17 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Sampai Tuntas

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya - Pada umumnya kutu tumbuh pada rambut panjang baik pria atau juga wanita dan biasanya terjadi pada anak-anak, namun itu tak sepenuhnya benar, karena orang dewasa dan yang memiliki rambut pendek pun tak jarang terkena serangan kutu tersebut.

Kutu yang bersarang pada rambut sudah pasti membuat kita jengkel. Karena akibat ulahnya kepala kita terasa sangat gatal dan apalagi jika dia berkembang baik sehingga melahirkan telur kutu yang lain, jadi bukan hanya rasa gatal yang kita rasakan, tapi juga malu ketika orang melihat rambut kita, namun terlihat rusak dengan pemandangan telur kutu yang menempel pada rambut.

Tapi tenang, dengancara.com akan bahas secara tuntas dari mulai apa itu kutu rambut, penyebab munculnya kutu, ciri-cirinya, hingga cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Langsung saja kita bahas dulu tentang pengertian kutu rambut dan proses-proses berkembangnya kutu di rambut.

Pengertian Kutu Rambut


Kutu rambut atau dalam bahasa medis disebut dengan Pediculus Humanus Capitis adalah serangga yang berukuran kecil yang hinggap di rambut manusia dan bertahan hidup dengan cara menghisap darah melalui lapisan kepala manusia. Dengan ukurannya yang kecil, maka tidak terlalu terlihat jelas oleh mata.

Kemudian kenapa kutu rambut bisa menyebar dan menjadi banyak?. Hal ini dimulai ketika kutu betina bertelur dengan masa menetasnya memakan waktu sekitar 7-9 hari, ukuran telur kutu sangat kecil, hampir mirip seperti biji wijen dan untuk mencapai ukuran dewasa, kutu tersebut hanya memerlukan waktu sekitar 9-12 hari setelah menetas. Kemudian setelah dewasa, kutu tersebut dapat bertahan hidup hingga usia 1 bulan dan akhirnya mati.

Dari rentan kutu betina hidup hingga akhirnya mati biasanya dapat meneteskan telur hingga 180 telur. Sehingga itulah mengapa kutu bisa menyebar dan menjadi banyak pada rambut dan menyebabkan gatal di kulit kepala. Hal ini yang membuat kita menggaruk kulit kepala, dan jika garukan itu dilakukan terus menerus akan membuat kulit kepala lecet.

Ciri-ciri Rambut Berkutu


Rasa gatal pada kulit kepala tidak melulu karena ada kutu yang hinggap di rambut kita, untuk memastikan bahwa memang ada kutu pada rambut anda, silakan simak informasi mengenai ciri-ciri orang yang terserang kutu berikut ini:

  • Pertama adalah mengalami gatal yang berlebihan pada kulit kepala.
  • Kemudian terasa ada yang merayap pada rambut dan kulit kepala.
  • Kemudian terdapat telur-telur kutu yang menempel pada helai-helai rambut, jika jumlahnya sangat banyak pasti sangat terlihat jelas.
  • Lalu terdapat ruam merah akibat gigitan kutu di area telinga dan belakang leher.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut



Setelah mengetahui ciri-ciri orang yang memiliki kutu pada rambutnya, sekarang kita ketahui apa saja yang menyebabkan kutu hingga di rambut dan kulit kepala kita. Ada 2 macam penyebab munculnya kutu rambut yaitu kontak langsung dan kontak tidak langsung, berikut informasinya:

Kontak Langsung


Penyebab hinggapnya kutu pada rambut ini bisa terjadi karena adanya kontak langsung, artinya kita bisa tertular dari orang yang memiliki kutu rambut dengan sentuhan atau hal yang memungkinkan kutu berpindah tempat dan tertular pada rambut kita, bisa karena tidur bersama, atau yang lainnya.


Kontak Tidak Langsung


Penyebab berikutnya adalah karena kontak tidak langsung. Maksudnya adalah kita tertular kutu melalui perantara yang sudah terkontaminasi oleh kutu atau telurnya. Contohnya adalah dengan kita memakai benda bersama dengan penderita kutu, seperti, sisir, topi, helm, bantal, handuk, atau hal lainnya yang memungkinkan kita terlutar kutu.

Namun penularan kontak tidak langsung ini memang tidak secepat penularan dengan kontak langsung sehingga jarang terjadi, tapi bukan berarti tidak mungkin. Kita harus tetap waspada supaya telur dan kutu tersebut tidak menyerang kepala dan rambut kita.

Kutu rambut sejatinya tidak bisa terbang dan lompat dari kepala satu ke kepala lainnya. Kecuali jika ada ruang dan kesempatan untuk kutu tersebut berpindah tempat, seperti halnya kontak langsung tersebut. Oleh karena itu anak-anak cenderung lebih banyak yang memiliki kutu, diakibatkan karena mereka sering terlibat kontak fisik dengan kawan-kawannya.


Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya



Setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri, hingga penyebab munculnya telur kutu, sekarang saatnya kita bahas mengenai cara mengobati kutu dan telurnya supaya pergi dari rambut dan kulit kepala kita, sebetulnya cara yang paling simple adalah dengan rutin menyisir rambut dengan penyisir khusus kutu (serit).

Namun cara tersebut harus kita lakukan terus menerus dan tidak semua kutu juga dipastikan hilang dari rambut, oleh karena itu dibantu dengan beberapa cara yang kemungkinan akan menghilangkan kutu seluruhnya. Ada 2 metode yang bisa kita lakukan, yaitu cara alami dan juga dengan menggunakan obat penghilang kutu dari dokter. Untuk yang pertama kita bahas cara alami terlebih dahulu. Berikut ulasannya:

1. Minyak Zaitun


Cara alami yang pertama adalah minyak zaitun. Sudah kita ketahui manfaat dari minyak zaitun ini sangat baik bagi kecantikan kulit. Selain bisa digunakan untuk Cara Menghilangkan Ketombe Membandel, minyak zaitun juga berfungsi sebagai obat pengusir kutu alami. Disertai juga kandungan vitamin E yang membuat rambut tetap sehat.


Cara menghilangkan kutu dengan minyak zaitun


  • Sebelum menggunakan minyak zaitun, pastikan rambut anda dalam kondisi yang bersih.
  • Kemudian oleskan atau balurkan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala secara merata saat malam hari.
  • Lalu tutup kepala dengan shower cup atau handuk. Mungkin akan terasa gatal, namun tahan saja.
  • Setelah itu, esok paginya sisir rambut dengan serit.
  • Selanjutnya bilas rambut dengan shampo untuk membersihkan sisa-sisa minyak.


2. Biji Srikaya


Obat penghilang kutu berikutnya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari biji buah srikaya. Kandungan senyawa dan minyak dari asam lemak pada biji srikaya ini dapat membasmi kutu dan telurnya sekaligus. Cara penggunaannya seperti berikut ini.

Cara menghilangkan kutu dengan biji srikaya


  • Pertama siapkan kira-kira setengah mangkuk biji srikaya.
  • Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk sampai minyaknya keluar.
  • Kemudian minyak itulah yang digunakan sebagai pembasmi kutu rambut.
  • Oleskan atau balurkan pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Kemudian diamkan semalaman dan jangan lupa gunakan handuk supaya tempat tidur tidak kotor.
  • Lalu esok harinya anda bisa melihat betapa ampuhnya biji srikaya ini.
  • Kutu-kutu akan pindah dari rambut anda ke handuk tersebut.
  • Selanjutnya langkah terakhir bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan shampo.

3. Daun Sirsak


Cara lain yang bisa anda coba yaitu menggunakan daun sirsak untuk mengatasi kutu rambut. Karena sudah kita ketahui bahwa daun sirsak ini memang dipercaya oleh masyarakat sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa antibakterial pada daun sirksak sangat tinggi sehingga mampu membasmi kutu dan telurnya.

Cara menghilangkan kutu dengan daun sirsak


  • Pertama siapkan 10 helai daun sirsak atau secukupnya, menyesuaikan panjang rambut.
  • Kemudian rebusa daun tersebut dengan air bersih hingga mendidih.
  • Setelah air rebusannya dingin, balurkan pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Lalu tutup kepala dengan shower cup atau bisa juga memakai handuk selama 3 jam.
  • Setelah itu bilas rambut dengan shampo sampai bersih.

4. Bawang Putih


Mendengar kata bawang, pastinya sudah sangat familiar sekali, karena bawang merupakan salah satu rempah-rempah yang selalu ada di dapur setiap harinya. Ternyata bawang putih ini juga mampu mengusir kutu  dan telurnya dari rambut. Akan lebih maksimal lagi jika di tambah dengan jeruk nipis atau lemon.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang putih


  • Pertama siapkan beberapa siung bawang putih, secukupnya saja disesusaikan dengan panjang rambut.
  • Lalu haluskan bisa ditumbuk atau blender dan tambahkan sedikit jus lemon.
  • Selanjutnya aduk hingga merata sampai membentuk pasta.
  • Kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Biarkan meresap kurang lebih selama 30 menit.
  • Setelah itu bilas rambut dengan shampo hingga benar-benar bersih.

5. Garam


Salah satu bahan dapur lainnya yang juga bisa digunakan sebagai obat penghilang kutu rambut adalah garam. Karena sangat mudah untuk mendapatkannya dan caranya yang sangat sederhana, maka kita bisa manfaatkan hal itu. Namun diperlukan juga asam cuka untuk membuat adonan yang nanti akan di aplikasikan pada rambut.

Cara menbasmi kutu rambut dengan garam


  • Pertama siapkan 1/4 cangkir garam dan juga 1/2 cangkir asam cuka.
  • Lalu campurkan kedua bahan tersebut dan masukan ke dalam botol semprotan yang bersih.
  • Kemudian semprotkan pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Setelah itu tutup kepala dengan shower cup atau handuk.
  • Biarkan kurang lebih selama 2 jam agar kutu bisa merasakan kehebatan bahan ini.
  • Jika sudah, bilas rambut dengan shampo hingga bersih.


6. Minyak Kelapa


Minyak kelapa memang sudah sangat terkenal sekali di kalangan masyarakat untuk masalah rambut. Manfaat lainnya adalah dapat berguna sebagai pengusir kutu rambut dan telurnya secara alami dan tanpa efek samping. Cara penggunaannya sangat mudah seperti berikut ini.


Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa


  • Siapkan minyak kelapa secukupnya.
  • Kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Agar meresap dengan baik, sambil pijat-pijat selama 10 menit.
  • Kemudian tutup kepala dengan shower cup atau handuk semalaman, ini dilakukan pada malam hari sebelum tidur ya.
  • Lalu esok harinya bersihkan rambut dengan shampo, lalu sisir dengan sisir khusus (serit).


7. Minyak Almond


Manfaat minyak almond tidak hanya baik bagi kesehatan rambut dan kecantikan kulit serta digunakan sebagai Cara Memerahkan Bibir Secara Alami. Di sisi lain, manfaatnya ternyata bisa juga membasmi kutu rambut dan telurnya.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan almond


  • Siapkan sebanyak 10 biji almond dan rendam di air semalaman.
  • Keesokan harinya kupas kulit biji almond tersebut, kemudian haluskan bisa ditumbuk atau di blender sampai membentuk pasta.
  • Kemudian bisa juga dicampur dengan perasan lemon dan aduk hingga rata.
  • Setelah itu baru oleskan atau balurkan pada seluruh rambut dan kulit kepala, sambil di pijat selama 10 menit.
  • Lalu diamkan kurang lebih 2 jam.
  • Terakhir bilas rambut dengan shampo hingga bersih.

Atau bisa juga dengan membeli almond yang sudah menjadi minyak, kemudian oleskan pada rambut sampai rata, lalu bungkus kepala dengan shower cup atau handuk selama semalaman. Esok harinya bilas rambut dengan shampo hingga bersih.

Cara diatas bisa kalian lakukan seminggu sekali atau jika memang kondisinya sudah parah bisa melakukan cara ini sebanyak 2 kali seminggu. Lambat laun maka kutu rambut dan telurnya akan hilang seketika.

8. Lidah Buaya


Selain bisa digunakan sebagai Cara Menghilangkan Rambut Rontok Alami, lidah buaya juga bermanfaat untuk masalah rambut lainnya, yaitu dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Memang lidah buaya sudah sejak dulu dipercaya bisa mengatasi masalah rambut.

Cara membasmi kutu dengan lidah buaya


  • Sebelum menyiapkan lidah buaya, pilih lidah buaya yang warnanya sudah hijau tua.
  • Kemudian cuci hingga bersih, lalu potong menjadi 2 bagian.
  • Anda bisa langsung mengoleskannya pada rambut atau lebih bagus lagi ambil gel atau bagian dagingnya saja, baru oleskan pada rambut serta kulit kepala secara merata.
  • Berikane juga pijitan selama 5-10 menit, lalu diamkan selama 2 hingga 3 jam.
  • Terakhir bilas rambut dengan shampo sampai gel lidah buaya tersebut hilang.

9. Minyak Pohon Teh


Selain minyak almond ataupun minyak kelapa, minyak pohon teh atau tea tree oil juga tidak ketinggalan dalam memberikan manfaat untuk membasmi kutu rambut secara alami. Kandungan anti jamur dan anti bakteri pada minyak pohon teh berfunsi sebagai pembasmi kutu rambut dan telurnya.

Cara menghilangkan kutu dengan minyak pohon teh


  • Pertama siapkan minyak pohon teh secukupnya bisa juga ditambah dengan minyak kelapa secukupnya juga.
  • Kemudian balurkan secara merata pada rambut dan kulit kepala, sambil di pijat-pijat selama 5 menit.
  • Lalu bungkus rambut dengan shower cup atau handuk semalaman.
  • Pada esok harinya cuci rambut dengan shampo hingga bersih.
  • Agar hasil yang di dapat bisa maksimal, lalukan metode ini seminggu sebanyak 2 kali.

10. Cuka Putih


Metode untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya juga bisa menggunakan cuka putih. Asam yang dikandung cuka putih ini bisa berfungsi sebagai antiseptik yang dapat membasmi telur-telur kutu muda, sehingga akan gagal menetas. Akan lebih baik agar memilih cuka putih yang murni tanpa canpuran bahan kimia. Cara penggunaannya seperti berikut ini.

Cara alami menghilangkan kutu rambut dengan cuka putih


  • Pertama-tama siapkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1.
  • Kemudian campurkan dan aduk hingga merata dengan sempurna.
  • Setelah itu oleskan pada rambut dan juga kulit kepala secara merata.
  • Lalu tutup kepala dengan shower cup kira-kira 30 menit.
  • Kemudian sisir rambut menggunakan sisir khusus (serit).
  • Selanjutnya, langkah terakhir bilas rambut dengan shampo hingga bersih.

11. Lemon


Selain bermanfaat sebagai Cara Menghilangkan Uban, buah lemon yang terkenal karena rasa segar dan asamnya ini juga ampuh digunakan sebagai obat pembasmi kutu rambut dan telurnya. Hal ini karena lemon mengandung asam sitrat sebesar 5%. Dengan begitu dapat membantu melarutkan zat yang menempel pada rambut, sehingga telur-telur kutu tersebut bisa dengan mudah terlepas.

Cara ampuh menghilangkan kutu rambut dengan lemon


  • Pertama anda siapkan setengah cangkir perasan air lemon.
  • Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala serta rambut.
  • Setelah itu, bungkus rambut dengan shower cup dan tunggu sekitar 20-30 menit.
  • Setelah waktu tercukupi, sisir rambut dengan sisir khusus (serit).
  • Terakhir bilas rambut hingga bersih menggunakan shampo.

12. Mayones


Cara berikutnya dengan menggunakan mayones yang sangat nikmat jika di santap dengan kentang goreng atau roti. Kandungan minyak nabati dan yang lainnya pada mayones dipercaya dapat mengusir kutu dan telurnya dari rambut. Dan memang hal ini juga sudah dipercaya oleh masyarakat. Jika anda ingin mencobanya, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Cara alami menghilangkan kutu rambut dengan mayones


  • Sediakan mayones secukupnya saja.
  • Kemudian oleskan langsung secara merata pada akar rambut hingga kulit kepala.
  • Kemudian tutup kepala dengan handuk atau shower cup semalaman.
  • Keesokan harinya sisir rambut dengan serit.
  • Baru kemudian di bilas menggunakan shampo sampai bersih.

13. Alkoh*l


Kandungan senyawa isopropil pada alkohol mencapai 70% dan kandungan tersebut yang akan membantu untuk menyingkirkan kutu rambut dan telurnya. Namun saya tidak terlalu merekomendasikan cara ini dan saya juga tidak tahu alasannya, mindset saya cukup ngeri jika bermain-main dengan alkoh*l. Disini saya hanya sekedar sharing saja bahwa alkoh*l bisa membantu mengatasi kutu rambut.

Cara membasmi kutu rambut dengan alkoh*l


  • Pertama tuangkan alkoh*l pada baskon atau sebuah wadah.
  • Kemudian pakai tangan anda untuk mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Setelah itu diamkan sekitar 30 menit, lalu sisir dengan penyisir kutu.
  • Terakhir silakan bilas rambut dengan shampo hingga bersih.
  • Biasanya kutu tersebut langsung mati seketika.
  • Namun jika ingin menggunakan cara ini, jangan sampai berlebihan karena dapat mengakibatkan iritasi.

14. Kapur Ajaib


Kapur ajaib ya bukan kapur untuk menulis di papan tulis. Biasanya kapur ajaib ini digunakan untuk mengusir kecoa dan semut. Namun ternyata selain itu bisa juga untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya tinggal haluskan kapur ajaib tersebut, lalu oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Jika dirasa sudah cukup, bilas rambut dengan shampo hingga bersih.

Jangan gunakan cara ini berlebihan karena terdapat zat kimia yang berbahaya dan jika digunakan terus menerus dapat menyebabkan iritasi.

Obat Penghilang Kutu di Apotik


Selain cara-cara diatas, ada juga obat kutu rambut yang bisa kalian beli di apotik, berikut informasinya:

Malathion


Obat penghilang kutu yang bisa kalian dapatkan di apotik salah satunya adalah malathion. Namun obat ini memiliki kadar alkoh*l yang cukup tinggi sehingga anak yang berusia dibawah 6 tahun tidak boleh menggunakannya. Obat antiparasit ini berbetuk shampo yang bisa anda apalikasikan langsung pada rambut.

Karena mengandung alkoh*l yang kadarnya cukup tinggi, maka disarankan untuk tidak menggunakannya bersama pengering rambut elektrik atau hair dryer dan juga dekat api. Ikuti cara penggunaannya seperti yang tertera di kemasan obat.

Benzyl Alkho*l


Cara menghilangkan kutu rambut dengan obat dokter berikutnya yaitu menggunakan benzyl alkoh*l. Obat ini dikenal cukup ampuh dan bisa di andalkan untuk membasmi kutu rambut dan telurnya. Obat ini hanya bisa digunakan oleh anak yang sudah berusia diatas 6 tahun. Namun dibalik khasiatnya, efek samping yang dihasilkan olehnya seperti gatal-gatal dan merah pada kulit kepala.

Lindane


Obat penghilang kutu yang satu ini sebetulnya masuk kedalam kategori obat yang keras dan tidak di perbolehkan untuk digunakan oleh wanita hamil, penderita HIV, dan orang yang memiliki berat badan kurang dari 50 kg. Sehingga berpikir ulang dulu sebelum menggunakan obat yang satu ini.


Mencegah Kutu Rambut


Setelah kita mengetahui berbagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya, baik itu cara alami ataupun dengan obat dari apotik. Anda harus bisa juga mencegah supaya kutu tidak hinggap kembali di rambut anda. Berikut informasinya:

  • Hindari kontak langsung antara kepala dengan orang yang rambutnya berkutu.
  • Selalu periksa rambut dengan menggunakan sisir khusus (serit) untuk memastikan jika anda tidak memiliki kutu.
  • Untuk sementara waktu, usahakan agar menjaga jarak dengan penderita kutu rambur, jika perlu hindari kontak langsung.
  • Kemudian ini yang paling penting, yaitu hindari berbagi barang pribadi dengan penderita kutu rambut, seperti sisir, topi, helm, pakaian, bantal, dll yang ada hubungannya dengan kutu rambut.
  • Jaga kebersihan rambut, jangan sampai keringat pada kulit kepala tidak anda bersihkan, namun jangan berlebihan dalam mencuci rambut dengan shampo, normalnya 2 hari sekali untuk berkeramas.

Demikianlah informasi mengenai 17 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya. Semoga bermanfaat, Anda tinggal pilih ingin menggunakan metode yang alami atau dengan obat penghilang kutu di apotik. Namun jika saya pribadi memiliki kutu rambut, maka saya akan menggunakan cara alami sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan share ya. Sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments