Biaya Membersihkan Karang Gigi Terbaru 2018

Biaya membersihkan karang gigi di tiap tempat berbeda-beda, baik di dokter, di puskesmas, dan di klinik gigi swasta. Perbedaan harga tersebut tergantung fasilitas yang di berikan, dari yang termurah sampai yang termahal. Waktu yang di butuhkan untuk melakukan pembersihan karang gigi (scalling) juga bervariasi, namun biasanya sekitar 30 menit.

Meskipun umumnya berdurasi 30 menit, akan tetapi bisa juga memakan waktu lebih lama dari itu, apabila karang gigi semakin banyak dan sulit di jangkau, maka durasi pembersihan karang gigi pun semakin lama. Saat dilakukan pembersihan, rasanya memang cukup sakit, namun rasa sakit hanya sebentar saja, setelah itu anda akan merasa lebih nyaman karena karang gigi sudah bersih.

Berapa Biaya Membersihkan Karang Gigi?


Meskipun kita sudah rutin menggosok gigi namun kadang tetap saja karang gigi tersebut muncul. Hal ini bisa jadi karena teknik menggosok gigi yang salah, sehingga tidak semua sisa makanan tersapu oleh sikat gigi dan mengeras menjadi plak gigi. Namun memang tidak cukup jika hanya menggosok gigi saja, tanpa perawatan lain. Oleh karena itu kita juga harus rutin memeriksakan gigi ke dokter, paling tidak 6 bulan sekali.

Baca juga: Cara Menggosok Gigi Yang Benar

Bayangkan saja orang yang sudah rutin menggosok gigi saja masih terdapat karang gigi, bagaiamana dengan yang tidak atau jarang menggosok gigi? Tentu saja tingkat keparahannya lebih tinggi. Penyebab utama karang gigi adalah karena kurangnya perawatan pada gigi dan mulut, merokok, terlalu sering minum kopi, dll.

Dampak buruk yang dihasilkan oleh karang gigi adalah dapat mengakibatkan gigi berlubang dan juga gigi kuning. Apalagi jika sudah memumpuk dan mengeras, maka sudah seharusnya melakukan pembersihan karang gigi atau scalling. Nah, yang jadi pertanyaan anda mungkin berapa sih biaya membersihkan karang gigi ke dokter? Dan apakah harganya murah atau mahal?.

Biaya dan Harga Membersihkan Karang Gigi Terbaru


Jika kita berbicara masalah harga untuk membersihkan karang gigi, maka itu adalah relatif. Karena tidak ada standar yang memastikan biaya untuk membersihkan karang gigi, jadi di setiap tempat bisa berbeda-beda harganya.

Teknik membersihkan karang gigi yang di lakukan oleh dokter adalah dengan menggunakan alat khusus yang canggih. Sehingga ada yang mematok tarif membersihkan karang gigi dengan cukup mahal. Berikut adalah data perkiraan mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membersihkan karang gigi:

Puskesmas: Kisaran biayanya adalah Rp. 80.000 - Rp. 150.000.
Rumah sakit: Kisaran biayanya adalah Rp. 80.000 - Rp. 800.000.
Klinik gigi swasta: Kisaran biayanya adalah Rp. 200.000 - Rp. 800.000.
BPJS kesehatan: Gratis untuk 1 tahun sekali.

Jika kita lihat dari daftar biaya pada puskesmas, rumah sakit, dan klink gigi swasta. Maka puskesmas memang menawarkan harga yang paling murah di antara ketiganya. Akan tetapi tidak semua puskesmas melayani pemebersihan karang gigi.

Baca juga: Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Fungsinya

Sekarang tinggal anda yang memilih, apakah ingin membersihkan karang gigi di puskesmas, rumah sakit, atau klinik pribadi. Harga yang di tawarkan dengan cukup tinggi diatas sudah pasti dengan fasilitas yang tinggi juga dan alat super canggih.

Membersihkan Karang Gigi Alami


Apabila anda ingin mencoba melakukan pembersihan karang gigi sendiri di rumah tanpa perlu ke dokter, maka bisa menggunakan cara-cara alami yang di percaya cukup efektif.

Bahan-bahan alami yang di percaya cukup ampuh menghilangkan karang gigi adalah garam, baking soda, jambu biji, cengkeh, kulit jeruk, dll. Untuk lebih jelasnya bisa langsung membuka artikel ini Cara Menghilangkan Karang Gigi Paling Ampuh. Di artikel tersebut sudah di jelaskan secara rinci, bagaimana membuat ramuan untuk menghilangkan karang gigi.

Demkianlah informasi kali ini mengenai biaya membersihkan karang gigi terbaru di puskesmas, rumah sakit, dan klinik pribadi. Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, dan bisa lebih rajin lagi menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih bermanfaat lagi ya. Sampai jumpa pada artikel kesehatan lainnya, semoga suksea dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments