Lovebird Lutino: Ciri-ciri, Varian, Dan Harganya Lengkap

Berbicara mengenai lovebird, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan lovebird lutino yang dalam bahasa latinnya adalah Agapornis roseicollis. Burung ini cukup terkenal di kalangan masyarakat, karena perpaduan warnanya yang unik dan mencolok, bahkan tak jarang juga menjadi juara pada perlombaan burung kicau.

Memang jika kita lihat, burung ini sekilas mirip dengan Lovebird Paskun atau pastel kuning. Namun jika kita lebih teliti lagi, maka akan terlihat perbedaan warna kuning antara keduanya. Jika lovebird paskun warnanya lebih lembut, sedangkan lovebird lutino lebih cerah dan terang warna kuningnya.

Pada kesempatan kali ini dengancara.com akan mengulas informasi seputar lovebird lutino, dari ciri-cirinya, varian jenisnya, perawatan yang baik dan benar, hingga harga pasarannya.

Ciri-ciri Lovebird Lutino



Untuk mengenai jenis lovebird lutino sebetulnya sangat mudah, jika dibandingkan dengan melihat Ciri-ciri Lovebird Blorok. Karena waran dari lb lutino tidak serumit lb blorok. Pada umumnya warna lutino di dominasi oleh warna kuning dan warna kepala yang merah, serta paruhnya juga berwarna merah. Sementara itu pada bola matanya ada yang berwarna merah dan ada yang hitam. Namun yang paling banyak di gemari adalah lutino mata merah.


Varian Lovebird Lutino


Tadi sudah kita singgung bahwa lovebird lutino mempunyai 2 varian yakni lutino mata hitam dan lutino mata merah. Sekarang kita simak perbedaan antara kedua variannya ini:

Lovebird Lutino Mata Merah



Lutino mm atau mata merah bisa dikatakan peminatnya lebih banyak dari pada lutino mata hitam. Warna pada bulunya cukup enak di pandang, kemudian gradasi warna merah dari kepala hingga ke bagian dada dan pastinya memiliki bola mata yang berwarna merah. Hal itu yang membuat banyak pencinta lovebird tertarik dengan lutino mm ini.

Lovebird Lutino Mata Hitam



Sebetulnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara mata merah dan mata hitam, yang menjadi perbedaan adalah pada bagian matanya. Jika lutino mm matanya berwarna merah, sedangkan lovebird lutino mata hitam ini bola matanya berwarna hitam. Meskipun mata merah lebih di gemari, bukan berarti lutino mata hitam ini tidak ada yang menggemarinya.

Selain kedua varian diatas, sebetulnya ada istilah lain lagi, yaitu lovebird lutino bersih dan lutino kotor. Perbedaannya adalah pada warna bulu, jika lutino bersih memiliki warna gradasinya halus dan rapi, sedangkan lutino kotor tidak merata, sehingga terlihat kotor.

Baca juga: Keunggulan Unik Lovebird Josan


Cara Merawat Lovebird Lutino


Apabila anda seseorang yang baru mencoba memelihara lovebird, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat lovebird lutino. Pada dasarnya perawatannya sama saja dengan lovebird lainnya, hal yang harus diperhatikan adalah seperti berikut:

Pakan Lovebird Lutino


Jika anda sudah berniat memlihara lovebird, sudah pasti harus selalu menyiapkan pakannya. Pemberian pakan harus rutin dan teratur, karena konon katanya lovebird lutino ini rentan terserang penyakit. Maka dari itu, memberi pakan yang baik dan teratur akan membantu meningkatkan kesehatannya.

Anda bisa memberinya pakan dengan membeli makanan khusus lovebird yang bisa anda beli di toko burung. Dan jangan lupa berikan juga pakan seperti jagung muda, buah-buahan,  sayur-sayuran, seperti kangkung. Lakukan secara bergantian.

Kandang Lovebird Lutino


Untuk kandang sendiri sama saja seperti burung lainnya, namun di sarankan untuk memakai kandang besi, karena burung ini gemar sekali menggigit sangkarnya, jika terbuat dari kayu pasti anda tahu apa yang akan terjadi ketika lovebird menggerogiti sangkarnya.

Kemudian jangan lupa agar terus membersihkan kandangnya secara rutin agar lovebird terhindar dari penyakit yang di sebabkan oleh bakteri dari kandang yang kotor. Karena lovebird memang tipe burung yang mudah terserang penyakit, jadi kita harus selalu menjaga kebersihan kandang dan memberikan pakan yang bergizi.

Perawatan Harian Lovebird Lutino


Untuk perawatan rutin harian yaitu memandikan lovebird 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Jangan lupa juga untuk menjemurnya setelah di mandikan. Tidak perlu terlalu lama, cukup 20-30 menit saja dalam menjemurnya dan jangan lebih dari jam 11 siang, karena jika lebih sudah tidak bagus bagi lovebird.

Untuk lebih lengkapnya silakan buka artikel ini Cara Merawat Lovebird Agar Menjadi Juara

Harga Lovebird Lutino


Untuk harga lovebird sendiri memang biasanya naik turun, namun kebanyakan peternak burung menjual lovebird lutino dengan harga seperti berikut ini:

  • Harga lovebird lutino anakan usia 3-4 bulan beriksar antara Rp. 600.000 - Rp. 700.000.
  • Harga lovebird lutino anakan usia 5-7 bulan berkisar antara Rp. 700.000 - Rp. 800.000.
  • Harga lovebird lutino remaja usia 9-10 bulan berkisar antara Rp. 900.000 - Rp. 1.000.000.
  • Harga lovebird lutino yang sudah siap produksi usia 1 tahun berkisar antara Rp. 1.100.000 - Rp. 1.200.000.
  • Harga lovebird lutino yang sudah pernah produksi 1x berkisar antara 1. 250.000 - Rp. 1.350.000.

Dulu harga lovebird lutino cukup tinggi, bahkan anakan yang baru berusia 3 bulan harganya mencapai 2 juta. Namun semakin berjalan waktu dan semakin banyak para penangkar harga menjadi juga menjadi menurun.

Harga diatas tidak bersifat pasti, namun kami perkiraan nominalnya di kisaran harga tersebut. Mungkin tergantung keahlian anda juga dalam menawar dan memilih penjual yang lebih murah.

Demikianlah informasi mengenai lovebird lutino, dari ciri-cirinya, varian jenisnya, cara perawatan yang baik dan benar, hingga harga pasarannya. Semoga dapat membantu teman-teman semua yang baru mulai memelihara lovebird, baik untuk di ikuti perlombaan atau hanya sekedar menjadi peliharaan di rumah saja.

Jika bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Disqus Comments