Skip to main content

follow us

Khasiat Daun Kelor bagi kesehatan dan kecantikan kulit ternyata belum diketahui oleh banyak orang. Daun berawarna hijau yang memiliki ukuran kecil dan agak lonjong ini padahal sudah diteliti sejak tahun 80an, disebutkan bahwa daun, tangkai, bijinya, hingga buahnya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Namun masih sering diabaikan khasiatnya, mungkin hanya segilintir orang saja yang mengetahui dan memanfaatkannya.

Meskipun mempunyai banyak sekali khasiat bagi tubuh, daun kelor juga bermanfaat untuk lingkungan seperti mencegah tanah longsor dan banjir, karena air hujan akan tertahan oleh akar dari daun kelor. Serta saat musim kemarau pun daun kelor dapat menyimpan air sehingga menjadi sumber air bagi tanaman lainnya. Selain itu daun kelor memiliki banyak sekali gizi dan nutrisi yang cukup tinggi bahkan mengalahkan kandungan dari buah-buahan yang terkenal. Kali ini dengancara.com akan membahas apa saja kandungan gizi dan nutrisi daun kelor serta manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan Daun Kelor


Alasan mengapa daun kelor mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan adalah beberapa kandungan gizi dan nutrisinya cukup tinggi hingga berkali lipat dari daun dan buah-buahan pada umumnya, apa saja itu? Berikut ulasannya.

Vitamin C - kandungan vitamin C pada daun kelor ternyata 7 kali lebih tinggi dibanding dengan vitamin C pada buah jeruk.
Vitamin A - Kita ketahui bahwa wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi, namun pada daun kelor kandungan vitamin A ternyata 4 kali lebih tinggi dari pada wortel.
Potassium - Kandungan potassium pada daun ini pun juga 3 kali lebih tinggi dibanding dengan buah pisang.
Kalsium - Kalsium juga sangat dibutuhkan untuk tubuh karena dapat membuat tulang dan gigi lebih sehat dan kuat, dan apakah anda tahu? Ternyata kandungan kalsium dalam daun kelor 4 kali lebih tinggi dibanding kalsium yang terkandung dalam susu.
Protein - Susu memiliki jumlah protein yang cukup tinggi, namun kandungan protein dalan daun kelor 2 kali lebih tinggi dibanding susu.

Kandungan lain yang juga baik bagi kesehatan yang terdapat pada daun kelor yaitu:

  • Karbohidrat
  • Serat fiber
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Mangan
  • Sodium
  • Zinc
  • Air, dll

Tak heran sebetulnya memang jika daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh manusia, kandungan nutrisi yang ada dalam daun kelor saja sangat tinggi dan lebih tinggi dari kandungan buah atau daun lainnya. Dengan begitu maka kebutuhan gizi dan nutrisi anda akan terpenuhi jika mengkonsumsi daun kelor. Oke selanjutnya kita langsung bahas saja khasiat daun kelor itu apa saja.

Baca juga: Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kelor


Berikut dengancara.com berikan informasi mengenai manfaat daun kelor yang jarang diketahui bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Mengontrol Gula Darah


Khasiat daun kelor yang pertama adalah dapat membantu pengobatan diabetes, apabila dikonsumsi secara rutin daun kelor dipercaya akan membuat gula darah yang tinggi menjadi terkontrol. Sehingga daun kelor ini sangat baik bagi penderita diabetes.


2. Mempertajam Penglihatan Mata


Manfaat daun kelor berikutnya yaitu mampu membuat mata menjadi lebih sehat dan mempertajam penglihatan. Hal ini karena kandungan vitamin A yang di miliki oleh daun kelor sangat tinggi sekali hingga melebihi vitamin A pada wortel. Bahkan daun ini juga dapat mengatasi masalah pada mata.

Caranya yaitu dengan merebus beberapa helai daun kelor, setelah itu usapkan air rebusan tersebut pada area mata yang sakit, lakukan cara ini secara rutin sampai mata anda sembuh.

3. Mengatasi Rematik


Selain Manfaat Daun Beluntas, ternyata daun kelor pun dapat meredakan penyakit rematik. Khasiat daun kelor akan membantu meredakan nyeri sendi akibat rematik dan juga penumpukan asam urat. Selain rematik manfaat daun kelor lainnya yaitu dapat mengatasi pegal linu, sakit pinggang, nyeri persendian dan asam urat.

4. Meredakan Sariawan


Khasiat daun kelor juga mampu mengatasi sariawan, karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi hingga berkali-kali lipat dari pada buah jeruk. Sudah kita ketahui bahwa khasiat vitamin C cukup ampuh untuk mengatasi masalah peradangan atau masalah pasa area mulut. Caranya bisa di olah dijadikan masakan atau dengan merebusnya lalu minum air rebusan tersebut.

5. Mencegah Penyakit kanker


Manfaat lainnya dari daun kelor adalah dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Antioksidan pada daun kelor cukup tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Dengan kandungan tersebut maka sel kanker akan dihentikan perkembangannya.


6. Menghilangkan Flek Hitam


Flek hitam di wajah memang sangat menanggu sekali penampilan dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Oleh sebab itu banyak orang yang rela pergi ke dokter kecantikan untuk membuat wajahnya menjadi lebih bersih dan mulus. Namun ternyata banyak Cara Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam, salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiat daun kelor. Bahkan tak jarang berbagai macam produk kecantikan pun menambahkan daun kelor untuk digunakan sebagai bahan dasar kosmetik.

Daun kelor memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati serta melembabkannya, karena terdapat lebih dari 20 antioksidan alami yang berkhasiat untuk kecantikan kulit. Maka dengan begitu kulit wajah anda akan lebih bersih dan lembut. Untuk menggunakannya anda bisa menghaluskan daun kelor lalu jadikan sebagai masker wajah.


7. Mengobati Luka


Khasiat daun kelor yang wajib kalian ketahui selanjutnya adalah dapat mengobati luka. Menurut penelitian ekstrak daun kelor mempunyai kandungan yang fungsinya sama dengan obat yang biasa digunakan untuk mengobati luka. Jika bagian kulit anda yang terluka maka salah satu solusi alaminya adalah dengan mengkonsumsi daun kelor atau dapat juga di jadikan masker yang nantinya di oleskan pada luka.

Artikel terkait: Cara Mengobati Bekas Luka Paling Ampuh


8. Mencegah Penuaan Dini


Terjadinya penuaan pada tubuh dan kulit itu sudah pasti, namun apa jadinya jika usia anda masih terbilang muda, namun sudah memunculkan tanda-tanda penuaan, itulah yang dimaksud penuaan dini. Khasiat daun kelor ini adalah untuk memperlambat efek penuaan, hal ini karena antioksidan pada daun kelor yang dapat membuat hormon menjadi seimbang dan penuaan dini pun dapat di cegah.

9. Mengatasi Masalah Pencernaan


Manfaat daun kelor berikutnya adalah dapat membantu dan mencegah masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, sembelit, kerusakan organ ginjal, penyakit liver dan infeksi pada pencernaan lainnya. Hal ini karena sifat anti inflamasi pada daun kelor yang dapat menghancurkan zat berbahaya pada tubuh terutama area pencernaan.

10. Mengatasi Penyakit Herpes


Herpes merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit dengan disertai rasa gatal dan perih serta mengakibatkan kulit kemerahan dan kemudian akan menghitam setelahnya. Tak jarang pula yang sampai bernanah. Untuk mengatasi masalah tersebut solusi alaminya yaitu dengan memanfaatkan khasiat dari daun kelor yang dapat mengatasi herpes. Caranya yaitu dengan menghaluskan beberapa helai dau kelor, lalu tempelkan pada kulit yang terjangkit herpes.

Efek Samping Daun Kelor


Khasiat daun kelor memang terbukti banyak sekali untuk kesehatan dan aman jika di konsumsi atau digunakan secara tepat, namun kita juga tidak boleh mengesampingkan efek samping yang dihasilkan jika di konsumsi secara berlebihan. Hal yang harus diperhatikan adalah bagi wanita hamil yang di sarankan untuk tidak mengkonsumsi daun kelor, karena bahan kimia yang terdapat pada daun tersebut dapat menganggu proses kehamilan, maka oleh sebab itu sebaiknya hindari dahulu mengkonsumsi daun kelor ketika sedang masa hamil.

Itulah informasi mengenai 10 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan beserta efek sampingnya jika di konsumsi secara berlebihan. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui keampuhan daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan.

Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar