8 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami - Varises adalah salah satu penyakit yang pada umumnya menyerang bagian kaki dan betis. Hal ini terjadi karena pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah vena. Ciri umum yang bisa kita lihat dari orang yang mengidap varises adalah terdapat tonjolan keluar berwarna biru atau ungu yang tampak pada kaki dan bentuknya menyerupai urat.

Pembuluh darah pada tubuh manusia ada 2 macam, yaitu vena dan arteri. Dimana fungsi dari arteri adalah untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh, sedangkan vena yaitu kebalikannya yang mengalirkan sisa darah dari jaringan untuk dikembalikan lagi ke jantung dengan bantuan kontraksi otot. Pada saat terjadi hambatan pada pembuluh darah vena, maka terjadilah varises tersebut yang muncul pada kaki atau betis.

Pada umumnya varises akan terlihat cukup jelas ketika berdiri dalam waktu yang lama, melakukan aktivitas yang terlalu lama, dan berjalan jarak jauh. Oleh karena itu disarankan bagi kalian yang sudah melakukan aktivitas olahraga atau berjalan dengan jarak tempuh yang jauh maka jangan langsung menekuk lutut, karena akan memperburuk kondisi varises.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi kuning Secara Alami

Penyebab Varises


Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan varises secara alami, ada baiknya kita ketahui dulu apa saja yang menyebabkan varises itu terjadi. Berikut informasinya:

Usia


Usia atau umur memang berpengaruh dalam menyebabkan varises. Hal ini karena semakin tua usia seseorang, maka elastisitas vena akan berkurang dan akhirnya merenggang hingga mengakibatkan varises. Dengan merenggangnya vena akan berpengaruh pada kinerja katup, jika sudah seperti itu darah akan mudah dalan melawan arus dan mengendap pada pembuluh darah venna.

Kehamilan


Varises memang lebih sering dialami oleh wanita karena kehamilan juga merupakan salah satu penyebab varises lainnya. Tekanan pada vena akibat volume darah yang meningkat dan juga meningkatnya hormon pada masa kehamilan akan membuat otot vena lebih rileks dan akan berpengaruh pada perlindungan katup yang melemah sehingga menyebabkan varises. Pada umumnya seiring dengan rahim yang semakin besar, maka varises pun semakin terlihat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Obesitas


Bobot tubuh yang besar dapat mempengaruhi tekanan pada vena kaki sehingga tekanan semakin bertambah. Dengan keadaan seperti itu maka akan cukup menyulitkan vena dalam mengembalikan atau mendorong darah kembali ke jantung. Selain itu, karena tekanan yang besar dapat mempengaruhi katup sehingga mengakibatkan arus balik darah.

Faktor Keturunan


Penyebab lain dari penyakit varises adalah karena faktor keturunan. Varises ini adalah salah satu penyakit yang dapat di derita karena faktor keturunan. Jadi apabila dalam keluarga anda ada yang menderita varises maka risiko anda terkena varises pun lebih besar jika dibanding dengan orang yang dalam keluarganya tidak memiliki riwayat penyakit varises.

Berdiri Dalam Jangka Waktu Lama


Seseorang yang berdiri dengan jangka waktu yang lama lebih rentan terkena penyakit varises. Karena berdiri dengan waktu yang lama dapat mempengaruhi beban pada vena kaki, sehingga rentan terserang varises seperti pada betis, paha, atau tumit. Orang-orang yang memiliki pekerjaan yang diharuskan berdiri cukup lama seperti kasir, spg, operator mesin, dll, maka harus waspada dan menjaga diri agar tidak terserang varises.

Masalah Kesehatan Lainnya


Masalah kesehatan seperti cacat pembuluh darah, pembengkakan pada rongga pinggul, dan penyakit lainnya yang membuat darah menjadi menggumpal juga dapat menyebabkan varises.

Baca juga: Cara Merapikan Gigi Tonggos Tanpa Behel

Gejala Varises


Pada umumnya yang terserang varises adalah bagian kaki terutama betis, namun dalam beberapa kasus ada juga yang mengalami varises di bagian pinggul, anus, rahim, ataupun kerongkongan. Untuk ciri-ciri atau gejala varises pada kaki seperti berikut ini:

  • Kaki sering merasa pegal - meskipun kaki yang terasa pegal tidak bisa langsung dipastikan bahwa seseorang tersebut mengalami varises, namun tetap harus di waspadai.
  • Muncul warna biru atau ungu - munculnya warna biru atau ungu ini karena arus balik pada pembuluh darah. Jadi jika ada pembuluh darah yang berwarna kebiruan dan menyerupai tali berpilin, maka kamu besar kemungkinan menderita varises.
  • Timbul borok - Salah satu gejala varises adalah dengan munculnya borok, apalagi jika varises sudah cukup parah. Jangan pernah digaruk, karena bisa menyebar dan semakin bertambah parah.
  • Pembengkakan - Jika varises sudah parah, maka akan terjadi pembengkakan dan membuat tungkai kaki terasa berat.
  • Sering mengalami kram otot - Hal ini terjadi karena aliran darah yang tidak lancar. Penderita varises akan merasakan kram yang berlangsung cukup lama, dan kadang hilang dengan sendirinya sehingha banyak yang tidak menyadari.
  • Kaki terasa panas - Selain merasakan nyeri, gejala varises lainnya adalah kaki terasa panas akibat tidak normalnya aliran darah.

Apabila anda merasakan gejala-gejala tersebut maka ada kemungkinan anda terkena penyakit varises dan harus segala dilakukan penanganan supaya tidak menimbulkan hal yang lebih parah.


Cara Menghilangkan Varises Secara Alami


Setelah kita mengetahui penyebab dan gejala yang ditimbulkan akibat varises. Sekarang saatnya dengancara.com membahas mengenai cara mengatasi varises secara alami dan efektif. Berikut informasinya untuk anda:

1. Kacang Hijau


Cara menghilangkan varises secara alami yang pertama yaitu dengan memanfaatkan khasiat dari kacang hijau. Air rebusan dari kacang hijau dipercaya cukup efektif untuk menyembuhkan varises.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan merebus segenggam kacang hijau dengan 2 gelas air putih. Setelah itu minumlah air rebusan kacang hijau tersebut sebanyak 2 kali sehari secara rutin hingga varises menghilang.


2.  Jeruk Nipis


Cara alami lainnya yang disarankan adalah jeruk nipis. Dengan rutin menggunakan jeruk nipis sebagai obat alami, maka lambat laun varises anda akan hilang, karena ini merupakan cara alami dan tidak bisa langsung instan jadi memang harus rutin dan sabar dalam menjalankannya.

Cara penggunaannya adalah dengan menyiapkan 2 buah jeruk nipis atau secukupnya. Kemudian potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu usapkan atau oleskan bagian dalam jeruk nipis pada area tubuh yang terkena varises. Manfaat lain dari jeruk nipis juga dapat berfungis sebagai Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

3. Minyak Zaitun


Cara berikutnya adalah minyak zaitun, yang sudah sangat dipercaya khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Dengan minyak zaitun anda bisa menghilangkan varises dengan cepat dan efektif serta tanpa efek samping.

Cara pemakaiannya super mudah sekali, anda hanya tinggal mengoleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang terkena varises. Selain itu anda juga bisa menambahkan campuran lain seperti bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah dioleskan, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini secara rutin agar varises cepat sembuh.


4. Blackberry Atau Ceri


Cara mengobati dan mencegah varises berikutnya adalah dengan buah blackberry dan juga ceri. Kedua buah tersebut memiliki kandungan antosianin dan proanthocyanidins dapat membantu melancarkan aliran darah dan juga mencegah penyakit varises. Oleh sebab itu buah-buahan tersebut di rekomendasikan untuk dikonsumsi oleh para penderita varises.

5. Hindari Duduk dan Berdiri Terlalu Lama


Cara menghilangkan varises secara alami selanjutnya adalah dengan menghindari duduk dan juga berdiri dalam jangka waktu yang lama. Karena dengan begitu akan memperburuk kondisi penderita varises dan bagi yang tidak varises akan berkemungkinan terserang varises juga. Jadi sebaiknya hindari agar kaki tidak menopang berat badan dalam waktu yang lama.

6. Hindari Penggunaan Sepatu Hak Tinggi (Heels)


Bagi para wanita yang mengidap varises dan suka menggunakan sepatu hak tinggi, maka mulai sekarang silakan untuk mengurangi penggunaan tersebut. Karena menggunakan hak tinggi akan membuat otot betis akan bekerja lebih ekstra dan dapat mengakibatkan tegangnya otot betis.

Sebaiknya gunakan sepatu yang biasa saja atau ber-hak rendah supaya otot lebih rileks dan tekanan pada vena di kaki pun tidak terlalu berlebihan. Namun jika memang terpaksa dan harus menggunakan sepatu hak tinggi, maka lakukan pergangan kaki setidaknya 40 menit sekali agar sirkulasi darah lancar kembali.


7. Lakukan Diet


Sudah dijelaskan tadi di awal bahwa salah satu penyebab terjadinya varises diakibatkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan. Jika anda memiliki bobot tubuh yang berlebih maka sebaiknya lakukan diet sehat. Namun jika berat anda normal tidak perlu melakukan diet, cukup jaga pola makan dan olahraga rutin.

8. Meninggikan Kaki


Cara mengobati varises ini mungkin cukup banyak dilakukan oleh orang-orang. Anda bisa lakukan cara ini saat hendak tidur. Caranya dengan berbaring lalu angkat kaki da letakkam di tembok. Meninggikan kaki dari tubuh dapat membantu melancarkan sirkulasi pembuluh darah venna menuju ke jantung.

Demikianlah artikel mengenai 8 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa bagikan ulang artikel ini ya.

Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments