Cara Mengetahui Perbedaan Lovebird Klep dan Non Klep

Lovebird adalah salah satu dari sekian banyak jenis burung kicau yang ada di Indonesia. Lovebird sendiri mulai populer Di Indonesia sekitar tahun 2010an dan terus berkembang hingga sekarang, di tambah semakin banyaknya jenis lovebird baru dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, semakin menambah kepopulerannya. Lovebird sendiri di bedakan menjadi 2 jenis, yakni lovebird klep dan lovebird non klep.

Lovebird klep yakni jenis lovebird yang berkacamata, sedangkan non klep adalah sebaliknya, yakni non kacamata. Meskipun begitu, masih banyak yang bingung bagaimana cara membedakan lovebird klep dan non klep, terutama bagi pemula yang baru terjun ke dunia lovebird. Ada beberapa ciri fisik lagi yang membedakan antara keduannya selain dari yang di sebutkan diatas.

Perbedaan Lovebird Non Klep dan Klep


Selain berbeda dari lingkar matanya, lovebird non klep dan klep juga memiliki beberapa perbedaan lainnya. Apa saja itu? Berikut dengancara.com berikan informasinya:

Perbedaan Warna Paruh


Salah satu perbedaan antara lovebird klep dan non klep terletak pada warna paruhnya yang berbeda. Jika kita amati, paruh lovebird klep atau kacamata warnanya kemerahan, sedangkan lovebird non kacamata (non klep) warnanya agak kuning atau putih. Akan tetapi hal ini tidak bisa di jadikan patokan pasti, karena jika lovebird sudah di mutasi, baik itu klep atau non klep, biasanya wara paruhnya termutasi dari keduanya.

Baca juga: Ciri-ciri Lovebird Lutino

Suara Kicauannya


Hal lain yang bisa menjadi pembeda antara lovebird non klep dan klep adalah dari suara kicauannya. Jika kita mendengarkan suaranya, maka lovebird klep biasanya lebih panjang durasi ngekeknya dan juga cepat gacor. Lain lagi dengan lovebird non klep, hanya warna tertentu saja yang bisa menghasilkan kicauan yang panjang.

Oleh sebab itu, lovebird klep lebih di minati dan banyak di pelihara, serta selalu di ikutkan lomba burung kicau. Karena suaranya yang khas dan panjang, serta mudah gacor. Sehingg lebih mudah dalam melatihnya agar menjadi juara di perlombaan.

Warna Bulunya


Perbedaan selanjutnya antara lovebird klep dan non klep adalah dari warna bulunya. Jika lovebird klep atau kacamata, memiliki warna standart hijau sampai warna yang indah dan mewah.

Sedangkan lovebird non klep memiliki warna yang sangat beragam dan spesifik berdasarkan warna bulunya, sehingga karena saking banyaknya, penamaan jenis non klep pun sangat spesifik, seperti lovebird hijau muka merah, atau lovebird biru muka putih, dll.

Baca juga: Ciri-ciri Lovebird Pastel Biru

Proses Bertelur


Hal lain yang membedakan lovebird klep dan non klep adalah pada proses bertelurnya. Jika lovebird kacamata secara umum, akan memasuki masa birahi dan siap bertelur sekitar usia 8 bulan hingga 1 tahun.

Sementara lovebird non klep masa bertelurnya lebih cepat di bandingkan lb klep, sebelum usia 8 bulan pun lovebird non klep sudah siap bertelur dan berproduksi.

Perbedaan Bentuk Tubuh


Cara membedakan lovebird kacamata dan non kacamata berikutnya adalah dengan melihat ukuran tubuhnya. Lovebird klep memiliki postur tubuh yang berbeda dengan ukuran tubuh lovebird non kacamata pada umumnya lebih kecil di bandingkan dengan ukuran jenis non klep. Ukuran tubuh lovebird non kacamata lebih besar dan panjang.

Perbedaan Lingkar Mata


Untuk perbedaan terakhir yang akan kami sampaikan adalah di lihat dari lingkar matanya. Jika lovebird klep (kacamata) memiliki lingkar mata yang tebal, sedangkan pada lovebird non klep (non kacamata) lingkar mata tersebut tidak ada sama sekali. Lain halnya dengan lovebird barong yang merupakan hasil kawin silang antara lovebird klep dan non klep. Jika lovebird barong, lingkar matanya sedikit terlihat, namun tipis.

Dengan perbedaan-perbedaan pada kedua jenis lovebird tersebut, sehingga banyak yang memilih untuk memelihara lovebird klep di bandingkan dengan non klep. Hal ini bukan tanpa alasan, karena lovebird yang sering mengikuti lomba kebanyakan adalah lovebird klep yang memiliki suara nyaring dan ngekeknya panjang.

Namun bukan berarti lovebird non klep tidak ada peminatnya, salah satu keunggulan lovebird non klep adalah pada proses bertelurnya yang sangat cepat. Jika jenis kacamata, mulai bisa bertelur saat usianya mencapai 8 bulan - 1 tahun, jenis non klep bisa lebih cepat dari waktu tersebut. Sehingga lebih mudah berkembang biak.

Demikianlah informasi mengenai cara terbaru membedakan lovebird klep dan non klep. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi teman-teman yang baru atau pemula dalam memelihara lovebird.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ya. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Disqus Comments