Cara Paling Ampuh Memilih, Merawat dan Setting Lovebird Paud


Lovebird paud merupkan sebutan untuk lovebird yang masih anakan atau masih muda. Untuk mendapatkan lovebird yang kualitasnya baik dan siap fighter saat lomba, maka harus dilakukan perawatan sejak masih kecil. Sebetulnya untuk lovebird paud atau balibu tidak disarankan untuk mengikuti lomba terlalu sering. Hal tersebut dapat berdampak kurang baik bagi lovebird itu sendiri.

Namun jika dilakukan sesekali bisa dikatakan wajar, karena untuk melihat sejauh mana perkembangan lovebird paud ini. Apakah sesuai ekspektasi kita atau tidak. Tujuan mengikuti lomba lovebird paud ini juga untuk melatih mental dan kekuataan, apakah suatu saat layak untuk mengikuti lomba adu ngekek atau tidak.

Jika lovebird kalian di khusukan untuk mengikuti lomba ngekek, tentunya burung harus memiliki mental yang baik, memiliki sifat fighter, dan durasi ngekek yang panjang serta berirama. Untuk melatih supaya lb cepat mempunyai sifat fighter yaitu harus dilakukan sejak usia din atau paud.

Akan lebih baik lagi jika kita memilih anakan lovebird atau lb paud dari trah jawara, agar sifat fighter yang sudah di miliki induknya bisa turun pada anakannya karena ini cukup mempengaruhi, sehingga untuk melatihnya pun tidak terlalu sulit. Karena banyak orang yang merasa telah sia-sia merawat dan melatih lovebird paud namun hasilnya tidak sesuai harapan. Mungkin salah satu penyebannya adalah lb paud anda bukan berasal dari trah jawara.

Baca juga: Cara Ampuh Membuat Lovebird Konslet

Cara Memilih Lovebird Paud Bermental Juara


Bagi para pemula mungkin sedikit kesulitan atau bingung, bagaimana cara mengetahui lovebird paud tersebut berasal dari trah juara atau bukan. Oleh karena itu dengancara.com akan berikan informasi, bagaimana cara memilih lovebird paud agar bermental juara:

  • Pertama pilih lovebird paud yang lebih aktif dari yang sejenisnya. Jangan memilih lovebird yang kebiasannya hanya tidur dan terlihat kurang bugar.
  • Kemudian dari segi fisiknya, lovebird paud yang baik adalah mempunyai leher panjang dan lebar.
  • Pada bagian sayapnya selalu rapat dan tidak mekar.
  • Bagian kakinya tidak ada lecet dan cakarnya bagus saat mengeggam tangkringan.
  • Kemudian mata lovebird yang baik adalah tatapannya tajam, dan matanya bersih.
  • Lovebird lebih sering ngekek berapapun durasinya.
  • Lovebird paud bermental juara memiliki kemampuan latah yang baik, ketika di putar lagu masteran akan mudah menyahut.

Artikel lainnya: Ciri-ciri Lovebird Mouve

Cara Merawat Lovebird Paud Yang Baik


Setelah mengetahui dan yakin bahwa lovebird paud yang anda miliki adalah lb yang berasal dari trah juara, berikut ada beberapa tips atau cara yang bisa anda lakukan untuk melatih lovebird paud agar cepat memunculkan mental juaranya:

  • Jika anda memiliki lovebird paud sendiri, maka perawatan hariannya yaitu memasukan lovebird pada kandang battery selama 2-3 minggu. Kemudian berikan 2 tangkringan lengkap dengan pakan dan tempat minumnya.
  • Kemudian pakan harian lovebird cukup berikan milet putih dan jagung muda dan berikan juga EF (Extra Fooding) berupa kangkung, kuaci, daun bayam, daun binahong dll. Namun jangan terlalu sering, sesuaikan dengan kondisi lovebird.
  • Mandikan lovebird dalam keramba di sangkar. Lakukan pemandian secara rutin setiap pagi hari, agar nafas lovebird terlatih dan ngekeknya pun lebih panjang.
  • Setelah pemandian, jangan lupa untuk menjemurnya agar lebih sehat dan rajin berbunyi.
  • Kemudian angin-anginkan lb di tempat yang ramai, seperti di pinggir jalan yang banyak motor lalu lalang, hal ini bertujuan agar mentalnya baik dan tidak takut dengan keramaian. Intinya perkenalkan lovebird dengan suara-suara kehidupan sekitar agar memiliki mental yang bagus.
  • Jangan mempertemukan lb paud dengan lovebird lain dulu, namun jika suaranya saja tidak masalah. Hal ini supaya suatu ketika dipertemukan, lovebird akan girang dan berbunyi karena bertemi dengan sesama jenisnya.
  • Perkenalkan juga lb baby pada suasana lapangan, karena suasana di rumah dengan di lapangan akan sangat berbeda. Hal ini bertujuan supaya lovebird lebih cepat beradaptasi dengan suasana perlombaan, sehingga saat di lombakan lovebird sudah terbiasa dan tidak demam panggung.

Cara Melatih Lovebird Paud Agar Memiliki Sifat Fighter


Setelah tadi kita mengetahui cara merawat lovebird paud atau balibu yang benar, sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai cara melatih lb paud agar mengeluarkan sifat fighter, berikut informasinya:

  • Agar lovebird paud bisa mengeluarkan sifat fighternya, yang harus kita lakukan adalah memberinya pakan protein dan karbohidrat yang seimbang. Anda bisa memberinya milet putih, 1/4 jagung muda, dan 1 batang kangkung. Untuk pakan tambhannya anda bisa memberikan saat lb berusia 1,5 - 3 bulan.
  • Tips berikutnya adalah dari segi pemandian. Lebih baik lovebird tidak di mandikan dengan cara menggunakan semprotan, akan tetapi di latih mandi sendiri di dalam keramba di kandangnya.
  • Pada proses penjemuran lebih baik tidak langsung di jemur pada tempat yang terkena sinar matahari langsung, namun angin-anginkan dulu hingga tubuhnya setengah kering baru jemur dengan durasi 20 - 30 menit. Saat penjemuran harus dibawah jam 11 siang.
  • Kemudian saat proses penjemuran lebih baik dilakukan di atas lantai, namun dengan penjagaan yang ketat supaya tidak di serang oleh predator seperti tikus, kucing, ular, dan binatang lainnya.
  • Kemudian pemasteran dilakukan pada pukul 10.00 -16.50 di tempat yang ramai. Setelah di master, kemudian lovebird paud di kerodong full, kemudian jam 05.00 buka kerodong untuk melakukan pengembunan.
  • Lakukan hal diatas secara rutin.

Baca juga: Inilah Jenis Lovebird Termahal 2018


Settingan Lovebird Paud Menjelang Lomba


Setiap pemilik lovebird yang hendak melombakan burungnya, pasti akan melakukan setting pada lovebirdnya agar kondisinya fit saat lomba dan juga siap tempur. Berikut settingan lovebird paud menjelang lomba:

  • Proses perawatan lovebird menjelang lomba adalah dengan memandikan dan menjemurnya pada hari senin-kamis saja. Kemudian pakannya berikan milet putih dan minumnya air putih.
  • Kemudian tidak ada salahnya juga lb dibawa ke gantangan.
  • Lalu pada hari kamis sore hingga minggu lovebird tidak di mandikan dan di jemur, namun lovebird dikerodong full dan simpan di tempat yang nyaman serta sejuk dan bis juga di putar musik masteran. Tapi tetap harus diperhatikan pakan dan minumnya, jangan sampai habis dan kotor.
  • Bila perlu, pada hari sabtu berikan satu tetes madu murni ke air minum lovebird.
  • Pada hari minggunya saat ingin mengenalkan suasana lomba, bersihkan kandang dari sisa makanan dan minuman, kemudian lovebird paud bawa ke tempat lomba atau ke lapangan.
  • Saat sudah sampai lapangan, usahakan memilih nomor gantangan di pinggi lapang, sebab untuk lomba lovebird paud pertama ini untuk melihat karakter lb dan juga mentalnya.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana cara merawat, melatih dan settingan lovebird paud agar memiliki sifat fighter. Jadi pada intinya dalam melatih lovebird paud harus memiliki kesabaran dan jangan terburu-buru. Ikuti lomba jika lovebird benar-benar sudah siap.

Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya, semoga sukses dan salam kicau mania.

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments