Skip to main content

follow us

Lovebird Blorok merupakan salah satu dari sekian banyak jenis burung lovebird. Perbedaan lovebird blorok dan lovebird lainnya adalah pada warnanya yang sangat unik dan begitu cantik, sehingga banyak sekali orang yang ingin memiliki lovebird jenis ini dengan cara mencentak atau menyilang lovebird agar menghasilkan blorok. Selain warnya yang unik dan indah, kisaran harga lovebird blorok ini pun mencapai jutaan rupiah sehingga cukup menguras isi dompet.

Pada umumnya lovebird blorok mempunyai corak warna blue series dan green series, namun bisa juga warnanya berbeda-beda karena jenis burung lovebird blorok tidak hanya 1 jenis, dan dari hasil kombinasi perkawinan akan menghasilkan warna unik yang berbeda-beda dan juga langka.

Sebelum tahun 2010 lalu, lovebird blorok cukup sulit untuk ditemukan sehingga harganya cukup melambung kala itu, namun akhir-akhir ini semakin marak beredar karena sudah banyak yang berhasil mencetak lovebird blorok cantik ini.

Setelah pada artikel yang lalu dengancara.com telah membahas mengenai Perawatan Lovebird Kusumo, maka di kesempatan kali ini  kami akan membahas tentang bagaiamana cara mencetak lovebird blorok dengan sangat mudah beserta jenis-jenisnya dan ciri-ciri lovebird blorok itu seperti apa.

Ciri & Jenis Lovebird Blorok



Sebetulnya mudah saja mengetahui ciri lovebird blorok ini, karena mempunyai corak atau warna unik yang berbeda dari jenis lovebird lainnya. Namun corak dan warna setiap lovebird pun berbeda karena memiliki banyak jenis seperti green series,blue series, dll, serta terdapat beberapa perbedaan warna seperti berikut ini.

Lovebird Blorok Green Series


Jenis dan ciri-ciri dari lovebird blorok green series atau GS adalah seperti berikut ini:

Memiliki paruh berwarna merah. Memiliki kepala yang berwarna merah keemasan, pada leher masih terdapat warna merah dan kuning atau gradasi merah dan kuning. Pada bagian dada memiliki warna kuning, ekor berawarna kuning dan bagian atasnya berwarna biru atau agak ungu, memiliki sayap gradasi blorok yang sangat mempesona yaitu kuning dan hijau, kemudian kakinya berwarna hitam.

Kicauan yang dihasilkannya pun sangat merdu serta memiliki intonasi yang cukup jelas dan mampu ngekek dengan durasi yang cukup lama, sehingga lovebird blorok yang satu ini di patok dengan harga yang cukup tinggi sekitar 1.2 juta untuk anakan dan 2 juta untuk yang dewasa.

Lovebird Blorok Blue Series


Jenis dan ciri blorok lainnya adalah blue series. Ciri dari lovebird blorok blue series (BS) tak terlalu berbeda jauh dengan ciri blorok green series (GN). Jika bagian dada lovebird blorok sebelumnya berwarna kuning, namun blorok biru ini memiliki warna putih. Warna kepalanya bermacam-macam, jika fischeri lebih dominan berwarna putih, jika jenisnya black checked berjanggut hitam. Untuk bagian paruhnya di dominasi warna orange, atau agak keputihan.

Kemudian pada bagian sayap terdapat warna biru dan totol-totol putih serta sedikit warna hitam, sehingga menambah keindahan lovebird blorok blue series ini. Dari segi suaranya sangat indah dengan di iringi variasi irama yang baik dan durasi ngekek yang cukup panjang, sehingga membuat siapa saja yang mendengarnya akan terpesona. Maka tak heran dari segi harga, lovrbird biru ini sedikit lebih unggul dari lovebird hijau. Beredar kabar bahwa harganya kisaran 3 juta hingga 4 juta.

Lovebird Blorok Hitam


Jenis lovebird blorok hitam juga menjadi salah satu lovebird termahal, harga lovebird anakan saja bisa mencapai 2 juta per ekor. Namun dengan harga segitu anda telah mendapatkan lovebird blorok yang indah dan cantik. Ciri dari lovebird blorok hitam ini memiliki perpaduan warna hitam, putih, dan abu-abu. Kemudian di area kepala di dominasi warna hitam dan mempunyai paruh warna orange agak kemerahan. Lalu lehernya memiliki warna gradasi kecoklatan dan dengan dada berwarna putih.

Kemudian pada bagian sayapnya berwarn hitam dengan sedikit semburan warna putih, sementara itu pada kaki berwarna abu-abu sebagai ciri lovebird hitam. Untuk masalah suara juga tidak kalah oleh lovebird green series dan blue series, bunyi yang dihasilkan cukup keras dan panjang, bahkan banyak yang berpendapat bahwa suara yang ditimbulkan oleh lovebird hitam ini lebih indah di banding lovebird lainnya, sehingga harganya cukup melambung.


Lovebird Blorok Violet


Jenis dan ciri lovebird blorok yang selanjutnya adalah lovebird blorok violet. Untuk saya pribadi sangat suka sekali dengan blorok yang satu ini karena memiliki gradasi warna yang begitu cantik. Di area kepala lovebird ini mempunyai ciri dengan warna abu-abu yang cukup jelas dan di leher serta dadanya berwarna putih.

Bagian yang paling indah dari lovebird blorok violet yaitu terletak pada bagian sayapnya yang memiliki warna gradasi biru keunguan, oleh sebab itu burung ini memiliki nama violet, dan di kategorikan sebagai salah satu jenis lovebird termahal. Harga anakannya kisaran 1,7 hingga 2 juta per ekor, lalu untuk dewasa bisa menyentuh angka 4 juta, tergangtung dari motif warna dan keindahannya.

Lovebird Blorok Hijau


Meskipun sama-sama memiliki warna hijau dengan lovebird blorok green series, namun terdapat beberapa perbedaan pada bulunya, jika jenis green series terdapat totol-totol indah pada sayapnya, namun ciri lovebird blorok hijau ini hanya memiliki gradasi warna kuning dan hijau pada sayapnya. Mungkin memang tak secantik blorok green series, namun jenis yang satu ini cukup banyak juga peminatnya.

Dari segi suara terdengar menarik dan sangat merdu serta ngekeknya juga panjang, meskipun tidak terlalu tegas bunyinya, namun burung ini memiliki karakter atau ciri tersendiri seperti mengroll dan sedikit menembak. Untuk masalah harga, biasanya lebih rendah dari lovebird green series dan blue series, jadi sangat mungkin jika anda ingin membelinya dengan budget yang tidak terlalu tinggi.

Lovebird Blorok Biru


Jika tadi lovebird blorok hijau, jenis lovebird yang satu ini adalah warna birunya. Memang gradasi warna bulunya tidak seindah lovebird blue series (BS) namun burung ini juga menjadi salah satu lovebird yang bisa di bilang mahal, walaupun masih di bawah blorok jenis blue series (BS). Pada bagian kepala pun di dominasi dengan warna putih, dan gradasi warna bulunya hanya biru dan putih.

Kualitas suara nampaknya tidak terlalu berbeda jauh dengan lovebird lainnya, burung ini juga mempunyai suara serta irama yang sangat enak di dengar oleh telinga. Burung ini bisa menjadi salah satu alternatif pengganti jika budget anda tidak mencukupi untuk membeli lovebird blorok blue series.

Itu merupakan beberapa jenis dan ciri dari lovebird blorok. Lalu bagiamana cara agar bisa mencetak lovebird blorok dengan mudah? Berikut dengancara.com berikan informasinya yang bisa kalian coba untuk mendapatkan lovebird blorok yang indah dan mempesona, namun disini faktor keburuntungan juga menentukan ya guys, silakan simak tipsnya.

Mencetak Lovebird Blorok



Untuk mendapatkan keturunan lovebird blorok ada yang berkata mudah dan ada pula yang berkata sulit, bahkan kita harus menunggu hingga bertahun-tahun untuk mendapatkan lovebird blorok, jadi anakan lovebird terus di silangkan hingga mendapatkan yang blorok, oleh karena itu harganya cukup mahal.

Jika anda sedang beruntung, maka sekali menjodohkan lovebird tak menutup kemungkinan bisa langsung mendapatkan anakan blorok. Namun jika tidak, kita harus terus menyilangkan anakan tersebut hingga mendapatkan lovebird blorok, nah hal itu lah yang membuatnya menjadi sangat lama hingga bertahun-tahun.

Cara Mencetak Lovebird Blorok Dengan Mudah


Untuk mencetak anakan lovebird blorok, anda bisa mencoba cara berikut ini untuk mendapatkannya mudah, akan tetapi anda harus menyiapkan budget untuk membeli sepasang indukan lovebird blorok, atau memakai salah satunya untuk di silangkan dengan jenis burung cinta lainnya. Dapat memakai yang jantan atau betina, namun hasil yang diperoleh akan cukup lama hingga bertahun-tahun jika anda kurang beruntung.

Tetapi banyak yang menyarankan untuk memakai lovebird blorok jantan, agar kemungkinan berhasilnya lebih besar, karena gen blorok dari jantan lebih kuat pengaruhnya. Jika memang anda tidak ingin menunggu lama dan ingin tingkat keberhasilannya lebih tinggi lagi, maka caranya dengan itu tadi yaitu membeli sepasang indukan lovebird blorok, dengan begitu tingkat keberhasilannya akan tinggi, walaupun tidak menjamin anaknya akan blorok juga, kadang bisa juga anakannya berwarna lain, tapi tingkat keberhasilannya mencapai lebih dari 90%.


Tips lainnya yaitu pilihlah indukan yang memiliki postur tubuh yang besar dan motif bloroknya bagus. usahakan untuk mengindari menyilangkan lovebird yang berbeda motif, karena kemungkinan anakannya akan menjadi hybrid. Lalu usahakan juga untuk menyilang paruh putih dengan paruh putih juga dan paruh merah dengan paruh merah juga, supaya mendapatkan anakan yang semakin kuat gennya.

Jadi pada intinya jika ingin mendapatkan anakan lovebird blorok green series dan blue series cara yang pertama adalah dengan menyilangkan indukan lovebird blorok jantan dengan lovebird jenis lainnya atau menyilang lovebird lutino dengan lovebird dakori, sehingga akan menghasilkan lovebird blorok green series (GN).

Kemudian cara yang kedua yang memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dan hampir pasti menghasilkan anakan lovbird blorok adalah dengan mempunyai sepasang indukan lovebird blorok, namun anda harus menyiapkan budget 3 hingga 6 juta untuk memiliki sepasang lovebird blorok ini.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mencetak lovebird blorok beserta jenis, ciri dan harganya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Kesalahan dan kekurangan mohon dimaafkan.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini, agar lebih banyak lagi orang yang mengenal lebih jauh lovebird blorok. Oke sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya, semoga sukses dan sehat selalu.

Salam Kicau Mania!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar