Skip to main content

follow us

Kandang ayam bangkok harus betul-betul di perhatikan, karena kandang merupkan aspek yang sangat penting bagi kenyamanan dan perkembangan ayam bangkok aduan. Selain itu, kandang yang kurang terawat akan menimbulkan masalah pada ayam itu sendiri, seperti terkena penyakit yang akan menghambat proses pertumbuhannya. Dengan mempunyai kandang yang ideal dan bersih, maka hal tersebut akan menunjang perkembangan ayam bangkok aduan tersebut. Namun masih banyak yang bingung untuk membuat kandang ideal bagi ayam bangkok.

Pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas mengenai Cara Melatih & Merawat Ayam Bangkok Aduan, nah pada kesempatan kali ini dengancara.com akan sedikit berbagi tips mengenai cara membuat kandang ayam bangkok yang ideal dan nyaman. Sebelum membuat kandang ayam, kita juga harus memperhatikan beberapa syarat dan aspek seperti lokasi kandang, bahan yang digunakan, hingga ukuran kandang yang memberikan rasa nyaman pada ayam bangkok petarung agar lebih baik pertumbuhannya. Silakan ikuti syarat dibawah ini sebelum membuat kandang ayam bangkok, supaya lebih ideal dan nyaman.

Syarat Membuat Kandang Ayam Bangkok


Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah lokasi kandang yang strategis, yaitu sekurang-kurangnya berjarak 5 meter dari rumah, serta jika bisa tempatnya agak jauh dari kandang ayam bangkok lainnya, dan terutama lebih jauh dari kandang atau tempat pemeliharaan ayam potong.

  1. Mempunyai saluran air yang lancar dan mampu menyerap air saat kondisi hujan, sehingga di area sekitar kandang tidak tergenang banjir saat hujan datang.
  2. Terdapat pohon pelindung, sirkulasi udara dapat teratur dan itu baik bagi kesehatan ayam. Kemudian juga kondisi tanah yang datar agar tidak sulit dalam pembuatan kandang.
  3. Lokasi pembuatan kandang ayam bangkok di sarankan pada area yang terdapat atu tertanam banyak rumput, karena kadang ayam memakan rumput untuk mencukupi asupan gizi mereka.
  4. Jika bisa, arah kandang ayam bangkok menghadap ke arah matahari pagi, karena panas di pagi hari terdapat kandungan vitamin D yang baik bagi perkembangan ayam. Selain itu juga harus searah dengan mata angin, agar terhindar dari penyakit luar.
  5. Baiknya di sekitar lokasi kandang ayam di bentengi dengan semen atau batu bata, atau jika dana tidak memungkinkan bisa di ganti dengan bambu atau kawat.
  6. Untuk ayam bangkok yang masih kecil dibawah usia 3 bulan, jangan diberikan rongga dibawah kandangnya, karena dapat membahayakan ayam, seperti terjepit pada rongga tersebut.

Jika sudah mengetahui syarat-syarat yang di perlukan untuk membangung kandang ayam bangkok yang bagus dan ideal, berikut dengancara.com berikan jenis-jenis atau kandang ayam. Silakan simak ulasannya.

Desain Kandang Ayam Bangkok




Berikut ini adalah beberapa model atau jenis ayam bangkok yang bisa anda bangun.

1. Kandang Ayam Postal


Model kandang ayam bangkok yang pertama adalah jenis postal, yaitu kandang yang lebih di khususkan untuk ayam bangkok anakan yang baru saja menetas. Pada umumnya ukuran kandang postal adalah panjang 1 meter, lebar 80 cm, dan tingginya 1 meter. Dengan ukuran seperti itu biasanya dapat menampung sekitar 10 sampai 15 ekor anak ayam bangkok.

Pada bagian alasnya, jangan berikan rongga, baiknya gunakan sekam padi sebagai alasnya, agar kelembaban kandang dapat terjaga, dan baiknya di ganti dalam 3 hari sekali. Kemudian bagian dinding kandang postal gunakan bahan dari kawat dan juga di lengkapi dengan lampu bohlam sebagai penghangat kandang.

2. Kandang Ayam Umbaran Satuan


Kandang ayam bangkok yang bagus dan ideal berikutnya adalah kandang umbaran satuan. Kandang model ini merupakan kandang yang memiliki banyak fungsi, dapat digunakan untuk kandang ayam kawin, dan juga ideal untuk ayam anakan berusia 1,5 sampai 3 bulan. Pada umumnya untuk ukuran memiliki panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2,5 meter. Pada bagian alasnya silakan gunakan tanah dan pasir yang di campur, hal ini sangat baik untuk membentuk struktur cakar ayam bangkok itu sendiri.

3. Kandang Ayam Tidur


Kandang tidur ini memiliki fungsi untuk ayam tidur di malam hari. Untuk kandang yang satu ini menggunakan alas yang tinggi dari tanah, dengan ukuran 1,5 meter dari atas tanah. Hal ini berfungsi untuk menghindari suhu tanah pada malam hari yang cukup dingin bagi ayam. Untuk struktur bangunannya buatlah senyaman mungkin untuk ayam.

Demikianlah informasi mengenai Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok yang Bagus dan nyaman, semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua tentang kandang ayam yang baik dan benar.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi pencinta ayam yang memperhatikan kandang agar membuat ayam bangkok lebih nyaman dan menjadi petarung yang hebat suatu saat nanti. Sampai jumpa pada artikel bermanfaat berikutnya, semoga sukses selalu...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar