Skip to main content

follow us

Keringat buntet atau biasa disebut juga dengan biang keringat adalah ruam berukuran kecil yang berwarna merah dan disertai gatal, sehingga terasa perih pada bagian kulit. Pada umumnya keringat buntet ini terjadi pada bayi, namun tak hanya bayi, orang dewasa pun bisa merasakannya karena beberapa faktor.

Munculnya ruam akibat biang keringat pada bayi dan orang dewasa biasa berbeda. Jika pada bayi biang keringat biasanya terdapat pada wajah, leher, dada, ketiak, lipatan siku, paha, dan selangkangan. Sedangkan ruam pada orang dewasa biasanya muncul di area lipatan kulit yang bergesakan dengan pakaian.

Beberapa waktu lalu dengancara.com telah membahas mengenai Cara Menghilangkan Jerawat dan Cara Menghilangkan Komedo. Namun pada kesempatan kali ini kami akan bahas bagaimana cara menghilangkan keringet buntet atau biang keringat secara alami dan efektif. Namun sebelum itu, kita ketahui dulu apa saja penyebab biang keringat dan jenis-jenisnya.

Penyebab Keringat Buntet


Biang keringat pada umumnya diakibatkan oleh kelenjar keringat tubuh yang terhambat karena keringat terjebak di kulit dan tidak dapat menguap. Itulah penyebabnya mengapa muncul ruam pada kulit. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kelenjar keringat pada tubuh terhambat, seperti berikut ini:

Pengaruh Suhu


Suhu atau cuaca lingkungan mempengaruhi terbentuknya keringat buntet. Negara Indonesia ini sangat rentan menyebabkan biang keringat, dan bisa kita lihat dari banyaknya warga Indonesia yang mengalami keringat buntet. Hal itu karena Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Memiliki suhu cukup panas dan lembab.

Kepanasan


Cuaca memang berpengaruh dalam perkembangan keringat buntet ini, oleh karena itu jika ditambah dengan menggunakan pakian yang tebal atau selimut tebal yang berlebihan, dapat jang mempengaruhi biang keringat tersebut.

Berbaring Terlalu Lama


Hal biasanya terjadi pada orang yang sedang sakit dan berbaring di tempat tidur dalam jangka waktu yang lama. Sehingga hal itu juga memiliki risiko terkena keringat buntet.

Aktivitas Berat


Melakukan pekerjaan atau olahraga berat juga mempengaruhi munculnya biang keringat pada tubuh. Karena dengan begitu, akan mengeluarkan banyak keringat sehingga terjadilah keringat buntet tersebut.

Belum Berkembangnya Kelenjar Keringat


Untuk hal yang satu ini biasanya di alami oleh bayi, terlebih pada bayi yang dihangatkan di inkubator, atau mengenakan pakaian yang tebal sehingga membuat bayi kepanasan. Disisi lain, kelenjar keringat pada bayi memang belum berkembang sepenuhnya, sehingga membuat keringar tertahan di balik kulit dan menimbulkan biang keringat tersebut.


Jenis Biang Keringat


Setelah mengetahui beberapa penyebab yang meninbulkan keringat buntet, sekarang kita harus ketahui juga bahwa biang keringat memiliki beberapa jenis menurut tingkat keparahan yang terjadi. Berikut informasinya:

Miliaria kristalina


Jenis yang pertama ini cukup umum terjadi dan merupakan jenis paling ringan yang hanya mempengaruhi keringat dari lapisan kulit teratas. Miliaria kristalina ini cenderung lebih sering di alami oleh bayi dibanding dengan orang dewasa. Ciri-ciri dari kondisi ini ditandai dengan munculnya bintil-bintil yang berisi cairan bening serta mudah pecah. Biasanya biang keringa jenis ini tidak gatal dan tidak sakit.


Miliaria rubra


Jenis keringat buntet berikutnya yaitu miliaria rubra yang kemunculannya di lapisan kulit lebih dalam dan umumnya terjadi karena udara yang panas dan lembab. Ciri-ciri kondisi ini yaitu dengan munculnya bintil merah dan disertai rasa gatal. Kulit juga biasanya mengalami peradangan sehingga akan terasa sakit. Hal itu terjadi karena keringat tidak bisa keluar dari permukaan kulit.

Miliaria pustulosa


Untuk jenis biang keringat yang satu ini adalah kelanjutan atau perkembangan dari miliaria sebelumnya dengan di iringi munculnya nanah karena peradangan pada bintil yang muncul tersebut.

Miliaria profunda


Jenis miliaria yang terakhir adalah profunda. Biang keringat ini biasanya jarang terjadi, namun jika terjadi akan berdampak pada lapisan kulit yang lebih dalam lagi. Jika dibandingkan bayi, orang dewasa adalah yang paling berisiko mengalami hal ini.

Karena aktivitas yang sangat berat memang biasanya dilakukan oleh orang dewasa. Selain itu miliaria profunda adalah biang keringat yang sifatnya kronis dan sering kambuh. Ciri-ciri dari jenis ini adalah munculnya bintil-bintil merah dan ukurannya lebih besar serta teksturnya lebih keras.


Cara Menghilangkan Keringat Buntet


Setelah mengetahui berbagai macam jenis dan juga penyebab yang bisa memunculkan biang keringat di tubuh kita. Sekarang ysaatnya kita bahas, bagaimana carua mengobati biang keringat secara alami dan efektif, serta tanpa efek samping. Berikut informasi selengkapnya:

1. Lidah Buaya


Cara menghilangkan keringat buntet yang pertama adalah menggunakan lidah buaya. Gel dari lidah buaya dipercaya cukup ampuh untuk mengatasi ruam dan gatal-gatal akibat keringat buntet karena memiliki sifat anti inflamasi atau peradangan. Selain mengobati biang keringat, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai Cara Menghilangkan Kutu Rambut.

Cara pemakaian:

  • Pertama siapkan 1 batang lidah buaya.
  • Kemudian potong menjadi 2 bagian dan kupas kulitnya. Yang digunakan adalah gel atau dagingnya saja.
  • Setelah itu haluskan gel lidah buaya tersebut.
  • Setelah halus, balurkan gel lidah buaya pada area tubuh yang terdapat biang keringat secara merata, disertai juga dengan pijatan lembut.
  • Sebelum membersihkannya, diamkan dulu selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Cara Mengatasi Keringat Buntet Dengan Es Batu


Untuk mengurangi peradangan akibat biang keringat, anda bisa memanfaatkan es batu untuk meredakannya. Hal ini karena rasa dingin yang dihasilkan oleh es batu tersebut mengurangi sensai panas dan gatal akibat peradangan.

Cara pemakaian:

  • Pertama siapkan es batu dan kain.
  • Lalu bungkus es batu tersebut menggunakan kain tadi.
  • Selanjutnya letakkan bungkusan es batu pada biang keringat kurang lebih selama 10 menit.
  • Lakukan cara ini setiap 4 jam sekali selama 3 hari.
  • Lebih bagus es batunya di pecahkan kecil-kecil.

3. Lemon


Cara menghilangkan keringat buntet berikutnya adalah dengan bantuan dari buah yang asam dan menyegarkan yaitu lemon. Vitamin C yang cukup tinggi pada lemon akan membantu mengurangi ruam yang ditimbulkan oleh biang keringat tersebut.

Cara mengatasi keringat buntet dengan lemon


  • Pertama siapkan 1-2 buah lemon, atau secukupnya.
  • Kemudian campurkan dengan tepung dan air secukupnya, lalu aduk hingga membentuk pasta.
  • Selanjutnya oleskan atau balurkan pada kulit yang terkena biang keringat secara merata.
  • Kemudian diamkan sampai mengering di kulit.
  • Setelah itu bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 kal sehari.

4. Baking Soda


Cara menghilangkan biang keringat berikutnya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari baking soda. Fungsi dari baking soda memang cukup banyak bagi kesehatan dan kecantikan kulit salah satunya dapat juga digunakan sebagai Cara Menghilangkan Ba Sepatu.

Cara pemakaiannya sendiri sangat simple, yaitu dengan melarutkan sekirar sendok baking soda ke dalam air mandi. Kemudian gunakanlah air tersebut untuk mandi. Khasiat dari baking soda ini bisa mengurangi peradangan akibat keringat buntet dan mengurangi gatal-gatal.


5. Madu


Madu merupakan salah satu bahan yang memang khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Selain bisa digunakan sebagai Cara Menghilangkan Uban, madu juga bermanfaat untuk menghilangkan biang keringat.

Caranya cukup mengoleskan madu pada permukaan kulit yang terdapat biang keringat, kemudian diamkan hingga beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Selain itu anda juga bisa mencampurnya dengan lidah buaya supaya hasilnya maksimal.

Demikianlah informasi mengenai 5 Cara Menghilangkan Keringat Buntet secara alami dan efektif. Semoga bermanfaat bagi kita semua ya. Mohon maaf jika ada salah kata ata informasinya kurang jelas.

Jika memang bermanfaat, bagikan artikel ini ya ga rugi kok hehe. Oke sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar