7 Cara Menghilangkan Rasa Malas Paling Ampuh 99% Berhasil

Rasa malas adalah hal yang pasti di alami oleh semua manusia di dunia ini. Rasa malas ketika belajar, bekerja, bahkan malas ibadah pasti sering kita alami. Saya pun ketika menulis artikel ini terdapat rasa malas yang menyelimuti, namun keinginan saya untuk mengusir rasa malas akhirnya berhasil, sehingga saya bisa memberikan tips bagaiamana cara menghilangkan rasa malas paling ampuh.

Secara singkat, malas adalah dimana kondisi saat kita tidak bergairah menjalankan sesuatu hal. Dampak dari rasa malas ini pun sangat besar sekali, seperti halnya kesuksesan. Orang-orang malas sepertinya akan sulit mendapatkan kesuksesan, meskipun orang yang sukses juga pasti memiliki rasa malas, namun mereka bisa mengendalikan dan menghilangkan rasa malas tersebut.

Disini dengancara.com akan membahas cara mengatasi rasa malas untuk mengerjakan sesuatu seperti beribadah, sekolah, bekerja, dll, padahal kita masih di beri kesehatan dan tenaga yang sebetulnya mampu untuk menyelesaikan itu, namun selalu tertunda. Sebelum kita berbicara mengenai cara menghilangkan rasa malas, lebih baik kita ketahui dulu apa saja yang menyebabkan diri kita ini malas untuk mengerjakan sesuatu.


Penyebab Rasa Malas


Kondisi saat anda malas memang adalah hal yang manusiawi dan semua orang mengalami itu, namun ada beberapa hal yang menyebabkan kita menjadi malas, apa saja itu? Berikut informasinya:


1. Kurang Motivasi


Motivasi untuk diri baik dari luar ataupun dalam diri sendiri cukup penting untuk meningkatkan pola pikir anda. Rasa malas yang terus menerus karena kurang motivasi akan berdampak buruk dan anda akan sulit berkembang, meskipun anda memiliki kemampuan.

Oleh karena itu, motivasi sangat diperlukan untuk membangkitkan kembali semangat. Mulai dari diri anda sendiri, niatkan dari hati. Untuk mendapatkan motivasi anda tidak harus selalu ikut seminar yang di adakan oleh motivator, cukup bangkitkan motivasi dari orang-orang terdekat anda, seperti keluarga, orang tua, istri, anak, teman, dll.


2.  Kurang Kedisiplinan


Penyebab rasa malas berikutnya adalah karena kurang disiplin dalam mengerjakan sesuatu. Dengan perilaku anda yang kurang disiplin, maka secara tidak sadar, anda mensugesti diri sendiri untuk menjadi orang yang malas.

Tidak disiplin dalam hal-hal kecil juga lambat laun akan bergerak menuju kurang disiplin dengan hal-hal besar jika anda sudah dewasa kelak, sehingga dengan kebiasaan tersebut, akan sulit menghilangkan rasa malas yang sudah tertanam pada diri anda. Silakan sekarang menjalani hidup lebih disiplin, jika perlu buat jadwal yang bisa membuat hidup anda lebih tertata, seperti anda harus  istirahat jam berapa, bagun jam berapa, dll.

3. Stress


Setiap manusia pasti memiliki masalah dalam hidupnya seperti soal cinta, ekonomi, ataupun tugas yang menumpuk dan belum terselesaikan. Sebetulnya stress dalam takaran tertentu tidak akan menjadi masalah besar, namun jika stress yang anda alami sudah menganggu pola hidup, maka itu harus segera di atasi.

Dampak dari stress itu sendiri biasanya akan membuat anda semakin malas untuk menjalankan kehidupan, maka tak jarang orang mengakhiri hidupnya karena stress yang berlebihan. Mulai sekarang cobalah untuk mengontrol tingkat stress yang anda alami dan lakukan hal-hal yang postif.

4. Terlalu Enjoy


Terlalu enjoy untuk suatu hal yang tidak terlalu penting menurutku cukup berbahaya, contohnya seperti main game, nonton film, nongkrong, dll. Jika anda terlalu asik dengan hal-hal tersebut, maka itu akan membuat rasa malas sangat besar sekali. Akibatnya anda jadi malas mengerjakan tugas, malas bekerja, karena pikiran kita hanya terfokus oleh hal-hal tersebut.

Maka dari itu disarankan untuk membuat jadwal kehidupan anda, supaya bisa mengatur waktu kapan harus bermain game, kapan harus belajar, kapan harus istirahat.

5. Perfeksionis


Perfeksionis adalah orang yang selalu ingin segalanya harus sempurna. Dengan begitu maka kita akan selalu menunda-nunda suatu pekerjaan, anda selalu ragu dalam mengerjakan sesuatu sebelumnya semuanya sempurna.

Memang memikirkan sesuatunya supaya sempurna cukup baik, namun di sisi lain anda harus bisa mengatur waktu, sehingga tidak selalu menunda pekerjaan hanya karena sesuatunya tidak sempurna, sehingga nantinya akan berdampak pada rasa malas yang muncul.

6. Makanan


Makanan juga bisa menjadi faktor penyebab seseorang menjadi malas. Makanan yang kurang sehat dan lambat dicerna oleh tubuh membuat tubuh kita cepat lelah dan akhirnya rasa malas menghampiri anda. Contohnya seperti mengkonsumsi mie instan, tubuh akan memakan waktu hingga 3 hari dalam mencernah mie instan tersebut.

Sehingga tubuh akan lelah karena energi yang dihasilkan tidak sebanding dengan energi yang kita keluarkan untuk mencerna makanan yang di konsumsi. Selain itu, makan terlalu kenyang juga faktor penyebab rasa malas yanh harus di waspadai. Tidak hanya buruk untuk kesehatan, makan berlebihan hingga menyebabkan kekenyangan juga bisa berdampak pada hal yang akan anda lakukan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut 

Cara Menghilangkan Rasa Malas


Setelah anda mengetahui beberapa penyebab malas yang muncul pada diri kita, sekarang silakan simak beberapa hal penunjang supaya rasa malas pergi dari diri kamu.


1. Jangan Menunda-nunda


Cara menghilangkan rasa malas yang pertama adalah dengan tidak menunda-nunda hal yang seharusnya anda kerjakan. Jika anda menunda pekerjaan apapun itu dan lama-lama semkain banyak kegiatan, maka rasa malas untuk mengerjakan itu akan semakin tinggi. Sehingga anda akan kewalahan sendiri.

Bagi kalian yang sudah terbiasa menunda suatu pekerjaan, maka mulai saat ini hilangkan kebiasaan tersebut, karena rasa malas memang harus di lawan supaya tidak berlama-lama menyerang diri anda. Sulit bukan berarti tidak bisa.


2. Bangun di Pagi Hari


Salah satu ciri orang malas adalah selalu bangun siang. Dari sini saja sudah bisa kita lihat, untuk bangun dan menjalani kehidupannya saja dia sudah malas, bagaiamana jika masalah besar datang kepadanya. Oleh karena itu, mulai sekaranh biasakan untuk bagun pagi, karena banyak manfaat yang anda dapatkan saat bangun pagi.

Tubuh akan lebih bersemangat dan penuh energi jika anda bangun pagi hari. Baiknya anda bagun sebelum waktu sholat subuh, dan jika ingin seperti itu, maka anda harus tidur lebih awal paling tidak jam 10 sudah tidur. Jangan begadang, karena jika anda begadang otomatis akan bangun siang, dan jika memang bangun pagi, hanya rasa kantuk yang anda rasakan.

Selain itu efek buruk bangun siang adalah akan lebih malas menjalani rutinitas sehari-hari. Hal itu karena hormon penyemangat yang seharusnya muncul pada pagi hari akan menghilang ketika anda bangun siang.

Jika anda bangun pagi sebelum waktu subuh, banyak keuntungan yang akan di dapat. Selain badan lebih segar dan masih fresh, rata-rata orang memulai aktifitasnya mulai jam 7 atau jam 8 pagi. Berarti kita start lebih awal dan memiliki beberapa jam yang bisa anda lakukan untuk hal yang bermanfaat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Keringat Buntet Secara Alami

3. Ingat Orang Yang Akan Anda Bahagiakan


Cara menghilangkan rasa malas yang berikutnya adalah dengan mengingat orang yang ingin anda bahagiakan, seperti orang tua, adik-adik, saudara, dll. Buatlah mereka menjadi sumber motivasi dan kekuatan bagi diri anda.

Dengan menjadikan orang-orang yang ingin anda bahagiakan sebagai motivasi, maka rasa malas itu akan menghilang dan anda akan lebih semangat mengejar cita-cita dan tujuan hidup anda. Dan hal ini juga yang sedang saya lakukan sekarang.

4. Lihat Orang Sukses


Cara menghilangkan rasa malas berikutnya adalah dengan menengok teman atau siapa pun itu yang sudah bisa dikatakan sukses. Jika kita diajarkan melihat kebawah untuk bersyukur, maka ada saatnya juga saat kita harus melihat keatas untuk membangkitkan motivasi diri.

Anda bisa tanyakan kepada teman yang sudah sukses, bagaimana cara dia supaya bisa mencapai kesukseskan tersebut. Jika anda belum mengenal orang sukses tersebut, cobalah untuk berkenalan. Karena ada teori yang pernah mengatakan, lihat teman dekat anda sebanyak 10 orang, lalu gabungkan penghasilan mereka perbulan, maka itulah penghasilan yang akan anda dapat.

Teori itu bisa menjadi salah satu perkiraan kita, walaupun tidak selalu pasti. Namun apa salahnya kita berteman dengan orang sukses? Bukannya malah bagus untuk kita sendiri? Iya kan?.

5. Dengarkan Musik


Cara menghilangkan rasa malas yang berikutnya adalah dengan bantuan musik. Salah satu dampak positif yang kita rasakan dari musik adalah bangkitnya gairah kita dan membuat mood menjadi lebih baik. Salah satu qoute dari Pidi Baiq yaitu "Musik adalah perasaan yang bisa di dengar" dan memang hal iu benar.

Namun dalam mendengarkan musik, pilihlah musik yang memang bisa membangkitkan mental kita, bukan yang malah membuat kita semakin malas. Contohnya musik tentang patah hati, jika anda mendengarkan musik tersebut dan kebetulan hati anda juga sedang hancur karena cinta, maka itu suatu bahaya dan anda akan lebih malas menyelesaikan sesuatu.

6. Paksa Diri


Jika memang masih susah untuk melakulan hal-hal diatas, maka cara lainnya adalah dengan memaksa diri kita untuk tidak malas. Salah satu pepatah pernah mengatakan "Paksa, Bisa, Terbiasa". Hal tersebut juga bisa anda aplikasikan kepada kehidupan yang hanya bermalas-malasan.

Malas sekali dua kali mungkin masih wajar karena manusiawi, namun jika malas sudah menjadi budaya anda, maka pemaksaan adalah jalur yang dapat ditempuh. Pemaksaan disini mempunyai tujuan yang baik jadi tidak masalah menurut saya.

7. Atur Pola Makan


Sudah saya jelaskan di awal bahwa makanan yang kurang sehat dan sulit dicerna dapat mempengaruhi rasa malas untuk menghampiri anda. Oleh karena itu atur pola makan anda agar tidak menimbulkan "mager" atau malas gerak, karena kekenyangan ataupun makanan yang sulit dicerna sehingga menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan akhirnya rasa malas tersebut muncul.

Demikianlah informasi mengenai 7 Cara Menghilangkan Rasa Malas Paling Ampuh. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan bisa membuat temen-temen yang membaca artikel ini terhindar dari rasa malas yang akan menjerumuskan ke dalam dunia yang tidak ada artinya.

Jika bermanfaat silakan bagikan artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya, semoga sukses dan tetap semangat meraih cita-cita kita. Ingat orang tua, ingat selalu hal-hal yang membuat anda menjadi termotivasi.

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments