4 Cara Mengatasi Lovebird Galak dan Agresif

Cara Mengatasi Lovebird Galak - Binatang adalah makhluk hidup yang diberikan nafsu namun tidak memiliki akal, sehingga kadang ada binatang yang sepertinya sudah sangat dekat dengan majikannya, namun kadang ia masih suka menyerang majikannya tersebut.

Hal ini juga bisa terjadi pada lovebird dengan berbagai macam sebab. Walaupun tindakan seperti ini bukan suatu hal yang langka, namun tetap saja membuat kita bingung bagaimana cara supaya lovebird ini tidak agresif dan galak. Bahkan lovebird ketika marah akan merusak apapun yang ada di dekatnya. Sangkar pun tak jarang di rusak oleh perilaku lovebird yang sedang dalam masa galak ini.

Oleh karena itu sangat disarankan jika membuat kandang untuk lovebird jangan menggunakan bahan yang mudah di rusak seperti kayu. Lovebird yang galak biasanya akan malas untuk berbunyi dan akan menjadi sangat agresif jika kita dekati. Lalu apa sih yang menjadi penyebab lovebird galak dan menjadi agresif?.

Baca juga: Ciri-ciri Lovebird Holland

Penyebab Lovebird Galak dan Agresif


Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan lovebird menjadi galak dan agresif:

  • Kurang perhatian dan kasih sayang.
  • Birahi lovebird yang sedang tinggi.
  • Majikan yang melakukan perawatan terlalu kasar.
  • Lovebird belum terbiasa dengan lingkungan baru.
  • Lovebird sedang mengerami telur.
  • Tidak di jinakkan.
  • Terlalu sering di jahili dengan tangan.
  • Lovebird sedang stress.
  • Lovebird kelaparan

Cara Mengatasi Lovebird Galak dan Agresif


Setelah mengetahui beberapa penyebab yang dapat menjadikan lovebird galak dan agresif, berikut dengancara.com akan memberikan beberapa tips atau cara mengatasi lovebird galak:

1. Mengatur Birahi Lovebird


Sudah dikatakan tadi bahwa salah satu penyebab lovebird galak adalah karena over birahi. Oleh karena itu kita harus dapat mengatur birahi lovebird. Namun bukan berarti setiap lovebird galak diakibatkan karena over birahi. Karena banyak yang bisa menyebabkan lovebird menjadi galak dan agresif.

Ciri-ciri lovebird yang sedang over birahi bisa kita lihat dari tingkah lakunya, seperti sering gesek tangkringan, sering turun ke dasar tangkringan, ngeruji, dan untuk yang betina terlihat selalu mengepakkan sayapnya.

Bagi lovebird galak yang diakibatkan oleh over birahi, maka sebisa mungkin kurangi pemberian pakan seperti kuaci, kangkung, jagung muda. Karena makanan tersebut akan membuat birahi lovebird akan semakin over. Untuk menggantikan makanan tersebut, anda bisa memberikan multivitamin ebod vit pada air minum lovebird sebanyak 3 tetes saja.

Baca juga: Ciri-Ciri Lovebird Lutino

2. Frekuensi Pemandian Lovebird


Apabila lovebird sedang galak dan agresif, maka anda bisa memandikan lovebird dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya. Anda bisa memandikan lovebird sebanyak 3 kali atau 4 kali dalam sehari. Hal ini dapat membantu lovebird agar lebih tenang, sekaligus mengontrol birahi lovebird.

3. Hentikan Dulu Proses Penjemuran


Biasanya para pemilik lovebird akan menjemur lovebird setelah di mandikan. Namun jika kondisi lovebird sedang agresif dan galak, maka sebaiknya hentikan dulu proses penjemuran ini. Jadi setelah selesai memandikan lovebird, cukup di angin-anginkan saja.

Jika lovebird sedang tidak dalam kondisi normal, atau dalam keadaan agresif dan galak, maka menjemur setelah dimandikan akan membuatnya semakin menjadi-jadi. Namun ada juga yang menyarankan untuk melakukan penjemuran, namun dengan durasi yang tidak terlalu lama, sekitar 15 - 20 menit saja. Namun yang saya lakukan sendiri adalah tidak menjemurnya, melainkan di anginkan saja.

Tergantung karakter lovebird anda seperti apa, pasti anda sudah paham dengan sifat dan karakter lovebird peliharaan sendiri.

4. Lakukan Penjinakkan Pada Lovebird


Apabila lovebird yang anda miliki adalah lovebird baru, maka biasanya memang akan sedikit galak, karena segalanya terlihat asing bagi lovebird baru. Jadi jika anda memiliki lovebird baru dan galak, maka yang harus dilakukan adalah menjinakkannya.

Caranya adalah dengan membiasakan lovebird agar dekat denga anda. Saat memberikan pakan gunakan tangan, mandikan pun dengan tangan juga, kemudian pada saat awal-awal, tempatkan lovebird pada tempat yang sunyi, supaya tenang dan hal-hal lainnya yang membuat lovebird merasa dekat dengan anda.

Demikianlah informasi kali tentang bagaimana cara mengatasi dan menjinakkan lovebird galak serta agresif, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita semua.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya, agar lebih banyak lagi orang yang terbantu. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments