Skip to main content

follow us

Tanaman kumis kucing mungkin sudah diketahui oleh sebagian orang. Tanaman ini sudah dipercaya sejak lama memiliki manfaat untuk kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit. Daun kumis kucing sendiri berasal dari benua Afrika dengan nama latinnya yaitu Orthosiphon aristatus dan mulai menyebar ke Asia dan Australia. Di Indonesia sendiri daun ini sudah dikenal luas oleh masyarakat sebagai tanaman herbal.

Tanaman kumis kucing pada dasarnya tumbuh pada tanah yang subur dan memiliki kualitas udara yang baik. Bagi yang belum mengetahui bentuk atau ciri-ciri daun kumis kucing yaitu seperti berikut ini.

Ciri-ciri Kumis Kucing

  • Mempunyai bentuk daun bundar dan agak lonjong.
  • Posisi daun dengan batangnya berselang seling.
  • Memiliki mahkota bunga berwarna putih atau putih keunguan.
  • Bagian batangnya basah dan tegak.
  • Tulang daunnya bercabang.
  • Panjang tangkai daunnya sekitar 7 hingga 29 cm.
  • Tangkainya berwarna ungu kehijauan.
  • Biji yang masih muda biasanya berwarna kehitaman, sedangkan yang sudah tua berwarna coklat kehitaman.
  • Bagian bawahnya berakar tunggang.

Itu merupakan ciri-ciri fisik yang bisa kita ketahui dari tanaman kumis kucing. Kemudian kandungan senyawa yang terdapat pada daun kumis kucing pun sangat baik bagi kesehatan seperti, minyak atsiri, saponin, zat samak, sapofonin, sinensetin, mioinositol, kalium, dan orthosiphonin glikosida. Kandungan senyawa tersebut dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit dan menyehatkan tubuh.

Baca juga: Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan

Manfaat Daun Kumis Kucing


Setelah mengetahui ciri-ciri dan kandungan tanaman kumis kucing, sekarang mari kita bahas mengenai apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Berikut kami berikan informasinya.

1. Mengobati Batuk


Khasiat daun kumis kucing yang pertama yaitu dapat mengobati batuk. Seseorang yang mengalami batuk biasanya enggan untuk berobat ke dokter, karena hanya dianggap penyakit ringan. Namun jika terus dibiarkan tanpa ada penanganan sedikit pun, itu juga tidak baik. Salah salu solusi alami yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan daun kumis kucing sebagai pereda batuk alami.

Cara pembuatan ramuannya yaitu dengan menyiapkan 15-20 gr daun kumis kucing yang masih segar, lalu bersihkan dengan air. Kemudian rebusa dengan 2 gelas air, tunggu hingga air tersisa 1 gelas saja. Setelah itu saring dan minum air rebusan daun kumis kucing sebanyak 3 kali sehari.

Baca juga: Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

2. Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Rematik


Selain dapat mengobati batuk, khasiat daun kumis kucing juga dipercaya dapat mengatasi nyeri pada sendi akibat rematik dan menguatka otot yang lemah serta mengatasi peradangan. Dengan begitu maka area persendian pun dapat kembali normal dan berfungsi dengan baik.

Cara pembuatannya sangat sederhana yaitu merebus 5-10 helai daun kumis kucing yang sudah dibersihkan dengan 2-3 gelas air. Lalu tunggu hingga air tersisa kurang lebih 1 gelas saja. Kemudian saring dan minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari, dengan takaran setengah gelas saja.

3. Mengobati Penyakit Asam Urat


Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya adalah mengatasi penyakit asam urat. Penderita penyakit asam urat terbilang umum di Indonesia ini. Para penderita asam urat biasanya lebih suka mengatasinya dengan ramuan herbal seperti jamu. Salah satu solusi alternatif yang alami lainnya adalah daun kumis kucing. Dengan daun ini maka nyeri pada persendian bisa teratasi.

Caranya yaitu dengan cara menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran. Kemudian rebus dengan 2 gelas air bersih, lalu tunggu hingga air tersisa setengahnya. Setelah itu tiriskan, dan minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari.

Untuk cara alami lainnya, bisa membaca artikel ini.

Artikel terkait: Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami


4. Mengatasi Keputihan


Manfaat daun kumis kucing berikutnya adalah untuk mengobati keputihan pada wanita. Hal ini sangat umum terjadi di kalangan wanita, yang disebabkan karena bakteri, virus, jamur, dan parasit. Salah satau cara alami untuk mengatasinya adalah dengan bantuan dari daun kumis kucing. Daun ini akan membantu mengatasi dan mencegah keputihan dari dalam.

Caranya seperti berikut ini:

  • Siapkan 1 genggam daun kumis kucing.
  • 1 genggam daun beluntas.
  • 1 sendok teh jinten hitam.
  • 10 biji kemukus.
  • Kemudian rebus semua bahan tersebut ke dalam wadah.
  • Setelah itu tunggu hingha mendidih.
  • Lalu tiriskan dan minum air rebusannya sebanyak 2 kali sehari.

5. Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kencing Batu


Penyakit kencing batu merupakan salah satu penyakit saluran kemih yang disebkan oleh infeksi bakteri. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan khasiat dari daun kumis kucing. Caranya yaitu dengan merebus 90 gram daun kumis kucing segar yang sudah dibersihkan dengan 2 gelas air. Lalu tunggu hingga air tersisa setengahnya, kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari.

6. Mengatasi Diabetes


Manfaat daun kumis kucing lainnya yaitu dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes atau gula darah yang tinggi. Untuk caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus 10-15 helai daun kumis kucing dengan 2 gelas air bersih. Lalu tunggu sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari.

7. Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang disebabkan oleh cairan yang menekan arteri dengan cukuo kuat, sehingga arteri menyempit dan mengakibatkan tekanan darah meningkat. Jika anda mengidap penyakit ini maka hindari stress, hindari makan makanan yang mengandung garam dan untuk mengatasinya yaitu dengan bantuan dari manfaat daun kumis kucing.

Caranya yaitu dengan merebus 50gr daun kumis kucing dengan 2 gelas air, kemudian tunggu hingga air tersisa setengahnya. Lalu minum air rebusan tersebut 1 kali sehari.

Itu adalah informasi mengenai manfaat dan khasiat daun kumis kucing bagi kesehatan, namun perlu anda ingat bahwa daun ini memiliki beberapa efek samping bagi kesehatan. Banyak hal yang membuat daun kumis kucing memiliki efek samping, selain karena terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya, ketidakcocokan dalam pembuatan ramuannya juga menjadi salah satu penyebab efek samping dari daun ini.

Efek Samping Daun Kumis Kucing


Efek samping daun kumis kucing antara lain seperti berikut:


  • Mempengaruhi kesehatan ginjal
  • Sesak nafas
  • Mengganggu kinerja jantung
  • Mengakibatkan tekanan darah rendah
  • Menyebabkan sakit perut
  • Terjadinya alergi
  • Kurang baik bagi ibu hamil jika berlebihan mengkonsumsinya
  • Keracunan


Mengatasi penyakit dengan ramuan herbal memang tergolong lebih aman  jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Namun tetap saja jika di komsumsi secara berlebihan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Demikianlah informasi mengenai 7 Manfaat Daun Kumis Kucing dan Efek Sampingnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan mohon maaf bila ada salah kata atau informasi yang kurang jelas. Karena dalam artikel ini adalah rangkuman dari berbagai sumber.

Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar