7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Terbukti Ampuh

Banyak sekali metode yang digunakan sebagai cara mengatasi gigi ngilu, baik itu cara alami atau pun medis. Jika anda pernah atau sedang mengalami gigi ngilu, maka kemungkinan gigi anda adalah gigi yang sensitif, sehingga saat menggosok gigi, makan dan minum terasa ngilu.

Keadaan seperti ini tentu saja akan menganggu dan menyiksa kenyamanan kita, terutama saat menyantap makanan dan minuman menjadi tidak leluasa karena timbulnya rasa ngilu. Namun sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengobati gigi ngilu, lebih baik kita ketahui dulu kenapa gigi menjadi sensitif dan menyebabkan rasa ngilu.

Penyebab Gigi Ngilu dan Sensitif



Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi sensitif sehingga timbul rasa ngilu yang menyakitkan:

1. Cara Menyikat Gigi yang Salah


Penyebab yang pertama adalah bisa karena cara yang salah saat menyikat gigi. Hal ini memang terlihat sepele, akan tetapi banyak yang mengabaikannya dan terus menerus melakukan cara penyikatan gigi yang keliru. Contohnya seperti menyikat gigi terlalu kuat dan kasar.

Menyikat gigi dengan keras tujuannya ingin gigi bersih, namun yang di dapat malah gigi sensitif. Dengan menyikat gigi terlalu kuat, maka gigi akan semakin sensitif dan menimbulkan rasa ngilu. Jadi jangan keliru dalam menyikat gigi, silakan pelajari bagaimana cara menyikat gigi yang benar.

2. Makanan Asam


Hal berikutnya yang dapat menyebabkan gigi sensitif adalah karena asupan makanan asam terlalu berlebihan. Mungkin awal-awal akan biasa saja, namun suatu saat gigi ngilu tersebut bisa saja muncul.

Makanan asam dapat membuat email gigi menjadi terkikis, dan email gigi merupakan pelindung akar gigi. Jadi jika hal ini terjadi, maka dentin akan terbuka sehingga menimbulkan rasa ngilu. Apalagi jika gigi anda sudah sensitif lebih baik hindari makanan asam agar kondisi gigi tidak semakin parah.

3. Pemakaian Obat Kumur


Pada dasarnya pemakaian obat kumur adalah hal yang bagus karena dapat menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Karena obat kumur bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Namun jika pemakaian obat kumur terlalu berlebihan, maka akan menimbulkan suatu masalah pada gigi.

Tujuan menggunakan obat kumur adalah agar mulut dan gigi menjadi lebih bersih dan terhindar dari bau mulut, akan tetapi obat kumur tersebut mengandung asam yang dimana sudah di jelaskan bahwa asam dapat merusak gigi jika berlebihan. Dengan begitu gigi jadi semakin sensitif.

4. Pasta Gigi yang Salah


Banyak sekali produk pasta gigi yang tersebar luas di pasaran, namun tidak semua pasta gigi cocok dengan kondisi gigi anda. Terlebih jika kondisi gigi anda memang sensitif, bisa jadi malah pasta gigi tersebut yang menyebabkan gigi menjadi ngilu.

Sebaiknya jika gigi anda sensitif, hindari penggunaan pasta gigi pemutih. Karena biasanya bahan yang digunakan dari produk pasta gigi pemutih mengandung baking soda dan peroksida yang membuat gigi menjadi lebih sensitif.

5. Penggunaan Sikat Gigi yang Salah


Selain cara menyikat gigi dan pasta gigi yang salah, penggunaan sikat gigi pun bisa menjadi salah satu penyebab gigi sensitif. Karena tidak semua sikat gigi itu pas dengan gigi kita, ada yang bulu sikatnya yang terlalu kaku dan keras, sehingga meskipun menggosok gigi dengan pelan pun masih ada kemungkinan terasa keras di gigi.

6. Faktor Lainnya


Selain beberapa faktor diatas, masih ada juga gigi ngilu yang diakibatkan oleh kondisi medis, seperti  gigi retak, gigi berlubang, gigi membusuk, penyakit gusi, kebiasaan menggeratakkan gigi, plak gigi berlebih, dan pengaruh usia.

Baca juga: Cara Merapikan Gigi Maju

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Paling Ampuh



Setelah kita mengetahui berbagai macam penyebab gigi ngilu, sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengobati gigi ngilu tersebut, silakan simak informasinya:

1. Pilih Pasta Gigi yang Tepat


Tadi sudah kita bahas diatas bahwa salah satu penyebab gigi ngilu adalah karena pemilihan pasta gigi yang salah. Usahakan untuk memilih pasta gigi yang cocok untuk gigi anda. Jika sensitif maka pilihlah formula pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, karena dapat membantu meredakan gigi ngilu.

2. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Asam


Jika anda adalah tipe orang yang suka mengkonsumsi makanan asam,  maka usahakan untuk mengurangi asupan makanan asam agar gigi ngilu setidaknya bisa berkurang. Selain makanan asam, makanan atau minuman dingin pun jika bisa di kurangi atau di hentikan.

3. Flouride


Apabila anda datang ke dokter gigi, maka dokter akan gigi anda yang sensitif tersebut dengan flouride. Selain itu dokter pun akan memberikan resep supaya bisa kita gunakan di rumah supaya dapat menguatkan email gigi, sehingga rasa ngilu bisa teratasi.

Baca juga: Jenis Antibiotik Untuk Sakit Gigi

4. Beda Gusi


Cara mengatasi gigi ngilu selanjutnya adalah dengan melakukan bedah gusi. Akar gigi yang sudah kehilangan lapisan gusi akan mengakibatkan gigi ngilu. Salah satu solusi yang bisa di lakukan adalah dengan mengambil gusi dari area yang lain untuk di pasang pada tempat yang hilang tersebut.


5. Mengikat dan Menebalkan


Jika anda ke dokter gigi, selain di lakukan flouride, ada juga cara lainnya untuk mengatasi gigi ngilu, yakni dengan mengikat atau menebalkan permukaan akar gigi. Anda tidak perlu khawatir jika melakukan ini, karena dokter akan menggunakan bius lokal.


6. Perawatan Saluran Akar Gigi


Biasanya cara ini dilakukan apabila perawatan lain masih tidak mampu untuk meringankan gigi ngilu atau cara lain tidak bekerja maksimal, sementara itu rasa ngilu pada gigi masih anda rasakan.


7. Menjaga Kesehatan Gigi


Cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan selalu menjaga kesehatan gigi, yakni menyikat gigi secara rutin dengan cara yang benar, dengan bulu sikat yang tidak terlalu keras, dan pasta gigi yang cocok.

Hindari menggosok gigi secara berlebihan, bedakan antara rutin dan berlebihan. Kemudian hindari juga menggeretak gigi hingga menyebabkan gigi retak dan sensitif. Selalu minum air putih setelah mengkonsumsi susu, atau makanan dan minuman yang mengandung asam.

Selain itu juga jangan langsung menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam, karena ketika baru saja mengkonsumsi asam akan menbuat email gigi menjadi lunak dan mudah terkikis ketika di sikat.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi gigi ngilu dengan beberapa metode yang bisa anda lakukan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kalian yang sedang mengalami gigi ngilu, semoga lekas sembuh.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ya supaya lebih banyak lagi orang yang mengetahui cara mengatasi gigi ngilu. Sampai jumpa pada artikel kesehatan berikutnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments