Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Dengan Mudah

Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu - Dalam memelihara atau beternak burung, maka kita harus siap dengan apapun segala yang terjadi dan harus bisa juga untuk mengatasi masalah yang datang tersebut. Salah satu masalah yang biasa dialami oleh peternak adalah lovebird mencabuti bulunya sendiri. Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan, karena jika lovebird tersebut mencabuti bulunya sendiri, maka akan menimbulkan kebotakan pada lovebird tersebut, sehingga terlihat tidak menarik lagi.

Pada umumnya lovebird akan mencabuti bulunya sesudah mandi ketika sedang menyisik bulu-bulunya. Bagian yang paling sering dicabuti biasanya bulu dada ataupun bulu lehernya. Sebetulnya bukan hanya lovebird yang suka mencabuti bulunya sendiri, burung lain pun dapat melakukan ha demikian, namun topik pembahasan kali ini lebih mengarah pada lovebird.

Apabila lovebird terus mencabuti bulunya maka ini adalah suatu masalah yang dapat membahayakan kesehatan burung itu sendiri. Selain mengakibatkan kerontokan hingga kebotakan, juga dapat membuat kondisinya menjadi tidak fit dan akan sulit untuk berbunyi, jika lovebird sering mengikuti kontes maka ini adalah masalah yang serius. Lalu apa sih penyebab lovebird mencabuti bulunya sendiri?

Penyebab Lovebird Mencabuti Bulunya


Sebelum kita membahas cara mengatasi lovebird cabut bulu, alangkah lebih baiknya kita ketahui dulu apa saja yang menyebabkan lovebird mencabuti bulu-bulunya. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Kekurangan Asupan Gizi


Jika kita melihat lovebird mencabuti bulunya namun tidak terdapat bakteri atau virus yang menempel pada tubuhnya, maka bisa jadi karena kurangnya asupan gizi dan nutrisi. Keseimbangan nutrisi sangat diperlukan juga oleh burung, karena jika kurangnya asupan gizi, lovebird akan merasakan keanehan di dalam tubuhnya sehingga akan mencabuti bulu-bulunya. Jadi periksa kembali asupan gizi pada lovebird anda dan penuhi asupan gizinya.

Baca juga: Jenis Lovebird Termahal Tahun 2018


2. Over Birahi (OB)


Over birahi adalah suatu kondisi dimana libido meningkat sehingga mudah terangsang denga lawan jenis. Dalam beberapa kasus jika lovebird over birahi ternyata tak jaranh untuk mencabuti bulunya.


3. Iritasi Kulit Atau Bulu


Iritasi juga menjadi salah satu faktor kenapa lovebird mencabuti bulunya sendiri. Iritasi bisa diakibatkan karena kulit atau bulu yang terinfeksi oleh bakteri dan jamur. Hal tersebut bisa jadi karena perawatan yang kurang maksimal pada lovebird.

Dengan terinfeksi kuman, bakteri, dan jamur, maka dapa menyebabkan rasa gatal pada bagian yang terinfeksi sehingga cara burung untuk menghilangkan rasa gatalnya adalah dengan mencabuti bulunya agar rasa gatal tersebut berkurang.

Bakteri tidak akan hilang dengan sendirinya, oleh karena itu kita harus merawat dan menjaga kebersihan lovebird dan jangan lupa kandangnya juga harus dibersihkan.

4. Gangguan Hormon


Penyebab lovebird mencabuti bulunya juga bisa diakibatkan karena gangguan hormonal. Hormon hipertiroid yang terganggu bisa menyebabkan kenaikan kelenjar tiroid, sehingga menimbulkan penyakit addison yang bisa menurunkan kadar hormon kortikosteron pada kelenjar adrenalin burung.

Baca juga: Cara Ampuh Agar Lovebird Cepat Bertelur

5. Permasalahan Fisik & Mental


Mental dan fisik yang mengalami masalah dapat mempengaruhi kondisi burung, sehingga membuatnya menjadi drop. Biasanya hal ini terjadi pada lovebird yang akan mengikuti lomba, namun tak jarang pula burung yang bukan burung lomba mengalami hal serupa. Saat mentalnya down maka lovebird akan menjadi stress dan akan mencabuti bulunya sendiri.

Jika sudah mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan burung cabut bulu, maka sekarang yang harus anda lakukan adalah mengatasi hal tersebut.


Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu


Setelah mengetahui berbagai macam penyebabnya, maka kenali mengapa lovebird anda mencabuti bulunya sendiri, karena setiap lovebird memiliki masalah yang berbeda, bisa karena OB, kurang gizi, atau terkena infeksi, sehingga anda cari tahu dulu penyebabnya, setelah anda mengetahuinya maka lakukanlah penanganan sesuai dengan penyebabnya. Berikut dengancara.com berikan informasi untuk mengatasi lovebird cabut bulu dengan mudah.

1. Kawinkan Dengan Lovebird Lain


Cara mengatasi lovebird cabut bulu yang harus anda lakukan jika lovebird mengalami over birahi (OB) adalah dengan mengawinkannya sehingga OB yang di alaminya dapat terlampiaskan dan birahinya dapat berkurang. Namun jika hendak mengawinkan maka pilihlah lawan jenis yang baik pula, agar mampu menghasilkan telur yang berkualitas, dan hindari mengawinkan dengan jenis semi klep, baiknya anda mengawinkan dengan jenis klep atau non klep agar potensi menghasilkan telur lebih tinggi.

Tetapi jika anda belum ingin mengawinkan lovebird tersebut maka cara lainnya adalah dengan mengurangi pakan yang berprotein tinggi, makanan yang mengandung protein tinggi antara lain adalah jagung, kuaci, dan kangkung. Apabila lovebird sedang OB dan anda sedang tidak ingin mengawinkannya, maka jangan berikan ketiga makanan tersebut, karena makanan tersebut dapat membuat birahi lovebird lebih meningkat.

Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan mengurangi waktu berjemur. Sudah kita ketahui bahwa dengan berjemur adalah salah satu cara untuk menaikan birahi lovebird, sehingga mengurangi durasi berjemur adalah salah satu mengatasi OB yang di alami lovebird.

2. Gunakan Shampo Khusus


Cara mengatasi lovebird cabut bulu karena iritasi bakteri atau kuman adalah dengan menggunakan shampo atau sabun mandi khusus. Silakan beli produk shampo atau sabun mandi di petshop, salah satu produk yang bisa anda gunakan adalah kututox atau produk lainnya yang penting memiliki kandungan anti jamur, anti parasit dan juga anti kutu.

Jika ingin membeli produk lain silakan tanyakan pada petshop produk apa yang baik dan berkualitas. Dengan membersihkan atau memandikan lovebird menggunakan produk khusus, maka dapat menjadi cara mengatasi lovebird cabut bulu yang cukup efektif jika lovebird mengalami iritasi kulit atau bulu.

3. Bersihkan Kandang


Kebersihan kandang adalah hal yang sangat penting bagi kenyamanan dan kesehatan lovebird, hal itu juga menunjang proses pelatihan lovebird untuk mengikuti lomba. Kandang yang bersih selain dapat membuat lovebird nyaman dan terhindar dari stress, juga bisa meminimalisir risiko terinfeksi bakteri, karena jika kandang kotor, maka virus dan bakteri sangat mudah hingga pada tubuhnya.

Dengan kandang yang bersih, maka lovebird akan lebih senang untuk terbang kesana kemari di dalam sangkar. Lovebird pun merupakan burung sosial yang ingin berinteraksi dengan sesamanya. Jadi mulai sekarang rajin-rajinlah dalam membersihkan kandang, karena itu sudah risiko kita dalam memelihara burung, terurama lovebird yang merupakan burung lomba.

4. Berikan Suplemen


Dalam keadaan seperti ini pastinya psikologi burung akan terganggu, sehingga menjadikannya lebih stress. Untuk memulihkan kondidi psikologinya, maka yang bisa anda lakukan adalah dengan memberinya suplemen atau vitamin OrBird.

5. Membuat Cone Collar


Jika lovebird masih saja mencabuti bulunya, maka alternatif lain yang bisa dilakuka adalah membuat cone collar. Cone collar merupakan benda yang mirip dengan kalung corong yang pada umumnya digunakan oleh kucing atau anjing setelah melakukan operasi, fungsi adalah untuk mencegah anjing atau kucing menjilati bulu-bulunya.

Hal serupa juga bisa diterapkan kepada lovebird yang masih saja mencabuti bulunya. Anda bisa membuat cone collar yang sederhana dari botol plastik yang di potong, lalu dipasang pada leher lovebird, atau dengan bahan selain botol plastik pun bisa, tergantung kreatifitas anda membuatnya, yang terpenting tidak menyakiti lovebird tersebut saat digunakan.

6. Perikasakan Pada Dokter Hewan


Jika prilaku tersebut tidak berhenti atau bulu lovebird yang mudah rontok, maka solusinya adalah membawanya ke dokter hewan untuk ditangani lebih lanjut. Jika anda tidak bisa menanganinya sendiri, maka cara yang paling tepat adalah dengan menyerahkannya pada orang yang lebih mengerti dan ahli.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi lovebird cabut bulu. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan juga perhatikanlah kesehatan dan kenyamanan lovebird peliharaan anda, jangan tunggu dahulu lovebird bermasalah baru anda sibuk menanganinya, alangkah lebih baik jika kita mengantisipasi hal itu terjadi.

Jika bermanfaat silakan bagikan artikel ini kepada teman-teman atau saudara yang memelihara lovebird juga. Sampai jumpa pada artikel berikutnya, semoga sukses dan salam kicau mania...

You Might Also Like:

Disqus Comments