Skip to main content

follow us

Antibiotik untuk sakit gigi biasanya akan di berikan oleh dokter supaya nyeri yang di akibatkan karena berbagai faktor penyebab seperti gigi berlubang, gigi retak, atau infeksi pada gigi bisa teratasi. Sudah kita ketahui bahwa sakit gigi sangat menyiksa kita dan akan menganggu aktivitas, terlebih jika di rasakan pada malam hari yang membuat waktu tidur terganggu.

Meskipun antibiotik cukup ampuh untuk mengatasi sakit gigi, namun kita tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsinya. Sebetulnya antibiotik jangan dilakukan sendiri tanpa rekomendasi atau resep dari dokter dan dilarang membelinya secara bebas. Hal ini karena tidak semua jenis antibiotik bisa digunakam untuk mengatasi permasalahan gigi.

Memang banyak sekali Obat Sakit Gigi baik itu alami atau pun yang di jual bebas di apotik atau di warung-warung. Obat seperti itu bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi, akan tetapi biasanya hanya bersifat sementara, sehingga rasa sakit bisa saja muncul kembali. Oleh karena itu, antibiotik adalah cara yang lebih pasti untuk mengobati sakit gigi.

Pada kesempatan sebelumnya kami juga sudah membahas mengenai Cara Mengatasi Gigi Berlubang secara alami dan medis. Sekarang kami akan kupas informasi yang lebih spesifik lagi, yakni jenis antibiotik apa yang di sarankan oleh dokter untuk sakit gigi yang terbukti aman, manjur dan ampuh.

Jenis Antibiotik Untuk Sakit Gigi


Meskipun antibiotik cukup ampun untuk mengatasi sakit gigi, akan tetapi tidak semua jenis antibiotik cocok untuk sakit gigi, berikut adalah beberapa jenis antibiotik yang di sarankan oleh dokter untuk sakit gigi:

1. Penisilin V


Antibiotik untuk sakit gigi yang bisa kita gunakan adalah penisilin v. Antibiotik ini biasanya untuk awal kemunculan sakit gigi, dalam arti masih versi awal. Penisilin dapat membasmi bakteri, terutama bakteri penyebab sakit gigi. Namun jika anda ingin menggunakan obat ini, harus siap teratur mengkonsumsinya, yakni 4 kali sehari. Jika kita lupa atau terlewat mengkonsumsinya, maka obat ini tidak akan bekerja maksimal, selain itu juga banyak bakteri yang kebal dengan penisilin.

2. Amoksisilin


Pada dasarnya amoksisilin juga merupakan kelompok dari penisilin, yang fungsinya membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi pada gigi. Amoksisilin akan bekerja dengan menghancurkan bakteri dalam berkembang biak dan melawan pembentukan dinding sel bakteri.

Agar infeksi bakteri dapat teratasi, maka di sarankan mengkonsumsi obat ini sebanyak 3 kali sehari dengan rutin dan teratur. Meskipun begitu, anjuran berapa lama untuk mengkonsumsi obat ini pada setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, anda silakan berkonsultasi dengan dokter untuk lebih jelasnya seperti apa.

Jika berkonsultasi dengan dokter, maka akan disesuaikan penggunaan amoksisilin pada penderita sakit gigi, sesuai kondisinya masing-masing. Selalu ikuti petunjuk dokter dalam menngkonsumsi dan berapa lama jangka waktu obat ini di konsumsi, karena jika tiba-tiba berhenti mengkonsumsi amoksisilin tanpa anjuran dokter, akan membuat infeksi kembali timbul, dan bisa jadi bakteri akan lebih kebal terhadap antibiotik.

3. Erythtromycin


Erythtromycin merupakan salah satu antibiotik untuk sakit gigi yang bisa digunakan jika anda alergi terhadap antibiotik jenis penisilin, seperti kedua obat diatas. Erythromycin sendiri merupakan kelompok dari antibiotik macrolide yang mampu mengatasi gigi bernanah, infeksi gigi, dll.

Erythtromycin sendiri ada yang berupa tablet, kapsul, dan cair. Pemakaiannya bisa 2 hingga 4 kali sehari, tergantung dari tingkat keparahan infeksi pada gigi. Untuk lebih jelasnya silakan konsultasi dengan dokter.

4. Antibiotik Doxycycline


Antibiotik doxycycline adalah obat yang merupakan hasil kombinasi dari asam klavulanat dan amoksisilin. Untuk kalian yang mengalami masalah pada gusi biasanya akan di berikan obat ini oleh dokter. Fungsi doxycycline adalah dapat menghindari infeksi dan juga mengurangi gangguan pada gusi. Gunakan obat ini secara teratur sesuai petunjuk dokter.

5. Antibiotik Clindamycin


Antibiotik untuk sakit gigi yang cukup ampuh berikutnya adalah Clindamycin. Antibiotik ini dapat mengatasi infeksi yang serius pada gigi yang diakibatkan oleh infeksi. Clindamycin juga merupakan tergolong obat infeksi gigi serius yang sulit di obati menggunakan antibiotik lainnya. Untuk pemakaiannya selalu ikuti anjuran dokter atau anjuran yang tertera pada kemasan.

6. Metronidazole


Metronidazole merupakan obat antibiotik lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi dan gusi. Di beberapa negara metronidazole di pasarkan dengan merek Flagyl. Obat ini cukup ampuh untuk menghilangkan bakteri pada gusi yang menyebabkan gusi bengkak dan bernanah.

Ketika anda mengkonsumsi obat ini, maka sebaiknya hindari pemakaian alkoh*l. Karena dapat meyebabkan gangguan kesehatan dan membuat obat bekerja tidak maksimal.

7. Tetrasiklin


Antibiotik untuk sakit gigi yang terakhir kita bahas adalah tetrasiklin. Obat ini berada satu golongan dengan doxycycline, yang dapat mengatasi penyakit Periodontitis. Penyakit tersebut infeksinya gusi dan mengakibatkan rusaknya jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.

Efek dari tetrasiklin ini sendiri dapat mengakibatkan perubahan warna  gigi pada anak-anak menjadi kuning kecoklatan atau abu-abu. Jadi sebaiknya hindari penggunaan obat ini pada anak di bawah usia 8 tahun.

Aturan Mengkonsumsi Antibiotik Untuk Sakit Gigi


Kegunaan antibiotik untuk mengatasi bakteri penyebab infeksi pada gigi dan gusi memang sangat ampuh, namun kita harus mengikuti aturan penggunaannya dan harus dengan petunjuk dokter. Karena dokter sudah mengetahui tentang kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat antibiotik dan kapan pula harus berhenti mengkonsumsinya.

Kebanyakan orang jika sudah merasa sakit giginya hilang, maka akan berhenti mengkonsumsi antibiotik, walaupun jangka waktu yang di tentukan belum selesai. Jika melakukan hal yang seperti ini biasanya infeksi tidak akan sembuh secara maksimal, bahkan bisa membuat bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik.

Demikianlah informasi mengenai jenis obat antibiotik untuk sakit gigi yang ampuh dan disarankan oleh para dokter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kalian yang sedang disiksa oleh sakit gigi.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel kesehatan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar