Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina 99% Akurat

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina - Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sangat di gemari saat ini, terutama di negara kita Indonesia. Namun sudah kita ketahui bersama bahwa lovebird jantan dan betina bisa dikatakan jenis hewan monomorfik seksual, yang memang kita harus teliti dalam membedakan mana lovebird jantan dan betina. Karena jenis lovebird ini dibedakan hanya dari kelaminnya saja, untuk bagian corak atau lainnya hampir mirip-mirip.

Pada kesempatan kali ini dengancara.com tertarik untuk membahas mengenai cara membedakan lovebird jantan dan betina. Karena cukup banyak orang yang kebingungan juga membedakannya, terutama bagi peternak baru yang ingin menjodohkan lovebirdnya.

Oleh karena itu kita harus kenali betul ciri-ciri lovebird jantan dan betina. Jangan sampai anda terkecoh saat membelinya, jangan sampai anda ingin membeli sepasang indukan lovebird namun setelah di beli dan di cek ternyata lovebird tersebut sesama jantan.

Sebetulnya tidak semua jenis lovebird sulit di bedakan jenis kelaminnya, seperti lovebird jenis non klep atau bukan lovebird kaca mata. Namun untuk lovebird klep memang terbilang cukup sulit untuk dibedakan, sehingga memerlukan beberapa cara untuk membedakan jantan dan betina.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina


Bagi kalian yang masih kesulitan untuk membedakan antara lovebird jantan dan betina, berikut kami berikan informasi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membedakan lovebird jantan dan betina dengan mudah dan akurat:

Ciri Lovebird Jantan


  • Pada bagian body, terlihat lebih ramping dan memanjang.
  • Pada bagian ujung ekornya terlihat seperti huruf V, jadi artinya lovebird jantan memiliki ujung ekor yang lebih runcing atau lancip dari betina.
  • Ketika bertengger, jarak antara kedua kakiknya lebih rapat.
  • Lebih tegap ketika bertengger, dan bulu di sekitar perut tidak menempel atau menyentuh tangkringan.
  • Pada bagian kedua ujung sayapnya mirip seperti gunting atau ujung sayapnya saling menempel satu sama lain.
  • Ukuran atau jarak tulang pubis (supit urang) pada pinggul lebih sempit, sehingga saat di raba, jari tidak masuk.

Baca juga: Cara Merawat Lovebird Paud Yang Baik

Ciri Lovebird Betina


Untuk jenis lovebird betina cirinya adalah kebalikan dari jantan tersebut seperti berikut ini:

  • Body pada lovebird betina cenderung terlihat lebih besar dan bulat.
  • Kemudian bentuk ujung ekornya lebih pendak dan tumpul.
  • Ketika bertengger jarak antara kedua kakinya lebih lebar.
  • Lalu bulu pada bagian perut atau kloaka terkadang menyentuh tangkringan dan ketika bertengger terlihat lebih rendah.
  • Bagian ujung sayap pada lovebird betina terlihat lebih renggang dan tidak menempel antara ujung sayap kanan dan kiri.
  • Lalu ukuran tulang pubis (supit urang) lebih renggang dan lunak, sehingga jari kita bisa masuk saat merabanya.

Itu adalah beberapa cara yang paling umum untuk membedakan lovebird jantan dan betina, sebetulnya dengan cara diatas kita sudah bisa membedakan antara jantan dan betina, namum jika anda masih belum puas dan belum yakin, berikut kami berikan informasi tambahan agar anda lebih yakin.

Cara Lain Memebedakan Lovebird Jantan dan Betina


  • Bentuk Kepala Lovebird


Perbedaan berikutnya bisa kita lihat dari bentuk kepalanya. Jika lovebird jantan pada umumnya memiliki bentuk kepala yang datar atau rata seperti kotak, sedangankan untuk lovebird betina cendurung bentuk kepalanya lebih terlihat bulat pada bagian atasnya. Namun memang perbedaannya tidak terlalu mencolok, sehingga membutuhkan keahlian yang tinggi untuk melihat perbedaannya.

  • Bentuk Paruh Lovebird


Cara membedakan lovebird jantan dan betina berikutnya bisa kita lihat dari bentuk paruhnya. Untuk lovebird jantan biasanya bentuk paruhnya lebih kecil, namun runcing atau mancung. Sedangkan paruh lovebird betina umumnya lebih tumpul dan lebar.

  • Lubang Hidung Lovebird


Cara berikutnya untuk mengetahui lovebird jantan atau betina adalah membedakan bentuk lubang hidung lovebird. Apabila lubang hidung lovebird mempunyai bentuk lonjong atau oval, maka itu adalah lovebird jantan. Sementara itu, jika lubang hidung lovebird memiliki bentuk yang bulat dan lebar, bisa dipastikan bahwa itu adalah lovebird betina.

  • Saat Kawin


Ciri yang selanjutnya ini pasti sudah bisa kita tebak mana lovebird jantan dan mana lovebird betina. Pada umumnya lovebird jantan selalu ingin menaiki punggung lovebird betina saat kawin. Sementara itu lovebird betina hanya mungepakkan sayapnya dan menunjukan badannya.

  • Saat Membangun Sarang


Cara membedakan jenis lovebird jantan dan betina adalah saat membangun sarang. Terdapat perbedaan prilaku antara lovebird jantan dan juga betina ketika membangun sarang. Lovebird betina biasanya lebih rajin untuk mengambil serabut kayu atau jerami untuk dijadikan sarang. Sedangkan LB jantan hanya memberikan serabut kayu atau jerami kepada sang betina.

Itulah beberapa informasi mengenai cara membedakan jenis lovebird jantan dan betina yang cukup akurat tanpa harus melalui tes DNA. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kalian para peternak lovebird yang baru menekuni dunia ini, sehingga cukup sulit membedakan antara lovebird jantan dan betina.

Karena memang lovebird adalah jenis hewan monomorfik yang cukup sulit di bedakan antara jantan dan betinanya. Jika bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ya dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments