Skip to main content

follow us

Manfaat bawang bombay ternyata cukup banyak bagi kesehatan, biasanya bawang ini hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja dan kadang dijadikan hiasan. Tidak banyak orang yang mengetahui akan khasiat dari bawang bombay tersebut. Asal mula bawang tersebut konon berasa dari negara India tepatnya kota Bombay yang sekarang menjadi Mumbay.

Bawang bombay atau dalam bahasa latinnya disebut Allium Cepa Linnaeus, tidak berbeda jauh dengan bawang merah, bentuknya yang berlapis agak besar dan memiliki rasa yang pedas. Harganya pun di patok lebih mahal dari bawang lainnya. Akar dari tanaman bombay memiliki serabut dan juga daun berbentuk silinder berongga. Sebelum kita membahas mengenai manfaat bawang bombay bagi tubuh,  alangkah lebih baiknya kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada bawang bombay.

Kandungan Bawang Bombay


Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dengan bentuk bawang bombay, namun tidak banyak yang mengetehaui kandungan apa saja yang ada pada bawang berukuran besar ini. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh bawang bombay:

  • Vitamin A
  • Vitamin B2
  • vitamin C
  • Zat Besi
  • Natrium
  • Kalsium
  • Kalori
  • Fosfor
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Air
  • Serat
  • Kalium
  • Niacin
  • Minyak Astiri
  • Asam Amino
  • Sulfur, dll

Tak heran memang jika bawang bombai memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, karena di lihat dari kandungannya saja cukup banyak dan sangat baik. Bagi anda yang mungkin belum mengetahui ciri-ciri bawang bombay seperti apa, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Ciri-ciri Bawang Bombay


Walaupun memiliki kemiripan dengan bawang merah, tapi ada beberapa ciri khusus yang dapat kita ketahui dari bawang bombay ini. Seperti ukurannya yang lebih besar dan warnanya. Untuk lebih jelasnya seperti berikut ini:

  • Bawang yang berasal dari negara India ini mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibanding dengan bawang merah. Karena sudah kita ketahui bahwa bawang merah ukurannya cukup kecil.
  • Bawang bombay mempunyai aroma yang lebih kuat dan khas jika dibanding bawang merah, sehingga akan menambah kenikmatan aroma masakan.
  • Bawang bombay memiliki warna daging berwarna putih agak kekuning kuningan, berbeda dengan bawang merah yang memiliki daging berwarna merah dan agak keunguan.  Selain ciri-ciri diatas, bawang bombai juga mempunyai jenis yang berbeda-beda dan juga tingkat aroma serta rasa yang berbeda juga.

Macam-Macam Bawang Bombai


Berikut ini adalah beberapa jenis atau macam-macam bawang bombay yang sudah ada di Indonesia. Langsung simak ulasannya:

Bawang Bombay Kuning


Bawang bombay kuning atau coklat Ini adalah bawang bombay yang paling dikenal dan sangat sering digunakan sebagai bumbu masakan. Aroma dari bawang ini cukup kuat sehingga membuat masakan menjadi lebih nikmat dan selera makan lebih bertambah.

Bawang Bombay Manis


Bawang yang satu berbeda dengan bawang bombay lainnya yang memiliki rasa pedas dan aroma menyengat, bawang yang satu ini memiliki rasa yang lebih manis dan baunya tidak terlalu menyengat.

Bawang Bombay Putih


Jika bawang bombay manis memiliki aroma yang tidak menyengat, berbeda dengan bawang ini yang baunya cukup menyengat dan rasanya lebih kuat. Denga tekstur lebih kering serta tipis.

Itu merupakan kandungan dan ciri-ciri bawang bombay, setelah mengetahuinya maka selanjutnya langsung saja kita membahas manfaat bawang bombay bagi kesehatan dan kecantikan itu apa saja sih? Silakan simak ulasan dibawah ini.

Baca juga: Manfaat Kunyit Asam Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Bombay


Bagi anda yang ingin mengetahui manfaat dan khasiat bawang bombay, berikut dengancara.com berikan infromasinya:

1. Mengatasi Penyakit Cacingan


Manfaat bawang bombay yang pertama adalah dapat mengatasi cacingan pada anak. Hal ini karena bawang bombay mengandung alisin dan fosfor, dimana fungsi alisin ini sangat baik sekali untuk membasmi cacing dengan efektif. Caranya adalah dengan menjadikan bawang bombay sebagai makanan, kemudian dikonsumsi oleh penderita cacingan.

2. Mencegah Kanker


Khasiat lain yang dihasilkan oleh bawang bombai yaitu dapat mencegah atau menghambat pergerakan dan perkembangan sel kanker. Karena bawang bombai mempunyai antioksidan yang dapat melawan radikan bebas penyebab kanker.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Memelihara kesehatan jantung sangat penting sekali, karena jantung merupakan organ tubuh paling penting. Dengan bantuan bawang bombay maka kesehataj jantung akan tetap terjaga. Hal ini karena bawang bombay dapat mencegah penggumpalan sel darah merah. Karena jika terjadi penggumpalan akan mengakibatkan masalah pada jantung.

4. Mencegah Sembelit


Sembelit merupakan masalah pada pencernaan yang dapat dicegah oleh khasiat dari bawang bombay. Karena mengandung cukup banyak serat yang dapat mencegah berbagai macam masalah pencernaan.

5. Menguatkan Tulang


Bawang bombay mempunyai kandungan kalsium yang sangat berguna untuk menyehatkan tulang dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).  Apabila anda ingin memiliki tulang yang sehat dan terhindar dari pengeroposan tulang maka konsumsi bawang bombai secara rutin dan teratur.

6. Melancarkan Peredaran Darah


Bawang bombay mempunyai kandungan kalori baik yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah menjadi lancar dan tidak tersumbat. Hal ini cukup penting, karena jika pembuluh darah menyempit dan mengalami penyumbatan akan menimbulkan penyakit yang berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Baca juga: Manfaat Daun Sukun Kering Bagi Kesehatan

7. Memelihara Kesehatan Otak


Manfaat bawang bombay bagi kesehatan yang berikutnya yaitu dapat membantu untuk memelihara kesehatan otak. Dengan kandungan vitamin B yang dimiliki oleh bawang bombay akan membuat otak mendapatkan nutrisi yang baik dan dapat berfungsi dengan baik.

8. Menguatkan Kekebalan Tubuh


Dengan mempunyai daya tahan yang kuat maka tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyebab penyakit. Dengan mengkonsumsi bawang bombay maka dapat meningkatkan sistem imun tubuh, karena kandungan vitamin C nya membuat tubuh lebih kuat terhadap serangan penyakit.

9. Mengontrol Gula Darah


Manfaat bawang bombay yang berikutnya yaitu dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini tentu sangat penting terutama bagi penderita penyakit diabetes yang kadar gula darahnya kadang tidak terkontrol sehingga melambung tinggi. Dengan mengkonsumsi bawang bombay maka akan mengatur kadar gula darah dan membuat gerak glukosa lebih lambat dalam penyebarannya pada jaringan tubuh.

10. Manfaat Bawang Bombay Untuk Asma


Asma merupaka suatu penyakit yang diderita cukup banyak orang. Dan lebih baik kita mencegahnya daripada mengobatinya, penelitian telah menunjukan bahwa kandungan senyawa pada bawang bombay dapat mencegah atau mengentikan virus penyebab asma. Selain itu bawang bombai dapat memudahkan dahak kental yang sulit keluar.

11. Mengatasi Jerawat


Jerawat adalah masalah wajah yang paling utama dan selalu dihindari. Wajah yang berjerawat membuat tingkat kepercayaan diri menurun. Tapi masalah jerawat bisa diatas dengan bawang bombay, meskipun meradang sekalipun. Karena sifat anti inflamasi pada bawang bombai memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan dan kemerahan yang ditimbulkan jerawat.

Itulah 11 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih bermanfaat lagi. Sampai jumpa pada artikel kesehatan selanjutnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar