Skip to main content

follow us

Khasiat susu kedelai dalam sebuah penelitian ternyata sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui. Dan para ahli juga mengatakan bahwa susu kedelai sebetulnya bukan merupakan jenis susu, karena susu kedelai bukan murni susu yang berasal dari kelenjar mamalia atau manusia. Meskipun begitu tapi manfaat dan kandungannya tidak terlalu berbeda dengan susu.

Dari namanya saja kalian pasti sudah bisa menebak bahwa bahan dasar dari susu ini yaitu kacang kedelai yang dihaluskan dan di proses sehingga teksturnya menyerupai susu berawarna putih. Pada pembahasan sebelumnya dengancara.com telah membahas mengenai artiekel tentang Cara Meniruskan Pipi Tembem Paling Ampuh. Untuk sekarang ini kami akan membahas tentang khsiat susu kedelai bagi kesehatan, namun sebelum kita membahas mengenai manfaat apa saja yang dihasilkan oleh susu kedelai untuk kesehatan tubuh kita, alangkah lebih baiknya kita ketahui dulu kandungan-kandungan pada susu kedelai.

Kandungan Susu Kedelai


Pasti belum banyak yang mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada susu kedelai sehingga membuatnya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi pada susu kedelai:

  • Asam Folat
  • Magnesium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Mineral
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Lemak Nabati
  • Kalsium
  • Polisakarida
  • Isoflavon

Itu adalah beberapa kandungan yang terdapat pada susu kedelai,  dimana kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan. Setelah mengetahui apa saja yang terkandung pada susu kedelai maka saatnya kita bahas mengenai khasiat dan manfaat susu kedelai bagi kesehatan.


Baca juga: 40 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Khasiat Susu Kedelai


Berikut dengancara.com sampaikan informasi mengenai apa saja manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Silakan simak ulasannya:

1. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes


Khasiat susu kedelai yang pertama yaitu bermanfaat untuk mencegah diabetes. Kandungan pada susu kedelai dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan gula pada susu kedelai juga tergolong rendah bahkan lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi.

2. Mengatasi Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dapat diatasi dengan manfaat dari susu kedelai. Di dalam susu kedelai terdapat kandungan seperti vitamin E, asam folat, magnesium, serta lemak tak jenuh sehingga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah.

3. Membantu Program Diet


Bagi anda yang sedang menjalani program untuk menurunkan berat badan, maka manfaat susu kedelai ini membantu anda dalam proses diet untuk mendapatkan ukuran tubuh yang anda inginkan. Kadar gula dalam susu kedelai 5 gram lebih renda dengan susu sapi. Lalu dengan lemak tak jenuh pada susu kedelai akan menbantu menghambat pergerakan lemak pada usus.

4. Mengurangi Risiko Osteoporosis


Osteoporosis atau pengeroposan tulang juga bisa dihambat atau dikurangi risikonya untuk menyerang anda. Hal ini karena susu kedelai mempunyai kandungan kalsium yang tinggi dan ditambah juga kandungan Fitoestrogen yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga susu kedelai ini sangat baik untuk menguatkan tulang dan mencegah pengeroposan yang biasanya dialami oleh usia lanjut.

5. Menjaga Kesehatan Mental


Ternyata khasiat susu kedelai juga dapat membantu mental tetap terjaga sehingga mengurangi risiko mengalami gangguan mental. Hal ini karena susu kedelai mempunyai kandungan vitamin B6 sebanyak 5,8% pada satu gelasnya. Nah vitamin D ini dapat membantu memproses serotonin neurokimia yang dapat membuat hati seseorang menjadi lebih baik dan juga kesehatan mental.

6. Khasiat Susu Kedelai Untuk Kolesterol


Manfaat lainnya yaitu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol pada aliran darah. Tidak seperti susu sapi yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi, susu kedelai ini mempunyai lemak tak jenuh tunggal serta ganda yang efektif menghambat kolesterol pada aliran darah. Hal ini telah diuji oleh peneliti, bahwa mengkonsumsi susu kedelai dapat membuat kolesterol jahat pada tubuh menurun.

7. Menjaga Kesehatan Jantung


Kandungan kalori dan lemak jahat yang relatif rendah pada susu kedelai akan membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Maka dari itu manfaatnya untuk kesehatan jantung sangat baik sekali, apalagi diiringi dengan makanan sehat lainnya, yang akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

8. Baik Untuk Wanita Hamil


Banyak yang mengatakan bahwa makanan atau minuman yang mengandung asam folat sangat baik untuk ibu hamil, karena dapat mencegah bayi terlahir cacat. Dalam kandungan susu kedelai juga mengandung asam folat, omega3, kalsium, mineral yang dapat menjaga kesehatan janin. Namun tetap jangan mengkonsumsi berlebihan mengkonsumsinya.

9. Mengurangi Risiko Kanker Prostat


Sudah diketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, oleh karena itu kita harus lebih menjaga diri kita agar tidak terserang penyakit kanker. Manfaat susu kedelai ini dapat menghambat produksi testosteron yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker prostat, dibantu juga dengan kandungan senyawa antioksidannya.

10. Manfaat Susu Kedelai Sebagai Antioksidan


Antioksidan adalah senyawa yang baik untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah terbentuknya sel kanker tadi. Antioksidan jenis zat genistein yang terkandung pada susu kedelai inilah yang dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Selain itu juga antioksidan jenis isoflavon mampu membuat sistem imun dalam tubuh meningkat.

Artikel Terkait: 28 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehataan

Efek Samping Susu Kedelai


Itu adalah 10 khasiat susu kedelai bagi kesehatan, namun dibalik manfaatnya yang yang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti berikut:

  • Infertilitas Pria - yaitu merupakan terhambatnya produksi sperma karena susu kedelai mimiliki kandungan senyawa isoflavon yang hampir mirip dengan hormon estrogen. Orang yang memiliki berat badan yang yang berlebih atau obesitas akan lebih mudah mengalami infertilitas. Akan tetapi harus dilakukan penelitian lebih lanjut agar hasilnya pasti.
  • Gangguan Fungsi Tiroid - dalam kandungan susu kedelai mempunyai senyawa yang dapat menghambat fungsi tiroid. Fungsi dari hormon tiroid sendiri adalah untuk membantu tubuh dalam menjaga fungsi otak, otot, dan jantung.

Sebetulnya susu kedelai bagus jika mengkoumsi nya dengan porsi yang pas dan diiringi juga dengan makanan sehat lain seperti sayur dan buah-buahan dan protein. Namun perlu diingat, jika anda henda k memberika susu kedelai pada bayi, lebih baik konsultasikan dulu terhadap dokter, karena susu kedelai belum tentu cocok untuk pengganti susu sapi pada bayi.

Demikianlah 10 Khasiat Susu Kedelai dan Efek Sampingnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar orang lain lebih mengetahui akan manfaat dari susu kedelai ini.

Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya. Semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar