10 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah delima untuk kesehatan dan kecantikan pada jaman sekarang mungkin jarang diperhatikan, lantaran saat ini delima sudah mulai langka, walaupun masih bisa ditemukan di pasar modern, mungkin kalah pamor dengan buah lainnya yang lebih terkenal. Umumnya buah ini tumbuh di daerah tropis dengan tanah yang gembur namun tidak banyak air. Buah delima berasal dari wilayah timur tengah, tepatnya di negara Iran dan Jenis buah ini pun dibagi menjadi 3 yaitu delima merah, hijau, putih.

Kandungan buah delima sangat baik bagi kesehatan seperti vitamin A, C, B6, protein, kalsium, lemak, zat besi, magnesium, sodium, energi, gula, karbohidrat, folat, fosfor, kalium, dan beberapa senyawa lainnya, seperti polifenol, flavonoid. Dengan kandungan senyawa dan nutrisinya maka buah ini tidak bisa di pandang sebelah mata. Oleh karena itu dengancara.com cukup tertarik untuk membahas mengenai khasiat buah delima ini.

Manfaat Buah Delima


Setelah kita mengetahui kandungan nutrisi dan senyawa apa saja yang tersimpa pada buah delima, sekarang mari kita ketahui manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

1. Menyehatkan Jantung


Manfaat buah delima yang akan kita bahas pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal itu karena kandungan antioksidan pada buah delima mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan begitu maka aliran darah ke jantung lebih meningkat, sehingga jantung tetap terjaga kesehatannya.

2. Mencegah Kanker


Banyak sekali buah yang memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker, tak terkecuali juga dengan buah delima. Nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, dan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker, seperti kanker payud*ra, kanker paru-paru, dan kanker prostat.

3. Menghilangkan Jerawat


Manfaat buah delima berikutnya yaitu dapat membantu mengatasi jerawat. Jerawat biasanya disebabkan dari makanan dan juga hormon tidak stabil seperti yang dialami oleh para remaja. Salah satu cara alami untuk mengatasinya bisa memanfaatkan khasiat buah delima. Kandungan vitamin C pada buah ini mampu mengontrol dan mengatur produksi sebum, dimana itu merupakan zat berminyak yang menjadi penyebab jerawat. Caranya cukup simple, anda tingga mengoleskan buah delima pada wajah yang berjerawat.

Baca selengkapnya: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

4. Mencegah Penyakit Alzheimer


Penyakit alzheimer yaitu dimana kondisi daya ingat dan kemampuan berfikir menurun, dan juga perubahan prilaku karena terdapat gangguan di dalam otak. Gejala awal dari penyakit alzheimer adalah mudah lupa, seperti lupa nama beda, nama jalan,  dll. Di gejala berikutnya akan lebih serius lagi seperti kesulitan berbicara, kesulitan membuat rencana, terlihat kebingungan, dan perubahan sifat.

Untuk mencegah hal itu terjadi yaitu dengan rutin berolahraga, jaga pola hidup, dan makan makanan sehat. Salah satu makanan sehat yang bisa di konsumsi adalah buah delima. Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin, maka dapat membantu untuk mencegah penyakit alzheimer. Jika anda sudah terkena penyakit ini dan mengkonsumsi buah delima, maka akan mampu memperlambat penyakit tersebut.

5. Mencegah Anemia


Selain Manfaat Buah Kedondong yang dapat mengatasi dan mencegah anemia, buah delima pun tidak mau ketinggalan untuk hal ini. Kandungan zat besi pada buah delima dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga terhindar dari anemia atau kekurangan sel darah merah.

6. Menjaga Kesehatan Mulut


Buah dilema dipercaya sangat ampuh untuk melindungi mulut dan gigi dari bersarangnya bakteri dan juga mengurangi plak gigi. Hal ini karena buah delima mengandung anti bakteri dan antivirus yang dapat membuat bakteri tidak betah berada di area mulut. Jadi buah delima merupakan salah satu cara alami yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Membandel

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Manfaat dan khasiat buah delima selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah delima maka dapat mencukupi 15% vitamin C dalam sehari. Sudah kita ketahui bahwa vitamin C sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga tubuh lebih rendah untuk terserang penyakit seperti flu, batuk, pilek, demam, dll.

8. Menurunkan Darah Tanggi


Ternyata dengan mengkonsumsi buah delima setiap hari secara tertatur, mampu menurunkan tekanan darah tinggi mencapai 5%. Maka bisa di simpulkan bahwa buah delima dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, dan sekaligus untuk menyehatkan badan.

9. Mengontrol Berat Badan


Khasiat buah delima yang lainnya adalah dapat membantu untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal. Bagi yang sedang menjalani program diet juga dapat menambahkan buah delima kedalam menu diet anda. Antioksidan yang terdapat pada buah ini mampu mengontrol berat badan dan juga menghilangkan kalori berlebih.

10. Mempercepat Penyembuhan Luka


Manfaat terakhir yang kami bahas dari buah delima yaitu mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini karena buah delima memiliki kandungan senyawa polifenol dan beberapa senyawa lainnya yang mempunyai sifat anti inflamasi atau peradangan, sehingga membuat luka lebih cepat hilang dan tidak membekas pada kulit. Untuk penggunaannya anda bisa menjadikannya salep yang di oleskan pada luka, atau mengkonsumsinya sehingga mengobati luka dari dalam.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang 10 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Sebetulnya masih banyak manfaat lainnya namun, untuk artikel ini hanya menampilkan 10 khasiat saja.

Mohon maaf bila ada salah kata atau informasi yang kurang jelas, dan sampai jumpa pada artikel lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments