Skip to main content

follow us

Cara Mengeluarkan Ulat Gigi - Semua orang mungkin pernah merasakan yang namanya sakit gigi, bahkan ada yang mengatakan bahwa sakit gigi lebih sakit dari pada sakit hati. Penyebab sakit gigi pun bermacam-macam, mulai dari jarang menggosok gigi, terlalu sering mengkonsumsi makanan asam, dll.

Masyarakat kita sangat percaya sekali bahwa di dalam gigi yang berlubang ada ulat gigi yang membuat gigi kita sakit. Lalu apakah benar bahwa ulat gigi itu ada?. Menurut penjelasan medis bahwa ulat gigi hanyalah mitos dan tidak bisa di buktikan kebenarannya. Akan tetapi gigi berlubang dapat memudahkan bakteri menempel dari sisa makanan. Hal itu lah yang membuat gigi berlubang sakit dan seolah-olah gigi kita terdapat ulat.

Meskipun menurut kedokteran bahwa ulat gigi itu mitos, akan tetapi sudah banyak masyarakat yang meyakini bahwa ada ulat pada gigi berlubang yang menyebabkan gigi sakit. Bahkan banyak cara-cara yang sudah di lakukan untuk mengeluarkan ulat gigi, sekaligus membuktikannya.

Cara Mengeluarkan Ulat Gigi


Berikut ini adalah ada beberapa cara yang di yakini dapat mengeluarkan ulat gigi:

1. Daun Mint


Cara mengeluarkan ulat gigi yang pertama adalah mengunyah daun mint. Banyak yang beranggapan bahwa daun mint mampu membunuh ulat gigi, karena memiliki kandungan anti bakteri dan anti virus.

2. Berkumur Air Garam


Air garam sudah di kenal sebagai Obat Sakit Gigi Alami yang cukup ampuh untuk meredakan sakit gigi. Air garam mempunyai kandungan anti inflamasi, anti bakteri, dan anti analgesik yang di percaya dapat membasmi ulat gigi.

3. Daun Jambu


Mengunyah daun jambu merupakan salah satu cara mengeluarkan ulat gigi yang juga di percaya oleh masyarakat. Sama seperti air garam, daun jambu juga memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan ada juga anti mikroba yang dapat membunuh ulat gigi.

4. Cara Mengeluarkan Ulat Gigi Dengan Kunyit


Cara selanjutnya adalah dengan mengunyah kunyit mentah, atau bisa juga dengan pasta dari bubuk kunyit yang di campur dengan minyak mustard. Kandungan antiseptik, anti bakteri, dan anti mikroba pada kunyit dapat mengatasi ulat pada gigi berlubang.

5. Minyak Cengkeh


Sifat anti analgesik, anti bakteri, anti inflamasi, dan antioksidan pada minyak cengkeh sangat baik sekali dalam mengatasi permasalahan gigi.  Cara mengeluarkan ulat gigi dengan minyak cengkeh adalah menggunakan kapas, kemudian di teteskan beberapa tetes minyak cengkeh, lalu tempelkan pada gigi berlubang yang sakit. Cara ini di yakini dapat membunuh ulat gigi, namun perlu di ingat, jangan menggunakan minyak cengkeh terlalu banyak.

6. Cuka Sari Apel


Cara selanjutnya adalah dengan mengoleskan cuka sari apel pada gigi berlubang yang sakit. Cuka apel juga memiliki kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa digunakan untuk mengatasi ulat gigi.

Selain itu, cuka sari apel juga mengandung asam asetat dan asam malat yang dapat menyimbangkan pH pada mulut. Cara pemakaiannya adalah celupkan kapas atau kain halus lainnya pada sari cuka apel, lalu tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa saat.

7. Baking Soda


Manfaat baking soda untuk gigi juga di percaya dapat membasmi ulat yang terdapat pada gigi, selain itu baking sudah juga dapat menyeimbangkan kadar pH dalam mulut. Cara penggunannya adalah larutkan baking soda menggunakan air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.

8. Mengunyah Bawah Merah & Bawang Putih


Bawang merah dan bawang putih sudah banyak yang membuktikan, bahwa keduanya mampu mengatasi sakit gigi. Kandungan anti septik, anti mikroba, dan antibiotik alami pada kedua bawang tersebut cukup efektif untuk membunuh bakter atau ulat gigi pada gigi berlubang.

9. Daun Pisang


Kegunaan daun pisang tidak hanya di jadikan alas untuk nasi liwet saja, manfaat lain dari daun pisang di percaya dapat mengeluarkan dan membasmi ulat gigi. Dengan mengunyah daun pisang, maka masalah ulat gigi dapat teratasi. Hal tersebut karena daun pisang mempunyai sifat detoksifikasi.

10. Campuran Minyak Oregano & Minyak Zaitun


Selain minyak cengkeh, campuran dari minyak oregano dan minyak zaitun juga bermanfaat untuk membasmi ulat gigi. Hal ini karena minyak oregano memiliki sifat anti bakteri dan anti peradangan. Caranya adalah campurkan kedua minyak tersebut dengan air hangat, lalu celupkan kapas pada cairan tersebut, kemudian tempelkan pada gigi berlubang yang sakit.

Baca juga: Cara Merapikan Gigi Paling Efektif

Cara Lain yang Dapat Mengeluarkan Ulat Gigi



Selain 10 cara alami diatas, ada cara tradisional lainnya yang di percaya sangat ampuh untuk mengeluarkan ulat gigi. Caranya memang lebih rumat di banding cara-cara diatas, berikut step by stepnya.

Bahan yang di perlukan:

  • Batok kelapa - Siapkan batok kelapa, kemudian potong menjadi 3/4 bagian, lalu rapikan tepinya dengan amplas, kemudian berikan lubang pada bagian atasnya seukuran selang.
  • Selang waterpass - Siapkan selang waterpass sekitar 50 cm, setelah itu masukkan selang pada bagian kelapa yang sudah di lubang tadi, pasang dengan rapat dan tanpa celah.
  • Kaleng bekas - Siapkan juga kaleng bekas yang berbentuk kotak, atau jika tidak menemukannya bisa di ganti dengan baskom.
  • Batu - Siapkan juga batu, namun jangan terlalu besar dan jangan lebih besar dari ukuran lebar batok kelapa, fungsi batu ini adalah untuk pengganjal.
  • Genteng - siapkan juga genteng dengan ukuran telapak tangan.
  • Tungku api kayu bakar.
  • Biji terong belanda - siapkan biji terong belanda liar, kemudian jemur hingga warnanya berubah menjadi hitam kecoklatan.
  • Minyak sayur.
  • Penjepit untuk membalikkan genteng.

Cara Menggunakannya Untuk Mengeluarkan Ulat Gigi

  • Gunakan tungku api yang sudah di siapkan tadi untuk memanaskan genteng hingga merah membara.
  • Sambil memanaskan genteng, isi kaleng bekas tadi dengan air sedikit saja, kemudian letakkan batu pengganjal dalam kaleng bekas tersebut. Batu pengganjal tidak boleh tenggelam, hanya tercelup saja.
  • Jika genteng sudah berwarna merah, letakkan di atas batu pengganjal tadi, lalu letakkan juga biji terong belanda dan minyak sayur.
  • Saat itu juga biji terong akan mengeluarkan asap, lalu tutup semuanya menggunakan batok kelapa.
  • Kemudian ambil ujung selang dan tempelkan pada gigi berlubang yang sakit.
  • Lalu tahan di dalam mulut sampai asap keluar.
  • Kemudian tiup selang, dan hisap dengan perlahan sebanyak 10 kali.
  • Setelah itu ulat akan keluar dalam dalam gigi berlubang tersebut.
  • Apabila asap sudah mulai berkurang, maka ganti gentengnya dengan yang baru.
  • Apabila terdapat benda seperti parutan kelapa, maka itu lah ulat yang bersarang pada gigi anda selama ini.
  • Lakukan secara terus menerus, namun apabila sudah mencapai 15 menit dan ulat tak keluar lagi, berarti ulat pada gigi anda sudah habis.
  • Jika sudah seperti itu, maka di jamin sakit gigi akibat ulat tersebut akan hilang.

Demikianlah informasi mengenai bagaiamana cara mengeluarkan ulat gigi dengan cara tradisional yang sangat ampuh. Namun saya sarankan jika lobang gigi cukup besar, segeralah datang ke dokter gigi untuk di lakukan penanganan yang lebih serius.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kalian yang sedang mengalami sakit gigi. Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar