips agar komedo tidak muncul lagi pada wajah.

Rajin Membersihkan Wajah


Hal ini adalah yang terpenting karena wajah yang bersih tidak mungkin dihinggapi komedo. Oleh sebab itu rajinlah mencuci wajah, apalagi jika habis bepergian dengan kendaraan, karena banyak sekalo kotoran dan debu yang menempel pada wajah, jika tidak di bersihkan akan membuat komedo dan juga jerawat lebih mudah bersarang pada wajah.

Jangan Pencet Komedo


Kadang tangan kita seperti gatal ingin menggaruk atau memencet komedo pada wajah. Jika komedo sudah bersarang pada wajah maka jangan memencet atau menggaruknya karena dapat menyebabkan luka dan peradangan, serta dapat menimbulkan komedo baru.

Pola Makan


Pola makan juga harus anda jaga agar tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang menyebabkan komedo seperti makanan berlemak dan berminyak. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran agar kulit menjadi lebih sehat dan terhindar dari komedo.

Tips Lainnya


Selain beberapa pencegahan diatas ada beberapa tips lainnya yaitu ganti sarung bantal paling tidak seminggu sekali. Sarung bantal yang kotor dapat menjadi tempat bakteri yang menyebabkan komedo dan jerawat. Mungkin ini salah satu penyebab meskipun sudah membersihkan wajah sebelum tidur tapi jerawat dan komedo tetap saja muncul. Maka ganti lah sarung bantal minimal seminggu sekali. Dan juga hindari merokok dan mengkonsumsi alkoh*l karena banyak bakteri jahat di dalamnya.

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk menghilangkan komedo secara alami, seperti dengan yogurt, kacang kedelai, pala, gandum dan lain-lain. Namun cara diatas sudah cukup ampuh untuk mengatasi komedo, tinggal pilih saja cara yang anda sukai dan nyaman melakukannya.

Ok mungkin cukup sekian pembahasan mengenai 13 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi anda yang sedang mengalami masalah komedo ini, semoga setelah menerapkan cara-cara diatas, komedo pada wajah cepat hilang.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini agar lebih bermanfaat lagi. Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, selamat mencoba dan semoga sukses!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments