Cara Menjodohkan dan Mengawinkan Lovebird Paling Efektif

Cara menjodohkan lovebird ternyata tidak semudah yang kita kira. Karena kadang lovebird bisa saja enggan untuk di jodohkan, apalagi sama melakukan perkawinan. Pada era sekarang ini, lovebird bukan hanya sebagai burung hiasan, namun sudah menjadi hewan peliharaan yang harganya sangat tinggi jika dijual. Selain itu juga banyak perlombaan lovebird yang hadiahnya mencapai jutaan rupiah.

Dengan minat masyarakat yang semakin tinggi pada lovebird, maka penangkaran adalah salah satu cara untuk membudayakan lovebird agar terus ada dan tidak punah. Namun bagi para pemula yang ingin menjodohkan lovebird, belum terlalu paham bagaimana cara melakukannya dengan benar dan efektif. Sebelumnya anda juga harus mengetahui Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina, karena lovebird jantan dan betina bentuk tubuhnya hampir mirip, sehingga ada beberapa teknik atau tips untuk membedakannya.

Untuk mengawinkan lovebird tentu saja tidak bisa langsung dilakukan. Karena lovebird akan melakukan perkawinan jika merasa cocok dengan pasangannya atau bisa disebut berjodoh. Jadi lovebird pun sama dengan manusia, jika tidak saling mencintai mereka tidak mau melangsungkan perkawinan.

Jadi disini dengancara.com akan membahas bagaimana cara menjodohkan lovebird agar cepat kawin dan bertelur. Karena ada beberapa kasus orang yang ingin mengawinkan lovebird namun setelah sekian lama tidak kunjung membuahkan hasil. Ternyata kedua lovebird tersebut sesama jenis, baik jantan dan jantan atau juga betina dan betina.

Cara Menjodohkan Lovebird


Sebelum mulai menjodohkan, sebaiknya usia lovebird sudah mencapai 8 bulan hingga 1 tahun dan yang pasti kedua lovebird berbeda kelamin ya hehe. Sebelum usia 8 bulan pun sebetulnya tidak masalah untuk menyatukan lovebird jantan dan betina. Karena jika usianya sudah matang dan siap untuk di kawinkan, mereka sudah langsung berjodoh. Tapi idealnya usia 8 bulan, karena usia tersebut lovebird sudah siap ternak.

Lovebird bisa dikatakan adalah burung yang pemilih, kadang mereka tak mau di jodohkan. Jadi saya juga setuju jika saat lovebird masih muda bisa langsung dikenalkan, agar saat dewasa mereka langsung berjodoh tanpa kita jodohkan.

Menjodohkan Lovebird Terbukti Berhasil


Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjodohkan lovebird agar dapat menghasilkan telur.

Cara Menjodohkan Sepasang Lovebird


Untuk menjodohkan sepasang lovebird ini bisa dikatakan lebih mudah, karena kita hanya cukup menyiapkan LB jantan dan betina. Jika lovebird masih berusia muda silakan masukan keduanya ke dalam satu sangkar. Namun jika lovebird sudah berusia dewasa, jangan dulu di satukan dalam satu kandang.

Tapi pisahkan kedua lovebird dengan sangkar masing-masing, namun saling berdekatan meletakkannya dan pantau terus sampai beberapa hari. Jika sudah ada tanda-tanda bahwa lovebird saling menyukai dan ingin saling berdekatan, silakan satukan mereka ke dalam satu kandang.

Setelah di satukan dalam satu kandang dan lovebird sudah saling bercumbu atau menyisir rambut, kemungkinan keduanya sudah berjodoh.

Cara Menjodohkan Lovebird Dalam Kelompok


Untuk cara yang satu ini kita memerlukan kandang yang cukup besar, karena di dalamnya tidak hanya ada 2 ekor lovebird melainkan kelompok atau koloni. Anda bisa memasukan beberapa jenis lovebird, seperti Lovebird Biola,Lovebird Parblue, dll, sebanyak 4 ekor jantan dan 4 ekor betina dalam kandang tersebut. Jika ingin betina lebih banyak juga tidak masalah, asal jangan lovebird jantan lebih sedikit dari betina dan lebih baik yang di masukan adalah lovebird yang sudah siap kawin.

Kemudian langkah berikutnya adalah menyiapkan gupon lovebird. Anda bisa membelinya di toko perlengkapan burung. Setelah mendapatkan itu semua, susun gupon dengan jarak yang sekiranya pas dan aman. Ingat, jumlah gupon juga harus pas dengan pasangan lovebird yang ada di dalam, namun tidak masalah jika lebih banyak.

Setelah semuanya siap, silakan masukkan semua pasangam lovebird ke dalam kandang. Kemudian tunggu hingga lovebird berpasang-pasangan. Bagi yang memiliki modal lebih, ini sangat menguntungkan.

Cara Mengawinkan Lovebird


Setelah lovebird berjodoh, pada umumnya mereka akan kawin dengan sendirinya. Kita hanya tinggal menunggunya saja, namun jika memang belum ingin kawin juga, anda bisa memberikan EF seperti jagung muda, supaya birahi lovebird lebih meningkat dan ingin melakukan perkawinan.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menjodohkan Lovebird Paling Efektif. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan mohon maaf jika ada salah kata atau informasi yang kurang jelas, jika memang kurang paham, silakan berdiskusi pada komentar di bawah ya.

Pada umumnya lovebird akan bertelur sebanyak 1 sampai 4 ekor, namun bisa juga lebih. Dan proses mengeramnya sekitar 3 minggu. Selama itu, jaga terus pakannya secara teratur.

Jika bermanfaat jangan lupa bagikan artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Disqus Comments