7 Cara Paling Ampuh Membuat Lovebird Konslet

Lovebird Konslet - Hal yang paling menyenangkan dari pemilik lovebird adalah melihat lovebirdnya memiliki durasi ngekek yang panjang saat lomba atau event. Lovebird seperti sudah pasti harganya bisa melambung tinggi sekali seperti Lovebird Kusumo milik mas Sigit yang mampu ngekek hingga hitungan menit. Untuk mencetak atau membuat lovebird konslet seperti itu pastinya dibutuhkan upaya dan usaha yang konsisten dari pemiliknya.

Lovebird konslet ngekek dengan durasi yang kurang dari 1 menit akan di anggap biasa saja oleh penilai lomba, namun jika ngekeknya panjang hingga lebih dari 2 menit itu akan menjadi penilaian yang bagus dan di kategorikan sebagai lovebird istimewa atau langka jika lebih dari 3 menit.

Lalu bagaiamana agar lovebird mampu konslet hingga ngekeknya mencapai durasi yang lama?. Itu pasti merupakan pertanyaan yang ada di dalam hati temen-temen semua, disini dengancara.com akan memberikan beberapa tips supaya lovebird kalian konslet, sehingga mampu menjadi lovebird yang di idam-idamkan oleh orang lain.


Cara Membuat Lovebird Konslet


Ada beberapa cara baik alami dengan perawatan harian yang baik ataupun cara instan yang mampu membuat lovebird konslet. Berikut informasi lebih lengkapnya untuk anda:

1. Pakan Lovebird


Makanan sangat berpengaruh terhadap lovebird supaya ia mampu ngekek dengan waktu yang cukup lama. Selalu penuhi asupan gizi dan nutrisinya dengan memberikan makanan yang ia sukai seperti buah-buahan, sayuran, EF, dan jangan lupa juga untuk memberikannya multivitamin agar hasilnya lebih maksimal.

Untuk makanan EF ( Extra Fooding) anda bisa memberikannya seperti jagung atau kangkung. Namun tetap harus seimbang pemberiannya supaya birahi lovebird tetap terkontrol dan tidak over birahi saat mengikuti lomba. Karena jika lovebird over birahi, maka akan membuatnya tidak terkendali. Agar lovebird konslet maka berikan takaran multivitamin cukup 3 tetes saja pada cepuk minumnya.

Baca juga: Harga Terbaru Lovebird Mouve

2. Pemandian & Penjemuran


Hal lainnya yang mempengaruhi lovebird agar tampil konslet di dalam lomba adalah melakukan pemandian dan penjemuran yang benar tidak asal-asalan. Untuk pemandian usahakan dilakukan setiap jam 06.00, kemudian lakukan penjemuran namun jangan langsung di jemur di bawah terik sinar matahari langsung, biarkan dulu lovebird merapikan bulu-bulunya baru anda jemur.

Proses penjemuran pun tidak perlu terlalu lama, cukup 1 jam saja, namun untuk lovebird yang masih muda, cukup 30 menit saja penjemurannya, serta tidak boleh lebih dari jam 11 siang. Jangan dirubah perawatan ini jika tidak ada masalah pada lovebird, lain halnya jika memang lovebird over birahi. Jika birahi lovebird tetap terjaga, maka tetap lakukan cara ini, karena birahi pada lovebird juga cukup membantu dalam lomba.

Selain itu, diatas pukul 11 siang hingga sore cukup angin-anginkan saja lovebird, bisa di teras atau dimana pun tempatnya yang penting tidak terkena sinar matahari langsung, atau di dalam ruangan rumah pun bisa saja. Kemudian jam setengah 6 sore anda mandikan lagi, namun jika tidak, di anginkan saja.

3. Pilih Anakan Berbakat


Biasanya apabila kita memanen indukan lovebird, ada paling tidak 1 anakan lovebird yang potensial dan mempunyai suara bagus, serta ngekeknya yang panjang dan berirama. Ya walaupun kita bisa juga melatih lovebird dengan bakat alami, namun tidak semudah melatih anakan lovebird yang potensial. Oleh karena itu kita juga bisa mengakalinya dengan memiliih lovebird yang potensial.

