7 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan Yang Menakjubkan


Manfaat terong belanda ternyata belum diketahui bayak orang, hanya segelintir saja yang mengetahuinya. Perlu diketahui bahwa terong belanda mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berbicara soal terang belanda, nyatanya buah ini bukan berasal dari negara Belanda, melainkan dari benua Amerika namun memang dikenalkan oleh orang dari Belanda. Bentuk dan rasanya pun tak sama dengan terong hijau atau terong ungu. Sehingga belum banyak orang yang memanfaatkannya.

Tamarillo atau terong belanda yaitu buah yang berwarna merah atau kuning jingga dan berbentuk lonjong layaknya seperti telur. Aromanya pun cukup unik berbeda dengan kebanyakan terong atau buah lainnya. Dengan rasa yang asam maka biasanya terong belanda ini jarang di konsumsi secara langsung, namun dijadikan campuran es buah, atau di olah menjadi jus. Pada artikel ini dengancara.com akan memberikan informasi mengenai apa saja khasiat yang dihasilkan oleh terong belanda untuk kesehatan. Tapi sebelum itu kita ketahui dulu kandungan pada terong belanda ini.

Kandungan Gizi Terong Belanda


Sebelum membahas tentang manfaat dan khasiat terong belanda, kami akan sampaikan dahulu kandungan gizi dan nutrisi apa saja yang tersimpan pada buah ini, sehingga memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa kandungan gizi dan nutrisinya.

Kandungan ini diteliti dalam 100gr

  • Lemak sebanyak 0,3 gr
  • Protein sebanyak 1,5 gr
  • Karbohidrat sebanyak 11,3 gr
  • Kalsium sebanyak 13 mg
  • Fosfor sebanyak 24 mg
  • Zat besi sebanyak 1 mg
  • Vitamin A sebanyak 0 IU
  • Vitamin C sebanyak 17 mg
  • Vitamin B1 sebanyak 0,04 mg
  • Energi sebanyak 48 kkal

Dengan kandungan diatas dan masih banyak yang lainnya sehingga membuatnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setelah mengetahui kandungan gizi nya sekarang mari kita bahas mengenai khasiatnya.

Manfaat Terong Belanda


Karena belum terlalu banyak orang yang mengetahui khasiat dari terong ini, maka kami akan berikan informasinya, silakan simak ulasan berikut.

1. Mengontrol Gula Darah


Jika anda penderita diabetes tipe 2, maka dengan manfaat terong belanda kadar gula darah akan lebih terkontrol lagi karena kandungan asam klorogeniknya yang dapat menurunkan gula berlebih. Selain itu kandungan antioksidannya dapat mengurangi stress oksidatif di bagian pankreas.


2. Mencegah Anemia


Tidak hanya Manfaat Petai yang bisa mencegah dan mengatasi anemia, terong belanda pun tidak kalah dalam hal tersebut. Anemia atau kurangnya sel darah merah dapat mengakibatkan pusing, mudah lelah, serta mudah terserang penyakit, untuk mencegah hal itu anda bisa memanfaatkan khasiat dari terong belanda. Kandungan zat besi pada terong belanda dapat membantu untuk meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga terhindar dari anemia.

3. Meredakan Sakit Maag


Penderita penyakt ini di Indonesia cukup banyak, bahkan tidak hanya orang dewasa, anak remaja pun banyak yang sudah menderita penyakit yang satu ini. Solusi alami yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan terong belanda untuk meredakan sakit yang ditimbulkan oleh penyakit maag. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu sebanyak 17mg pada terong belanda membantu meredakan sakit dan mengurangi gejala sakit maag serta mencegah maag datang kembali.

Untuk mengobati sakit perut juga bisa menggunakan Manfaat Daun Suji

4. Menyehatkan Jantung


Manfaat terong belanda berikutnya yaitu dapat membuat jantung lebih sehat. Karena kandungan potassium pada terong ini mampu untuk membuat kadar natrium yang tinggi pada jantung menjadi seimbang. Lalu magnesium pada terong belanda juga dapat membantu kesehatan kardiovaskular pada tubuh. Kemudian kandungan lainnya seperti serat yang dapat mengontrol kadar kolesterol.


5. Mengatasi Sariawan


Terong belanda memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk membantu mengatasi sariawan. Dengan begitu proses penyembuhan sariawan akan lebih cepat dan juga dapat mencegah sariawan pada rongga mulut. Manfaat lainnya adalah mampu meredakan panas dalam dengan menjadikannya sebagai jus.

6. Menyehatkan Mata


Kesehatan mata juga penting untuk kita jaga, dengan mengkonsumsi terong belanda maka kita telah membantu untuk menyehatkan mata, meskipun kandungan vitamin A pada terong belanda tidak setinggi wortel dan juga Daun Kelor akan tetapi sudah cukup membantu untuk membuat mata kita menjadi sehat. Selain itu juga Manfaat Terong Belanda sedikitnya mampu mencegah penyakit katarak mempertajam penglihatan.

7.  Mencegah Penuaan Dini


Khasiat lainnya dari terong belanda adalah mencegah penuaan dini dan menyehatkan kulit. Nutrisi yang terkandung pada terong belanda seperti vitamin A, E, C dapat membantu agar kulit lebih cerah dan bercahaya, sehingga kecantikan kulit lebih optimal. Lalu kandungan antioksidannya seperti flavoniod, fenol, dan antiosianin berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta mencegah penuaan dini. Selain dari terong belanda, penuaan dini juga dapat dicegah oleh Manfaat Jamu Kunyit Asam.

Demikianlah informasi mengenai 7 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan juga mohon maaf jika ada beberapa informasi yang kurang tepat dan kurang jelas, karena penulis mengambil data ini dari berbagai sumber.

Jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui manfaat dari terong belanda. Sampai jumpa pada artikel kesehatan berikutnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments