12 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Secara Alami dan Medis

Cara mengatasi gigi berlubang bisa dengan berbagai metode, baik itu alami atau pun dengan bantuan medis. Gigi yang berlubang merupakan salah satu tanda gigi yang kurang terawat, dan efeknya gigi akan terasa sakit dan ngilu, apalagi jika mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas dan dingin.

Jika tidak dilakukan penanganan, maka gigi berlubang akan berpotensi semakin besar dan pastinya akan semakin menyiksa diri kita sendiri. Penyebab gigi berlubang adalah karena plak yang timbul karena tumpukan dari kuman dan bakteri. Jika bakteri tertinggal pada mulut, maka air liur dan asam akan menjadi satu, sehingga timbul plak yang kemudian merusak gigi, dan lambat laun akan menyebabkan gigi berlubang.

Pada artikel yang lalu dengancara.com telah membahas mengenai perawatan Kesehatan Mulut dan Gigi. Nah, kali ini kami akan bahas bagaimana cara mengobati dan mengatasi gigi berlubang yang paling efektif.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang



Gigi berlubang umumnya tidak akan terasa sakit, namun jika semakin membesar akan memengaruhi syaraf gigi. Oleh karena itu kita jangan anggap enteng gigi berlubang, karena jika sudah sakit, maka rasanya bukan main dan tingkat emosi pun akan meningkat.

Kami akan berikan cara mengatasi gigi berlubang dengan cara alami dan juga medis, berikut informasinya:

1. Obat Sakit Gigi Berlubang Jeruk Nipis


Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi, yang bermanfaat dan cukup ampuh untuk meredakan sakit akibat gigi berlubang.

Cara pemakaiannya sangat mudah, yakni teteskan jeruk nipis pada sendok makan, lalu tuangkan pada gigi yang berlubang dan diamkan hingga 10 menit, lakukan secara terus menerus agar sakit gigi bisa reda.

2. Merica


Merica adalah salah satu bumbu dapur yang ternyata dapat menjadi obat sakit gigi berlubang alami. Merica memang sudah dikenal sejak zama dulu bisa mengatasi sakit gigi, dan tradisi itu turun temurun hingga sekarang.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, yakni campurkan merica dan garam secukupnya, kemudian aduk dengan beberapa tetes air hingga membentuk pasta. Setelah tercampur rata, oleskan atau tempelkan pasta tersebut pada gigi berlubang yang sakit selama beberapa menit. Lakukan setiap hari hingga sakit gigi mereda.

4. Sereh atau Serai


Salah satu bahan dapur yang bermanfaat sebagai obat sakit gigi berlubang alami adalah sereh atau biasa disebut serai. Untuk cara pemakaiannya adalah dengan merebus sekitar 40 gr sereh segar dengan 2 gelas air bersih. Tunggu hingga airnya tersisa 1 gelas saja. Lalu gunakan air rebusan sereh tersebut untuk berkumur 2 kali sehari.

5. Bawang Putih


Cara mengatasi gigi berlubang dengan bawang putih cukup banyak digunakan oleh masyarakat dan memang hasilnya dapat meredakan nyeri dan ngilu akibat gigi berlubang.

Cara memanfaatkan bawang putih untuk obat sakit gigi adalah dengan menumbuknya, kemudian tempelkan pada gigi yang berlubang selama beberapa menit, lakukan setiap hari sampai rasa sakit hilang.

6. Daun Cengkeh


Daun cengkeh memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat menghilangkan sakit gigi, selain itu juga cengkeh dapat mengatasi peradangan, karena mengandung sifat anti inflamasi.

Cara menggunakan cengkeh untuk mengatasi gigi berlubang adalah dengan menyeduh beberapa helai daun cengkeh yang sudah dibersihkan dengan air panas, kemudian lumatkan dan peras menggunakan kain. Setelah itu basahi kapas dengan air tersebut, lalu tempelkan pada gigi yang berlubang.


7. Teh Hangat


Selain digunakan sebagai Cara Menghilangkan Mata Panda, ternyata teh hangat juga bisa membasmi bakteri-bakteri di mulut dan meredakan sakit akibat gigi berlubang. Namun perlu di ingat, teh hangat ini tidak di campur dengan gula, jadi gunakan yang alami tanpa campuran.

Teh hangat juga dapat mengurangi peradangan karena memiliki sifat anti inflamasi. Untuk cara penggunannya, yakni tempelkan kantung teh hangat pada gusi atau gigi yang berlubang selama beberapa menit, lakukan secara rutin hingga nyeri hilang.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Secara Medis


Jika cara-cara diatas adalah metode alami, sekarang kita bahas juga cara mengobati gigi berlubang dengan bantuan medis, berikut informasinya:


8. Penambahan Flourida


Cara yang satu ini dapat anda gunakan jika lubang pada gigi masih kecil atau masih tahap awal. Flourida sendiri bisa mengembalikan enemel gigi, zat ini bentuknya bisa berupa cairan atau busa. Flourida ini di simpan pada wada kecil yang seukuran dengan gigi yang berlubang, atau dengan menyikatkannya pada gigi.

Flourida yang langsung diberikan oleh dokter pastinya berbeda dengan flourida yang ada pada pasta gigi atau pun obat kumur. Flourida dari dokter memiliki konsentrasi lebih kuat.

9. Crown Gigi


Crown gigi adalah salah satu cara mengatasi gigi berlubang secara medis dengan bantuan dokter gigi. Biasanya jika lubang pada gigi sudah cukup parah, maka akan diganti dengan crown (mahkota) gigi.

Jadi dengan menggunakan crown, maka gigi akan terlihat seperti semula. Ukuran crown sendiri di sesuaikan dengan gigi yang rusak tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan langsung datang ke dokter gigi untuk berkonsultasi.

10. Tambal Gigi


Jika gigi berlubang anda belum terlalu parah dan masih bisa untuk di tambal, maka saya pribadi menyarankan untuk menambal gigi berlubang tersebut. Karena dengan tambalan tersebut sangat membantu sekali dalam mengatasi gigi berlubang. Namun jika gigi sudah di tambal, perhatikan apa yang akan anda makan, jangan sampai mengkonsumsi makanan yang terlalu keras, sehingga membuat tambalan rusak.

11. Tambal Akar Gigi


Penambalan akar gigi dilakukan apabila kerusakan gigi sudah mencapai akar. Hal ini perlu dilakukan agar gigi yang rusak dan terinfeksi dapat di perbaiki dan menghilangkan rasa sakitnya. Jadi bagian akar yang rusak akan di ganti atau di tambal. Mungkin anda akan membutuhkan crown gigi untuk menopang akar gigi.

12. Cabut Gigi


Cara mengatasi gigi berlubang dengan cabut gigi adalah salah satu cara dilakukan ketika keadaan gigi sudah terlanjur parah, sehingga tidak bisa di pertahankan lagi dan harus di buang. Akan tetapi setelah mencabut gigi akan ada ruang kosong dan kemungkinan gigi bisa bergeser. Sehingga anda bisa mempertimbangkan menggunakan gigi palsu setelah cabut gigi, supaya struktur gigi tidak berantakan nantinya.

Demikianlah informasi cara mengatasi gigi berlubang secara alami dan medis yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan lebih rajin lagi merawat gigi agar tidak sampai berlubang.

Jangan takut untuk selalu memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali agar perawatan lebih maksimal, dan ketika ada masalah bisa langsung diatasi. Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan berikutnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments