Cara Merawat dan Melatih Ayam Bangkok Muda

Cara merawat ayam bangkok aduan muda pada setiap orang mungkin berbeda-beda dan ada yang sependapat, ada juga yang tidak. Ayam jago bangkok merupakan ayam yang berasal dari negara Thailand dan harganya cukup mahal, kemudian cara merawat dan melatihnya pun sepertinya agak sedikit berbeda dengan jenis ayam lain seperti ayam sayur, ayam hias, ayam kalkun dan lain-lain.

Saat ayam tersebut menetas hingga usianya 10 bulan, maka diperlukan pelatihan dan perawatan agar ayam tersebut dapat menjadi ayam aduan yang tangguh saat menginjak usia dewasa. Banyak orang yang merawat ayam dengan tidak benar sehingga ketika tumbuh besar tidak sesuai ekspektasi. Memlihara dan melatih ayam aduan hingga menjadi sang juara tidak mudah, butuh kesabaran dan ketekunan merawatnya.

Disini dengancara.com akan memberikan informasi cara merawat ayam aduan yang baik dan benar menurut kami. Sudah kita ketahui bahwa ayam merupakan binatang yang sangat di gemari oleh seluruh kalangan, sehingga saatnya banyak sekali komunitas atau perkempulannya, terutama jenis ayam bangkok yang sudah biasa kita lihat untuk bertarung, walaupun ada ayam jenis lain juga yang dapat bertarung.

Semakin maraknya orang yang memelihara ayam aduan, namun tidak mengetahui cara merawat dengan benar. Mitos yang beredar jika ayam aduan terkena penyakit maka untuk kembali pulih dan fit akan memakan waktu lama atau bahkan malah sulit untuk kembali ke kondisi awal, maka dari itu bagi para pecinta ayam harus benar-benar serius dalam merawat dan melatih ayam aduan.

Agar ayam bangkok aduan mampu bertarung dengan maksimal, kita tidak bisa hanya mengandalkan genetik ayam tersebut saja, meskipun berasal dari trah jawara, tetap saja kita perlu melatih dan merawatnya supaya ayam tersebut terbiasa dengan pertarungan. Agar ayam bangkok aduan mempunyai fisik dan daya bertarung yang kuat, maka silakan ikuti tips yang akan kami berikan dibawah ini.

Akan tetapi sebelum membahas mengenai cara merawat dan melatih ayam bangkok aduan, agar lebih jelas dan untuk kalian yang awam dan belum mengetahui ciri-ciri ayam bangkok yang bagus, berikut kami berikan informasinya.

Ciri-ciri Ayam Bangkok Asli & Bagus




Jika kalian sangat awam tentang ayam bangkok dan ingin membelinya, ada baiknya perhatikan poin-poin berikut ini agar bisa memilih ayam bangkok dengan kualitas yang bagus.

  • Pertama mempunyai badan yang ramping, tegak, dan tinggi. 
  • Memiliki leher yang lebih panjang dari ayam lainnya.
  • Bagian atas paruhnya menyerupai burung rajawali yang terdapat garis tengah. 
  • Bentuk kepala ayam memiliki kemiripan dengan burung jalak. 
  • Memiliki tulang yang kuat, rapat, dan keras, terutama pada bagian penghubung antara ekor dan badan. 
  • Tulang leher berukuran besar yang tersusun dengan rapat dan panjang.
  • Tulang alis agak menonjol.
  • Bentuk tulang bulat pada kaki. 
  • Mata jernih, berbentuk bulat dan agak masuk ke dalam.
  • Lutut menjorok ke belakang, di ikuti dengan jari-jari yang panjang, serta terdapat sisik besar yang kering.
  • Memiliki tulang dada yang besar, tebal, dan memanjang hingga tulang belakang. 

Itu merupakan cara dasar yang dilakukan secara fisik untuk mengetahui apakah ayam bagkok tersebut bagus atau tidak, dan jangan lupa juga perhatikan kesehatannya. Sekarang mari kita simak langsung cara merawat dan melatihnya dengan baik dan benar.

Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Muda



Bagi kalian yang saat ini baru terjun atau yang sedang belajar cara memelihara ayam aduan, maka perhatikanlah beberapa cara merawatnya agar menjadi ayam aduan yang baik dan kokoh. Silakan simak informasinya.

1. Pakan


Cara merawat ayam aduan sebetulnya tidak terlalu sulit, hanya dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Jika anda hobi dengan ayam, rasa lelah dalam merawatnya pasti tidak akan terasa. Namun masih banyak orang yang salah dalam memberikan dan mengatur porsi pakan ayam, sehingga membuatnya tidak tumbuh optimal. Padahal ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam sehingga membuatnya menjadi ayam yang kuat dan sehat.

Untuk memberikan makan ayam yang benar, tidak dilakukan dengan asal-asalan, namun perlu diperhatikan takaran dan berat badan ayam tersebut. Sebagai contoh, jika ayam bangkok anda memiliki berat tubuh 3 kg, maka berikan pakan sebanyak 200 gr setiap anda memberinya makan, bukan per hari ya. Usahakan juga berikan ayam vitamin dan suplemen, dan jika ayam anda khusus untuk aduan, tambahkan jagung yang masih utuh untuk melatih paruhnya supaya lebih kuat.

2. Kandang


Kandang merupakan faktor penting untuk kenyamanan ayam, jika ayam masih baru menetas maka sediakanlah kandang berukuran kecil yang dilengkapi dengan lampu, agar kehangatan tubuhnya tejaga. Setelah beranjak dewasa dan kandangnya sudah mulai sempit bagi tubuhnya, maka pindahkan pada kandang yang lebih besar dan tetap di beri pencahayaan lampu agar tubuhnya tetap hangat.

Usahakan kandang selalu terjaga kebersihannya agar ayam tidak sakit,  jika mengalami sakit maka dapat berdampak kedepannya. Perawatan awal ini sangat penting, supaya perkembangan dan pertumbuhan ayam menjadi baik dan bisa menjadi petarung yang hebat jika sudah dewasa.

3. Pemandian


Cara merawat ayam bangkok aduan berikutnya adalah mengenai pemandian. Jangan memandikan ayam secara asal-asalan, jika melakukannya dengan asal-asalan dapat berdampak buruk bagi performa ayam kedepannya. Untuk waktu yang baik memandikan ayam adalah pukul 08.00 setiap hari jika cuaca mendukung dan tidak hujan.

Untuk cara pemandiannya yaitu gunakan air bersih, jangan menggunakan sabun dan air hangat karena dapat merusak jaringan bulu tubuh ayam. Tenangkan ayam dahulu sebelum di mandikan, lalu basuh kepala ayam secara perlahan, kemudian siram lehernya sampai ke pangkal tengkuk. Setelah siram bagian kloaka sampai bersih, karena pada area itu cukup banyak kotoran. Kemudian bersihkan juga bagian sayapnya, dan bagian duburnya, setelah itu keringkan seluruh tubuhnya dengan haduk sampai benar-benar kering.

Usahakan jangan terlalu sering menyiram punggung ayam, karena pada area tersebut bulunya mudaj kusut jika terkena air. Perlu di ingat, jangan sesekali memandikan ayam dengan cara menceburkannya ke dalam ember, karena itu tidak bagus bagi pertumbuhannya.


4. Penjemuran


Hal yang berikutnya dilakukan adalah dengan menjemurnya setelah mandi. Masukan ayam kedalam kurungan bulat dan beri alas dibawahnya, dengan kayu atau benda lainnya agar dia tidak berguling-guling hingga mengakibatkan tubuhnya kotor kembali.

Pada proses menjemur ayam tidak usah terlalu lama, cukup hingga jam 10 pagi saja. Jam-jam tersebut pada sinar matahari terdapat vitamin D yang sangat membantu pertumbuhan bulu dan tulang ayam.

5. Berikan Pelatihan


Agar ayam menjadi petarung yang hebat, maka tentu saja harus kita beri pelatihan. Pada umumnya orang yang sudah pro di bidang ayam aduan ini, untuk pelatihan mereka lakukan saat usia ayam menginjak 6 hingga 7 bulan, pada usia 0 sampai 5 bulan mereka lebih memfokuskan pada pertumbuhan sang ayam.

Tujuannya dilakukan pelatihan agar ayam tidak lemah dan tidak mudah lelah ketika bertarung. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melatih ayam bangkok aduan agar menjadi ayam yang tangguh seperti latihan leher, latihan badan, latihan kaki, latihan lari, latihan sayap, latihan mental, dan latihan renang.  Mari kita bahas satu persatu.

Cara Melatih Ayam Bangkok



Latihan Leher


Cara melatih ayam bangkok aduan yang pertama adalah dengan melakukan senam leher. Otot-otot leher sangat menunjang pergerakan ayam saat bertarung, terutama saat akan menyerang lawan dan menghindar dari serangan lawan.

Untuk melakukan senam leher caranya cukup mudah, anda hanya tinggal menggerakan leher ayam ke kanan dan ke kiri secara perlahan, masing-masing 30 kali, kurang lebih 1 detik per gerakan, lakukan senam leher setiap pagi.

Latihan Badan


Pelatihan yang berikutnya adalah dengan latihan senam badan. Hal ini dilakukan supaya ayam badan ayam tidak kaku saat bertarung, karena biasanya pada saat pertarungan, ayam juga membidik badan yang memiliki celah untuk menghajar lawannya.

Agar pergerakan ayam lebih lincah kita bisa melatihnya dengan menggerakan badan ayam ke kanan dan kiri sebanyak 30 kali gerakan. Kemudian selipkan juga tangan anda pada celah sayap dan lakukan gerakan badan.

Latihan Kaki


Cara melatih ayam yang satu ini juga cukup penting untuk di latih. Otot kaki dan lutut sangat berpengaruh terhadap gerakan ayam ketika bertarung, jika gerakan kaki sangat cepat dan kuat, maka kemungkinan ayam bangkok aduan ini menjadi tangguh sangat bisa sekali.

Caranya yaitu dengan rutin setiap hari melakukan gerakan mendorong ayam ke bawah dan ke atas sebanyak 30 kali, seperti gerakan push up. Ingat harus dilakukan secara rutin agar otot-otot kakinya menjadi kuat dan hasilnya maksimal.

Latihan Lari


Otot kaki yang kuat akan sangat baik ditunjang dengan latihan lari agar pernafasannya lebih kuat dan gerakannya lincah. Hal ini dibutuhkan agar ayam terlatih staminanya saat bertanding. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk pelatihan ini, salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan dari ayam lain untuk dijadikan bahan latihan.

Pertama siapkan 2 buah kurungan berukuran kecil dan besar, kemudian simpan ayam bangkok lain di dalam kurungan kecil. Lalu ayam yang ingin di latih simpan di bagian luar, selanjutnya tutup kedua ayam dengan kurungan yang besar.

Dengan cara ini ayam dilatih untuk mengelilingi kurungan kecil yang di dalamnya ada seekor ayam bangkok lainnya, dan ayam yang dilatih ini akan mengelilingi kurungan kecil untuk mencari celah agar bisa memukul lawanya. Namun jangan terlalu lama melakukan latihan ini, cukup 15 hingga 30 menit saja, agar ayam tidak stress dan terlalu kelelahan.

Latihan Sayap


Cara melatih ayam bangkok yang berikutnya adalah untuk membuat sayapnya lebih lincah dan tidak kaku. Teknik pelatihan ini cukup dikenal oleh para pecinta ayam aduan, dan mereka pun menerapkan hal yang sama, senam sayap ini biasa dikenal dengan sebutan janturan.

Caranya yaitu mengangkat ayam tinggi-tingginya dengan tangan kanan memegang dada, lalu tangan kiri memegang pangkal ekor, pegang dada ayam dari belakang. Saat hendak menurunkan kembali ayam, lepaskan tangan kanan yang memegang dada dari belakang tersebut. Dengan cara ini maka ayam akan mengepakan sayapnya, yang membuat otot-ototnya semakin kuat.

Latihan Mental


Selain fisik, mental pun harus di asah karena percuma saja memiliki kekuatan yang super, namun tidak di iringi mental yang baja dan tingkat kepercayaan diri. Tidak lucu kan jika sedang di pentas pertarungan ayam aduan anda hanya terbirit-birit ketakutan. Oleh karena itu melatih mental ayam menjadi mental petarung harus dilakukan, yaitu dengan melakukan jajal tarung dengan ayam bangkok lain.

Sebelum jajal tarung dilakukan, bungkus terlebih dahulu paruh dan jalu ayam anda dan juga lawan, hal ini untuk menghindari cidera yang dapat melukai ayam. Selain itu juga fungsi membungkus paruh dan jalu ayam untuk melatih emosi ayam, karena ketika paru dan jalu dibungkus, ayam akan kesulitan untuk memukul lawan, dan ayam akan mengeluarkan teknik gerakan cepat yang sangat baik gunanya untuk otot-otot ayam. Namun jangan terlalu lama melakukannya, bagi menajdi beberapa ronde.

Latihan Renang


Latihan yang terakhir adalah yang paling menguras tenaga ayam, yaitu dengan melatihnya renang. Ketika ayam berenang, maka semua otot-ototnya akan bergerak dan lambat laun akan terlatih menjadi lebih kuat lagi. Namun untuk ayam bangkok muda jangan di latih renang dalam waktu yang lama, karena fisiknya tidak akan kuat dan malah membuat ayam menjadi sakit. Jadi anda harus bisa menyesuaikan latihan renang dengan kondisi dan kemampuan ayam.

Kemudian jangan terlalu sering juga melakukan latihan renang pada ayam bangkok aduan, karena jika terlalu sering, bulu ayam akan menjadi mudah patah dan juga rontok, apalagi pada area punggung ayam yang cukup mudah rontok. Jika sudah melakukan latihan renang, sebetulnya untuk latihan lari tidak dilakukan pun tidak apa-apa.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas mengenai Cara Merawat & Melatih Ayam Bangkok Aduan Muda. Semoga bermanfaat bagi kalian yang hendak memelihara ayam aduan. Jika rutin melatih ayam maka akan membuatnya memiliki kemampuan bertarung hebat di arena.

Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya, semoga sukses dan selamat mencoba!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments