Skip to main content

follow us

Lovebird Biola merupakan salah satu jenis burung cinta yang harganya cukup fantastis mencapai belasan juta hingga puluhan juta rupiah per ekornya. Untuk lovebird biola green jantan harganya sekitar 15 juta dan yang betina sekitar 8 juta, jadi jika anda ingin memiliki sepasang lovebird biola green, setidaknya harus menyiapkan budget sebanyak 23 juta. Wow dengan harga segitu apa saja yang bisa beli?.

Beternak lovebird memang cukup menguras isi dompet, namun anda harus tahu bahwa bisnis atau usaha ini sangat menguntungkan jika dijalankan dengan tekun. Karena sudah kita ketahui tadi bahwa harga lovebird saat ini cukup mahal dan mungkin burung jenis lovebird saja yang harganya terus melonjak dibanding dengan jenis burung lainnya, tak terkecuali juga Lovebird Blorok yang memiliki harga cukup tinggi.

Selain warna bulu-bulunya yang sangat mempesona dan indah, suara ngekeknya pun tidak kalah oleh lovebird lainnya bahkan akan sangat baik, burung cinta biola ini mempunyai kemampuan ngekek yang panjang serta intonasi yang indah jika kita benar dalam merawatnya, dan bukan tidak mungkin juga bisa menandingi Lovebird Kusumo milik mas Sigit. Jadi merawat lovebird agar mempunyai durasi ngekek yang panjang juga harus menjadi perhatian khusus apabila anda akan mengikuti kontes.

Maka dari itu sekarang ini banyak orang yang menginginkan lovebird cantik ini, namun dana yang kurang menjadi salah satu masalah. Disini dengancara.com akan memberikan tips mencetak atau menyilang lovebird agar mendapatkan anakan biola. Namun sebelum itu, kami juga akan membahas mengenai jenis, ciri dan harga lovebird biola, karena setiap jenis memiliki ciri khas dan harga yang berbeda-beda.

Jenis dan Ciri Lovebird Biola


Sebelum kita membahas mengenai cara mencetak lovebird biola dengan mudah, alangkah lebih baik jika kita bahas dulu jenis, ciri dan juga harga dari burung lovebird ini, agar anda bisa memperkirakan kondisi keuangan untuk membeli atau menjadi peternak lovebird.

Lovebird biola atau opaline ini memiliki beberapa jenis dan ciri warna yang harus kalian ketahui, serta harga yang berbeda-beda setiap jenisnya. Berikut dengancara.com berikan informasinya untuk anda, mari kita simak:

1. Jenis & Ciri Lovebird Biola Green


Lovebird biola jenis ini merupakan biola standar yang memiliki warna hijau dan terdapat sedikit motif batik pada bagian sayapnya. Kemudian mempunyai ciri kepala berwarna merah padas serta bagian ekornya berwarna merah. Jenis kepalanya adalah sable yang memang merupakan ciri khas dari lovebird biola, dan kicauan yang dihasilkannya pun sangat enak di dengar.

Harga Lovebird Biola Green


Untuk harganya lovebird biola jenis ini dapat mencapai harga sekitar 7 hingga 12 juta rupiah, biasanya untuk yang jantan 15 juta dan untuk betina 7-8 juta rupiah. Namun harga tersebut bukan harga pasti, karena tergantung dari kualitas warnanya juga, itu hanya angka perkiraan saja.

2. Ciri Lovebird Biola Euwing


Jenis dan ciri berikutnya adalah opaline euwing. Burung ini mempunyai warna yang menarik, kepalanya berwarna merah dan begitu juga dengan paruhnya. Pada bagian dada berwarna kuning serta sayapnya berwarna gradasi kuning dan hitam. Untuk kicauannya sangat keras dan merdu, sehingga sangat baik jika mengikuti perlombaan. Jenis lovebird ini cukup sulit ditemukan di Indonesia sehingga harganya relatif tinggi.

Harga Lovebird Biola Euwing


Pada umumnya harga yang di tawarkan sekitar 15 juta, namun jika semakin bagus motif warnanya serta kicauan yang keras dan merdu, maka harganya bisa lebih dari itu bahkan hingga berkali-kali lipat. Wow mahal sekali ya guys.

3. Ciri Lovebird Biola Lutino


Jika kita lihat sekilas mungkin warna bulunya sama dengan lovebird lutino. Namun jika kita lebih teliti melihat perbedaannya, maka akan tampak ada yang berbeda dari kedua ciri burung ini. Pada bagian ekor, biola lutino ini berwarna merah dan kepala sablenya sedikit lebih ngalung serta warnanya merah pedas atau orange, sehingga sedikit berbeda dengan ciri lutiono biasa. Untuk bagian sayapnya mungkin hampir sama yaitu berwarna kuning dan pada ujung bulunya berwarna putih.

Harga Lovebird Biola Lutino


Untuk masalah harga memang relatif lebih rendah dari biola euwing, yakni sektar 7 hingga 12 juta, namun harga bisa lebih tinggi apabila memiliki keunggulan pada motif warnanya.

4. Ciri Lovebird Biola Parblue


Lovebird biola yang satu ini menurut saya mempunyai motif warna yang sangat unik dan cantik. Pada bagian kepala terdapat warna kuning terang, lalu pada warna sayapnya memiliki warna perpaduan antara kuning dan biru serta kehijauan, akibat perpaduan warna tersebut sehingga menjadikannya sangat istimewa dan betah untuk berlama-lama melihatnya. Lovebird jenis ini pun cukup mudah dikenali.

Harga Lovebird Biola Parblue


Dari segi harga burung ini termasuk salah satu lovebird termahal, karena kisaran harganya dari 15 jt hingga tak terhingga, tergantung keunikan motif warnanya juga, jika semakin bagus dan unik maka harganya pun semakin tinggi.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

5. Ciri Lovebird Biola Fallow


Burung jenis ini juga menjadi salah satu primadona bagi para kicau mania, karena memiliki bulu yang eksotis. Kita bisa lihat ciri dari perpaduan warna yang sangat indah pada bulunya. Bagian kepala terdapat ciri-ciri warna putih, lalu bagian sayapnya warna gradasi dari biru muda dan hijau yang membuatnya sangat mempesona.


Harga Lovebird Biola Fallow


Untuk harganya sendiri jenis lovebird biola ini berada di kisaran 5 juta, jika motif warnanya lebih menarik dan indah maka harganya pun bisa lebih tinggi dari itu.

6. Ciri Lovebird Biola Blue


Lovebird biola blue adalah salah satu  jenis lovebird yang memiliki warna bulu sangat indah da eksotis. Dengan memiliki ciri yaitu kepala sable warna putih, kemudian bagian sayapnya terdapat warna batik khas dari blue series. Selain itu macam-macam warna lainnya juga ada seperti biola mouve, biola vio, biola cobalt dan lainnya yang mempunyai warna mutasi yang menyerupai blue series.

Harga Lovebird Biola Blue


Burung ini sudah pasti masuk daftar dengan jenis lovebird termahal di pasaran, harga jualnya dapat menyentuh harga 25 juta, dan akan lebih tinggi lagi jika memiliki keunggulan lainnya.

7. Jenis & Ciri Lovebird Fischery


Berikutnya ada lovebird fischery yang juga memiliki ciri pola warna yang menarik dan indah. Pada area kepalanya terdapat warna abu-abu dan putih, kemudian pada bagian sayapnya mempunyai warna biru yang pekat. Meskipun kontras namun burung ini tetap terlihat sangat mempesona serta memiliki harga jual yang tinggi.

Harga Lovebird Biola Ficshery


Untuk harganya sendiri memang bisa dikatakan mahal, karena berkisar antara 25 hingga 28 juta. Apakah anda tertarik memiliki burung ini?

8. Jenis & Ciri Lovebird Biola Isabella


Karakteristik dari lovebird isabella juga tidak kalah menariknya dari jenis lovebird lain. Bagian kepala dan lehernya berwarna orange, sementara itu pada bagian sayapnya berwarna hijau pekat serta pinggiran bulunya terdapat sedikit warna hitam.

Kemudian bunyi atau kicauan yang dihasilkan burung ini pun sangat merdu dan enak sekali di dengar. Selain itu juga lovebird yang satu ini dapat menirukan suara hewan lain ataupun manusia.

Harga Lovebird Biola Isabella


Untuk masalah harga sendiri, lovebird biola ini memiliki variasi harga dari 5 juta hingga puluhan juta, tergantung keunggulan apa yang dimiliki oleh burung ini.

9. Jenis & Ciri Lovebird Biola Merah


Berikutnya ada lovebird biola merah yang mempunyai perpaduan warna yang kontras. Namun pada area tertentu menjadikan lovebird ini sangat menarik dan banyak juga orang yang mengincarnya. Pada bagian kepalanya terdapat warna orange kemerahan, lalu di bagian sayap memiliki warna hijau muda serta membentuk gradasi warna yang indah.

Harga Lovebird Biola Merah


Dari segi harga sendiri memang masih dibawah biola parblue, biola euwing, dan biola lutino, jika anda ingin memilikinya bisa ditebus dengan harga sekitar 3 hingga 4 juta rupiah.

Untuk lebih jelas mengenai gambar dari lovebird diatas, silakan cari pada google images, disana banyak sekali gambar berupa jenis-jenis lovebird biola yang bisa anda lihat dengan lengkap.

Cara Mencetak Lovebird Biola Dengan Mudah


Setelah mengetahui beberapa jenis dan ciri khas dari lovebird biola, maka sekarang saatnya kita membahas mengenai cara mencetak lovebird biola dengan mudah. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa lovebird biola memiliki harga yang cukup tinggi, sehingga menjadi kendala bagi sebagian orang untuk memiliki burung cantik ini.

Caranya akan mudah saja jika anda memiliki sepasang indukan lovebird biola, maka dengan begitu anakannya akan keluar biola juga, baik betina ataupun jantan. Namun jika hanya punya satu indukan bagaimana? Ada cara yang bisa dilakukan namun tidak menjamin yaitu dengan teknik "split".

Cara ini bisa dilakukan meskipun kita hanya punya satu indukan lovebird biola. Disarankan untuk memakai yang jantan untuk di silangkan dengan lovebird jenis lain, maka kemungkinan untuk mendapat anakan lovebird biola pun masih terbuka, meski cara ini tidak 100% menjamin, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, barangkali keberuntungan ada di tangan anda.

Anda bisa menyilangkan indukan jantan lovebird biola green dengan lovebird betina jenis lain, kita ambil contoh dengan betina jenis blue fischery. Dari hasil penyilangan tersebut, maka anakan yang dihasilkan biasanya adalah lovebird biola, itulah yang dinamakan split tadi. Harga lovebird split ini juga cukup menggiurkan.

Lalu bagiamana jika saya hanya punya lovebird biola betina? jenis biola betina yang di silangkan dengan lovebird jantan jenis lain pun masih bisa menghasilkan anakan split biola. Cara ini memang mungkin hanya mengeluarkan modal lebih sedikit, namun tingkat keberhasilannya lebih rendah jika dibanding memakai indukan jantan.

Karena indukan jantan sangat kuat pengaruhnya, istilahnya gen dari lovebird jantan lebih dominan untuk diturunkan pada anakannya. Misalkan anda hanya memiliki indukan betina lovebird biola green dan akan disilangkan dengan lovebird blue fischeri jantan maka kemungkinan akan menghasilkan anakan lovebird hijau standard (josan).

Akan tetapi jika anakan lovebird josan yang dihasilkan berjenis kelamin jantan maka masih memiliki sifat split biola, sementara itu jika betina maka sudah terputus gen biolanya (non split). Jika jantan, masih ada kemungkinan menurunkan gennya pada anakan selanjutnya, namun hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan hingga bertahun-tahun.

Cara Mencetak Lovebird Biola Pasti Berhasil


Cara diatas adalah cara yang bisa anda lakukan jika mempunyai modal pas-pasan. Namun apabila anda memiliki modal yang cukup dan memadai maka tidak ada salahnya untuk mencetak lovebird biola yang pasti akan berhasil, yaitu dengan membeli sepasang indukan lovebird biola dengan jenis yang anda inginkan.

Meskipun modal yang dikelaurkan cukup banyak, namun hasil yang di dapat aka menguntungkan sekali. Kita ambil contoh, misal pada fase pertama sepasang indukan lovebird biola mencetak 2 ekor anakan, kemudian tunggu hingga usia 2 hingga 3 bulan, maka jika anda ingin menjualnya, akan terjual dengan harga kisaran 7 juta per ekor, dengan begitu anda sudah memiliki 14 juta dari 2 ekor lovebird anakan.

Kemudian pada fase kedua, lahir lagi 2 ekor anakan lovebird biola, dan anakan tersebut anda jual lagi seperti anakan yang pertama, maka dengan 2 fase saja, anda sudah mendapatkan 28 juta rupiah perkiraan. Dengan jumlah segitu maka, modal yang anda keluarkan ototmatis sudah tertutupi. Nah sekarang anda tinggal memanen hasilnya. Begitu kira-kira perumpaan jika anda membeli sepasang indukan lovebird biola.

Demikianlah informasi mengenai Cara mencetak lovebird biola beserta jenis, ciri dan harganya. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama para kicau mania yang sangat ingin sekali memiliki lovebird biola.

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, semoga sukses...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar