Cara Menggosok Gigi yang Benar Menurut Kesehatan

Cara menggosok gigi yang benar sangat mempengaruhi kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut. Karena jika kita menggosok gigi dengan cara yang salah malah akan membuat bakteri tidak tersapu dengan bersih, hingga menyebabkan sakit gigi, gigi ngilu, dan permasalahan mulut lainnya.

Setiap orang tentunya ingin memiliki gigi yang putih dan bersih, oleh karena itu kita harus memperhatikan tata cara menyikat gigi yang benar supaya gigi putih dan bersih. Karena banyak orang yang merasa sudah menggosok gigi dengan benar, namun tak jarang merasakan sakit gigi. Kemungkinan hal itu terjadi karena cara yang salah dalam menyikat gigi.

Setelah pada artikel sebelumnya dengancara.com membahas tentang bagaimana Cara Mengatasi Gigi Ngilu. Sekarang mari kita bahas cara menggosok gigi yang benar, supaya tidak menyebabkan gigi ngilu, bau mulut, dll.

Cara Menggosok Gigi yang Benar



Berikut adalah cara menyikat gigi yang benar supaya gigi menjadi bersih dan sehat:

1. Pilih Pasta Gigi


Sebelum menyikat gigi, hal yang harus di perhatikan adalah memilih pasta gigi yang tepat dan cocok untuk kondisi gigi kalian. Pilihlah pasta gigi yang dapat membasmi bakteri, tidak terlalu banyak mengandung detergen, jika gigi anda sensitif, maka pilih pasta gigi khusus untuk gigi yang sensitif.

Kemudian pasta gigi untuk anak-anak juga harus di bedakan dengan pasta gigi orang dewasa. Saat ini sudah banyak pasta gigi yang di khususkan untuk anak-anak.

Baca juga: Cara Menghilangkan Gigi Kuning Paling Ampuh

2. Pilih Sikat Gigi


Selain pemilihan pasta gigi, anda juga harus memilih sikat gigi yang tepat untuk melakukan cara menggosok gigi yang benar. Karena sikat gigi mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis sikat gigi yang baik untuk digunakan:

Pilih sikat gigi yang ujung kepalanya kecil pada bagian atasnya. Hal ini agar sikat gigi dapat membersihkan gigi secara maksimal, sehingga bisa memberikan kebersihan gigi hingga ke dalam.
Pilih gagang sikat gigi yang melengkung. Karena dengan sikat gigi yang gagangnya melengkung bisa lebih mencapai gigi graham terdalam, jika di banding dengan gagang yang lurus.
Bulu sikat jangan terlalu kasar, karena dapat merusak lapisan gigi dan juga berbahaya untuk gusi. Kadang bulu sikat yang keras dapat menjadi penyebab sariawan dan gusi bengkak.

3. Mulai Meggosok Gigi


  • Setelah pemilihan sikat dan pasta gigi, saatnya kita mulai cara menggosok gigi yang baik dan benar.
  • Supaya pasta gigi tidak menempel di bagian tertentu saja, maka silakan ratakan pasta gigi. Kemudian gosok gigi dengan perlahan.
  • Kemudian posisi sikat pada kemiringan 45 drajat, dan mulailah gosok secara perlahan dan memutar.
  • Sikat seluruh permukaan gigi graham dengan menggunakan ujung bulu sikat. Gosok secara perlahan agar bulu sikat tidak bengkok, karena jika bengkok bulu sikat tidak akan sampai pada seluruh permukaan gigi graham.
  • Gosok gigi secara vertikal ke atas dan ke bawah pada bagian gigi depan dan bagian gigi di sisi lainnya, gerakan vertikal membuat proses penyikatan lebih optimal dan lebih bersih, jika di banding dengan gerakan horizontal.
  • Jangan lupa juga untuk menyikat lidah setelah menggosok gigi supaya nafas lebih segar dan terhindar dari bau mulut.

4. Gunakan Floss (Benang Gigi)


Apabila anda ingin mendapatkan gigi yang bersih secara maksimal, maka anda bisa mencoba menggunakan floss atau benang gigi. Melakukan flossing dapat membersihkan kotoran di sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat.

Caranya cukup dengan memasukan benang gigi pada sela-sela gigi, lakukan dengan perlahan sampai anda merasa gigi sudah benar-benar bersih. Hindari penggunaan tusuk gigi, karena banyak bakteri yang menempel pada tusuk gigi.

Baca juga: Obat Gusi Bengkak Paling Manjur

5. Obat Kumur


Cara selanjutnya untuk mendapatkan gigi yang bersih dan terhindari dari bau mulut adalah dengan menggunakan obat kumur. Fungsi dari obat kumur adalah menjangkau atau membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat dan juga benang gigi.

Akan tetapi jangan sembarangan menggunakan obat kumur, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam memilih obat kumur. Berikut informasinya:

  • Pilihlah obat kumur yang terkandung astrigents di dalamnya, supaya memberikan efek nyaman pada rongga mulut.
  • Jangan pilih obat kumur yang terkandung alkohol di dalamnya.
  • Pilih obat kumur yang terdapat kandungan flouride, agar dapat membantu untuk mencegah kerusakan gigi.
  • Pilih obat kumur yang mempunyai kandungan antilaque, supaya mencegah timbulnya plak pada gigi.

6. Waktu Yang Tepat Menggosok Gigi


Menggosok gigi adalah hal yang harus dilakukan, namun anda harus mengetahui kapan waktu yang di sarankan untuk menggosok gigi dan jangan juga berlebihan. Waktu yang di sarankan untuk menggosok gigi adalah ketika pagi hari setelah sarapan, dan malam hari sebelum tidur.

Jadi rutinlah menggosok gigi 2 kali sehari supaya terhindar dari berbagai macam masalah, seperti, gigi ngilu, gigi berlubang, radang gusi, atau bau mulut. Dan juga jangan langsung menggosok gigi apabila baru saja mengkonsumsi makanan atau minuman asam, karena dapat membuat gigi gampang terkikis.

7. Durasi Saat Menggosok Gigi


Cara menggosok gigi yang benar adalah tidak terburu-buru saat melakukannya. Banyak orang yang sangat terburu-burubdalam menyikat gigi, akibatnya masih banyak kotoran yang menempel pada gigi. Durasi yang di butuhkan untuk menyikat gigi adalah sekitar 2-3 menit, supaya gigi dan mulut lebih bersih dan mencegah gigi kuning.

Demikianlah informasi kali ini mengenai bagaiamana cara menggosok gigi yang benar agar gigi bersih dan sehat. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, dan mohon maaf jika ada salah kata atau informasi yang kurang jelas.

Jika di rasa bermanfaat jangan ragu untuk membagikan artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel kesehatan berikutnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments