Skip to main content

follow us

Tikus merupakan salah satu hewan pengerat dari Ordo Rodentia yang habitatnya tersebar di seluruh dunia dan jumlahnya sangat banyak. Keberadaannya di dalam rumah tentu saja sangat menganggu pemilik rumah, karena manfaat yang dihasilkan oleh tikus ini kecil sekali bahkan mungkin tidak ada manfaatnya. Oleh karena itu banyak orang yang mencari cara mengusir tikus dari rumah.

Tikus pada umumnya bersarang ditempat yang kotor atau kumuh seperti got, sawah, pipa, pasar, rumah, dll. Karena habitatnya berada di tempat-tempat kotor, maka jika masuk ke rumah merupakan suatu masalah, selain memang sangat menganggu, tikus juga bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya.

Pada artikel yang lalu, dengancara.com sudah membahas mengenai binatang yang juga cukup mengganggu yaitu Cara Menghilangkan Kutu Rambut. Dan sekarang kita bahas binatang yang mengganggu berikutnya tentang cara mengusir tikus dari rumah dengan cepat dan efektif.

Mungkin kalian sudah mencoba  menghilangkan tikus dari rumah, namun tikus tersebut masih bersarang dirumah anda. Tikus itu memang merupakan hewan yang cukup cerdik dan lincah serta tidak mudah dijebak, apalagi ditangkap dengan tangan kosong. Namun sebelum membahas bagaiamana cara mengusir tikus, kita ketahui dulu penyebab tikus bersarang dirumah kita.

Penyebab Tikus Masuk Rumah



Tikus mungkin tidak begitu saja berada di rumah, ada beberapa faktor penyebab mengapa tikus bisa bersarang dengan nyaman di rumah. Berikut informasinya:


Rumah Kotor


Sudah kita ketahui bahwa tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang jorok dan senang tinggal di tempat-tempat kotor dan gelap. Oleh karena itu, untuk meminimalisir supaya tikus tidak masuk ke rumah adalah dengan menjaga kebersihan rumah.

Rumah Tak Berpenghuni


Jika rumah tidak di tempati dalam jangka waktu yang cukup lama, pasti merupakan salah satu tempat yang nyaman bagi tikus. Rumah yang tak berpenghuni otomatis keadaannya akan kotor dan berantakan. Jadi jika kita baru saja menempati rumah baru yang sudah lama tidak dihuni, maka lakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap rumah tersebut.

Rumah Berbahan Kayu


Rumah yang berbahan dasar kayu juga sangat disukai oleh tikus dan menjadi tempat cukup nyaman bagi dirinya. Kayu adalah yang paling sering di gerogoti oleh tikus untuk mengasah giginya supaya tetap tajam.

Ada Gudang di Rumah


Jika kita mendengar kata gudang, pasti disana berisi banyak barang-barang lama ataupun yang sudah tidak terpakai. Biasanya gudang ini jarang dibersihkan dan di biarkan kotor, sehingga menjadi tempat yang sangat nyaman bagi tikus untuk bersarang.

Itu merupakan beberapa faktor yang menyebabkan tikus betah tinggal di rumah kita. Meskipun tidak bisa dikatakan100% bahwa tikus masuk rumah karena hal di atas. Karena banyak juga tikus yang masuk ke rumah hanya untuk mencari makanan, namun jika ditunjang dengan keadaan rumah yang kotor, maka itu sama saja kalian mengundang tikus untuk menempati rumah.

Cara Mengusir Tikus Dari Rumah



Jika tikus bersarang di rumah anda, di artikel ini ada beberapa cara alami yang bisa kalian lakukan agar tikus pergi dari rumah. Cara alami mengusir tikus ini cukup efektif karena jika menggunakan racun, malah berbahaya bagi diri sendiri, karena jika tidak hati-hati, bisa saja anda atau anak anda lupa sehingga memakan racun tikus tersebut yang sudah dicampur dengan makanan.

Oleh karena ini itu, cara yang akan disampaikan berikut ini lebih cenderung alami, walaupun akan kami bahas juga cara mengusir tikus dengan racun atau lem, namun kami lebih merekomendasikan cara alami yang sudah terbukti ampuh menghilangkan tikus dari rumah. Berikut informasi lebih jelasnya:

1. Cuka


Cara mengusir tikus yang pertama adalah menggunakan manfaat dari cuka. Pada umumnya cuka dipakai untuk kebutuhan memasak dan bisa juga untuk kesehatan. Namun khasiat lain dari cuka ini ternyata mampu mengusir tikus dari rumah dan sudah banyak yang membuktikan keampuhannya.

Cara mengusir tikus dengan cuka


  • Pertama siapkan cuka, air, dan botol semprotan.
  • Kemudian campurkan air dengan cuka, lalu masukan ke dalam botol.
  • Kemudian semprotkan air cuka ke tempat yang sering di lalui tikus atau yang dicurigai sebagai sarang tikus.

Jika sudah menyemprotkan air cuka ke sarang tikus, maka tikus tersebut akan kapok dan tak ingin lagi kembali kesana.

2. Cengkeh


Cara berikutnya untuk mengusir tikus yaitu menggunakan cengkeh. Bahan yang pedas dan sering digunakan sebagai bumbu masakan ini mengeluarkan aroma yang tidak di sukai oleh tikus dan membuat tikus sangat terganggu. Saya sendiri sudah mencoba cara ini dan terbukti berhasil mengusir tikus.

Cara mengusir tikus dengan cengkeh


  • Pertama siapkan bubuk cengkeh secukupnya.
  • Lalu taburkan bubuk cengkeh tersebut ke jalan yang sering dilalui tikus atau langsung di sarangnya.

Atau cara lainnya adalah dengan membeli minyak cengkeh, kemudian celupkan kapas ke dalam minyak tersebut, lalu letakkan kapas pada jalan yang sering dilalui tikus.

3. Baking Soda


Salah satu kelemahan tikus adalah dia tidak bisa muntah atau bersendawa. Jadi ketika tikus memakan bubuk baking soda, maka perutnya akan terisi gas dari baking soda dan tidak bisa dikeluarkan, sehingga membuatnya mati secara perlahan.


Cara membasmi tikus dengan baking soda


  • Metode ini sangat mudah dilakukan yaitu cukup dengan membalurkan bubuk atau minyak baking soda pada makanan. 
  • Kemudian simpan makanan tersebut ditempat biasa tikus berada dan jalan yang sering di laluinya.

Atau cara lainnya bisa juga dengan langsung mebalurkan bubuk baking soda ke tempat persembunyian tikus. Dengan begitu maka tikus akan terganggu dan pergi dari tempat tersebut.

4. Kulit Durian


Selain rasanya yang nikmat, ternyata durian juga mampu mengusir tikus dari rumah. Jadi jika anda sering mengkonsumsi buah durian maka jangan langsung buang kulitnya ke tempat sampah. Aroma dari kulit durian mampu mengusir tikus ataupun hewan pengerat lainnya.

Cara untuk mengusir tikus yaitu memanfaatkan bagian kulit durian tersebut. Kemudian potong-potong kulit durian dan letakkan di jalan yang biasa dilalui oleh tikus. Metode ini cukup ampuh dan bisa di andalkan.

5. Minyak Peppermint


Bahan alami yang dapat mengusir tikus dari rumah berikutnya adalah minyak peppermint. Aroma yang menyegarkan dari minyak ini ternyata tidak di sukai oleh tikus. Karena saat mencium aroma ini, tikus akan mabuk dan akhirnya kapok untuk tinggal di dalam rumah kita.

Cara penggunannya sangat mudah yaitu dengan langsung saja membalurkan minyak peppermint ke tempat-tempat yanh biasa di lewati oleh tikus. Cara lainnya adalah dengan mencelupkan kapas pada minyak tersebut, kemudian letakkan kapas pada sudut-sudut rumah yang biasa di lalui tikus.

6. Buah Mengkudu


Buah mengkudu memang dikenal karena aromanya yang cukup menyengat dan memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat lainnya yaitu dapat membasmi dan mengusir tikus dari rumah secara alami, karena tikus tidak menyukai aroma dari buah ini.

Caranya penggunaanya sangat mudah yakni, dengan cara memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian, lalu letakkan di jalan-jalan yang biasa di lewati oleh tikus dan juga sarangnya. Biasanya tikus sering bersembunyi di pipa atau plafon rumah, jadi anda bisa letakkam buah mengkudu disana juga.

7. Memelihara Kucing Untuk Mengusir Tikus


Pasti kalian sudah tahu kan bagaimana reaksi tikus melihat kucing. Tikus adalah makanan sehari-hari kucing, terutama kucing liar, jadi dengan memelihara kucing akan membuat tikus menjadi takut.

Kucing mempunyai indra penciuman yang sangat tajam, sehingga mampu mendeteksi dimana keberadaan tikus. Namun tak jarang juga kucing mati sesudah memangsa tikus. Karena tikus adalah hewan kotor dan jorok, jadi sudah pasti tubuhnya mengandung banyak virus.

Cara ini tidak terlalu direkomendasikan karena jika kucing terkontaminasi oleh virus dari tikus, maka anda sebagai pemiliki juga berisiko terkena dampaknya. Masih banyak cara lainnya, mari kita bahas metode selanjutnya.

8. Memelihara Jangkrik


Selain kucing, jangkrik juga bisa menjadi salah satu alternatif lainnya untuk mengusir tikus dari rumah. Hal ini karena suara nyaring dari jangkrik cukup membuat tikus terganggu, namun mungkin bukan hanya tikus, kita pun terganggu dengan suaranya hehe. Akan tetapi ini cara yang cukup ampuh agar tikus pergi dari rumah.

Kalian bisa meletakkan jangkrik di tempat-tempat yang biasa di lalui oleh tikus atau tempat persembunyiannya seperti di pipa, atap plafon, dll.


9. Mengusir Tikus Dengan Irisan Bawang


Jika anda tidak menyukai aroma bawang, maka tikus dan hewan pengerat lain juga sependapat dengan anda. Karena tikus pun tidak menyukai aroma khas dan tajam dari bawang tersebut. Sehingga cara ini cukup ampuh untuk mengusir tikus dari dalam rumah.

Caranya sangat simple sekali, yaitu anda hanya tinggal mengiris bawang tersebut, lalu simpan atau letakkan di area persembunyian tikus dan tempat yang sering di datanginya. Dengan begitu, bisa dipastikan tikus akan pergi dari tempat tersebut karena mencium bau bawang yang sangat menyengat.


10. Lada Bubuk


Cara mengusir tikus dari rumah yang sangat ampuh berikutnya adalah menggunakan lada bubuk. Aroma yang dihasilkan oleh lada bubuk ini sangat menyengat dan rasa pedas yang tidak disukai oleh para tikus. Bahkan bukan hanya tikus, saya sendiri pun tidak menyukai aromanya hehe.

Jadi dengan lada bubuk bisa menjadi cara ampuh untuk mengusir tikus dari dalam rumah. Caranya anda tinggal taburkan lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di jalan yang selalu di lewati oleh tikus. Dengan begitu, tikus akan terganggu dan akhirnya pergi dari rumah.


11. Kapur Barus atau Kamper


Untuk mengusir tikus dengan cara ampuh dan cepat, yaitu dengan bantuan kapur barus. Selain tidak menyukai bau yang menyegat, tikus juga membenci bau harum seperti kapur barus ini.

Cara mengusir tikus dengan kapur barus sangatlah mudah, yaitu tinggal menaruh kaput barus ditempat persembunyian tikus atau jalan yang biasa dilalui oleh tikus. Dengan begitu maka tikus akan menghilang dari rumah.


12. Daun Salam


Selain khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, ternyata daun salam juga bisa digunakan untuk mengusir tikus dari rumah. Tikus tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh daun salam, sehingga membuatnya lebih baik pergi dari tempat yang terdapat daun salam tersebut.

Untuk cara penggunaannya sangat simple sekali, yaitu tinggal meletakannya di jalan yang sering di lewati oleh tikus, atau bisa juga di letakkan pada tempat persembunyiannya.


13. Alat Ultrasonic


Apakah anda sudah mendengar alat elektronik yang bisa mengusir tikus dari rumah?. Akhir-akhir ini sudah ada alat tersebut dan bisa kita beli di toko online seperti lazada, bukalapak, atau tokopedia. Cara kerja alat ultrasonic ini adalah dengan mengeluarkan suara yang menganggu pendengaran tikus, namun tidak bisa di dengar oleh manusia, itu adalah salah satu kelebihannya.

Alat ultrasonic ini bisa mencapai radius 100 - 200 meter jauhnya. Dengan cara ini memang cukup efektif digunakan untuk mengusir tikus. Namun kelemahannya, jika hanya mengandalkan alat ini dan digunakan terus menerus, maka akan membuat tikus menjadi kebal terhadap suara ultrasonic tersebut dan menjadi biasa saja saat mendengarnya.


14. Saus Cabai dan Deterjen


Cara mengusir tikus berikutnya adalah menggunakan campuran dari saus cabai dan deterjen. Metode ini cukup ampuh dan efektif agar tikus pergi dara rumah dan kapok untuk kembali lagi.

Cara pembuatan dan penggunaannya sangat mudah, yakni anda tinggal mencampurkan saus cabai dan deterjen dengan air. Setelah tercampur rata, masukan ke dalam botol sprey atau semprotan. Lalu saat anda melihat tikus, semprotkan langsung cairan tersebut. Agar lebih aman, gunakan penutup wajah agar tidak perih di mata saat menyemprotnya.


15. Bedak Bayi


Bedak bayi merupakan salah satu cara mengusir tikus yang sangat sederhana. Kita tahu bahwa tikus tidak menyukai bau yang menyengat, meskipun itu harum bagi kita. Contohnya seperti kapur barus atau kamper tadi, tikus pun tidak menyukai hal itu.

Caranya cukup menaburkan bedak bayi pada jalan yang sering di lewati oleh tikus atau tempat persembunyiannya, seperti di kolong meja atau dibawah tempat tidur. Saya belum mencoba cara ini apakah ampuh mengusir tikus atau tidak, karena tidak ada bayi di rumah saya hihi.

16. Ammonia


Ammonia merupakan sebuah senyawa berupa gas atau cairan yang memiliki bau tajam dan menyengat serta tidak berwarna. Ternyata ammonia ini dapat mengusir tikus yang bersembunyi. Cara penggunaannya cukup simple yaitu cukup menyemprotkan cairan ammonia pada jalan yang biasa dilalui oleh tikus atau langsung ke tempat yang di curigai sebagai sarangnya.

Cara lainnya untuk mengusir tikus juga bisa dicampur dengan 2 sendok deterjen, kemudian tempatkan di area yang sering di singgahi oleh tikus. Bau yang menyengat dan tak tertahankan akan membuat tikus pergi dari rumah. Namun jangan berlebihan menggunakannya supaya rumah anda tidak bau.

17. Ular Mainan


Cara mengusir dan menghilangkan tikus rumah berikutnya menggunakan ular plastik mainan. Masa pake ular mainan? Memakai ular mainan karena aman, dari pada memakai ular asli malah bahaya hehe. Berhasil atau tidaknya silakan buktikan sendiri ya, ini hanya rekomendasi dari kami.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah sekali, yaitu cukup meletakkan ular plastik di jalan yang biasa dilalui oleh tikus, atau langsung ditempat yang kita curigai merupakan markasnya, seperti di bawah meja, bawah tempat tidur, pipa, plafon rumah, dll.

18. Jebakan Tikus


Menggunakan jebakan tikus atau alat perangkap sudah pasti diketahui oleh orang-orang sebagi cara ampuh mengusir dan menangkap tikus di rumah. Meskipun tikus masih sering dapat menghindar dengan kecerdikannya, namun cara ini tetap menjadi primadona untuk menghilangkan tikus.

Alat penangkap tikus ini memiliki beberapa bentuk, seperti penjepit dan ada pula berbentuk sangkar kawat. Untuk menggunakan alat ini sangat mudah sekali, anda hanya tinggal meletakkan umpan pada perangkap tersebut dan simpan di tempat yang sering di datangi oleh tikus.

19. Lem Tikus


Selain alat perangkap, lem tikus juga sangat populer digunakan untuk mengusir dan menghilangkan tikus dari rumah. Mungkin jika menggunakan lem tikus hanya tikus berukuran kecil saja yang tertangkap, karena jika sudah dewasa mereka tahu bagaimana cara meloloskan diri. Meskipun begitu, lem tikus tetap sering digunakan.

Cara mengusir tikus dengan lem


  • Pertama siapkan sebuah alas, bisa berupa papan, triplek, atau kardus.
  • Kemudian lumurkan lem tikus pada alas tersebut.
  • Setelah itu, jangan lupa untuk memberi umpan, berupa makanan kesukaan tikus.
  • Selanjutnya, letakkan di area tempat yang sering dijangkau atau di lalui oleh tikus.

Namun saat ini sudah tersedia lem tikus lengkap dengan alasnya, sehingga kita tidak perlu repot lagi mencari alas sendiri. Tinggal kita buka dan langsung letakkan di area yang sering di datangi tikus.

20. Burung Hantu


Cara mengusir tikus berikutnya adalah memelihara burung hantu karena dengan begitu akan membuat tikus ketakutan. Bahkan bukan hanya tikus yang akan takut, namun hewan pengerat lainnya juga bisa melarikan diri jika melihat burung hantu. Silakan apabila anda ingin memeliharanya dan lihat apa yang terjadi, apakah tikus akan hilang.

21. Racun Tikus


Cara mengusir tikus yang terakhir yaitu menggunakan racun. Metode ini memang sangat ampuh menghilangkan tikus, namun yang menjadi masalah biasanya ketika tikus sudah memakan racun tersebut, lalu lari dan lambat laun akan mati di tempat yang kita tidak ketahui. Sehingga bau bangkai akan tercium entah dari mana datangnya.
Untuk mendapatkan racun tikus ini sangat mudah, anda bisa membelinya di supermarket atau toko online.

Demikianlah informasi mengenai 21 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Paling Ampuh dan Efektif. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf apabila ada salah kata atau informasi yang kuras jelas, jika ingin menambahkan silakan di komentar.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel bermanfaat lainnya, selamat mencoba dan semoga sukses!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar