Jumlah Gigi Orang Dewasa Beserta Jenis dan Fungsinya


Jumlah Gigi Orang Dewasa - Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang cukup keras dan memiliki jenis serta fungsinya masing-masing. Fungsi gigi yang paling dominan bagi tubuh kita adalah untuk menghancurkan makanan sebelum di kirim dan di cerna oleh organ tubuh lainnya. Selain itu gigi juga adalah salah satu penunjang penampilan dan kecantikan. Jadi sebisa mungkin kita harus selalu menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut agar tetap bersih dan terhindar dari masalah gigi.

Jumlah Gigi Orang Dewasa


Pada umumnya gigi orang dewasa berjumlah 32 yang terdiri dari beberapa struktur dan jenis, serta mempunyai fungsinya masing-masing. Awalnya pun sebelum mencapai jumlah 32 hanyalah berjumlah 20 saat masih anak-anak, yang biasa disebut dengan gigi susu. Setelah umur 12-14 tahun barulah gigi dewasa akan tumbuh untuk melengkapi gigi supaya mencapai jumlah maksimal, yakni berjumlah 32.

Pasa kesempatan kali ini, selain membahas mengenai jumlah gigi orang dewasa, dengancara.com juga akan bahas tentang ada berapa bagian-bagian gigi, jenis-jenis gigi, hingga lapisan-lapisan gigi. Berikut informas lengkapnya, silakan di simak.

Baca juga: Cataflam Obat Sakit Gigi Paling Manjur

Bagian-bagian Gigi


Struktur gigi mempunyai 3 bagian utama, apa saja itu? Berikut bagian-bagian gigi manusia:

1. Mahkota Gigi


Mahkota gigi atau puncak gigi adalah gigi yang tampak dari luar, setiap jenis mempunyai mahkota gigi dengan bentuk yang berbeda-beda.

2. Leher Gigi


Leher gigi atau kolum letaknya berada di bawah mahkota gigi dan di atas akar gigi dan juga letaknya terlindung karena tertanamn di dalam gusi

3. Akar Gigi


Bagian gigi yang ke-3 adalah akar gigi atau radiks yang letaknya tertanam di bawang rahang sehingga tidak terlihat dari luar karena tertutup oleh leher gigi. Jumlah akar gigi ini pun berbeda setiap jenis giginya bisa satu atau dua.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Untuk Anak Yang Cocok

Jenis Gigi Manusia dan Fungsinya


Pada dasarnya gigi manusia terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan bentuknya. Macam-macam gigi tersebut adalah, gigi seri (identis insisivus), gigi taring (identis kaninus), gigi geraham depan (pramolar), gigi geraham belakang (molar). Mari kita bahas 4 jenis gigi ini.

Gigi Seri


Gigi ini letaknya ada pada bagian depan, sehingga saat kita tertawa gigi seri yang paling jelas terlihat. Gigi seri bentuknya tegak dan tepinya tajam serta mahkota yang horizontal. Gigi seri hanya memiliki satu akar yang fungsinya untuk memotong dan memutus makanan saat kita mengunyahnya. Pada umumnya jumlah gigi seri orang dewasa adalah 8.

Gigi Taring


Gigi taring tidak hanya di miliki oleh binatang, namun manusia juga memilikinya. Gigi taring ini juga hanya terdapat satu akar yang fungsi untuk merobek dan mengoyak makanan. Gigi taring terletak di sisi kiri dan kanan gigi seri dan bentuknya yang tegak serta runcing. Jumlah gigi taring orang dewasa biasanya sebanyak 4 biji.

Gigi Geraham Depan


Gigi geraham depan atau geraham kecil letaknya pada bagian samping kanan dan kiri serta mempunyai dua akar yang fungsinya juga untuk menggiling dan mengunyah makanan. Gigi geraham depan ini lebih rendah dan lebih rata dengan tonjolan-tonjolan kecil. Umumnya jumlah gigi geraham depan pada orang dewasa adalah 8.

Gigi Geraham Belakang


Gigi geraham belakang ini ukurannya cukup besar yang letaknya di bagian dalam rahang. Fungsinya yakni untuk mengunyah, menggilas, dan menghancurkan makanan agar mudah di cerna dalam tubuh. Bentuk dari gigi geraham besar sendiri tidak jauh berbeda dengan geraham kecil dan memiliki tiga akar. Jumlah gigi geraham belakang pada orang dewasa adalah 12.

Lapisan-Lapisan Gigi


Gigi manusia memiliki 4 lapisan yang sudah tersusun, seperti berikut ini:

  • Email Gigi - Email gigi adalah lapisan cukup keras yang melapisi mahkota gigi, karena tersusun dengan kalsium yang tinggi. Fungsi dari email gigi adalah untuk melindungi tulang gigi dan bagian luar gigi. Email gigi yang paling keras adalah terletak di bagian mahkota, lalu semakin tipis hingga kebawah, dan hilang saat memasuki akar gigi. 
  • Tulang Dentin - Tulang dentin yaitu lapisan atau jaringan yang terbentuk oleh zat kapur dan terdapat setelah lapisan email gigi. Kandungan kalsium dan konsentrasi yang tinggi membuat tekstur dentin menjadi keras, sehingga sering disebut dengan tulang gigi. Dentin juga merupakan yang luas, karena melapisi seluruh tubuh gigi. 
  • Sementum - sementum adalah yang melapisi akar gigi yang berbatasan langsung dengan tulang rahang. Fungsinya untuk menghubungkan gigi dengan rahang, karena area itu merupakan tempat tumbuhnya gigi manusia. Struktur sementum pun cukup keras, walaupun tidak sekeras email gigi, akan tetapi seiring berjalannya waktu sementum akan lebih tebal.
  • Pulpa (Rongga gigi) - Pulpa adalah lapisan yang dialiri pembuluh darah dan pembuluh saraf untuk memelihara dan memberikan nutrisi pada seluruh gigi. Pulpa letaknya di tengah gigi berbentuk rongga yang lunak dan berfungsi untuk mendeteksi jika terdapat zat asing yang masuk ke dalam gigi serta membentuk lapisan dentin. 

Berikut ini kami berikan gambar struktur gigi pada orang dewasa:

Demikianlah informasi mengenai berapa jumlah gigi orang dewasa beserta jenis dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Jangan lupa share artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel kesehatan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments