Ciri Ayam Bangkok Birma Asli dan Keunggulannya


Ayam bangkok birma yaitu ayam yang lahir karena perkawinan silang antara ayam asli Thailand dengan ayam birma dari Myanmar. Sehingga saat ini banyak para pencinta ayam berbondong-bondong ingin memiliki ayam bangkok birma ini. Hal tersebut lantaran ketangguhannya dalam bertarung sangat baik, namun untuk ayam bangkok birma sendiri di patok dengan harga yang cukup mahal seharga jutaan rupiah per ekornya. Akan tetapi cukup wajar memang karena kualitas ayam ini sangat baik sekali.

Ayam Bangkok Birma


Akhir-akhir ini banyak orang yang mengawinkan ayam bangkok Thailand dengan ayam birma. Bukan tanpa sebab, melainkan karena ingin memiliki ayam berkualitas super yang memiliki ketangguhan dan gaya bertarung yang hebat. Ayam birma mempunyai gaya bertarung yang tidak di miliki jenis ayam aduan lainnya, sedangkan ayam bangkok dikenal dengan keganasan dan ketangguhannya. Oleh sebab itu untuk mendapatkan kualitas keduanya dalam 1 ayam, maka caranya adalah dengan mengawinkan kedua ayam tersebut, sehingga memberikan keturunan Ayam Bangkok Kualitas Super  yang memiliki ketangguhan dan cara bertarung yang hebat, jadi dengan begitu, kita memiliki ayam yang komplit dari segi bertarung dan ketangguhan.

Selain itu juga dalam segi bisnis, hal tersebut sangat menguntungkan, karena kita sudah ketahui harga ayam bangkok birma ini cukup mahal. Untuk mengawinkan keduanya, maka pilihlah kualitas yang paling baik agar keturunannya pun memiliki kualitas yang sama, bahkan bisa lebih baik.

Nah untuk kalian yang masih awam dan belum terlalu paham dengan ciri-ciri atau kriteria dari ayam bangkok birma asli yang sangat kuat dan tangguh ini. Tenang, dengancara.com akan memberikan informasinya, agar anda tidak salah dalam membelinya, karena harganya yang cukup mahal.

Ciri Ayam Bangkok Birma


Meskipun sudah menyebar di Indonesia dan banyak budidaya ayam bangkok birma, namun tidak sedikit juga orang masih belum begitu paham akan ciri-ciri ayam tangguh yang satu ini. Untuk itu kami berikan informasinya, silakan simak.

  • Memiliki bobot tubuh yang lebih kecil dari ayam bangkok asli. Dengan berat ayam bangkok birma dewasa sekitar 2 hingga 2,5 kg.
  • Ukuran tulangnya agak kecil, sehingga saat usia masih  di bawah 12 bulan, tulang ayam bangkok birma masih menjadi kelemahan dalam bertarung, oleh sebab itu disarankan usianya diatas 12 bulan jika hendak di adu, agar tulangnya lebih keras.
  • Mempunyai mata yang melotot dan jernih, serta paruh yang tajam dalam garis lurus.
  • Memiliki sisik yang kecil di kakinya, namun penuh, ini merupakan ciri ayam yang memiliki pukulan akurat.
  • Pada bagian sayapnya panjang dan juga tebal.
  • Jenggernya berbentuk seperti tanduk ular, bantam ular, atupun cabe rawit.

Itu merupakan ciri-ciri dari ayam bangkok birma yang dapat kita ketahui dari segi fisiknya, untuk tambahan kami berikan sedikit informasi mengenai gaya bertarung dari ayam birma ini, seperti berikut ini.

Gaya Bertarung Ayam Bangkok Birma


Ayam bangkok mirna dikenal dengan gaya bertarungnya yang khas dan tidak di miliki oleh ayam aduan lainnya dengan istilah "elit diplomatik" yang lebih mengutamakan taktik dan kecepatan untuk mengalahkan lawannya. Berikut informasi mengenai gaya bertarungnya yang khas.

  • Gaya bertarungnya lincah, lebih lincah dari ayam bangkok Thailand.
  • Sangat cerdik dalam menyerang lawan.
  • Memiliki pukulan yang akurat dan mematikan, tak jarang lawan yang lebih besar pun langsung KO oleh pukulan dari ayam ini.
  • Jika mendapatkan celah untuk menyerang, biasanya ayam bangkok birma ini akan menyerang mata dan telinga lawan dengan pukulan kakinya, bagian tersebut sangat  sensitif jika terkena serangan.
  • Untuk mendapatkan kesempatan memukul, ayam birma akan membuat lawannya lelah, dengan cara berputar-putar.
  • Sangat lihat dalam menghindar dari serangan lawan, sehingga ayam bangkok birma ini tidak mudah untuk dikunci, karena memiliki kelebihan anti-lock.
  • Ciri khasnya sering menggoyangkan kepala, kemudian bergerak menyerang lawan tanpa mematuknya.

Kelemahan Ayam Bangkok Birma


Meskipun mempunyai kelebihan yang khas dan tidak dimiliki oleh ayam aduan lain, nyatanya ayam ini juga sedikit memiliki kelemahan. Kelemahan ini terdapat pada bagian tulang yang memiliki ukuran kecil sehingga jika di serang secara bertubi-tubi sangat berbahaya dan biasanya jika sudah seperti itu, ayam birma akan lari dari arena pertandingan.

Demikianlah informasi mengenai Ciri Ayam Bangkok Birma Asli dan Keunggulannya. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kalian yang masih penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai ayam bangkok birma. Apakah anda tertarik memiliki jenis ayam yang satu ini?

Jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui ciri dari ayam bangkok birma ini, sampai jumpa pada artikel lainnya, semoga sukses selalu!!!

You Might Also Like:

Disqus Comments