Ciri-ciri umum yang bisa anda jadikan patokan bahwa anakan lovebird yang potensial adalah bentuk tubuh yang baik dan proposional dan mental yang tangguh. Jika anda seorang pemula hal ini cukup penting untuk membuat waktu anda tidak terbuang terlalu lama.

Baca juga: Ciri-ciri Lovebird Pastel Biru

4. Buat Lovebird Latah


Cara berikutnya supaya lovebird mampu ngekek panjang saat lomba adalah dengan membuatnya latah. Tujuan dari hal ini adalah agar lovebird mampu cepat merespon. Dengan begitu, maka untuk menjuarai lomba merupakan hal yang bisa di capai. Karena jika lovebird cepat dalam merespon saat pertandingan, maka burung akan ngekek dengan panjang.

Pelatihan harus selalu dilakukan untuk membuatnya menjadi latah. Apalagi jika masih anakan, itu merupakan waktu yang sangat baik untuk melatih lovebird. Untuk mendapatkan ini, rutinlah dalam merawat dan melatihnya, baik perawatan harian, dan juga perawatan saat hendak mengikuti lomba.

5. Latih Mental Lovebird


Hal lainnya yang harus diperhatikan untuk membuat lovebird konslet dan ngekek panjang adalah dengan melatih mentalnya supaya menjadi lovebird jawara. Tidak perlu setiap hari, anda bisa melakukan latihan seminggu sekali atau 2 minggu sekali secara rutin dengan waktu latihan cukup 30 menit saja agar lovebird tidak drop.

Dengan melakukan latihan mental, cukup ampuh membuat lovebird memiliki mental yang baik dan siap tempur dalam perlombaan. Anda bisa melakukan latihan dengan rekan anda jika ada yang sama-sama hobi lovebird.

Baca juga: Cara Mengatasi Lovebird Gestang

6. Ramuan Apel Merah


Hal lain untuk menunjang supaya lovebird konslet yaitu dengan memberikannya ramuan apel merah. Buah ini tidak hanya baik bagi kesehatan manusia, namun apel merah juga baik bagi kesehatan burung lovebird dan membutnya lebih sering ngekek dan berkicau.

Untuk mendapatkan lovebird yang sehat, lincah, dan memiliki performa yang bagus dengan menggunakan apel merah, berikut cara yang harus kalian lakukan dalam membuat ramuannya:

  • Siapkan 1 buah apel merah yang masih segar, garam secukupnya, dan 3 gelas air bersih.
  • Kemudian cuci apel dengan air garam.
  • Setelah itu, potong apel menjadi beberapa bagian.
  • Lalu masak air dari 3 gelas tersebut dengan api kecil hingga mendidih.
  • Lalu masukan apel yang sudah di potong-potong tadi.
  • Masak apel tersebut dengan api kecil hingga terlihat layu.
  • Setelah itu, saring dan tunggu hingga dingin.
  • Terakhir, berikan kepada lovebird anda setiap pagi dan sore hari.


7. Berikan Doping


Cara yang satu ini merupakan cara singkat atau cara instan agar lovebird konslet. Terdapat kelebiban dan kekurangan menggunakan doping terhadap lovebird, seperti berikut ini:

Kelebihan:

  • Mampu meningkatkan stamina lovebird saat mengikuti lomba
  • Mampu membuat lovebird lebih tenang.
  • Mampu membuat lovebird lebih gacor dari biasanya.
  • Lovebird akan konslet dengan cepat dan mudah.
  • Kemudian settingannya cukup mudah.

Kekurangan:

  • Suara yang dihasilkan lovebird menjadi tidak terlalu keras meskipun gacor.
  • Lovebird selalu berbunyi saat di gantang atau sebelum di gantang.
  • Saat ngekek matanya menjadi merem melek.
  • Tidak baik bagi kesehatan, karena sifatnya hanya sementara.
  • Lebih buruk lagi, jika sering di doping maka lovebird bisa mati.

Jadi untuk cara terakhir ini tidak terlalu di sarankan, karena secara tidak langsung menyiksa lovebird. Lebih baik gunakan cara-cara alami diatas untuk membuat lovebird konslet.

Demikanlah artikel mengenai 7 Cara Paling Ampuh Membuat Lovebird Konslet. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada salah kata atau informasi yang kurang jelas bisa di diskusikan di komen.

Jika bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments