Jangan Dibuang, Inilah Khasiat Biji Alpukat Yang Istimewa

Khasiat Biji Alpukat Bagi Kesehatan - Tentu anda sudah mengetahui dan tidak asing lagi dengan buah alpukat. Selain cita rasa yang sangat nikmat, terutama jika di olah menjadi jus, ternyata tidak cuma buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, biji alpukat pun mempunyai berbagai macam khasiat bagi tubuh manusia.

Buah alpukat berasal dari benua Amerika, tepatnya di negara Meksiko dan saat ini sudah menyebar keberadaannya di seluruh dunia, serta menjadi primadona di berbagai negara. Namun banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dan khasiat dari biji alpukat, kebanyakan orang langsung membuang biji alpukat tersebut.

Namun di sisi lain ada juga orang yang sangat mencari biji alpukat ini, karena kebetulan saya mempunyai pekerjaan sampingan, yaitu berdagang jus buah dan setiap hari pasti ada orang yang mencari biji alpukat dan rela membeli biji alpukat tersebut di tempat saya. Jadi menurut saya biji alpukat memang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh.

Motivasi saya menulis artikel ini adalah karena cukup banyak orang yang mencari biji alpukat di tempat saya berdagan dan tertarik untuk memberikan informasi kepada teman-teman semua mengenai khasiat apa saja yang dihasilkan oleh biji alpukat.

Khasiat Biji Alpukat


Bagi kalian yang gemar mengkonsumsi buah alpukat, mulai sekarang harus berpikir ulang untuk membuang bijinya. Karena baru-baru ini ada penelitian mengatakan bahwa biji alpukat mengandung antioksidan, serat, dan fenolik yang jauh lebih tinggi dibanding dagingnya. Oleh karena itu sayang juga jika harus membuangnya begitu saja, lalu apa saja khasiatnya? Berikut manfaat biji alpukat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Khasiat Biji Alpukat Untuk Kesehatan


1. Mencegah Penyakit Kanker


Khasiat biji alpukat bagi kesehatan yang pertama dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker. Hal ini karena kandungan flavonoid pada biji alpukat akan menangkal radikal bebas dan penyebab penyakit, termasuk kanker.

Untuk saat ini kanker belum ditemukan obat pastinya, oleh karena itu lebih baik kita mencegah kanker dari pada mengobatinya. Baik dengan mengkonsumsi buahnya, ataupun bijinya. Selain biji alpukat, Manfaat Biji Pepaya juga dapat menurunkan risiko terkena kanker.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol


Kadar kolesterol yang terlampau tinggi tentunya berbahaya da akan menimbulka masalah kesehatan, seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit mematikan lainnya. Oleh karena itu, kadar kolesterol yang melebihi batas normal harus segera diatasi. Dan solusi alami yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan khasiat dari daging dan biji alpukat.

3. Mengontrol Tekanan Darah


Daging alpukat dan bijinya tidak terlalu berbeda jauh dalam soal khasiat. Jika daging alpukat dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah, biji alpukat pun mampu melakukan itu. Hal ini karena kandungan kalium yang terdapat pada biji alpukat yang fungsi adalah untuk melenturkan pembuluh darah dan arteri yang mengalami tegang.

Oleh karena itu, biji alpukat adalah salah satu solusi alami untuk mengatasi hipertensi. Selain biji alpukat, Manfaat Daun Sukun juga mampu mengontrol tekanan darah dan baik bagi penderita hipertensi.

4. Mengatasi Sembelit


Sembelit atau konstipasi adalah kondisi dimana sulitnya buang air besar karena terjadi pengerasan tinja di dalam tubuh dan dapat menimbulkan rasa sakit. Penyakit ini juga cukup banyak di derita oleh orang-orang. Salah satu solusi atau cara alami yang bisa mengatasi sembelit adalah biji alpukat.

Kandungan serat dan antioksidan yang terdapat pada biji alpukat cukup tinggi sehingga mampu mencegah dan juga meringankan sembelit secara alami, serta melancarkan pencernaan.

5. Anti-Inflamasi


Khasiat biji alpukat selanjutnya adalah mampu mengatasi peradagan, karena terdapat zat anti-inflamasi pada biji alpukat. Untuk saat ini sepertinya sudah ada biji alpukat berbentuk lotion atau minyak yang di jual bebas di pasaran. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri bisa dengan menumbuknya hingga halus, kemudian oleskan pada area kulit yang mengalami peradangan. Dengan begitu maka peradangan akan berangsur membaik.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Khasiat biji alpukat bagi kesehatan berikutnya yakni mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Jadi dengan mengkonsumsi buah alpukat atau pun bijinya akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Khasiat Biji Alpukat Untuk Kecantikan


Jika tadi kita membahas manfaat biji alpukat bagi kesehatan, sekarang kita bahas manfaat untuk tubuh lainnya yaitu kecantikan, apa saja itu? Berikut informasinya untuk anda:

7. Mencegah Penuaan Dini


Jika kita masih hidup, penuaan tentu saja akan terjadi pada seluruh tubuh, termasuk kulit. Namun apa jadinya jika anda belum waktunya namun sudah mulai menunjukan tanda-tanda penuaan, hal itulah yang disebut dengan penuaan dini. Banyak sekali cara mencegah penuaan dini, seperti Manfaat Terong Belanda.

Tapi ternyata biji alpukat juga memiliki khasiat untuk mencegah penuaan dini dan bisa menjadi solusi alami yang cukup efektif. Kandungan antioksidannya mampu menjaga kulit dari keriput dan penuaan dini. Cara penggunannya dengan di tumbuk, lalu di jadikan sebagai lotion yang di oleskan pada kulit.


8. Merawat Kesehatan Rambut


Faktor kecantikan bukan hanya di lihat dari segi kulit saja, memiliki rambut yang indah juga merupakan salah satu kecantikan yang di idam-idamkan para wanita. Manfaat biji alpukat ini mampu menjaga kehalusan, ketebalan, dan kekuatan rambut. Selain itu juga dapat digunakan sebagai Cara Menghilangkan Ketombe Membandel.

Jika anda ingin merawat rambut menggunakan biji alpukat ini, cara penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan biji alpukat dan menjadikannya sebagai masker atau kondisioner rambut.

Demikianlah artikel mengenai 8 Khasiat Biji Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf jika ada kesalahan atau informasi yang kurang jelas.

Jika bermanfaat jangan ragu untuk membagikan artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments