5 Cara Mengobati Ayam Ngorok Secara Alami

Apabila anda sedang mencari artikel cara mengobati ayam ngorok, maka anda tepat sekali masuk ke situs ini. Ngorok yang terjadi pada ayam adalah sebuah penyakit yang menyerang pada pernafasan, namun bukan hanya ayam, tapi unggas lain pun bisa mengalami hal serupa. Ngorok pada ayam bisa jadi dapat membuat ketangguhan ayam aduan menjadi menurun.

Dengan penyakit ngorok ini, maka ayam akan sulit bernafas, karena lendir pada akan susah keluar, sehingga membuat ayam menjadi cepat lelah. Jika terus dibiarkan maka akan berdampak lebih luas. Ada beberapa kasus ayam ngorok mengeluarkan darah bersamaan dengan lendir, kemudian mata berair, dll.

Penyebab Ayam Ngorok


Sebelum kita membahas mengenai cara mengobati ayam ngorok, kita ketahui bahwa penyebab ayam ngorok di bagi menjadi 2 hal, yakni:

1. Ayam Ngorok Non Infkesi


Jika ayam ngorok non infeksi penyebabnya adalah tingginya kadar amoniak, cuaca ekstrim, kelembaban udara yang tidak cocok dengan ayam, udara berdebu, pakan dengan kadar protein tinggi.

Pada saat ayam ngorok karena non infeksi ciri-cirinya adalah susah dalam bernafas, kemudian saat bernafas mengeluarkan bunyi seperti ngorok, lalu kotorannya encer.

Baca juga: Ciri-ciri Ayam Bangkok Birma Asli

2. Ayam Ngorok Karena Infeksi


Penyebab yang berikutnya adalah karena infeksi bakteri seperti CRD dan CRD kompleks , Korisa , ILT (infeksius laryngo tracheitis) , ND, IB dan AI.

Ciri-ciri ayam ngorok karena infekasi bakteri penyakit adalah hidung mengeluarkan air, mata juga mengeluarkan air, ayam ngorok, kotoran berwarna hijau bercampur putih dan encer.

Apabila terdapat ciri-ciri diatas pada ayam aduan anda, maka harus segera di lakukan penanganan. Ada banyak cara mengatasi ayam ngorok baik secara alami, atau pun dengan obat-obatan.

Cara Mengobati Ayam Ngorok


Berikut adalah beberapa cara mengatasi ayam ngorok paling ampuh dan efektif:

1. Bawang Putih


Bumbu masakan yang satu ini memang banyak sekali memberikan manfaat, tidak hanya pada manusia, namun hewan pun dapat merasakan manfaatnya. Kandungan anti bakteri dan anti inflamasi pada bawang putih secara perlahan akan mengobati ngorok pada ayam. Dengan begitu, maka pernafasan ayam akan lancar kembali.

Untuk cara pemakaiannya ada beberapa cara, yakni dengan cara menumbuk bawang hingga gepeng, sama halnya saat kita menggeprek jengkol. Atau bisa juga dengan memarut bawang putih, kemudian ambil sarinya, setelah minumkan pada ayam, saat pagi dan sore hari. Selaim sebagai obat ayam ngorok, bawang putih juga dapat meningkatkan nafsu makan ayam.

Baca juga: Cara Merawat Ayam Bangkok Muda

2. Daun Sirih


Obat ayam ngorok tradisional lainnya adalah daun sirih. Hal ini sudah tidak asing lagi bagi para penghobi ayam, karena mereka mungkin sudah biasa menggunakannya. Selain manfaatnya untuk kesehatan manusia, hewan pun bisa merasakan keampuhan tanaman ini, termasuk untuk mengobati ngorok pada ayam.

Cara pemakaiannya yakni dengan menyiapkan 5 helai daun sirih, jika ada yang merah, maka lebih bagus, kemudian rebus dengan segelas air bersih. Setelah itu saring, lalu campur dengan perasan jeruk nipis secukupnya. Berikan ramuan tersebut pada ayam saat pagi dan sore hari, hingga ayam benar-benar sehat.

3. Daun Binahong


Manfaat Daun Binahong juga merupakan salah satu tanaman yang sangat di percaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit ayam ngorok.

Cara penggunaan dan pemakaiannya yaitu bisa dengan menumbuk beberapa helai daun binahong, kemudian berikan pada ayam 2 kali sehari, pagi dan sore.

Baca juga: Ciri Ayam Bangkok Super Yang Tangguh

4. Kecap Manis dan Jeruk Nipis


Cara mengobati ayam ngorok selanjutnya adalah dengan bahan-bahan yang sering kita jumpai di dapur, yakni kecap dan jeruk nipis. Walaupun biasanya ramuan ini digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan pada manusia, namun khasiatnya juga bisa di rasakan oleh ayam.

Cara pemakaiannya adalah campurkan kecap manis dan perasan air jeruk nipis secukupnya. Kemudian berikan ramuan tersebut pada ayam setiap pagi hari secara rutin hingga benar-benar sembuh.

5. Mengkudu


Mengkudu adalah salah satu buah-buaha yang asli berasal dari asia tenggara, meskipun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, namun cenderung orang-orang tidak menyukainya. Mengkudu juga bisa berikan untuk ayam yang ngorok. Hal ini karena kandungan anti septik dan anti bakteri pada mengkudu cukup tinggi.

Cara pemakaiannya adalah, pertama siapkan buah mengkudu yang sudah matang. Lalu potong-potong sebanyak 3-4 potongan sebesar ibu jari untuk ukuran ayam dewasa. Berikan pada ayam setiap 1 kali sehari, pagi atau sore sebelum makan.

Itulah 5 cara mengobati ayam ngorok secara alami dan ampuh, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan mohon maaf jika ada salah kata atau informasi yang kurang jelas.

Jika bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, selamat mencoba dan semoga sukses!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments