Skip to main content

follow us

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan - Kapulaga adalah salah satu jenis rempah-rempah yang cukup mahal harganya. Selain biasa digunakan untuk bumbu masakan-masakan tertentu, khasiat kapulaga juga dapat menjadi ramuah herbal yang dapat menyehatkan tubuh dan mengatasi penyakit. Tanaman yang berasal dari India ini bahkan sudah cukup terkenal di Arab dan wilayah timur tengah lannya, sebagai ramuan herbal yang bisa mengatasi kolesterol dan mencegah kanker.

Setelah pada pembahasan sebelumnya dengancara.com mengulas tentang Manfaat Jambu Air Bagi kesehatan. Kemudian pada pembahasan kali ini, saya cukup tertarik untuk mengulas tentang manfaat yang dihasilkan oleh kapulaga. Namun sebelum membahas manfaatnya, kita ketahui dulu kandungan apa saja yang tersimpan pada rempah-rempah ini.

Kandungan Nutrisi Kapulaga


Tanaman yang bisa digunakan sebagai bumbu masakan ini memiliki kandungan nutrisi seperti serat, karbohidrat, minyak atsiri, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, zat besi, kalium, kalsium, natrium, dan protein. Sementara itu senyawa lainnya adalah saponin, flavonoid, polifenol, mangan, sineol, dan senyawa lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

Maka dengan kandungan nutrisi dan senyawa tersebut membuat kapulaga memiliki manfaat dan khasiat untuk menyehatkan tubuh dan mengatasi penyakit.

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan


Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi dan senyawa dari tanaman kapulaga, sekarang mari kita mengulas mengenai manfaat yang dihasilkan oleh kapulaga bagi kesehatan tubuh. Berikut informasinya.

1. Menghilangkan Bau Mulut


Manfaat kapulaga yang pertama adalah dapat mengatasi aroma mulut yang kurang sedap. Memiliki masalah seperti ini tentu membuat kita tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain, dan lebih parahnya kita dijauhi oleh orang-orang hanya karena aroma mulut kita tidak sedap di hirup. Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan adalah kapulaga.

Masyarakat India sendiri sering mengunyah kapulaga saat setelah makan, atau saat merasa nafasnya kurang segar. Kapulaga juga sudah di olah menjadi permen karet yang dapat mengatasi masalah bau mulut.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

2. Mengendalikan Kadar Kolesterol


Khasiat yang berikutnya adalah dapat mengontrol kadar kolesterol. Hal ini telah diteliti oleh Toxicology Divisi Farmakologi, dalam penelitiannya pada seekor tikus mereka mencoba antioksidan pada kapulaga dan hasilnya dapat mempengaruhi tingkat kolesterol dan mengontrol kadar kolesterol. Bahkan manfaat kapulaga untuk mengontrol kolesterol sudah sejak lama dipercaya oleh masyarakat Arab dan India

3. Mengobati Nyeri Otot


Kejang otot atau nyeri otot dapat diatas dengan kapulaga, hal biasanya ini terjadi pada orang yang sudah lanjut usia atau para pekerja berat. Solusi alaminya adalah memanfaatkan kapulaga ini, para peneliti menyimpulkan bahwa kapulaga dapat mengatasi kejang otot karena merupakan analgesik yang baik untuk merdakan nyeri pada otot.

4. Mencegah Kanker


Manfaat kapulaga bagi kesehatan yang berikutnya yaitu dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Kapulaga mempunyai kandungan anti-karsinogenik yang bermanfaat untuk mencegah kanker, dan antioksidannya yang bisa menagkal radikal bebas. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sengupta et al. di Chittaranjan National Cancer Institute, bahwa manfaat kapulaga dapat menangkal kanker kolorektal hingga mencapai 48%.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan


Kapulaga mempunyai kandungan metanol, dimana fungsinya mampu mengendalikan atau meredakan gangguan pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, hingga diare. Selain itu kandungan minyak atsiri yang terdapat pada kapulaga adalah bahan herbal yang cukup efektik untuk mengatasi gangguan pencernan. Kapulaga juga sudah banyak digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan di berbagai negara.

6. Meredakan Penyakit Asma


Bagi kalian yang sedang mengalami asma atau gangguan pernafasan lainnya seperti bronkitis, flu, batuk, dan ingin mengatasinya secara alami maka kapulaga menjadi salah satu alternatif yang cukup efektif untuk mengatasinya. Hal ini karena ekstrak  mentah kapulaga dapat membantu membuka saluran udara yang menyempit sehingga nafas menjadi lebih lega dan juga menciptakan relaksasi pada jaringan trakea.

7. Mengatasi Sakit Tenggorokan


Manfaat kapulaga yang lainnya yaitu mampu mengatasi sakit atau gatal di tenggorokan. Caranya yaitu dengan merebus kapulaga dengan kayu manis, kemudian air rebusan tersebut digunakan sebagai obat kumur. Atau menggunakan cara lainnya yaitu mencampurnya denga madu. Cara tersebut dipercaya mampu mengatasi sakit tenggorokan.

8. Meghilangkan Cegukan


Cegukan merupakan kondisi dimana menutupnya pita suara secara tiba-tiba hingga menimbulkan suara. Hal ini diakibatkan karena kontraksi pada diafragma, normalnya cegukan terjadinya hanya beberapa menit saja. Namun dalam beberapa kasus juga ada orang yang mengalami cegukan dalam jangka waktu yang lama, karena beberapa sebab.

Jika seperti itu maka lebih baik periksakan diri ke dokter sehingga dapat ditangani oleh ahlinya. Untuk mengatasi cegukan yang normal, anda bisa memanfaatkan khasiat dari kapulaga, caranya yaitu tinggal minum saja air rebusan kapulaga.

Baca juga: Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus Dengan Cepat

9. Menyehatkan Ginjal


Manfaat kapulaga berikutnya yaitu dapat melindungi ginjal dari penyakit dan menyehatkan ginjal. Selain itu kemampuan diuretik ginjal mampu berfungsi untuk mencegah penyakit sistisis, nefritis, dan berbagai penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran kemih.

Selain beberapa manfaat kapulaga diatas, masih ada manfaat lain dari kapulaga bagi kesehatan seperti berikut ini.

10. Mengatasi Gastritis
11. Memelihara Kesehatan Kulit
12. Mencegah Pembekuan Darah
13. Mencegah Penuaan Dini
14. Melancarkan Sirkulasi Darah
15. Membasmi Racun Dalam Tubuh
16. Mengobati Sakit Gigi

Efek Samping Kapulaga


Meskipun mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, namun jangan kesampingkan efek samping yang ditimbulkan oleh kapulaga. Jika terlalu sering mengkonsumsi dapat mengakibatkan reaksi alergi, kemudian terlalu sering mengkonsumsi kapulaga dapat menyebabkan pertumbuhan batu empedu.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 16 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf apabila ada kata yang salah atau informasinya kurang jelas.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini, agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui khasiat kapulaga ini. Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar