Cara Mencetak Lovebird Parblue Dengan Modal Yang Minim

Lovebird Parblue merupakan jenis burung cinta yang mempunyai beragam motif warna unik dan indah seperti Lovebird Biola, lovebird pasvio dan lainnya. Burung ini pertama kali muncul karena hasil sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Felix de Valle, yaitu peternak lovebird asal Amerika sekitar tahun 2001. Kemudian semakin dikembangkan oleh penangkar lain, dan akhirnya lambat laun meluas sampai ke benua Eropa serta menjadi primadona bagi orang-orang sana.

Namun akhir-akhir ini lovebird parblue mulai jarang ditemukan karena jumlahnya yang sedikit saat ini di Indonesia. Jumlahnya yang tidak terlalu banyak ini karena sedikitnya penangkar lovebird parblue di Indonesia, selain itu karena import dari luar negeri yang cukup terbatas. Akibatnya lovebird yang satu ini menjadi langka dan harganya menjadi begitu tinggi.

Parblue merupakan singkatan dari partial dan blue, karena lovebird ini termasuk jenis yellow face dan memiliki warna biru keputihan atau biru kekuningan pada bulunya. Dengan perpaduan warnanya menjadikan lovebird ini sangat indah dan mempesona sehingga banyak kicau mania yang ingin mendapatkannya serta berani mengeluarkan budget yang besar untuk lovebird parblue ini.

Untuk soal kualitas tidak perlu diragukan lagi karena lovebird parblue ini merupakan salah satu lovebird juara dari segi warna dan kicauannya pun sangat indah dan enak di dengar oleh telinga. Lovebird parblue ini mempunyai beberapa macam jenis dan ciri yang berbeda-beda. Seperti Ficheri Parblue dan Personata Parblue, berikut penjelasan selengkapnya.

Jenis dan Ciri Lovebird Parblue


Lovebird parblue ini memiliki beberapa jenis yang bisa kita bedakan melalui ciri warna atau coraknya. Langsung saja kita simak jenis dan ciri-cirinya.

1. Lovebird Fischeri Parblue


Jenis yang pertama adalah lovebird fischeri parblue yang biasanya memiliki ciri warna kuning terang pada bagian kepalanya. Untuk bagian lainnya termasuk sayap, memiliki ciri khas tersendiri setiap jenis fischeri parblue, seperti berikut ini.

Parblue Standar Hijau


Lovebird jenis yang satu ini mempunyai ciri warna bulu badannya yang hijau eksotis. Burung ini pertama kali dicetak oleh peternak lovebird asal Florida, Amerika Serikat pada tahun 2001. Untuk harganya sendiri sekitar 4 juta rupiah per ekornya, dan harganya lebih tinggi jika sudah dewasa serta memiliki warna dan kemampuan yang diatas rata-rata.

Parblue Standar Pastel


Jenis burung ini tidak terlalu signifikan perbedaannya dengan parblue standar hijau. Yang membedakan hanya warna pada bulu dadanya yaitu berwarna kuning kebiruan. Untuk bentuk tubuh, suara kicauannya tidak terlalu jauh berbeda. Sementara itu soal harganya sendiri berada dikisaran 5 hingga 6 juta tergantung performa dan bentuk tubuhnya.

Parblue Sable Head


Lovebird parblue berikutnya adalah sable head. Burung ini merupakan lovebird parblue yang harganya cukup mahal, karena mempunyai ciri khas pada coraknya yang sangat indah dan eksotis. Untuk harganya sendiri lobvebird parblue sable head ini dipatok sekitar 8 hingga 12 juta rupiah per ekornya.

Parblue Blorok


Jenis lovebird parblue lainnya adalah parblue blorok. Burung ini memiliki warna yang memudar namun sangat indah dan eksotis sekali. Dengan tampilannya yang begitu menarik maka lovebird parblue blorok ini memiliki harga mencapai 5 hingga 8 juta per ekornya. Namun itu semua tergantung dari performa dan keindahan warnanya.

Baca juga: Cara Mencetak Lovebird Blorok Dengan Mudah

2. lovebird Personata Parblue


Jenis lovebird yang satu ini memiliki kemiripan fisik dengan lovebird kepala hitam, yaitu sama-sama terdapat warna hitam pada bagian wajahnya. Namun saat ini jenis lovebird personata parblue cukup langka di Indonesia, karena sedikitnya penangkar lovebird jenis ini, sehingga membuat harganya melonjak hingga mencapai 15 juta lebih, tergatung dari keunikan warna dan performa kicauannya.

Cara Mencetak Lovebird Parblue


Jika sudah mengetahui berbagai macam jenis dan ciri-ciri lovebird parblue, sekarang pembahasan selanjutnya adalah mengenai cara mencentak atau menghasilkan lovebird parblue.

Jika modal tidak mencukupi untuk membeli sepasang indukan lovebird parblue, maka cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan anakan lovebird adalah dengan melakukan teknik split. Jadi caranya yaitu dengan menyilangkan salah satu indukan lovebird, disarankan indukan jantan, yang kemudian dikawinkan dengan jenis lovebird lainnya.

Misalkan lovebird parblue jantan disilangkan dengan lovebird dakori, dengan begitu ada kemungkinan anakan yang dihasilkan adalah lovebird parblue hijau atau warna lainnya, namun cara ini tidak pasti 100%. Oleh karena itu kita harus bereksperimen sendiri untuk mengetahuinya.

Jika memang anda memiliki modal yang mencukupi maka lebih baik beli saja indukan lovebird parblue, maka bisa dipastikan anakan yang dihasilkan adalah parblue juga.

Mungkin sekian informasi mengenai cara mencetak lovebird parblue beserta jenis dan cirinya yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama para kicau mania yang ingin mendapatkan lovebird parblue. Silakan lakukan eksperimen agar mengetahui hasilnya. Karena lovebird parblue sendiri ditemukan karena hasil eksperimen.

Jika bermanfaat silakan bagikan artikel ini, sampai jumpa pada artikel selanjutnya, semoga sukses dan salam kicau mania...

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments