Skip to main content

follow us


Lovebird Kusumo ini bukan burung yang di miliki oleh para normal bernaman "ki kusumo" dan tidak ada hubungannya sama sekali, melainkan salah satu jenis burung lovebird berasal dari jawa tengah yang di miliki oleh seseorang warga Klaten bernama Sigit dengan nickname facebook Sigitwmp Klaten, beliau saat ini sedang jadi perbincangan hangat di kalangan pecinta dan Peternak Lovebird atau biasa disebut dengan kicau mania.

Burung lovebird milikinya tersebut sudah sering meraih gelar juara dalam ajang bergengsi lomba kicau, sehingga tak heran harga burung tersebut melambung tinggi. Bahkan ada yang berani membeli lovebird kusumo tersebut dengan harga yang fantastis sekitar 2,2 M, namun sang pemiliki belum mau melepaskan burung kesayangannya tersebut.

Sigit WMP sekarang cukup terkenal di kalangan kicau mania bahkan pengikutnya di facebook mencapai puluhan ribu orang, sehingga banyak orang yang meminta tips dalam merawat burung lovebird kepadanya. Karena kemampuan burung lovebird kusumo dalam berkicau sudah tak perlu diragukan, ratusan kali gelar juara sudah di raihnya, sehingga membuat namanya semakin melambung di kalangan pencinta burung.

Asal Usul Lovebird Kusumo


Menurut pria asal Klaten ini, jika burung lovebird yang ia miliki sekarang dulunya hanyalah lovebird biasa yang di belinya di salah satu pasar burung Klaten. Saat ia pertama membelinya bahkan burung tersebut cukup liar, sering berputar-putar di dalam sangkar, atau biasa disebut dengan "ngeruji sangkar".

Namun berkat ketekunan, keuletan dan kesabarannya dalam merawat burung lovebird yang ia miliki, hingga akhirnya sekarang menjadi salah satu lovebird terbaik. Semakin hari beliau semakin cinta terhadap lovebird tersebut dan tidak ada niatan untuk menjualnya meskpiun sudah sering di tawar dengan harga yang sangat mahal, namun sang pemilik masih belum mau melepaskan lovebird kesayangannya itu.

Karakteristik Lovebird Kusumo


Setelah kita mengetahui dari mana asal usul lovebird kusumo, sekarang saatnya kita ketahui bagaimana karakteristik dan cara perawatan lovebird kusumo yang bisa ngekek dengan waktu sangat panjang dan menjadi lovebird jawara seperti milik mas Sigit. Berikut informasi lengkapnya.

Lovebird kusumo milik mas sigit mampu ngekek dengan durasi yang sangat panjang, yaitu sekitar 3 menit. Dan ketika ngekek, lovebird ini hanya rehat sebentar saja seakan mengambil nafas untuk kemudian langsung melanjutkan ngekek panjangnya.

Karena hal ini lovebird kusumo mendapat banjir pujian dari para kicau mania, dan orang pun berbondong-bondong untuk menanyakan, bagaimana agar lovebird bisa berkicau sebagus itu dan dengan durasi yang sangat panjang.

Burung lovebird ketika pertama kali dibeli mempunyai karakter yang liar seperti jenis burung lainnya. Lovebird tersebut sering berputar-putar di dalam sangkar seperti ngeruji. Oleh sebab itu untuk membuat burung lovebird menjadi tenang, butuh kesabaran dan waktu agar burung bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Ketika sedang sepi, lovebird kusumo dapat berkicau atau ngekek panjang, akan tetapi ketika kita dekati, ia malah ngelabrak seperti burung yang over birahi. Begitu juga ketika di perlombaan, kadang sebelum mulai burung sering ngeruji. Jika seperti itu maka burung belum siap atau istilahnya belum mampu tampil dengan maksimal dalam perlombaan.

Oleh sebab itu mas Sigit mengatasi semuanya dengan memberikan perawatan khusus agar lovebird miliknya menjadi lebih baik lagi dan menjadi lovebird kusumo juara. Berikut dengancara.com berikan informasinya:

Perawatan Lovebird Kusumo


Meskipun tidak terlalu berbeda perawatannya dengan jenis lovebird lainnya, namun ada beberapa tips yang harus kita lakukan dalam melakukan perawatan kepada lovebird kusumo agar menjadi burung juara seperti yang di miliki oleh mas Sigit.

Ngekek panjang akan lebih bagus lagi jika di iringi dengan mahir dalam variasi lagu, karena hal tersebut juga jadi penilaian dalam lomba burung kicau. Jika mempunyai ngekek yang panjang, namun suaranya monoton tidak ada variasnya, maka itu pun akan jadi penilaian yang kurang bagus.

Oleh sebab itu kita harus lakukan perawatan pada lovebird kusumo agar mampu menghasilkan suara yang bervariasi dan ngekeknya pun panjang. Karena walaupun memiliki anakan dari trah juara, tidak akan menjamin bahwa anakan itu juga memiliki kualitas yang sama dengan induknya jika tanpa latihan rutin dan perawatan yang benar. Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam perawatan lovebird kusumo.

Pemberian Pakan Lovebird


Sebetulnya dalam hal makanan cukup sederhana yaitu jagung muda dan milet. Namun itu adalah pakan standar yang semua pemilik burung lovebird melakukannya. Anda bisa menambahkan sayuran dan buah-buahan, karena makanan tersebut sangat baik bagi perkembangan lovebird, dengan kandugan vitamin dan mineral pada buah dan sayuran dapat mencukupi asupan nutrisi burung lovebird kusumo.

Selain itu berikan juga pakan yang berkualitas lainnya seperti produk dari Ebod Lovebird. Makanan burung tersebut sangat baik bagi lovebird, karena terbuat dari biji-bijian segar. Lalu serbuk buah di dalamnya juga baik untuk menghangatkan suhu tubuh lovebird. Kemudian campuran kembang lawang di dalamnya dapat menyegarkan tenggorokan dan merangsang agar burung lovebird selalu berikacau.

Pengembunan Lovebird


Pengembunan juga merupakan salah satu perawatan lovebird yang harus diperhatikan. Pada umumnya mengeluarkan burung dilakukan sekitar pagi hari pada pukul 05.00 hingga 05.30 atau bisa juga setelah waktu shubuh.

Kemudian saat matahari mulai muncul, semprotkan dengan air sedikit saja. Setelah itu letakkan di teras, meletakkannya di teras tidak perlu di gantung, simpan saja di lantai, namun pastikan aman dari gangguan hewan lain seperti kucing, dll.

Pemandian Lovebird


Pada umumnya para penghobi lovebird memandikannya dengan cara di semprot dengan air, namun tidak dengan mas Sigit sang pemiliki lovebird kusumo. Beliau memandikan lovebird di dalam keramba dan tak jarang juga memandikannya saat malam hari, serta dengan air hujan. Karena menurutnya dengan cara pemandian tersebut, membuat lovebird memiliki mental yang kuat dan memungkinkan untuk burung bersuara lebih lantang dan panjang.

Menggantungkan Sangkar Dalam Rumah


Dulu lovebird kusumo ini memiliki sedikit masalah, yaitu kurang bagus jika ikut event yang dilakukan pada malam hari atau di dalam ruangan (Indoor).

Untuk membiasakan lovebird dalam kondisi seperti itu, biasanya mas Sigit membiasakan lovebird kusumo untuk lebih aktif dan beradaptasi di dalam ruangan, dan hanya diberi pencahyaan dari lampu rumah saja.

Vitamin Lovebird


Selain makanan sehari-hari, hal yang bisa dilakukan untuk membuat lovebird lebih berkembang adalah dengan memberikannya vitamin. Dengan memberi vitamin, maka dapat meningkatkan hormon dan merangsang lovebird agar berbunyi. Banyak vitamin yang bisa anda berikan, salah satunya yang di rekomendasikan adalah Pro Vita.

Di dalam kandungan multivitamin tersebut terdapat banyak sekali nutrisi dan gizi yang baik bagi lovebird dan dapat mengatasi stress yang di alaminya. Selain itu, khasiat lainnya adalah dapat meningkatkan nafsu makan, dan menjaga keseimbangan tubuh.

Selain tips perawatan lovebird kusumo diatas. Ada beberapa tips tambahan yang bisa dilakukan terhadap lovebird kusumo, seperti berikut ini.

Tips Mengatasi Lovebird Over Birahi


OB atau over birahi adalah keadaan dimana meningkatnya libido untuk berkembang biak, jika lovebird over birahi saat akan mengikuti kontes, maka itu merupakan sebuah masalah bahkan burung bisa mengalami macet pada suara atau lebih parahnya tidak mau berbunyi, namun jika hendak dikawinkan mungkin tidak ada masalah, bahkan malah bagus dan membantu prosesnya. Untuk mengatasi itu, anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Letakkan lovebird agak jauh dengan lovebird lainnya.
  • Mandikan lovebird pada pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari sekitar pukul 15.00.
  • Tingkatkan durasi pemandian, jika biasanya 15 menit, tingkatkan menjadi 30 menit.
  • Mandi malam pun juga baik untuk mengatur birahi lovebird, mandikan pukul 22.00 hingga 24.00.
  • Saat lovebird mengalami over birahi sebaiknya stop dulu memberikan jagung muda, kangkung, dan kuaci. Karena kandungan pada makanan tersebut dapat meningkatkan birahi burung. Dalam masa ini cukup berikan milet putih untuk makanan harian. Lalu untuk menjaga kebugaran, berikan multivitamin dengan takaran 3 tetes dalam 1 cepuk air minum, dan ganti setiap hari. Jauhkan juga dari sinar matahari langsung.
  • Letakkan lovebird di tempat yang sejuk.
  • Setiap pagi hari, buka kerodong untuk diembunkan.

Hal ini dilakukan jika lovebird anda akan mengikuti kontes, jika perkawinan terjadi, maka hari berikutnya pisahkan burung tersebut agar tidak bertelur. Cara ini dinamakan kawin cabut, untuk menghilangkan birahi lovebird.

Tips Persiapan Lovebird Untuk Kontes


Untuk mengikuti kontes burung, baiknya ketika usianya sudah 7 bulan, meskipun usia 3,5 bulan sudah bisa ikut kontes. Namun pada usia tersebut burung masih ganti bulu, jika anda memaksakan untuk mengikuti kontes saat usianya masih 3,5 bulan, maka jangan terlalu sering, cukup 1 kali gantang dalam 1 minggu. Kenapa? Karena jika terlalu sering digantang, efek pada burung sendiri tidak bagus seperti sering ngeruji, tidak mau ngekek di tangkringan, bahkan hingga burung mabuk.

Jadi jika anda nekat untuk mengikuti kontes pada saat lovebird masih berusia dibawah 7 bulan, maka tanggung sendiri risiko yang akan terjadi. Namun ada beberapa tips dari om sigit yang bisa anda lakukan pada lovebird, seperti berikut ini:

  • Lakukan terapi mandi hujan.
  • Jodohkan lovebird segera.
  • Mandi setiap pagi hari sampai basah kuyup, lakukan secara rutin.
  • Jangan terlalu lama menjemur lovebird, cukup 15 menit saja.
  • Elus dengan tangan ketika lovebird di mandikan.
  • Jangan di kerondong dan di master dulu pada siang hari.
  • Letakkan lovebird di sangkar baterai atau tetap di sangkar bulat namun dibiarkan sendiri dan beri pakan milet putih saja.

Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Bunyi


  • Pada 1 hari sebelum lomba, burung tidak perlu di jemur. Cukuo di embunkan atau di angin-anginkan.
  • Semprot lembut agak basah, dan jauhkan dari lovebird lainnya.
  • Pada siang hari tak perlu di kerondong
  • Kemudian saat hari H, ketika masih dirumah embunkan, semprot lembut, lalu di kerodong.
  • Sebelum berangkat tempatkan di tempat yang sejuk.
  • Jika berangkat pada pagi hari, bersihkan sangkar, lalu cek air dan pakan, kemudian kerodong, lalu pergi berangkat.
  • Ketika sampai di lokasi lomba, tunggu lovebird ngekek dulu baru buka kerodong.
  • Kemudian gantang lovebird hingga berbunyi beberapa kali.
  • Apabila lovebird hanya ngetik atau mompa, semprot lembut dadanya beberapa kali, kemudian kerodong.
  • 20 menit sebelum gantang atau 2 sesi sebelumnya, ambil pakan dan airnya, lalu bersihkan sangkarnya.
  • Pada saat di paddock usahakan agar lovebird tidak ngekek terus menerus, agar staminanya terjaga ketika lomba.

Cara Mengatasi Lovebird Yang Sering Ngeruji


  • Mandikan secara rutin sampai basah kuyup.
  • Cukup di angin-anginkan selama 1 atau 2 minggu. Tidak perlu di jemur.
  • Selama 1 atau 2 minggu pakannya cukup milet putih, selanjutnya berikan jagung seminggu sekali.
  • Pada siang hari lovebird tidak perlu di kerodong dan gantang agak rendah. Usahakan lovebird tidak dapat melihat lovebird lain, namun jika hanya suara tidak masalah.
  • Pada sore hari semprot agak basah dada lovebird, lalu di anginkan selama 5 menit. Kemudian tidak perlu di master, langsung saja di kerodong.

Demikianlah informasi mengenai  Perawatan Lengkap Lovebird Kusumo Agar Menjadi Juara. Dengan melakukan perawatan yang benar dan teratur serta beberapa tips dari mas Sigit, mudah-mudahan lovebird yang anda miliki bisa menjadi juara. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi para pecinta lovebird yang sering mengikuti kontes atau lomba-lomba burung. Mohon maaf jika ada salah kata atau informasi yang kurang jelas.

Bagikan juga artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang mengetahui merawat lovebird kusumo yang benar. Sampai jumpa pada artikel bermanfaat berikutnya, semoga sukses...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar