10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa

Manfaat Buah Kedondong - Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui buah kedondong yang mempunyai ciri khas dengan rasanya yang asam namun menyergarkan. Karena rasanya yang asam maka jarang orang yang mengkonsumsinya secara langsung, biasanya buah kedondong ini dijadikan campuran rujak atau manisan kedondong.

Buah kedondong berasal dari benua Asia, namun sudah mulai banyak dan tumbuh subur di berbagai belahan dunia. Buah ini terbagi menjadi beberapa jenis, namun yang paling umum ada di Indoneisa adalah jenis kendeng, bangkok, dan karimunjawa. Dengan kandungan nutrisi dan senyawa seperti vitamin A, C, zat besi, protein, serat, flavonoid, saponin, tanin, dan kandungan lainnya pada buah kedondong, maka membuatnya memiliki beberapa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan tubuh manusia.

Manfaat Buah Kedondong


Setelah pada artikel sebelumnya dengancara.com telah membahas mengenai Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan, maka pada pembahasan kali ini kami akan berikan informasi tentang manfaat dan khasiat buah kedondong yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja itu? Silakan simak informasi selengkapnya.

1. Mengendalikan Kolesterol


Manfaat buah kedondong yang pertama adalah dapat mengendalikan dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena kandungan senyawa flavonoid pada buah kedondong akan membantu kadar kolesterol lebih terkontrol dan juga kandungan vitamin C nya dapat membantu metabolisme kolesterol mejadi asam empedu. Jadi secara garis besar bahwa buah kedondong ini cukup bermanfaat bagi penderita kolesterol.

2. Menjaga Kesehatan Mata


Buah kedondong mempunyai kandungan vitamin A, dimana vitamin A sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan mata. Pada 100 gr buah kedondong yang sudah matang terdapat sekitar 233 IU vitamin A. Dengan mengkonsumsi buah kedondong secara rutin dan teratur maka dapat meningkatkan kesehatan mata.

3. Mencegah Anemia


Khasiat buah kedondong bagi kesehatan lainnya adalah mampu mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia. Mungkin banyak sekali atau bahkan hampir semua buah-buahan mempunyai manfaat untuk mencegah dan mengatasi anemia. Pada buah kedondong pun mempunyai kandungan zat besi dan juga vitamin B1 yang dapat meningkat produksi sel darah merah dalam tubuh. Jika sel darah merah sudah terpenuhi maka anemia pun dapat di cegah.

4. Menghilangkan Rasa Kantuk


Rasa kantuk adalah hal normal yang terjadi, karena ketika anda mengantuk adalah sebuah tanda bahwa badan ingin di istirahatkan. Namun pada sebagian orang yang sedang bekerja, apalagi memiliki perkerjaan yang beresiko besar jika mengantuk akan berbahaya. Dengan rasa asam yang di miliki oleh buah kedondong akan membuat tubuh menjadi terhentak dan merasa tubuh mendapatkan energi tambahan, serta membuat tubuh terasa lebih segar.

Namun perlu di ingat, bagi para pekerja, terlebih yang memiliki risiko besar, jika memang kondisi fisik tidak memungkinkan untuk melanjutkan pekerjaan, sebaiknya untuk berhenti dulu sejenak dan mengistirahatkan badan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

5. Obat Batuk Alami


Manfaat buah kedondong berikutnya yaitu dapat dipergunakan sebagai obat batuk alami, beberapa kandungan pada buah kedondong berkhasiat untuk meredakan batuk. Caranya yaitu dengan menyiapkan 3 buah kendondong yang sudah di cuci bersih. Kemudian parut buah kedondong tersebut, setelah itu peras parutan tadi tanpa menggunakan air. Setelah di peras, silakan minum airnya sebanyak 2 kali sehari.

Baca juga: Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung


Kesehatan jantung sangat penting untuk kita jaga dan rawat, karena jika sudah terjadi masalah pada jantung akan membuat organ tubuh lain tidak berfungsi secara baik. Solusi alami yang bisa dipergunakan yaitu dengan memanfaatkan buah kedondong, karena mengandung kalsium yang cukup penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah gangguan jantung.

7. Mencegah Penuaan Dini


Jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia lambat laun pasti akan mengalami penurunan, karena usia yang terus bertambah. Dengan begitu maka elsatisitas kulit akan menurun dan memunculkan keriput pada kulit. Hal ini tidak hanya di alami oleh orang tua saja, anak muda pun dapat mengalami hal ini, karena beberapa pengaruh gaya hidup dan faktor lainnya seperti radikal bebas. Salah satu solusi alaminya yaitu dapat memanfaatkam khasiat buah kedondong, kandungam vitamin C pada buah ini dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

8. Mengatasi Diare


Manfaat buah kedondong yang berikutnya adalah membantu meredakan diare. Penyakit ini pastinya sangat menganggu aktifitas kita sehari-hari, karena diare menimbulkan gejala seperti kram perut, sering buang air besar, muah, muntah, hingga sakit kepala. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan buah asam ini, karena buah kedondong mempunyai kandungan anti bakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab diare.

9. Menyehatkan Tulang & Gigi


Kandungan kalsium dan fosfor pada buah kedondong sangat berkhasiat untuk menmbuat tulang dan gigi lebih sehat. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur, tulang dan gigi akan lebih sehat.

10. Mempercepat Penyembuhan Luka


Buah kedondong bisa juga digunakam sebagai obat luka alami. Selain untuk menjaga kesehatan mata, vitamin A pada buah asam ini pun dapat mempercepat proses penyembuhan luka dari dalam. Apabila anda sudah menggunakan obat oles luar, bisa di iringi juga dengan mengkonsumsi buah kedondong, untuk membantu proses penyembuhan luka lebih cepat.

Demikianlah artikel mengenai 10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan mohon maaf jika ada kata atau infromasi yang kurang jelas.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang mengetahui khasiat buah kedondong ini. Sampai jumpa di artikel kesehatan dan kecantikan berikutnya, semoga sukses dan sehat selalu!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments