5 Cara Mengatasi Lovebird Gestang Paling Ampuh

Cara Mengatasi Lovebird Gestang - Perilaku lovebird kadang-kadang memang membuat kita galau, apalagi burung yang sering nelalukan gestang atau gesek tangkringan. Tentunya hal ini terlihat cukup aneh, karena burung menggesek-gesekkan supitnya pada tangkringan, seperti hendak kawin. Jika kebiasaan ini terus dilakukan maka akan berdampak juga pada burung tersebut seperti sulit berbunyi, atau sulit berkembang biak karena asik dengan apa yang dia lakukan.

Gesek tangkringan (gestang) tidak hanya dilakukan oleh lovebird jantan saja, namun lovebird betina juga bisa melakukan hal yang kurang baik tersebut. Hal ini biasanya terjadi karena lovebird OB atau over birahi, karena para pemilik loverbird menginginkan lovebird yang gacor dan ngekek panjang, sehingga melakukan perawatan namun tidak melihat karakter lovebird itu sendiri, dan akhirnya lovebird over birahi, sehingga lovebird mengawini tangkringan.


Cara Mengatasi Lovebird Gestang


Untuk mengatasi itu semua, kita harus mengambil tindakan nyata agar lovebird berhenti gesek tangkringan (gestang). Berikut dengancara.com berikan beberapa tips dan informasi yang bisa kalian lakukan:

1. Mengganti Tangkringan


Cara mengatasi lovebird gestang yang pertama adalah dengan mengambil tangkringannya dan menggantinya. Sebagai pengganti tangkringan di sangkar,  gunakan yang memiliki bentuk datar dan permukaannya rata. Anda bisa membuatnya sendiri, karena di toko perlengkapan burung tidak menyediakannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

2. Mengambil Tangkringan


Jika memang cara pertama tidak berhasil membuat lovebird meninggalkan kebiasaan buruknya itu, maka coba untuk mengambil tangkringan dan membiarkannya tanpa tangkringan. Mungkin cara ini sedikit tega, karena kasihan juga jika lovebird tidak diberi tangkringan. Namun ini demi kebaikan lovebird agar meninggalkan kebiasaan buruknya tersebut.

Biasanya jika tanpa tangkringan, lovebird akan tidur di alas sangkar atau menggantung di jeruji. Dengan cara ini juga agar lovebird bisa lebih aktif untuk bergerak kesana kemari di dalam sangkar dan lambat laun akan menghilangkan kebiasan gestang tersebut.


3. Atur Pakan Lovebird


Cara menghilangkan kebiasaan gestang pada lovebird yang berikutnya adalah dengan mengatur atau memberikan makanan yang sesuai ketika lovebird gestang. Saat masa tersebut, anda cukup memberinya pakan milet putih saja dan hindari makanan yang meningkatkan birahinya seperti jagung manis, kuaci, kangkung, dan lainnya yang bisa menaikan birahi lovebird.

Baca juga: Jenis Lovebird Termahal

3. Letakan di Kandang Umbaran


Untuk mengurangi lovebird mengawini tangkringan juga bisa dengan meletakannya di kandang umbaran. Kandang umbaran ini digunakan sebagai pengganti sangkar harian yang bisa dimulai pada pagi hari hingga sore hari. Lengkapi juga dengan cepuk pakan dan minumnya untuk memenuhi kebutuhan lovebird. Bisa juga menyediakan tangkringan cukup 1 saja di kandang umbaran.


4. Mandikan Sampai Basah Kuyup


Supaya lovebird bisa meredam prilaku gesek tangkringan, anda bisa memandikannya hingga basah kuyup pada pagi hari. Pada umumnya para lovebird mania memandikan dengan air yang mengalir. Namun ada cara yang lebih aman yaitu dengan menggunakan semprotan atau sprayer khusus. Karena jika dengan air yang mengalir di khawatirkan tetesan airnya akan mengenai bahkan masuk ke dalam hidung lovebird dan rentan terkena penyakit.

5.  Berikan Vitamin & Suplemen


Cara yang berikutnya untuk mengatasi lovebird gestang adalah dengan memberinya vitamin dan suplemen. Sudah diketahui bahwa lovebird yang sering melakukan gestang akan sulit untuk dikawinkan walaupun terlihat cocok. Akan tetapi lovebird  enggan untuk melakulan perkawinan akibat gestang tersebut.

Solusi agar lovebird mau mengawini pasangannya adalah dengan menyediakan suplemen khusus seperti Birdmature, dengan memberikannya suplemen khusus maka dapat membantu agar lovebird yang gestang mau mengawini pasangannya.

Itulah artikel kali ini mengenai 5 Cara Mengatasi Lovebird Gestang Paling Ampuh. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kalian yang lovebirdnya sedang mengalami hal tersebut. Sampai jumpa pada artikel bermanfaat selanjutnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments