8 Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Paling Ampuh

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur - Pada akhir-akhir ini fenomena burung lovebird sangat ramai di perbincangan oleh kalangan pencinta burung. Lovebird berasal dari afrika dan ukurannya sedikit lebih besar dengan parkit, dengan ukuran sekitar 12 hingga 15 cm. Burung ini disebut lovebird karena jika disatukan dalam satu kandang, maka akan selalu berdekatan bahkan sesama jantan ataupun juga betina.

Pada kesempatan kali ini dengancara.com akan sedikit membahas mengenai cara agar burung lovebird cepat bertelur. Tahukah anda bahwa burung lovebird di alam liar sangat mudah untuk bertelur. Namun kenapa ketika di penangkaran malah sulit untuk bertelur, hal tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa sebab, seperti berikut ini.

Penyebab Lovebird Sulit Bertelur


Banyak orang yang mulai frustasi karena lovebird yang mereka punya tidak kunjung bertelur, jika seperti itu ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini yang menyebabkan lovebird sulit bertelur.

1. Sesama Jenis


Lovebird merupakan jenis hewan monomorfik seksual, dengan begitu kita sering terkecoh untuk membedakan mana jantan dan mana betina. Yang membedakan dari keduannya yaitu hanya jenis kelaminnya saja, untuk corak pada tubuhnya kebanyakan mirip-mirip. Oleh sebab itu kadang kita tidak mengetahui dan asal mengawinkan saja, sehingga mana mungkin dia bisa bertelur jika jantan dan jantang yang anda kawinkan.

2. Usia Betina Belum Cukup


Jika anda menjodohkan lovebird betina yang masih muda dan belum siap untuk bertelur, maka kecil kemungkinan lovebird akan bertelur. Untuk itu maka pilihlah betina yang sudah cukup usianya dan sudah siap bertelur. Pilih lovebird betina dengan rentang umur 10 bulan untuk jenis non klep dan 1 tahun untuk jenis klep. Jadi bagi para penangkar burung lovebird harus mempunyai catatan atau data mengenai usia burung tersebut.


3. Segi Jenis


Untuk menghasilkan telur dari lovebird maka pilihlah jenis klep dan non klep, karena jenis tersebut sangat mungkin untuk bertelur. Jangan pernah menjodohkan indukan jantan dengan lovebird betina berjenis semi klep. Karena jenis tersebut dapat di katakan mandul atau infertil. Jadi agar memungkinkan untuk bertelur, jodohkan indukan jantan dengan lovebird betina jenis klep dan non klep.

Itu merupakan beberapa kendala atau penyebab gagalnya burung lovebird dalam bertelur. Jika anda sudah mengetahui penyebabnya, yang harus dilakukan adalah koreksi kesalahan apa yang menyebabkan lovebird sulit bertelur, mungkin saja salah satu masalahnya adalah yang disebutkan di atas. Lalu di ikuti juga dengan tips yang akan saya sampaikan dibawah ini.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur


Berikut dengancara.com berikan informasi atau tips yang bisa anda lakukan agar lovebird anda dapat bertelur.

1. Pakan Loverbird


Cara pertama agar lovebird cepat bertelur adalah dengan mengatur makanannya. Jika sulit untuk mengeluarkan telur maka silakan beri makananan yang bisa membuat hormon betina terpicu untuk bertelur.  Untuk makanannya anda bisa memberinya biji-bijian seperti kacang tanah, kuaci, dan jagung muda. Makanan tersebut mengandung vitamin E yang baik untuk kesuburan burung lovebird.

Selain makanan tadi, anda juga bisa memberi makanan seperti toge, tulang sotong, dan kangkung. Makanan tersebut membantu mencukupi kebutuhan kalsium dan juga mineral pada lovebird yang dapat membantu pembentukan cangkang telur menjadi lebih baik.

2. Meningkatkan Birahi Lovebird


Hal yang satu ini cukup penting juga kita perhatikan, karena jika usia lovebird sudah cukup dan keinginan untuk kawin sangat kuat maka lovebird pun akan berkemungkinan besar dapat membuahkan telur. Yang harus kita lakukan agar birahi lovebird terpacu untuk melakukan perkawinan adalah dengan memberikan EF, namun anda harus teliti dalam memberikan EF.

Supaya tidak mubazir, kita harus mengetahui kesukaan lovebird, karena setiap lovebird memiliki kesukaan yang berbeda-beda. Anda bisa memberikan jenis EF seperti jagung, apel, wortel, sawi hijau, dan juga tebu. Silakan perhatikan apa yang di sukainya, jika lovebird menyukai lebih dari satu EF, maka bisa di seling untuk memberikannya.

Cara lainnya supaya lovebird meningkat birahinya dengan memandikannya. Anda bisa memandikannya pada malam hari sekitar pukul 9-10 malam. Kemudian dengan cara penjemuran, karena hal ini juga dapat mempengaruhi gairah lovebird. Anda bisa menjemurnya di pagi hari dan setelah itu di angin-anginkan sebentar.

3. Menghangatkan Kandang


Cara ternak lovebird agar cepat bertelur selanjutnya adalah dengan memperhatikan kenyamanan kandang. Anda dapat memberikan lampu full spektrum untuk menghangatkan kandang lovebird, sehingga membuatnya nyaman dan bisa cepat bertelur. Lampu full spektrum mempunyai suhu sekitar 5500 K, dan warnanya mirip seperti matahari.

Dengan begitu maka pemasangan lampu full spektrum ini baik bagi kesehatan dan kenyaman lovebird, tidak hanya lovebird sebetulnya, untuk semua jenis burung juga baik. Anda bisa memasangnya diatas kandang dan atur kapan lampu harus di matikan, biasanya pada malam hari matikan lampu agar lovebird merasa dirinya di alam bebas.

Baca juga: Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok yang Bagus

4. Mengganti Minuman


Untuk minum lovebird sebisa mungkin agar diganti dengan yang baru setiap hari. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan tempat minumnya dengan cara digosok menggunakan sikat gigi, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Kemudian setelah itu berikan air yang tidak berbau besi atau lumpur. Anda bisa menggunakan air galon isi ulang.

5. Dekatkan Dengan Pasangan Lain


Cara agar lovebird cepat bertelur berikutnya adalah dengan mendekatkan kandang lovenbird yang hendak di kawinkan dengan kandang pasangan lain, namun jangan terlalu dekat. Dengan suara yang dikeluarkan oleh pasangan lain maka dapat membuat lovebird terasang untuk melakukan perkawinan.

6. Gelodok Atau Sarang Kotak


Gelodok atau sarang kotak ini tempat dimana biasanya lovebird menyimpan dan mengerami telurnya.  Namun sebelum memasang gelodok, harus anda perhatikan juga apakah burung tersebut sudah kawin atau belum. Sebab jika belum maka lovebird tidak akan fokus pada perkawinannya, yang ada burung hanya bermain-main saja seperti keluar masuk gelodok.

Apabila sudah terpantau kawin, barulah anda pasang gelodok pada kandangnya dengan tata letak yang baik dan benar. Sebaiknya jangan membuat sarang kotak yang terlalu besar atau terlalu kecil, dan ukuran pintu pun jang terlalu lebar, sesuaikan dengan ukuran tubuh lovebird. Pokoknya buat senyaman mungkin agar lovebird cepat untuk bertelur.

7. Vitamin & Suplemen


Cara ternak lovebird agar cepat bertelur lainnya adalah dengan memberikan suplemen dan vitamin. Banyak sekali obat yang dijual di toko ternak seperti egg stimulant, canary post, dll. Silakan baca aturan pakainya pada bagian belakang kemasan.

8. Jauhkan Dari Gangguan


Selain kandang yang dapat membuat lovebird nyaman, hindari juga atau jauhkan burung dari gangguan yang dapat membuat lovebird menjadi stress dan ujungnya tidak mau di kawinkan. Jauhkan dari gangguan hewan lain seperti tikus, kecoa, cicak, kucing, dll yang dapat menganggu kenyamanan lovebird.

Demikianlah informasi mengenai Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi anda yang saat ini memiliki lovebird yang sulit bertelur, semoga setelah mempraktekan tulisan ini, masalah bisa terpecahkan dan lovebird anda bisa bertelur. Jika memang masih belum bertelur juga, coba untuk mengganti pasangan burung tersebut.

Jika bermanfaat silakan untuk membagikan artikel ini. Oke sampai jumpa pada artikel bermanfaat berikutnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Disqus Comments